alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread
4.76 stars - based on 21 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a82971a1cb17ca7d8b4573/kaskus-indonesian-game-developer-discussion-thread

Kaskus Indonesian Game Developer (GameDev) Discussion Thread

Main Thread Untuk Diskusi Seputar Game Development


Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread


Perbaiki dulu dikit2 biar up to dateemoticon-Big Grin


Pendahuluan:
Dengan mengetik2 keyboard, saya harap mudah2an Thread ini menjadi rintisan kedepannya sebagai tempat para Game Developer Indonesia berkumpul dan ngobrol ngalor ngidul seputar dunia Game Developer terlepas dari jenis Game Engine, Platform dan Genre game yang sedang dibuat. emoticon-Cendol (S)

Thread ini dimaintenance oleh 5 orang sub admin - non profit tentunya emoticon-Big Grin ( zongko.com , Lifeburner,MommentBoard,wsh4and, dan ReyzSchiffer ) jadi apabila ada hal2 khusus yg mau ditanya seputar gamedev silahkan pm saja masing2 sub adminnya emoticon-Smilie

Peraturan:
Ikuti saja peraturan Umum Thread Kaskus, cukup dewasa, no sara, flaming, junker, dll.. emoticon-Big Grin

Peraturan khusus kaskus gamedev:
  1. Hindari debat kusir tools atau game engine mana yg terbaik karena masing-masing developer punya preferensi sendiri (disesuaikan dengan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki)
  2. Silahkan memposting game yg agan atau tim agan buat disini, sertakan link download (kalau game pc bisa pakai drobox, mediafire dan sebangsanya) atau link ke app store atau playstore. Jangan lupa gambar untuk menarik perhatian.
  3. Silahkan mengkritik game yg dibuat oleh kaskus gamedev dengan catatan kritik harus membangun (kalau ada yang kurang tolong dijelaskan kurangnya apa secara lebih terperinci). Misalkan ada game platformer kurang menarik tolong dijelaskan apakah gameplaynya atau grafiknya secara lebih spesifik. Ini akan membantu gamdev untuk memperbaiki di versi berikutnya.
  4. Jika ingin bertanya pada para pemain (playtester) apabila panjang, silahkan membuat google docs yg berisi form pertanyaan.
  5. Gamedev yg karyanya dikritik tidak perlu secara ekplisit mengikuti kritik ini tapi sebagai masukan untuk pegembangan berikutnya ini merupakan hak gamedev sebagai penentu gamenya akan jadi seperti apa.
  6. Jika posting code tolong pakai quote code biar gak terbaca di html dan rapih. kalau panjang bisa pakai pastebin.
  7. Jangan tanya krack, kita GAME DEVELOPER bukan PEMBAJAK, game engine Unity dan Unreal juga udah bisa di dapatkan gratis, jadi ngapain lagi nyari bajakannya, udah di permudah juga kok. tinggal download, pake deh.


Saya mau bikin game, mulai dari mana dulu?

Extra Credit punya video yg menarik, silahkan ditonton dulu:




Ane masih sekolah / udah kerja / udah punya keluarga / udah berumur sekian.. sekian masih bisa gak mau game development? Gak ada batasan usia / pekerjaan yang penting agan punya passion disitu dan mau terus maju mengesampingkan rasa malas pasti ada jalannya.

Kemudian Cari Passion, apakah passion agan itu di game development? Caranya coba bikin game sederhana di Scratch, terus posting dimari.

Untuk coba Scratch, silahkan ke sini terus daftar biasa pakai email.

Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread


Sekilas mengenai Scratch, ini dibikin dari MIT, tujuannya buat belajar pemrograman buat pemula. Buat agan2 yg gak ngeh sama sekali pemrograman game engine ini cocok banget. Agan tinggal click and drag program berbentuk puzzle dari game ini.

