alexa-tracking

trisula saga, into a cauldron

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5134040be974b4480b000006/trisula-saga-into-a-cauldron
trisula saga, into a cauldron
Spoiler for pesan:

Trisula background Files. In Not so distant Future. 2040.


Multipolar world, itulah yang terjadi ketika tahun 2024 ketika United States of America terkena serangan nuklir dari korea utara, pembalasan yang dilancarkan Amerika membuat China membalas kembali dengan serangan nuklir ke daratan Amerika. USA kini hanya eksis sebagai bayang-bayang sejarah sementara daratan timur Amerika hancur menjadi padang radioaktif yang tersisa kini hanyalah negara kecil yang disebut CSA atau Confederate States of America.

China yang berantakan dan kini hilang dari keberadaannya sebelumnya. Sementara Rusia terpecah belah menjadi negara dan imperium kerajaan kecil yang dikendalikan oleh Republic Of Novgorod, House of Pavlov Imperial dan United See of Kam***a. Semua tatanan dunia kembali ke masa abad pertengahan dimana tidak ada kekuatan penstabil dan pasar internasional yang terpercaya. Peperangan konvensional merobek-robek seluruh dunia dimana suku agama dan ras menjadi sebab utama dari semua peperangan. Eropa terpecah belah menjadi beberapa republik kecil dan kembali menjadi kerajaan dengan monarki, house of hapsburg kembali berdiri dan vatikan menjadi tumbal dari peperangan oleh kekuatan republik padania dan sisa keluarga borgia yang didukung tahta suci roma. Kini vatikan menjadi padang radioaktif, gereja katolik runtuh.

Di timur tengah, Iran begitu melihat keruntuhan Amerika bergerak maju menganeksasi irak, afganistan, dan arab saudi. Ajaibnya begitu tentara Iran memasuki kota Mekkah, Israel bertindak mengadakan Ofensif untuk mencegah Mekah jatuh ke tangan Iran, iran membalas dengan menembakkan rudal nuklir ke Israel, membuat Israel membalas dengan menembakkan seluruh rudal nuklirnya ke Iran. Dalam keputus-asaan, pemimpin Iran memutuskan untuk membalas dengan menyasar seluruh target AB Arab saudi dan Israel dengan hulu Nuklir. Akibatnya seluruh timur tengah kini menjadi kubangan radioaktif. Makkah dan Madina, meskipun selamat dar serangan nuklir tetap menderita dan seluruh saksi keberadaan Nabi Muhammad kini terkubur dalam isotop sodium dan cessium.

Peperangan dengan menggunakan nuklir membuat sejumlah besar negara berinvestasi untuk membuat senjata yang dapat menahan efek buruk dari senjata nuklir. Maka sejumlah ilmuwan Kekaisaran Jepang menemukan solusinya secara tidak sengaja. Beraawal dari krisis minyak, mereka menemukan metode terbaru untuk menciptakan energi fusi tanpa akselerator fisi. Muncullah teknologi plasma weapon, namun plasma yang digadang-gadang sebagai energi pengganti nuklir hanya efektif sebagai senjata karena reaksi fusi yang dihasilkannya tidak pernah bisa terkendali. Negara-negara sibuk mengembangkan senjata ini hingga satu negara, satu entitas yang dulu bernama indonesia berhasil menyerbu dan menguasai jepang. Namun negara ini bukan lagi Indonesia yang sama. Mereka menjual rahasia plasma weapon ke negara-negara lain dan kini seluruh peperangan menggunakan senjata plasma.

Kalifate atau Daulah Islam Indonesia Raya atau DIIR adalah pecahan dari republik Indonesia yang berhasil menguasai seluruh lingkar asia tenggara, Oseania, dan sebagian jepang di masa jayanya. Namun sebagian elemen Loyalis Indonesia terus melawan dan akhirnya terdesak semakin ke utara, membebaskan Jepang dan kini berlindung di United See of Kam***a. Armada tempur terakhir, yang kini disebut sebagai PDRI atau pemerintahan darurat republik Indonesia kini terletak pada gugus tempur delapan kapal induk, lima belas penjelajah, dan puluhan kapal pendukung seperti tanker dan destroyer yang terus berpindah-pindah menghindar dari kejaran DIIR dan peluru nyasar dari negara-negara lain yang saling berperang. Namun kini DIIR telah berani menyerang tanah United See of Kam***a atau USK, membuat PDRI terpaksa harus melindungi USK dari ancaman DIIR.

