alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54297546582b2eee338b4568/buku-bantahan-untuk-quotborobudur-peninggalan-nabi-sulaimanquot
Hahaha.. Ane beli gan bukunya tu yg borobudur n peninggalan nabi sulaiman.. Tp bru baca sbentar jg udh aneh ane ngerasanya.. Kayak di ada2in, d sambung2in.. Padahal kagak masuk d logika.. -_-
Quote:Original Posted By masbro27
Hahaha.. Ane beli gan bukunya tu yg borobudur n peninggalan nabi sulaiman.. Tp bru baca sbentar jg udh aneh ane ngerasanya.. Kayak di ada2in, d sambung2in.. Padahal kagak masuk d logika.. -_-


emoticon-Ngakak

Namanya juga cocologi utak atik gathuk gan

Koplaknya ada yang percaya. Ada aja yang yakin... agan bisa liat di berbagai review di internet. Gemes liatnya
Sundul dulu pagi pagi
ana kaga percaya, secara yg pernah ane baca dri deskripsi kerajaan ratu balqis aja kemungkinan letak kerajaan tsb berada di yaman (?) . dan jg inget, nabi sulaiman masih keturunan israel (yaqub) dan jelas para nabi d turunkan di daerah kanaan (palistin).
Quote:Original Posted By acquatosca13
ana kaga percaya, secara yg pernah ane baca dri deskripsi kerajaan ratu balqis aja kemungkinan letak kerajaan tsb berada di yaman (?) . dan jg inget, nabi sulaiman masih keturunan israel (yaqub) dan jelas para nabi d turunkan di daerah kanaan (palistin).


Betul gan
ane rasa sih bkn peninggalan nabi sulaiman as gan, tapi y wallahualam emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Wallahu a’lam bish-shawabi
hanya ALLAH yg tahu
memang sejarah harus diluruskan...karna candi borobudur termasuk salah satu 7 keajaiban dunia...tapi tetap dng kepala dingin...jangan sampe kita ribut ...takutnya malah negara tetangga mengklaim borobudur buatan nenek moyang mereka...hehe
Memang semua itu kehebatan Yang Maha Kuasa. Tanpa Tuhan kita bukan apa apa.
Entah lah niat apa yang ada didalam hati dan fikiran pengarang buku candi borobudur peninggalan nabi sulaiman. Apakah ingin terkenal? Atau bukunya ingin laris?

Ataukah sudah habis keajaiban Tuhan dimuka bumi ini. Sehingga mengklaim candi borobudur sebagai peninggalan Nabi Sulaiman.

Mungkin buku itu ingin menggugah umat islam agar lebih dekat dengan Tuhan nya.
Ane ambil kebaikan nya sj gan.

Tp masih banyak kok ke ajaiban lain yang bisa dijadikan kajian, tanpa harus ada hubungan nya dengan agama lain.
ya mudah mudahan aja buku nya bisa ngangkat nama borobudur lagi emoticon-Cool

Sekilas isi buku

Buku Bantahan untuk "Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman"
Relief Avadana, panel 83 Borobudur, Penghormatan terhadap Stupa.

"Stupa memang aslinya adalah tempat penyimpanan relik Buddha, relik murid-murid Buddha atau relik para guru, sehingga umum ditemui ruang kosong di dalamnya. Ruang kosong ini selain diisi relik, juga dapat diisi benda peninggalan orang suci/guru, arca Buddha, kitab suci, atau benda lain yang dianggap suci. Stupa dengan arca Buddha di dalamnya seperti di Borobudur bukan hal yang aneh, banyak ditemukan stupa sejenis dalam berbagai ukuran di negara lain. Tetapi yang unik adalah lubang-lubang pada dinding stupa Borobudur. Lubang berbentuk ketupat (teras kedua dan ketiga) dan persegi (teras pertama) membuat arca Buddha dalam relung stupa terlihat dari luar. Bentuk stupa Borobudur berbeda dengan bentuk stupa dari negara lain, karena memang setiap daerah mempunyai ciri khas. Justru kita harus berbangga karena nenek moyang bangsa Indonesia mengembangkan desain asli bangsa sendiri dalam membangun stupa.