Kalau memang passion agan di game development pasti terus tertarik buat ngembangin game yang lebih bagus. Ini game engine paling gampang, kalau agan masih ngerasa susah mungkin passion agan bukan di game development. (soalnya masih ada yg nyamain game development = main game, padahal beda emoticon-Cape d... (S)) seenggaknya jadi ada bayangan game development itu seperti apa.

Kalau udah coba bikin pakai Scratch cobalah bikin pakai game sederhana pakai Game Engine yg umum dipakai

Unity 3D

Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread


Download dimari pilih yang versi Free. yang versi bayar ntar aja kalau agan udah punya pendapatan USD 100.000 (gak ada perbedaan signifikan antara versi Free dengan Versi Pro untuk gamedev, perbedaan hanya di service dan sesuai Agreement yg free hanya untuk studio berpendapatan dibawah USD 100.000).

Game engine ini banyak dipakai sama indie gamedev maupun profesional. Kemampuan multi platform dan costumisasinya membuat game engine ini banyak dipakai, dan jangan lupa buku, dokumentasi, dan komunitas yang memadai membuat kita lebih mudah mempelajari game engine ini.

Bahasa pemrograman yang dipakai; C# dan Javascript jadi kalau agan udah bisa bikin program di Scratch, silahkan coba Game engine ini.

Unreal Engine 4

Kaskus Indonesian Game Developer Discussion Thread


Donwnload dimari (Free tinggal download dan kalau gamenya udah kejual baru potong royalti)

Kalau agan butuh prototyping game dengan cepat, grafik current gen (grafik tipe2 studio gede) dan gak ngerasa rugi buat bayar royalti kalau gamenya udah jadi cobalah game engine ini. Full source code udah included via Git Hub dan ada Blueprint visual scripting yang bikin pemrograman bisa lebih cepat dan mudah (Bayangkan Scratch versi Profesional) dan mendukung C++ ke enginenya sendiri, jadi agan bisa modifikasi engine ini sesuai kebutuhan karena bisa langsung ubah source code nya (via github) bedakan dengan Unity yg menggunakan C++ untuk enginenya dan C# atau Javascript untuk coding game nya dan kita gak punya akses ke game engine nya.

Bahasa pemrograman yang dipakai; C++ dan Bluprint Visual Scripting (berguna banget buat pemrograman cepat)

Game engine lain?

Salain ini masih banyak lagi, tapi kalau masih baru belajar menurut ane mending pakai 2 game engine di atas dulu, tapi kalau mau coba silahkan ada Cryengine, RPG Maker,Construct2, atau lebih advance bisa coba utak atik library-library.

Terus Belajar.

Belajar bisa dari buku, maupun tutorial yang ada (sesuaikan dengan game engine yang digunakan)

Ane biasa ke Amazon atau Open Trolley untuk buku asli. Untuk versi ngirit silahkan coba cari ke lapak-lapak pinggir Universitas besar (if you know what I mean emoticon-Malu (S)) tapi kalau sekiranya punya rejeki (daripada dijajanin gak jelas) atau bisa minta beliin (daripada minta buat jajan gak jelas ke ortu) silahkan ke toko buku di atas karena perbedaan versi software lumayan bikin pusing kalau buku kita gak up to date.

Tutorial bisa diapatkan dari EDx, Coursera, dan situs lainnya yang mendukung pembelajaran jarak jauh.

Buku menurut ane penting banget, beda jaman sekolah / kuliah buku cuman jadiin pajangan, dibaca kalau mau UTS / UAS / Sidang emoticon-Big Grin kalau agan mau terjun di dunia gamdev wajib baca buku, kerjain semua soalnya yang ada. Kalau gak dari buku dari mana lagi dasar ilmu buat nge gamdev emoticon-Big Grin berikut buku-buku recomended versi Kaskus Game Dev:

Baru mulai banget
Indikator : Kagak tau perbedaan int, double, string. Kagak tau perbedaan Logaritma dan Algoritma apalagi yang namanya Vector 3. Game Designer masih disamain ama Graphic Artist, masih pengen bikin game AAA macam GTA 5 single fighter. Berarti belajar programming dulu

Kenapa harus belajar programming dulu? karena dengan programming itu agan bisa ngendaliin game engine buat menghidupkan aset-aset (suara, grafik 2d & 3D, cerita) itu. Tanpa programming aset-aset itu gak akan jalan sebagaimana keinginan kita. Tentunya kalau agan ada programmer di tim agan, berarti tinggal fokus ke yang lain seperti disainer asset atau sound.