Salah satu dari armada kapal PDRI adalah KRI Trisula, sebuah kapal selam SSGN tua peninggalan perang dingin yang kini akan menjadi sentra cerita dalam 2nd battle of pacific.
Gan, numpang komen yah buat fict ini... emoticon-Smilie
Komen yg gw berikan ini bersifat sangat subjektif, jadi tolong jangan tersinggung dengan kata2 yg gw lontarkan.

Spoiler for :


Sekian komen songong gw. Semoga memberikan pencerahan buat ente emoticon-Angkat Beer
Quote:


makasih banget!!!! akhirnya ane ngerti kenapa fanfic ane sulit dibaca. terimakasih banget gan, yang selanjutnya akan lebih baik lagi, ane coba emoticon-Big Grin
Spoiler for pesan:
KRI Samadikun, Sonia class Destroyer. pacific.

“Monyet! Berapa kali kubilang jangan pernah meninggalkan ember di atas dek! Kalau orang terpeleset kemudian jatuh bagaimana dasar monyet! Berapa kali harus kubilang baru masuk ke otak kau hah? Anak monyet!”

Kelasi kelas dua Abdillah Alamor berdiri pucat pasi. “si-siap pak. Takkan terulangi lagi.”

“aku mau kau mengepel dek selama seminggu ke depan dan tidak ada cuti kapal untukmu di Guam! Bubar!” Komandan eksekutif kapal Korvettenkapitant Rizally Aditya berlalu sembari menapak dek dengan berat. Alamor berbalik dan memandangi lautan yang kini membawanya tidak kemanapun. Nasib sebagai nonqual atau awak kapal yang tidak memiliki kualifikasi hanya dua, jadi penumpang atau jadi manusia terendah di kasta masyarakat kapal. Alamor baru saja lulus dari latsarmil dan kini terjebak di kapal ini menerima nasib menjadi tukang fotokopi, pengepel dek ataupun menjadi orang yang pertamakali dikirim untuk menjemput belanjaan di pelabuhan.

Samadikun adalah tipe kapal yang benar-benar membawa syaraf awaknya hingga tubir kegilaan. Tanpa ada kecantikan seperti nama kelasnya dan benar-benar dingin hati. Kapten kapal sinting ini memutuskan untuk melempar semua hal yang tidak diperlukan ke laut, mulai dari mesin pembuat kopi hingga kasur bagi awak. Meskipun kapal ini kini lebih ringan 10 ton dan mendapatkan keunggulan dari kecepatannya namun hidup didalamnya benar-benar sengsara. Bahkan toiletpun harus dijatah karena mesin untuk menyuling airlaut rusak setelah sebuah torpedo kapal selam DIIR meledak hampir dibawah lambung kapal. Dari 100 orang awak kini hanya tinggal 78 orang, sisanya tewas ataupun terpaksa dievakuasi karena luka.

Alamor yang tidak memiliki pendidikan dan kualifikasi terpaksa dilempar ke skuadron Destroyer, pekerjaan paling berbahaya di Angkatan Laut PDRI. Destroyer adalah kapal pertama yang ada dipermukaan untuk memburu kapal selam, menembak jatuh pesawat tempur musuh bahkan menjadi umpan untuk kapal yang lebih besar. Tetapi Alamor tidak sepenuhnya membenci kapal ini, meskipun baunya seperti toilet terminal dan campuran asap rokok dan kopi yang terpanggang akan tetapi disinilah ia menemukan bentuk manusia yang sebenarnya. Dan hanya manusia dengan kabel syaraf dari baja yang sanggup bertugas disini.

“Alamor!” ia berbalik dan menemukan kepala unit antipesawat liutnant zur see Will Pirate berdiri dengan kretek yang tidak dinyalakan.

“bersiap untuk latihan antiserangan udara malam ini, kau di dek bersama bootsmann Deneb.”

“siap letnan!” pekerjaan yang lebih rendah lagi. Bersiaga dibalik meriam antipesawat bersama dengan jongos lainnya, kedinginan dan membeku dibalik meriam menunggu musuh yang tak pernah datang.

“ini bukan pekerjaan jongos lagi pelaut! DIIR memutuskan untuk melakukan ofensif sekali lagi ke guam, kita akhirnya dapat misi betulan, memburu kapal selam musuh yang akan menembakkan misil jelajah ke Guam, dan jangan meleng!”