Apakah Borobudur menyimpan relik di dalam stupa induk? Hal ini sangat sulit dipastikan, karena ketika ditemukan kembali stupa induk sudah dalam keadaan rusak dan berlubang. Tidak ditemukan relik di dalamnya. Kabar burung mengatakan ada arca emas di dalamnya dan dicuri Belanda, tetapi hal ini tidak bisa dikonfirmasi. Ada yang mengatakan di dalamnya terdapat arca Buddha dalam keadaan yang belum selesai dan kasar (the unfinished Buddha), tetapi hal ini juga sulit dipastikan. Sekarang di dalam stupa induk kosong.

Satu lagi fakta yang harus dipertimbangkan adalah struktur Candi Borobudur dirancang agar peziarah melakukan pradaksina, yaitu ritual mengelilingi sebuah tempat suci searah jarum jam dengan menjaga agar objek penghormatan selalu berada di sisi kanan. Umat Buddha di seluruh dunia masih melakukan pradaksina mengelilingi stupa sampai sekarang. Relief di dinding Candi Borobudur dibaca dari kanan ke kiri, sementara yang ada di teras langkan dibaca dari kiri ke kanan, jelas dirancang agar dibaca saat pradaksina. "



Buku Bantahan untuk "Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman"

SLEMAN = SULAIMAN?

Apakah betul nama daerah Sleman berasal dari kata Sulaiman? Jawabannya adalah BENAR.

Secara administratif, keberadaan Kabupaten Sleman dapat dilacak pada Rijksblad No. 11 tahun 1916 yang membagi wilayah Kesultanan Yogyakarta (Mataram) dalam 3 kabupaten, yakni Kalasan, Bantul, dan Sulaiman (yang kemudian disebut Sleman).

Nama Sulaiman sendiri berasal dari nama seorang pendakwah Islam yang legendaris: Sayyid Sulaiman. Beliau adalah cucu Sunan Gunung Jati dan pernah menyiarkan agama Islam di Kerajaan Mataram sekitar abad ke-17. Salah satu bukti keberadaan Sayyid Sulaiman di masa lalu adalah keturunan beliau yang masih banyak dan memelihara tradisi cerita riwayat beliau, juga pondok pesantren Sidogiri yang beliau dirikan.

Ada juga yang mengatakan bahwa tokoh Sulaiman adalah kakek Dokter Wahidin Sudirohusodo, seorang Bugis. Tapi mengapa ada orang Bugis yang sampai namanya diabadikan sebagai satu wilayah di Yogya? Kalau dari segi hubungan sejarah sebenarnya tidaklah mengherankan karena orang Bugis-Makassar sudah “resmi” menjadi bagian Keraton Yogya sejak awal, ditandai dengan adanya pasukan keraton yang khusus orang Bugis bernama “Bregada Bugis” yang berkedudukan di sebelah barat daya kota (Kampung Bugisan) dengan ciri nama anggotanya memakai nama “Rangsang”; dan juga “Bregada Daeng” yang beranggota khusus orang Makassar, berkedudukan juga di bagian barat daya kota (Kampung Daengan) dengan ciri anggotanya memakai nama “Niti”. Menariknya, di Bugis nama Sulaiman biasanya akan berubah menjadi “Sul” atau “Sule”, mirip kasus nama “Borahima” atau “Bora” yang keduanya berasal dari nama “Ibrahim”. Jadi, perubahan nama “Sulaiman” menjadi “Sleman” berasal dari pengucapan lidah lokal ini.