Untuk Bahasa Pemrograman C (dasar aja, jarang game engine pakai C):
C Programming Absolute Beginner's Guide (3rd Edition)

Untuk Bahasa Pemrograman C++ > Pengembangan ke Unreal Engine:
Programming: Principles and Practice Using C++ (2nd Edition)
Ini yg nulis bukunya yg bikin bahasa C++ jadi udah suhu abis.. Recommended Banget (by zongko.com), bener-bener ngajarin bagaimana menjadi programmer yang baik dari dasar dibuat oleh C++ master, Bjarne Stroustrup gitu loh emoticon-Cape d... (S)

Java > Pengembangan ke game engine Java sperti LWGJL:
Ivor Horton's Beginning Java
Untuk belajar Java, ane sendiri punya tapi belum sempet baca berhubung masih belajar C++ dr buku di atas, tapi dari komentar pembeli ini buku recomedded banget buat belajar Java.

Bahasa Pemrograman C# > Pengembangan Ke Unity Game Engine:
The C# Player's Guide (2nd Edition)
Ane belum pernah baca, tapi katanya bagus dan ngajarin fundamental C#
C# 6.0 and the .NET 4.6 Framework
Tebel banget dan komprehensif.

Unity Game Engine:
Introduction to Game Design, Prototyping, and Development: From Concept to Playable Game with Unity and C#
Ini untuk yang belajar Unity (Warning kalau belum pernah belajar bahasa pemrograman sama sekali lebih baik baca salah satu buku di atas dulu)

Intermediate
Udah ngerti sebagian besar jargon bahasa pemrogram.

Pemrograman C++
C++ Primer (5th Edition)
Intermedeate, udah gak ba bi bu dasar tapi langsung hajar C++

The C++ Programming Language, 4th Edition
versi Intermediate dari buku di atas.

Buku Khusus untuk Master:

The Art of Computer Programming
Ini intinya bagaimana membuat program yang baik.

Acara emoticon-Big Grin

Bekraf Developer Day Bandung


Salam Gamedev, Hindari Game Bajakan emoticon-Big Grin
Diubah oleh kaskusgamedev
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 139
Ikut Menyimak ya gan..



Karena thread ini dikhususkan buat GameDev umumnya,
Learning section unity ane redirect ke thread khusus unity3d nya.
disini mungkin ane bakal ngeshare algoritma" maupun trik" cara membuat game.

Diubah oleh ReyzSchiffer
Mejeng dulu ah di pejwannya trit kaskus indonesia gamedev emoticon-Cool
Mudah2an trit ini bermanfaat bagi para calon/gamedev indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
Ok, dah digabung di post awal. Tambahan dar agan wsh4and sama Dimi7 juga dah ditaruh di situ. emoticon-Big Grin
Diubah oleh Lifeburner
Reserved
Diubah oleh wsh4and
Quote:


Untuk C# tambahin WaveEngine gan, bisa develop pake VS ato Xamarin, ane sempet coba dan lumayan suka, cuma karena masih baru jadi mungkin belum komplit banget dibanding yang lain... tapi untuk free, ini lumayan kok

Wave Engine

Untuk LUA bisa juga ditambahin Moai:
Moai
Diubah oleh Dimi7
Kalo Game Engine yang cuma pakek Visual Scripting sejenis Construct 2 masuknya kemana yah ? emoticon-Ngakak
eaaaa rumah baru numpang mejeng dulu emoticon-Ngakak, ikut nambahin isi

beberapa tipe game yang populer di masyarakat yaitu sebagai berikut:

