- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Cara memutar posisi Lokomotif berkabin tunggal - Part 2


TS
CC20412
Cara memutar posisi Lokomotif berkabin tunggal - Part 2
Quote:
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamualaikum......
Please No Junk In My Thread
Budayakan Berkomentar Yang Bijak & Baca Dulu Sebelum Berkomentar!
[/CENTER]
Assalamualaikum......

Semoga Thread ini bisa menambah pengetahuan & wawasan agan semua tentang dunia perkeretaapian Indonesia

Alhamdulillah HT #2

Makasih buat agan2 yg udah kirim ijo2 segernya
Thanks All agan & sista yg udh bantu

Alhamdulillah HT #2
Spoiler for HT:
Makasih buat agan2 yg udah kirim ijo2 segernya


Thanks All agan & sista yg udh bantu

Please No Junk In My Thread
Budayakan Berkomentar Yang Bijak & Baca Dulu Sebelum Berkomentar!

Quote:

Sebelumnya ane mau coba bahas dulu kalo semua jenis lokomotif PT. KAI (khususnya yg berkabin tunggal) itu sebenarnya bisa di operasikan dengan jalan maju ataupun mundur. Bukannya Lok berkabin ganda tidak pernah diputar posisinya, tapi ane sangat jarang sekali melihat Lok berkabin Ganda kaya CC200, BB301 & BB304 di putar posisi kabinnya

Spoiler for Lokomotif dengan Kabin Ganda:


CC206 Narik Gerbong Datar Kontainer + Petikemas di St. Alastua
Foto by Hadyan Ade
Disini ane akan bahas Lokomotif berkabin tunggal seperti Lokomotif Diesel Hidrolik D300, 301, BB200, 201, 203, 204, 300, 302, 303, 305, 306. Kemudian Lokomotif Diesel Elektrik CC201, 202, 203, 204, 205 yg memiliki dua posisi kabin yakni Short Hood / SH (masinis membelakangi mesin) dan posisi Long Hood / LH (mesin membelakangi masinis).
Spoiler for LH:

Long Hood
Spoiler for cabin:


Pandangan masinis saat Lok CC201 posisi LH
Foto : Yuza Ramadhan
Spoiler for cbn:
.jpg)
Lok BB303 posisi LH
View from long hood locomotive cabin

By Fajar Arifianto
Mungkin agan-agan banyak yg bertanya kenapa posisi Lokomotif (terutama Lok berkabin tunggal) harus diputar? Lha wong bisa maju mundur kok?

Itu juga pertanyaan yg sama dengan pertanyaan ane saat ane PKL di Bengkel Lokomotif Yogyakarta tahun 2007 silam

Alasannya yaitu mencegah keausan pada satu sisi roda Lokomotif karena mengalami beban pada saat membelok.
Spoiler for 1:


Pandangan di Kabin masinis posisi SH luas

Kita ibaratkan dengan foto diatas, kita ambil yang Short Hood ya (SH). Jika loko berjalan dengan posisi SH dan banyak mendapati tikungan tajam (dan misalkan banyak tikungan ke kanan) jelas Roda dan As sebelah kanan Lokomotif lebih berat menahan beban bukan (sama halnya mungkin dengan mobil). Nah jika dia kembali ke jalur yang sama tapi dengan keadaan loko tidak dibalik (alias berjalan mundur (Long Hood) maka bagian as dan roda sebelah kanan lagi yang akan sering menerima beban. Maka dari itu harus dibalik agar keausan pada roda merata.
Alasan lain yg menjadikan kenapa posisi Lok berkabin tunggal sering dibalik tidak lain karena pandangan masinis lebih luas ketika Lok berkabin tunggal berjalan dengan posisi Short Hood



Ada tiga cara membalik Lokomotif :
Quote:
[CENTER]1. Dengan TurnTable (TT)




Pengunciinya
Turntable atau meja putar kalau di Indonesiakan. Cara memutar loko yang paling simpel karena hanya membutuhkan sedikit tempat dan lahan. Caranya yaitu hanya menempatkan Lokomotif ditengah2 TT (harus pas ditengah supaya ringan) lalu diputar manual oleh tenaga manusia, biasanya 2 4 orang (berat kosong loko minimal 75 ton). Dipo Lokomotif Yg masih mempunyai TT aktif Jatinegara, Pasarturi (Surabaya), Bandung, Sub Dipo Lok Kroya, Malang, Cilacap, Yogyakarta.
2.Dengan Segitiga Pembalik

