alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53ddf7d996bde678168b461a/5-kelebihan-kepribadian-introvert
5 Kelebihan Kepribadian Introvert
WELCOME TO MY THREAD

Halo agan-agan kaskus yang baik hati. Selamat datang di trit ane ini emoticon-Cool

Pada thread ane yang lalu, ane udah membahas tentang 5 Kesulitan yang Dihadapi Kaum Introvert, bisa di-klik linknya kalo agan belom baca.


Sekarang ane akan membahas tentang kelebihan dari orang-orang yang memiliki kepribadian yang introvert. Seringkali, kaum introvert dianggap sebagai orang-orang yang membosankan dan memiliki banyak kekurangan, penyebab fenomena tersebut dapat agan baca di thread ane yang sebelumnya. Ternyata kepribadian introvert punya banyak kelebihan yang gak dimiliki kebanayakn orang lho, yuk coba disimak emoticon-Jempol

Quote:
Spoiler for spoiler:

Quote:
1. Memiliki Rasa Empati yang Tinggi
Sebelum kamu bertanya, saya akan jelaskan apa itu empati. Empati adalah rasa di mana kamu menempatkan dirimu di posisi orang lain, melihat dari kacamatanya, dan berjalan di sepatunya. Tapi jangan salah tangkap, itu semua adalah kiasan, bukan berarti kamu bisa merasa empati dengan meminjam kacamata atau sepatu seseorang dan memakainya. Singkatnya, dengan berempati, kamu akan berusaha merasakan yang orang lain rasakan tanpa membandingkan masalahnya dengan masalahmu. Dengan berempati, kamu bukan menarik orang lain dari masalah tapi berjalan bersamanya dalam mengatasi masalah.

Para introver adalah pemikir. Mereka memikirkan hampir segala sesuatu dan mereka menyukainya.Mereka senang menganalisis reaksi orang terhadap apa yang mereka katakan atau lakukan. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat mempermudah mereka untuk merasakan empati. Dalam rapat ataupun diskusi, introver jarang mendominasi pembicaraan. Mereka selalu merasa bahwa pendapat orang lain selalu penting dan harus diberi umpan balik. Sesuai dengan cara berpikir mereka, pendapat orang lain akan selalu mereka masukkan ke dalam pikiran dan mereka pertimbangan. itulah sebabnya para introver dijuluki pencipta kedamaian karena mereka lebih memilih win-win-solution dibanding menemukan solusi solid yang berdasarkan subjektivitas atau objektivitas semata. Mereka lebih menyukai keadaan "Semua orang senang" daripada "Aku yang menang".


Spoiler for spoiler:


Quote:
2. Cenderung Memiliki Wawasan yang Luas
Para introver senang mengisi energi mereka dengan berada di tempat tenang dan memikirkan segala hal. Selain itu, mereka juga cenderung senang membaca, senang mencari pengalaman baru, dan haus akan pengetahuan. Banyak introver lebih memilih menonton acara dokumenter seperti National Geographic atau Discovery Channel daripada reality show. Mereka senang dengan hal-hal baru dan pengetahuan-pengetahuan yang tak bisa mereka dapatkan di pendidikan formal. Oleh karena itu, wawasan mereka biasanya luas dan pemikiran mereka lebih matang dari mayoritas orang lain karena mereka senang mengintrospeksi diri mereka sendiri dan mengamati lingkungan sekitarnya


Spoiler for Spoiler:

Quote:
3. Cenderung Ahli dalam Suatu Hal
Komunikasi verbal seringkali menjadi hal yang sulit dan melelahkan untuk dilakukan oleh seorang introver. Oleh karena itu, biasanya para introver memilih untuk menggunakan bahasa non-verbal untuk berekspresi dan menyampaikan pendapatnya. Begitu inginnya mereka menyampaikan pendapatnya sehingga mereka menekuni satu "bahasa" hingga mereka ahli dan bebas berekpresi. Misalnya, saya kadang sulit untuk mengungkapkan pendapat saya karena saya takut menyinggung perasaan orang lain atau masyarakat banyak. Cara saya untuk berekpresi adalah melalui musik dan tulisan. Seperti yang sedang kamu baca sekarang adalah bentuk ekpresi saya. Setiap pargraf, setiap kalimat, setiap kata, setiap huruf, bahkan setiap tanda baca adalah ekspresi saya yang murni datang dari pikiran dan hati saya. Begitu juga dalam hal musik. Saya senang menyanyi dan bermain gitar. Dengan bermusik, saya dapat menyampaikan isi hati dan pendapat saya melalui lirik, bahkan nada. Selama saya memainkannya dengan hati, maka hati orang lain dapat mendengar saya. Saya tidak dapat mengatakan bahwa diri saya ahli. Tapi, jika terus saya latih dan saya gunakan untuk berekspresi, akan datang saatnya di mana saya menjadi cukup mahir dalam bidang yang saya cintai. Begitu juga dengan banyak introver di luar sana. Saya kenal dengan para intorver yang ahli dalam "bahasa" mereka sendiri seperti fotografi, menari, olahraga, mendaki gunung, puisi, tulisan, sinematografi, teater, dan lain-lain. Itu semua mereka lakukan untuk berkspresi dan menyampaikan pesan-pesan mereka terhadap masyarakat luas.