Nama Nabi Sulaiman sangat termasyhur di berbagai negara, terutama di Timur Tengah. Setelah lahirnya agama Islam, nama ini juga sering dipakai oleh orang-orang Arab. Setelah masuknya Islam ke Nusantara, banyak yang memakai nama dari khazanah bahasa Arab, termasuk nama Sulaiman. Nama Sulaiman menjadi nama yang umum dalam kebudayaan Islam, termasuk di Nusantara setelah abad ke-15, karena itu tidak harus penamaan daerah tersebut merujuk pada Nabi Sulaiman. Anda dapat melihat sendiri, terdapat dua versi cerita tokoh bernama Sulaiman yang asli Nusantara, yang menjadi dasar penamaan daerah Sleman.

Ditambah lagi, nama “Sulaiman” adalah pelafalan bahasa Arab. Nama asli beliau dalam bahasa Ibrani adalah “Salomo”. Kalau benar Nabi Sulaiman pernah datang ke Jawa, seharusnya penamaan tempat mengikuti nama aslinya, yaitu Salomo, bukan Sulaiman.

Dalam bahasa Yunani adalah “Solomon”, dan inilah nama yang sekarang digunakan di negeri-negeri Barat. Fahmi Basya mengatakan di bukunya bahwa di sebelah timur Nusantara ada kepulauan yang bernama Solomon. Ini seakan menyiratkan bahwa Nusantara dan Nabi Sulaiman ada hubungannya. Padahal sebenarnya nama Solomon Islands itu diberikan oleh pelaut Spanyol, Alvaro de Mendana de Neira. Ketika dia singgah di kepulauan itu 6 Februari 1568, ia menemukan tanda-tanda tambang emas dan percaya bahwa tempat itu adalah sumber kekayaan Nabi Sulaiman. Lalu dinamakanlah tempat itu sebagai Solomon Islands. Jadi, nama itu kebetulan saja, bukan nama yang ada sejak dahulu kala.
Sippp...Buku yg bagus... sebagai fakta pembantah teori utak utiknya Fahmi Basah..
Lanjutkan......
Quote:Original Posted By nashibi....
Segitunya bikin buku tandingan... emoticon-Ngakak (S)


kira2 kl ada orang gila ngajak ente berantem diladenin gak, kalau iya berarti ente juga kurang waras..

itu sudah



kl masalahnya banyak org malah dukung orang gila itu gimana gan?

Thumbs up 

Ane udah baca gan, bener2 buku yg bagus emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)
lucu jg masa candi buddha diaku2 sbg peninggalan Sulaiman.
kl gitu berarti Sulaiman itu umat Buddhist
di buku agan ane plg suka bagian ikonografinya, itu ga terbantahkan krn agama samawi yg menganut tauhid sama sekali ga mengenal simbol dlm bentuk apapun jadi ga mungkin ada perwujudan nabi, makhluk surgawi bahkan hewan dalam bentuk patung.
bisa dilihat di masjid2 kuno peninggalan kerajaan islam ga ada sama sekali relief & pahatan kayu yg menggambarkan suatu bentuk makhluk hidup, yg ada cm motif2 bunga krn

saran ane sih lebih baik bukunya lebih banyak disebar krn sekarang hampir semua org percaya kl borobudur itu peninggalan sulaiman
Makasih gan, senang rasanya menerima pujian atas buku saya

Semoga banyak yang tercerahkan
Pembodohan tu kalo borobudur diaku2 tinggalan nabi sulaeman. Nanti bentar lagi monas sama taman lawang juga diaku2..
kemungkinan si ada gan. karena cara menyembah Allah kan macem2 n berevolusi yg dipamungkasi nabi Muhammad dengan islam. setau gw umat budha jg ngak nyembah patung kok.
nabi sulaiman pernah ke indonesia?
msalahnya.. byk umat islam yg tersesat, percaya bahwa borobudur adl peninggalan nabi sulaiman,
awal rame2nya ini,ane ngakak liat klaim fahmi basya... katanya bs ngasi bukti... ehhh nyatanya cuma asumsi maksanya dan cenderung cocokologi..
sumpah.. awalnya ane kira fahmi basya itu lg keblinger.. taunya dia seriusan ttg klaimnya ini
emoticon-Ngakak emoticon-Cape deeehh