FPS ( First Person Shoter ) : merupakan jenis game yang bertemakan baku tembak antara 2 kelompok atau lebih, ciri game ini biasanya hanya keliatan tangan saja dilayar komputer yang membawa senjata karena pemain mengambil sudut pandang orang pertama, beberapa game tipe ini yang populer diantaranya: battlefield, counter strike, serta poinblank

RTS ( Real Time Strategi ): merupakan jenis game yang bertemakan peperangan antara 2 negara/ kelompok, game ini dicirikan dengan adanya sejumlah unit (hero, kavaleri, arteleri, scout, civiliant, dll) dengan jumlah yang besar, yang diatur untuk bekerja sesuai peruntukannya masing - masing, permainan ini membutuhkan keahlian strategi dari pemain untuk mengatur jumlah dan peruntukan bagi setiap unit agar dapat bekerja dengan efisien, beberapa game dari jenis ini yang populer diantaranya: Warcraft, Age Of Empire III, Sins Of Solar Empire

RPG( Role Playing Game): permainan ini menerapkan sistem peran di dalam ceritanya, dimana pemain dapat memilih sebuah peran yang sesuai dengan keinginannya untuk melakukan permainan ( Warior, Knight, Healer, Blacksmith dll) . sejumlah permainan yang populer dari jenis ini diantaranya:
Ragnarok, Final Fantasy, Rising Force
Diubah oleh naagi
Link thread-thread Penting:



Spoiler for List Game Engine:


Spoiler for Genre game pada umumnya (dari agan naagi, dengan sedikit editan):


Spoiler for Memilih Game Engine (dari agan wsh4and):


Spoiler for Tips Memanfaatkan Crowdfunding (credit to agan wsh4and):
[/QUOTE]

Diubah oleh zongko.com
WOOW
ada trit gamedevemoticon-Belo
gabung dongemoticon-Malu (S)

aku cuma hobbyist game dev bukan yg berkecimpung d dunia pro
salam kenal

sekalian tanya donk
teknik bikin game yg sering digunakan apa ya?
aku baru make state management
sisa na yg penting bisa jalan aja
setelah selesei aku ngerasa jijik sendiri liat kodingan sndiri hehe
aku baca d buku SFML game development ada bahas entity component system
tpi belom ngertiemoticon-Cape d... (S)
entar baca lebih lanjut heheemoticon-Malu (S)
maka na tanya teknik dulu hehe
sapa tau ada yg make pendekatan yg lbih bagus

BTW ada yg make SFML + C++ jga ga?emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Diubah oleh DustChain
Quote:


Hi salam kenal juga.

Untuk pemula, seperti saya emoticon-Malu (S), saya tidak menyarankan menggunakan bahasa pemrograman C++ untuk dipelajari. C++ adalah salah satu bahasa pemrogaman tingkat tinggi yang sangat sulit untuk dipelajari karena banyak aspek sebagai berikut: konsep pointer, class, oop, dll. Sebagian besar dari teknik pemrograman C++ ditujukan untuk programmer tingkat menengah sampai mahir.

Untuk pemula saya menyarankan visualisasi programming seperti Unity, SpriteBuilder, UDK, dll yang sejenis. Visualisasi programming menggunakan teknik drag & drop untuk objek, scripted animation yang mudah dipelajari, script logic tanpa perlu hard coded (bisa juga sih kalau sudah mahir), dan WYSIWYG (what you see is what you get) artinya kita bisa melihat tampilan dalam game dan mengubah properti dan nilai suatu objek dan hasilnya bisa langsung tampak.

Visualisasi programming memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki hard code di antaranya:
1. Fokus ke dalam logic game
2. Game engine sudah jadi dan stabil, mendukung 2D & 3D
3. Drag & drop objek ke dalam layar game

Saya membaca sepintas SMFL dan ini yang saya lihat:
1. Dokumentasi sedikit, menyulitkan dalam mencari referensi
2. Tutorial sedikit
3. C++ emoticon-Berduka (S)

Kalau agan tetap ingin belajar hard code, saya sarankan bahasa Swift dari Apple karena banyak kelebihan dari bahasa C (dan turunan nya) yang dimasukan ke dalam Swift dan juga kekurangan C (dan turunan nya) yang dihilangkan. Bahkan syntax, grammar dan struktur kode pun lebih enak dibaca dan sederhana hingga lebih masuk akal.

Sekian dari saya yang pemula gan emoticon-Malu (S)
newbie mejeng pejwan
btw kalau ngomongin game design OOT gak yah? emoticon-Malu (S)
Diubah oleh khoirihendrat
Quote:


Kalau menurut saya sih ngga ya, game design kan bagian dari game development. Konsep game yang mau kita buat kan bergantung juga sama game engine yang mau kita pakai. Misalnya: game dengan genre FPS mungkin lebih cocok pakai UDK atau Unity 3D dibandingkan pakai RPG Maker atau SpriteBuilder.

Game design menggunakan tool tool seperti Photoshop atau Maya dan beberapa game engine lebih cocok dengan aplikasi aplikasi tertentu pada saat import asset karena tanpa melalui converting yang merepotkan atau kompresi image yang berlebihan.

Tapi itu pendapat saya pribadi, mungkin rekan lain ada opini yang lain?
@Admin yang lain, sorry belum sempet update first page, maklum masih sibuk, mudah2an ntar weekend sempet update first page emoticon-Big Grin

Quote:


Salam kenal juga emoticon-Cendol (S) ane aja masih part time gan emoticon-Malu (S)

Teknik bikin game, yang penting menurut ane sih asal disainnya udah jelas aja. Gak ada satu cara pasti untuk membuat sebuah game menurut ane nih gan. Tergantung game apa yang mau dibuat. Misalnya kalau ane karena mau develop FPS ane pake Unreal Engine 4 emoticon-Big Grin

Cara ngerjainnya kalau ane dibuat dulu ceritanya (kayak mau bikin novel), baru digambar sket kasarnya terus di bikin di Game Enginnya. Kalau ente bebas aja gan, gimana enaknya. Kayaknya dasarnya sih gitu semua emoticon-Cendol (S)

UE4 itu C++ tapi ane lebih sering pakai VIsual Scriptingnya emoticon-Big Grin

Quote:


Enggak lanjut aja gan emoticon-Big Grin
Memilih Game Engine

Pertanyaan yang sering muncul dari programmer yang baru memulai profesinya sebagai indie developer atau sekedar hobi adalah, manakah game engine yang terbaik? Apakah game engine A lebih baik dari B? Apakah game engine bisa digunakan untuk membuat game jenis X atau game engine B lebih cocok digunakan untuk game jenis Y?

Pertanyaan ini wajar muncul karena begitu banyak game engine yang tersedia dan sebagai seorang pemula yang ingin berkecimpung dalam dunia game development, banyaknya game engine ini menimbulkan kebingungan sekaligus berkah.

Saya mencoba sedikit berbagi pengalaman saya dalam memilih game engine; opini saya tentu saja berdasarkan pengalaman pribadi saya dan belum tentu cocok dengan Anda. Ingatlah satu hal penting: mulailah dengan mental dan niat yang baik sebelum memilih. Game engine banyak tersedia gratis dan kebanyakan fitur fitur high end pada game engine yang berbayar tidak akan Anda gunakan sampai Anda benar benar mahir dalam menggunakan program tersebut. Mulailah dengan yang gratis dan jangan sekali kali terpikir untuk mencari versi illegal dari sebuah program komersil. Anda ingin hasil karya Anda dihargai, mulailah hargai hasil karya orang lain.

