alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50a080e3601243f35b0000a0/knights-and-knaves

Knights and Knaves

Mudah-mudahan gak emoticon-Blue Repost gan

Sampe lupa ngasitau:

Knight = orang yang selalu jujur
Knave = orang yang selalu bohong

Seorang logikawan mengunjungi 2 orang, A dan B. Dia bertanya pada A: "Apakah benar B pernah berkata kamu adalah knave?", dan A menjawabnya. Lalu dia bertanya salah satu orang, "apakah orang yang lain adalah seorang knave?", dan dijawablah pertanyaan itu.

Logikawan kedua bertemu A dan B di lain waktu, dan menanyakan A, "apakah B pernah berkata bahwa A dan B adalah knave?", dan A menjawabnya. Lalu dia bertanya salah satu orang, "apakah orang yang lain adalah seorang knave?", dan dijawablah pertanyaan itu.

Yang kita tahu adalah dari jawaban tersebut, salah satu dari 2 logikawan itu dapat mengidentifikasi mana di antara A dan B yang knight dan knave, dan salah satu tidak dapat. Pertanyaan untuk Anda: siapa A dan B (yang mana knight dan yang mana knave), dan logikawan yang mana yang sukses mengidentifikasi A dan B?
Diubah oleh wangsacl
Urutan Terlama
coba jawab gan
A knave
B knight

yang berhasil logikawan pertama
logikawan 1 jelas gagal. pertanyaannya gak akan membuat sebuah kesimpulan walaupun ditanya 1000 kali.
sedangkan logikawan kedua ada kemungkinan untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

A dan B bisa jadi knave dan knight, oleh karena itu ada 4 kemungkinan:
Knights and Knaves

jadi nanti tergantung jawaban yang didapet, lalu disesuaikan dengan tabel kemudian bisa ditentukan apakah A dan apakah B.
Quote:


Nggak tergantung jawaban apapun yang dikasih A dan B, gan. informasi di sini udah cukup untuk nentuin semuanya.

kalo ga salah, ini namanya metametapuzzle.
logikawan 2 yang berhasil ya?
"apakah B pernah berkata bahwa A dan B adalah knave?" jawab-> TIDAK
"apakah orang yang lain adalah seorang knave?" jawab-> YA

karena kalo logikawan 1 rancu, bisa YA & YA (A = knave) bisa juga TIDAK & TIDAK (B = knave)

jadi,
A - knave
B - knight



maap klo masih salah emoticon-Embarrassment
Quote:


oke-oke, mulai paham maxudnye.

Ini tabel untuk pertanyaan logikawan 1
Knights and Knaves

dan ini tabel untuk pertanyaan logikawan 2
Knights and Knaves

karena pada soal disebutkan hanya ada 1 logikawan yang berhasil menemukan jawaban, maka logikawan 2 adalah orang yang gagal menentukan status 2 orang itu, karena 2 pertanyaan yang ia lontarkan menghasilkan 'ya' (nomor 2 dan 3).

Ini berarti A dan B mempunyai status yang berbeda.
Sekarang kita lihat untuk tabel logikawan 1. status A dan B hanya bisa ditentukan dari jawaban A yang pertama. Jadi ane rasa masih butuh informasi ini untuk menentukan status A dan B.
Quote:



logicnya terlalu simpel gan, solusi di bukunya sampe 3 halaman ternyata emoticon-Ngakak
padahal dah bikin tabel kebenaran juga kayak pasjeng emoticon-Big Grin
dan itu comotan yg logisnya aja.. tapi emg berasa ada yg kelewat dan kurang sih emoticon-Nohope
Quote:
^
^
^
Anjrit...panjang beuh...ane kagak ngarti


logika ane newbie aja,emoticon-Malu (S)

pertanyaan kedua dari logikawan 1 dan 2 ("apakah orang yang lain adalah seorang knave?") akan menghasilkan jawaban yang sama

  • jika yang ditanya adalah seorang knight, pasti dia menjawab "YA" (karena knight selalu jujur)
  • jika yang ditanya adalah seorang knave jawabannya juga "YA" (karena knave berkata sebaliknya)


jelas pertanyaan kedua logikawan 1 dan logikawan 2 tidak bisa mengidentifikasi seorang knight/knave

Jadi, kuncinya pada pertanyaan pertama logikawan 1 dan logikawan 2 yang berbeda.

pertanyaaan pertama logikawan 2

"apakah dia (B) pernah berkata bahwa kamu (A) dan dia (B) adalah knave?"

  • Jika yang ditanya (A) adalah seorang knight, maka jawabannya "YA" dengan asumsi B (=knave) pernah berbohong mengatakan A seorang knave
  • Jika yang ditanya (A) adalah seorang knave, jawabannya juga "YA" karena B (=knight) tidak akan pernah berkata demikian


karena jawabannya pasti "YA" maka jelas pertanyaan pertama logikawan 2 tidak bisa mengidentifikasi seorang knight/knave


sekarang kita perhatikan pertanyaan pertama logikawan 1

"Apakah benar dia (B) pernah berkata kamu (A) adalah knave?"