“siap pak.” Satu-satunya kalimat yang bisa diucapkan oleh nonqual diatas kapal seperti Alamor.
hmm...ini bukan komen...tapi tolong dikasi tag spoiler setiap post cerita donk emoticon-Big Grin
saya jadi malas baca karena harus scroll panjang-panjang emoticon-Hammer
Quote:


setujju sama agan ini emoticon-Hammer
coba ente main2 ke trit anak2 Fanstuff yang lain gan, di sana ente bisa liat gimana "etika" penulisan yang udah jadi tradisi di sini. karena kita udah terbiasa ngebaca fict yang dipost dengan "tradisi" itu, begitu ngeliat postingan yang kayak gini jadinya males baca emoticon-Peace

ane belom baca, soalnya liat dari komennya shian kayaknya masih banyak "kendala"-nya ya ini fict? coba ente bayangkan kalo semua orang di sini itu bener2 awam tentang militer. bayangkan ente lagi nyeritain karangan ente ke anak2 kecil. pasti setiap ente ngejelasain satu istilah, ente bakal ngasih keterangan kan apa yang barusan ente ucapin?
coba baca fanfict RO bikinan agan heilel di sini. dia bisa nyeritain kisah di ragnarok online yang bisa dimengerti oleh ane, padahal ane gak tau apa2 tentang itu game. ente bisa belajar dari fict itu.

ingat satu kalimat ini. sedahsyat-dahsyatnya ide dan konsep penulis, kalau tulisannya tidak dapat dimengerti maka percuma saja

pokoknya ente wajib untuk terus menulis di sini, ane tunggu emoticon-Metal:
Quote:

Ga usah seekstrim kek nyeritain ke anak kecil juga kali. Emang target audience nya anak kecil apa? emoticon-Hammer

Yah, intinya sih cukup istilah teknisnya jangan kebanyakan bikin bingung pembaca aja. Contoh gampangnya, novel2 Dan Brown selalu ada unsur sejarah dan teknologinya. Tapi, novelnya dia bisa gw tangkep maksudnya dengan mudah. Ini karena Dan Brown bisa meramu konsep ceritanya dengan baik ke dalam tulisan, sehingga pembacanya ga kebingungan buat mengerti istilah2 yg dia masukkan dalam novel emoticon-Recommended Seller

Anyway yg di bold, setuju banget gw, mw konsep sekeren apapun, klo penulisannya payah, pasti ga akan nyaman dibacanya emoticon-Angkat Beer
mungkin pendapat gw udah diwakilin sama om shian ya, soal technobabble, eyd, dll.

tapi di post kedua itu gw enak bacanya emoticon-Big Grin
Kam***a itu apa? jangan2 yang dibintangin itu fungsi sensor di kaskus emoticon-Thinking

umm, dikit nanya boleh gak? memang novel militer itu penulisannya seperti ini? gw pernah ke kinokuniya dan liat novelnya tom clancy macem splinter cell, rainbow six, hawx. penasaran pengen baca, mau beli uangnya kurang >_>



trisula saga, into a cauldron
Quote:


itu kan analogi doang om, jangan ditelen mentah-mentah emoticon-Hammer
maksudnya anak kecil itu= audience yang awam


konsep keren plus eksekusi keren mah cuma ane gan yang paling cacat emoticon-Malu (S)


tambahan lagi, kalo gak perlu pake istilah asing atau masih ada padanan katanya mending pake bahasa indonesia aja.
bingung juga baca narasi tempat aja pake bahasa inggris emoticon-norose
Quote:


Quote:


aman gan, ane mungkin akan coba bikin glosariumnya. yang masih jadi kendala adalah bagaimana menjelaskan bagian2 kapal ke bahasa indonesia seperti mast, mast adalah antena kapal, tiang juga termasuk mast, kemudian istilah maritim kaya all ahead flank yang bisa dikatakan kecepatan penuh, namun kalo dibahasa indonesiain jadi aneh, ane akan coba siasatin

Quote:


point taken gan, makin pedas maka akan semakin semangat saya nulis

Quote:


novel militer ada macam2 gayanya om, ada yang tanpa cerita yang kuat tapi detailnya mendalam kaya harold coyle, ada yang rumit dengan technobabble yang kadang ga masuk atau belum terkonsep di dunia nyata kaya dale brown, ada yang menekankan pada cerita kaya larry bond, ada yang cenderung pop kaya tom clancy.