Ilustrasi Segitiga Pembalik
1

2

3

4

CC20329 sedang proses membalik posisi kabin di Semarang Poncol

CC20177 sedang diputer di ∆ Pembalik Banyuwangi
foto by Imam Nuansa Sancaka
Yang ini agak sedikit rumit karena memakan banyak lahan. Berbentuk segitiga dan lokonya harus berjalan dari sisi sebelah kiri (difoto) lalu berbelok ke kiri (menuju ke atas) terus kembali dan berbelok ke kiri (menuju sebelah kanan) dan baru kembali ke awal (sisi kiri foto), lihat skema
Stasiun Solo Balapan, Semarang Poncol, Banyuwangi & Rumah Sinyal Mesigit (Surabaya) memiliki segitiga pembalik.
3. Dengan memutari Ballon Loop
Baloon Loop dipo Induk Sidotopo
Yang ini agak rumit. Karena berbentuk lintasan panjang, namun kadang Ballon Loop tidak hanya digunakan untuk memutar satu Lokomotif saja, tapi bisa lebih dari satu atau bahkan juga digunakan untuk memutar satu rangkaian KA. Mungkin dari gambar sudah jelas ya. Ada di Sidotopo (Surabaya), Jakarta (Muter Jatinegara Pasar Senen - Duri - Tn.Abang - Manggarai - Jatinegara lagi
). Ada lagi di Tanjung Karang (biasanya untuk memutar Lokomotif beserta rangkaian Babaranjang)
Spoiler for TT Malang:




Pengunciinya
Turntable atau meja putar kalau di Indonesiakan. Cara memutar loko yang paling simpel karena hanya membutuhkan sedikit tempat dan lahan. Caranya yaitu hanya menempatkan Lokomotif ditengah2 TT (harus pas ditengah supaya ringan) lalu diputar manual oleh tenaga manusia, biasanya 2 4 orang (berat kosong loko minimal 75 ton). Dipo Lokomotif Yg masih mempunyai TT aktif Jatinegara, Pasarturi (Surabaya), Bandung, Sub Dipo Lok Kroya, Malang, Cilacap, Yogyakarta.
2.Dengan Segitiga Pembalik
Spoiler for Segitiga Pembalik:

Ilustrasi Segitiga Pembalik
1

2

3

4

CC20329 sedang proses membalik posisi kabin di Semarang Poncol

CC20177 sedang diputer di ∆ Pembalik Banyuwangi
foto by Imam Nuansa Sancaka
Yang ini agak sedikit rumit karena memakan banyak lahan. Berbentuk segitiga dan lokonya harus berjalan dari sisi sebelah kiri (difoto) lalu berbelok ke kiri (menuju ke atas) terus kembali dan berbelok ke kiri (menuju sebelah kanan) dan baru kembali ke awal (sisi kiri foto), lihat skema

3. Dengan memutari Ballon Loop
Spoiler for Baloon Loop SDT:

Baloon Loop dipo Induk Sidotopo
Yang ini agak rumit. Karena berbentuk lintasan panjang, namun kadang Ballon Loop tidak hanya digunakan untuk memutar satu Lokomotif saja, tapi bisa lebih dari satu atau bahkan juga digunakan untuk memutar satu rangkaian KA. Mungkin dari gambar sudah jelas ya. Ada di Sidotopo (Surabaya), Jakarta (Muter Jatinegara Pasar Senen - Duri - Tn.Abang - Manggarai - Jatinegara lagi

Quote:
Spoiler for Turn Table Stas.Bandung:

Spoiler for Turn Table Dipo Lok.Cirebon:

Spoiler for Turn Table non-aktif Stas.Cicalengka:
Spoiler for CC201143R nyungsep di TT Dipo Lok YK:

Spoiler for Segitiga Pembalik & Balon Loop di Stas.Banyuwangi:

ke kiri, ke stasiun. Ke kanan dan arah belakang foto ke jalur mati balon loop sekaligus jalur mati pelabuhan Banyuwangi

Spoiler for 1978:

Turn Table Madiun
Spoiler for TT Jember:


Spoiler for Turn Table Sub Dipo Pekalongan:

Spoiler for Turn Table Ciwidey:

Jadi Tempat jemuran

Spoiler for Turn Table Bedono (Jateng):

Spoiler for Turn Table Banjar:
Spoiler for Dipo Lok Malang:

Spoiler for Kabin CC201 series:




Spoiler for Kabin CC203 series Posisi SH:


Spoiler for Kabin CC205 series Posisi SH:

Spoiler for Kabin CC206 series.:


Spoiler for Kabin CC201 series kabut tebal:

Quote:




Jangan lupa tinggalkan

Kalo ada yg berkenan boleh timpuk ane cendol

Thanks For Visit

Nitip Lapak gan


Saling sundul = Jalan menuju HT. bantu sundul trit ane gan


Kereta Petikemas Terpanjang Di Dunia
Umur Lokomotif PT. KAI & Tahun Mulai Dinasnya
Cara memutar posisi Lokomotif berkabin tunggal
Penampakan Lokomotif dengan corak & logo baru PT.KAI

Jangan lupa mampir & sundul ya gan


Diubah oleh CC20412 14-07-2013 08:36
0
111K
Kutip
1K
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan