Kalo bisa YA SAYANG 12 FAKTA UNIK TENTANG KERETA API
Spoiler for SATU:
1. Kereta api pertama kali ditemukan oleh Richard Trevitick juga merupakan satu-satunya Mesin uap bisa berjalan dan menyebutnya Lokomotif pertama.
Spoiler for Lokomotif uap “Rocket” ciptaan Stephenson tahun 1929:
Spoiler for DUA:
2. Kereta api diilhami dari seekor ular karena bentuk kereta api persis dengan seekor ular karena gerbongnya menghubungkan gerbong lain sehingga memanjang seperti ular.
Spoiler for Ilustrasi:
Spoiler for TIGA:
3. Kereta api satu-satunya kendaraan yang tidak memiliki setir seperti halnya Mobil, bus, truk, sepeda motor, kapal dan pesawat terbang, jadi kereta api bisa berjalan melalui jalur rel.
Spoiler for Int:
Spoiler for EMPAT:
4. Klakson pada kereta api lebih keras dalam frek. 400 – 700 HzV daripada Truk maupun Bus, jadi dari jauh (Sekitar 5 kilometer) terdengar suara kereta api tersebut.
Spoiler for LIMA:
5. Tahukah anda, kalau kereta api bisa maju dan mundur, jadi jika perjalanan pulang sebenarnya kereta api pada bagian lokomotif sebenarnya bergerak mundur karena bagian arah kepala berlawanan yaitu lokomotif bagian belakang, sedangkan masinis menghadap bagian depan.
Spoiler for Ilustrasi:
iya gan Long Hood(LH)Itu wajib gan umpama ane naik kereta MN-YK dan kereta mau balik YK-MN nah waktu ke YK itu posisi Short Hood(SH) dan kalo mau balik ke MN Harus Long Hood Biar kerusakan pada roda as merata kalo gak di balik bahaya Info Lengkap Dimarikalo soal gak kelihatan sih kelihatan aja gan yg penting itu rambu2(kan rambu2 nya di pinggiran,gak di tengah to?)dan komunikasi dengan pihak yg ngatur perjalanan gan
Spoiler for ENEM:
6. Bagian paling keras pada setiap kereta api sebenarnya adalah bagian Lokomotif daripada gerbongnya. Jadi pada saat terjadinya tabrakan dengan Kendaraan truk dan bus, buktinya bagian lokomotifnya tidak remuk tapi bus maupun truk malah hancur deh. Tapi kalau tabrakan sesama kereta api sudah pasti kedua-duanya hancur.
Spoiler for Nubruk Gan:
Spoiler for TUJU:
[7. Satu lokomotif kereta api bisa mengangkut lebih dari 30 buah gerbong.
Spoiler for Gerbong:
Spoiler for Delepen:
8. Jika ada simpangan rel kereta api hanya petugas stasiun kereta api yang mengatur jalur rel denga menarik tuasnya.
Spoiler for Sembelen:
9. Untuk kereta api listrik, kereta api ini memiliki dua lokomotif, yaitu bagian depan dan belakang.
Spoiler for KRL:
Spoiler for Sesepuhluh:
10. Pada setiap kereta api khusus diesel, bagian gerbong yang paling ujung atau bagian belakang bukan hanya untuk menyimpan barang besar sebagai gudang, tetapi sebenarnya adalah Genset kereta api jika pada saat malam hari genset ini bisa menyalakan listrik pada setiap gerbong penumpang (Kelas bisnis, ekonomi, eksekutif) meski tanpa lokomotif.
Spoiler for Kereta Pembangkit:
Spoiler for Sebeles:
11. Bagian lokomotif pada kereta api peluru seperti Shinkansen yang pada bagian ujung yang lancip seperti paruh burung, hal ini disengajakan supaya kereta api ini melaju lebih cepat daripada kereta api yang ujungnya tumpul.
Spoiler for Shinkansen:
Spoiler for Duo Beles:
12.Untuk kereta api uap, pada saat menanjak pada bukit, bagian lokomotif harus dilepaskan dan pindah kebelakang gerbong untuk mendorong gerbong kereta agar pada saat menanjak akan mudah menaiki ke atas bukit. Kalau tidak, bisa celaka…..
jangan Lupa ya gan kalo Niatsama SELESAI
[SPOILER=Sumber]Kereta