Jika A seorang knight, jawabnya "YA"
Jika A seorang knave, jawabnya "TIDAK"

Oleh karena itu, logikawan 1-lah yang bisa mengidentifikasi knight/knave cukup dari jawaban pertanyaan pertamanya saja
Prolog dari ane:
1. Pertanyaan ke-2 dari kedua logikawan tsb akan menghasilkan jawaban yang sama, yaitu: "Ya", baik yang ditanya knight ataupun knave.

2. "Jika si B tidak pernah mengatakan sesuatu, maka si B tidak bisa dibilang berkata jujur atau bohong (sehingga kemungkinan bahwa B adalah seorang knight atau seorang knave tetap ada)"

3. Pernyataan: "A dan B adalah knave" bernilai False, karena hal tsb tidak sesuai dengan kondisi yang menyatakan bahwa satu dari mereka adalah knight, sedangkan satunya lagi adalah knave.

Berdasarkan prolog no. 1, maka ane hanya bahas pertanyaan pertama dari masing-masing logikawan:

Logikawan 1 bertanya pada A: "Apakah benar B pernah berkata kamu adalah knave?", dan A menjawabnya.

Jika A adalah knight (dan B adalah knave), maka A bisa menjawab "Ya", jika faktanya B pernah berkata A adalah knave.

Namun A bisa juga menjawab "Tidak", jika faktanya adalah si B tidak pernah mengatakan A adalah knave. (lihat prolog no.2)

Jika A adalah knave (dan B adalah knight), A bisa menjawab "Ya", jika faktanya adalah B tidak pernah berkata bahwa A adalah knave. (lihat prolog no.2)

Namun A bisa juga menjawab "Tidak" jika faktanya adalah si B pernah mengatakan A adalah knave.

Oleh karena itu apapun jawaban yang diberikan oleh A, logikawan 1 tidak akan bisa menentukan mana diantara A dan B yang knight dan knave.

Logikawan 2 bertanya pada A: "Apakah B pernah berkata A dan B adalah knave?", dan A menjawabnya.

Jika A adalah knight (dan B adalah knave), maka A bisa menjawab "Ya", jika faktanya B pernah berkata A dan B adalah knave (lihat prolog 3).

Namun A bisa juga menjawab "Tidak", jika faktanya adalah si B tidak pernah mengatakan A dan B adalah knave. (lihat prolog no.2)

Jika A adalah knave (dan B adalah knight), A bisa menjawab "Ya", jika faktanya adalah B tidak pernah berkata bahwa A dan B adalah knave. (lihat prolog no.2)

Namun A tidak bisa menjawab "Tidak". Karena jika demikian, faktanya menjadi si B pernah mengatakan A dan B adalah knave. Padahal si B yang merupakan knight tidak mungkin pernah mengatakan hal tsb (lihat prolog no.3)

Kesimpulannya, yang bisa mengidentifikasi mana yang knight dan mana yg knave adalah logikawan 2, yaitu jika A menjawab "Tidak". Jika demikian, sudah pasti A adalah knight dan B adalah knave.
ini mirip desa kejujuran .

A : Knight
B : Knives

Seorang logikawan mengunjungi 2 orang, A dan B. Dia bertanya pada A: "Apakah benar B pernah berkata kamu adalah knave?" YA (karena B tidak akan berkata jujur A adalah Knight), dan A menjawabnya. Lalu dia bertanya salah satu orang, "apakah orang yang lain adalah seorang knave?" Ya (Ya disini dalam pengertian bohong , agar logikawan menyangka si A lah knives tsb ., dan dijawablah pertanyaan itu.

Logikawan kedua bertemu A dan B di lain waktu, dan menanyakan A, "apakah B pernah berkata bahwa A dan B adalah knave?" (Ya , karena B pasti berbohong untuk membingungkan orang yang bertanya) , dan A menjawabnya. Lalu dia bertanya salah satu orang, "apakah orang yang lain adalah seorang knave?" (Ya , sama seperti jawaban pada logikawan pertama , agar logikawan tersebut mengira A adalah Knives ), dan dijawablah pertanyaan itu.

kedua logikawan tersebut caranya benar , tapi lebih simple yang logikawan pertama .
Diubah oleh davidfazri
Quote:


anjrit ane ga baca yang komen agan ini dulu , mantep gan yang jawaban tidaknya , kayaknya agan ini bener dah emoticon-Matabelo
Post ini telah dihapus oleh r00tsystem
Post ini telah dihapus oleh egao.aya18
gampang gan cukup tannya apakah kamu hidup ?
A (selalu jujur)=iya
B(selalu bohong)=tidak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di