kalo mau novel tom clancy ane lengkap kok ebooknya, kalau mau pm aja

Quote:


kalo yang itu ane akan coba siasatin di update selanjutnya, mohon kritikannya. ane perlu itu dalam menulis, terimakasih semuanya

diatas kapal selam KRI Trisula. Menuju Guam

Spoiler for pesan:
Quote:


boleh-boleh emoticon-Big Grin
pengen baca rainbow six. punya apa aja?



trisula saga, into a cauldron
Quote:


trisula saga, into a cauldron

pilih aja gan emoticon-Big Grin

ayo kritik slanjutnya... ane, masih ada sih yang belum dipost beberapa judul
penulisan mulai membaik...saya salut dengan improvisasi anda yang meningkat cepat...emoticon-Stick Out Tongue
terus apa ini baru dimulai perangnya ya...soalnya dari tadi saya baca infodump semua emoticon-Hammer
mungkin agar lebih mudah dipahami oleh orang awam...istilah-istilah militer yang asing alias tidak umum bisa dibikin glosariumnya diakhir part/chapter...saya tidak tahu penulisan novel-novel tema militer bagaimana...tapi mungkin itu hanya pendapat saya agar ceritanya lebih mudah dipahami...emoticon-Big Grin
dan jangan lupa istilah asing yang non-terjemahannya digaris miringkan kalau bisa emoticon-Belo/
Quote:


dimengerti bang, ane juga harus bisa adapt dengan selera pembaca, dan seharusnya juga disini ane belajar cara nulis, makanya ane lebih milih nulis disini daripada nulis di formil yang seharusnya lebih ngerti tentang istilah disini.

glosarium sedang ane pertimbangkan gan, ane sedang compile istilah2 yang dipake

Disaat yang sama. Galangan kapal Tomodachi, dok perisai satu. Yokosuka, Kekaisaran Je

Spoiler for jepang:
[/SPOILER]
daftar istilah :

zentrale : bagian kendali daripada kapal selam

portside : bagian kiri dari kapal

starboard : bagian kanan dari kapal

bulkhead : dinding kapal

head : toilet

aale ; slang untuk torpedo,

SOB : seorang bintara tinggi yang paling senior di kapal, bertanggung jawab atas latihan dan pembinaan awak kapal

depth charge : bom laut yang dilempar dari kapal permukaan.

ballast : tangki penyeimbang kapal yang digunakan untuk menaikturunkan kapal.

trimming : menyetel sirip kapal agar dapat berjalan lurus.

eerstenwachtofizer : perwira wakil komandan kapten kapal, berfungsi menjalankan tugas-tugas administrasi dan pemeliharaan kapal

kapitant : kapten kapal, skipper dalam bahasa inggris

SSGN : kapal selam dengan peluru kendali, biasanya berfungsi sebagai sarana pemburu kapal permukaan lawan

SSN : kapal serang selam nuklir, memiliki kecepatan tinggi dan memakai torpedo sebagai senjata utama

SSK : kapal selam diesel

SSBN : kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir

Untersbooten Kampfgruppe : grup tempur bawah laut

Destroyer : kapal perang permukaan dengan spesialisasi pemburu kapal selam dan biasanya dilengkapi torpedo dan sonar.

ELF : Extreme Low Frequency, suatu sistem transmisi dengan frekuensi dan kemampuan transmisi sangat rendah yang daapat menembus kedalaman laut.

sitrep : laporan situasi.

hidroplane : sirip kapal yang bertugas mengatur derajat penyelaman

tonal : kontak konstan dalam frekuensi terntentu yang dihasilkan dari gerakan mesin, gesekan air, atau putaran baling-baling

transien : kontak sesaat dari suatu kapal yang dihasilkan dari kejadian tertentu, misal pintu dibanting, kunci jatuh, dll

helmsmann : jurumudi kapal.

OOD : Officer on Deck, perwira yang sedang piket di anjungan zentrale.

SUBRON : skuadron kapal selam

DesRON : skuadron destroyer

CVBG : carrier vessel battle group, suatu unit kapal induk yang dilindungi kapal perang lain dan didukung kapal suplai

tender, kapal : suatu kapal yang berfungsi untuk menyuplai kebutuhan kapal di tengah laut

ASW, : merujuk pada suatu sistem perang antikapal selam, atau antisubmarine warfare

daftar istilah ini masih belum final, akan terus ditambah dan sengaja ga dispoiler biar mudah dibaca
nubie ikut komen ya. emoticon-Embarrassment

Spoiler for komen:


ahh iya, karena ini Orifict, coba minta ke moderator tambahin tag [Orifict] di ini trit.
×