*. Mulailah dengan hal yang subyektif
Mungkin alasan ini terdengar aneh, tapi akan saya jelaskan sebagai berikut. Jika Anda memiliki rasa senang terhadap motor merk A dibandingkan merk B, seberapa jelek pun motor A, itu adalah motor yang secara tampilan, fitur, fisik dll adalah hal hal yang membuat Anda nyaman dengan motor tersebut. Begitu juga dengan game engine. Percayalah bahwa semua game engine, secara teori, dapat membuat game apapun yang Anda inginkan. Seperti motor merk apapun yang dapat membawa Anda kemanapun Anda suka. Game engine adalah alat kerja Anda; alat kerja bergantung pada Anda sepenuh nya yang mengendalikan alat tersebut. Game engine terbaik sekalipun jika Anda menulis kode secara serampangan dan amburadul, hasilnya bisa jauh lebih buruk dari anak SD yang menulis kode dengan lihai dengan game engine seadanya. Mulailah mendownload sebanyak mungkin game engine yang sekiranya Anda suka dan cobalah 2-3 hari. Atau jika Anda tidak mau repot, lihatlah cara menggunakan game engine di youtube dan pilihlah yang Anda pikir akan membuat pekerjaan Anda nyaman.

*. Fitur tidak penting / Begitu juga performance
Anda mungkin bingung, kalau fitur tidak penting, apa yang bisa saya dapatkan dari sebuah game engine? Lalu apakah performance game saya akan jelek kalau game engine nya tidak bagus? Dari pengalaman saya, fitur yang sedikit membuat kita bisa fokus pada game yang ingin kita buat. Dan performance game engine secara umum semua sama, cukup cepat, selama Anda tidak menuliskan kode kode aneh pada program yang Anda buat. Jangan terlalu terbuai dengan jargon marketing developer game engine. Semakin banyak game engine yang tersedia saat ini, semakin banyak pula fitur fitur “tidak perlu” yang ditambahkan ke dalam game engine agar terasa lebih canggih dan up to date. Sebagai seorang developer game yang bekerja sendiri, mustahil rasanya Anda bisa menguasai semua fitur canggih dari game engine tersebut. Banyak hal hal canggih yang bisa dicapai dengan cara sederhana, selama Anda mau belajar.

*. Lingkungan membantu
Sumber informasi yang sangat membantu dalam mencari game engine yang cocok untuk Anda bisa datang dari lingkungan terdekat Anda; teman yang menguasai game engine tertentu atau dari socmed yang sering Anda kunjungi seperti forum kita ini. Diskusi mempersingkat waktu yang diperlukan daripada Anda mempelajari semua game engine yang ada. Begitupun, belum tentu yang direkomendasikan ke Anda adalah yang cocok untuk Anda. Paling tidak, Anda sudah mendapatkan gambaran tentang game engine tersebut tanpa Anda perlu mencobanya.

*. Mulailah dari yang Anda punya, kuasai dan tersedia secara native
Anda pengguna Mac? Mulailah dari Objective C dan Xcode. Memang tidak semua game engine tersedia di Mac, tapi Anda tak perlu berinvestasi kepada sesuatu yang tidak dapat Anda miliki (kecuali Anda kaya, well, wth are you doing here emoticon-Stick Out Tongue). Anda tidak perlu membeli PC agar bisa menggunakan UDK karena teman teman Anda menggunakan UDK. Unity tersedia di Mac jika Anda ingin membuat game 3D atau gunakan SpriteBuilder jika ingin membuat game 2D. Pelajari Objective C karena itu adalah bahasa pemrograman standar di lingkungan Mac. Kita bisa membuat game di Xcode dengan C/C++ namun kecuali Anda sudah expert, tidak banyak dokumentasi, tutorial atau referensi yang tersedia membuat game dalam C/C++ di Mac. Objective C? Berlimpah.