Spoiler for Spoiler:

Quote:
4. Lebih Mandiri
Para introver sudah terbiasa untuk pergi dan melakukan apapun seorang diri. Hal ini sangat membantu dalam pengembangan diri mereka karena mereka tidak perlu ditemani untuk melakukan segala sesuatu. Jika mereka tidak memiliki teman untuk menemaninya melakukan hal-hal yang disukainya, maka tidak masalah, mereka akan pergi sendiri. Rasa haus akan hal dan pengetahuan baru mendorong mereka untuk tidak takut mencari pengalaman. Mereka senang mengandalkan diri mereka sendiri.


Spoiler for Spoiler:

Quote:5. Pekerja Keras
Ya, kaum introver adalah pekerja keras. "Fokus" adalah nama tengah mereka. Walaupun mereka belum tentu memiliki kemampuan, jika mereka memiliki kemauan yang kuat, maka mereka akan menekuni hal-hal yang mereka sukai sampai benar-benar menguasainya. Mungkin untuk memperhatikan hal-hal yang kurang mereka sukai, fokus mereka gampang teralihkan. Tapi, apabila mereka sudah penasaran terhadap suatu hal, maka fokus mereka sekokoh baja. Hal ini sangat membantu para introver dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan yang menumpuk.




Saya kira cukup thread saya kali ini, bagi yang suka silahkan lempar ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) ato dikasih emoticon-Rate 5 Star

Jangan lupa tinggalin komen ya gan emoticon-2 Jempol

Spoiler for Sumber:
pertamax
bener tuh gan emoticon-Big Grin
soalnya ane juga introvert orangnya emoticon-Malu
emoticon-Hammer ane ga tau ane introvert ato kagak, tapi kalo ane disuruh presentasi didepan kelas groginya amsyong emoticon-Hammer (S)
ane bgt gan emoticon-Malu (S)
Bener banget tuh gan emoticon-Big Grin
Ane orang introvert emoticon-Malu
Quote:Original Posted By gigaraptor
Bener banget tuh gan emoticon-Big Grin
Ane orang introvert emoticon-Malu


introvert sebelah mananya?? emoticon-Malu
Quote:Original Posted By emu99
introvert sebelah mananya?? emoticon-Malu


INTJ emoticon-Malu
Quote:Original Posted By gigaraptor


INTJ emoticon-Malu


INTJ itu apaan?? emoticon-Hammer
Tepat n bener banged gan..
Ane tipe introvert n trtutup orangnya, gamau orang lain trlibat sama urusan ane, emang ane orangnya gmau repotin org lain juga..
Lebih suka apa2 sendiri..

Lebih seneng explor wawasan dr baca2 artikel, khidupan skitar.. Yg diem2 ane menilai banyak apa yg ane lihat n buat pelajaran ane sendiri..

Kalo buat prsentasi dpan umum emang ane kurang pede/aga pemalu tp sbnernya ada bnyak bngd yg pngn ane utarakan..(gagasan sk ada aja yg ane pikir tepat)
Quote:Original Posted By emu99
INTJ itu apaan?? emoticon-Hammer


INTJ (Bahasa Inggris: Introversion, Intuition, Thinking, Judgement) adalah sebuah kependekan yang digunakan untuk membedakan salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI) emoticon-Malu
Quote:Original Posted By gigaraptor


INTJ (Bahasa Inggris: Introversion, Intuition, Thinking, Judgement) adalah sebuah kependekan yang digunakan untuk membedakan salah satu jenis kepribadian dari 16 jenis kepribadian dalam tes MBTI) emoticon-Malu


waah gitu yah emoticon-EEK!
baru tau ane emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By emu99


INTJ itu apaan?? emoticon-Hammer


Salah satu tipe temperamen introvert gan berdasarkan teori Myers-Briggs Type Indicator
100% bener gan, ane intovert
mandiri bener tuh emoticon-Malu
Quote:Original Posted By MafTrack
100% bener gan, ane intovert


Krn positip ane ngikut agan deh emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By emu99


introvert sebelah mananya?? emoticon-Malu

Sebelah kanan aga kekiri dikit gan emoticon-Big Grin

Ane juga introvert gan.. Malah yang ga hafal kepribadian ane,sering ane dianggap sombong emoticon-Berduka (S)
emoticon-Big Grin tambah ini gan introvert adalah orang yang gak mudah dikalahkan dalam soal berdebat atau argumen emoticon-Ngakak
80% orang introvert adalah memiliki golongan darah A
~setuju kl orang introvert cenderung mandiri
bisa mengerjakan sesuatu sendiri tanpa merepotkan orang lain emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-rose