*. Dokumentasi / Tutorial / Dukungan dari Pembuat game engine
Fitur paling penting dari sebuah game engine menurut saya adalah dokumentasi yang lengkap, ketersediaan tutorial dan dukungan penuh sang pencipta game engine. Secanggih apapun game engine jika tanpa hal hal di atas, maka tidak ada artinya. Siapa yang tahu fungsi atau class tertentu tanpa referensi yang tepat? Ke siapa kita harus mengadu jika ada fungsi atau class tertentu yang tak bisa jalan? Hal hal di atas akan menciptakan keterikatan di antara para pengguna dan pembuatnya; tercipta forum (seperti kaskus ini) dan diskusi positif akan timbul secara aktif. Kita bertanya dan mereka menjawab dan kita merasa puas. Kesinambungan seperti ini adalah fitur paling penting menurut saya yang harus ada dalam setiap produk.

*. Harga: sensitif untuk rakyat Indonesia emoticon-Stick Out Tongue
Hampir semua game engine tersedia gratis. Untuk Mac, Xcode dan framework nya tersedia lengkap built-in. Canggih ga perlu third party lagi. Untuk game engine yang multi-platform juga banyak tersedia gratis. Seperti yang saya sebut di awal, ga perlu repot cari versi illegal dari game engine komersil berbayar; tidak mungkin Anda akan menggunakan semua fitur tersebut di awal Anda akan memulai pengembangan game. Dan sebisa mungkin, hindari game engine berbasis open source; Anda pemula dan tak perlu ikut berkecimpung dalam pengembangan game engine. Sebisa mungkin memilih game engine dari perusahaan yang sudah matang dalam industri pengembangan game.

*. Jadi, yang mana yang harus saya pilih?
Saya memiliki 2 komputer, PC & Mac.
Saya mencoba Xcode, SpriteKit, SpriteBuilder, dan menyukai tampilan dan kemudahan dalam penggunaan aplikasinya, tutorial dan referensi tersedia sangat lengkap. Namun saya tidak menyukai Objective C. Kabar baiknya, Apple tampaknya juga tidak suka dengan Objective C, karena Apple akan mengganti bahasa pemrograman native ke Swift. Sayangnya, rilis resmi Swift akan tersedia setelah musim panas dan saat ini hanya tersedia (beta) untuk developer yang telah terdaftar dan membayar Apple Developer Program.
Saya mencoba Unity3D dan UDK di PC. Saya menyukai keduanya, namun lebih memilih Unity3D. Kenapa? Karena biaya lisensi yang lebih murah dan tidak ada bagi hasil penjualan seperti UDK.

Jadi untuk saat ini, saya menggunakan Unity3D di PC dan sesekali menggunakan SpriteBuilder di Mac

Demikian, semoga membantu.
Diubah oleh wsh4and
Quote:


Asyik ini detail banget. Suhu ini kayaknya banyak pengalaman. boleh dong di share game game hasil karyanya. nubi mau belajar
Mau tanya nih bro , Engine yang bagus untuk ngelatih game programming apa ya bro ? soalnya mau belajar Programming sekalian buat game :3 mohon bantuannya bro emoticon-Big Grin emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-I Love Indonesia (S)
Math for Game Developer: http://www.youtube.com/channel/UCEhB...G9-e_JSOzU068w
bagus buat yg ingin belajar matematika yg diperlukan untuk game devemoticon-Big Grin


Quote:


ane lagi buat kloningan game Ragnarok Online pake SFML + C++11:
https://github.com/dezkoat/croc/
entah pake teknik apa ngebuatnya(ane gak ngerti gitu2an emoticon-Stick Out Tongue ),
tapi ane buat berdasarkan pengalaman waktu pake Game Maker dulu..

-----
btw, sfml dan ogre3d bukan game engine
Quote:


Waduh saya baru 3 bulan terakhir aja gan nyoba nyoba programming & game engine, masih ucup banget, ngga ada seujung kuku nya emoticon-Malu (S)

Yang saya bagi pengalaman saya di atas baru berdasarkan konsep gaming di awal, masih belum masuk ke game development. Sedikit dikit sambil saya belajar, pasti saya bagi lagi pengalaman saya nanti.
Quote:


ngelatih game programming? bikin engine sendiri... dijamin bakal mendewa...


emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 139


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di