alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004519393/pazel-283-timbang-bola
PAZEL #283 [Timbang Bola]
Carilah cara tersingkat untuk menentukan 2 bola
yang cacat dari 10 bola yang terlihat identik
dengan cara hanya menimbang beratnya secara
neraca.

Dua bola yang cacat itu, yang satu lebih berat
daripada bola normal, sedangkan yang lain lebih
ringan daripada bola normal. Berat gabungan dua
bola cacat sama berat dengan dua bola normal.
Wah, improvisasi yah?
Hmm, berapa kali nimbang om?PAZEL #283 [Timbang Bola]
1-2
3-4
5-6
7-8
9-10

Kalau 4 penimbangan seimbang dan 1 penimbangan tidak seimbang, maka kedua bola pada 1 penimbangan itu

Kalau 3 penimbangan seimbang dan 2 penimbangan tidak seimbang, misalnya A-B dan C-D,
maka yang ringan dari (A-B) ditimbang dengan yg ringan dari (C-D) dan
yang berat dari (A-B) ditimbang dengan yg berat dari (C-D)

total 7 kali penimbangan

emoticon-Big Grin
mengatur urutan 1 bola berat, 1 bola ringan, dan 8 bola normal = 90 cara
sekali timbang dengan neraca bisa menghasilkan 3 kemungkinan: kiri lebih berat, kanan lebih berat, atau seimbang,
maka setidaknya dibutuhkan 5 kali timbang.. (3^5>90)

algoritmanya? belum dapat emoticon-HammerPAZEL #283 [Timbang Bola]
Quote:Original Posted By GOLDLUCK
Carilah cara tersingkat untuk menentukan 2 bola
yang cacat dari 10 bola yang terlihat identik
dengan cara hanya menimbang beratnya secara
neraca.

Dua bola yang cacat itu, yang satu lebih berat
daripada bola normal, sedangkan yang lain lebih
ringan daripada bola normal. Berat gabungan dua
bola cacat sama berat dengan dua bola normal.


5, 6, atau 7 timbangan

misalkan saja A,B,C,D,E,F,G,H,I,J
timbang
A-B
C-D
E-F
G-H
I-J

jika 4 seimbang, 1 tak seimbang, maka kedua bola cacat ada di yang tak seimbang.

Jika 3 seimbang, 2 tak seimbang
A-B --> lebih berat A
C-D --> lebih berat C

maka timbanglah yang ringan dan yang berat B dan C
jika B seimbang dengan C, maka yang cacat dalah A dan D
jika B lebih ringan dari C, maka yang cacat adalah B, lalu timbang lagi A dan D, dan yang lebih berat adakah cacat kedua.

Jadi maksimal 7 timbangan
Quote:Original Posted By setiadi2708
1-2
3-4
5-6
7-8
9-10

Kalau 4 penimbangan seimbang dan 1 penimbangan tidak seimbang, maka kedua bola pada 1 penimbangan itu

Kalau 3 penimbangan seimbang dan 2 penimbangan tidak seimbang, misalnya A-B dan C-D,
maka yang ringan dari (A-B) ditimbang dengan yg ringan dari (C-D) dan
yang berat dari (A-B) ditimbang dengan yg berat dari (C-D)

total 7 kali penimbangan

emoticon-Big Grin


Apabila ada 3 penimbangan seimbang dan 2 penimbangan tidak seimbang, misalnya A-B dan C-D, kita atur agar yg lebih berat disebelah kiri, sehingga ada 2 kemungkinan sebagai berikut

Berat - Normal
Normal - Ringan

dan

Normal - Ringan
Berat - Normal

Dengan 1 kali menimbang yang ringan penimbangan pertama dan yang berat penimbangan kedua, maka bisa langsung diketahui mana yang bola cacat.
Jadi maksimal 6 kali penimbangan.

emoticon-Big Grin
Spoiler for kurang tepat..^^":

yang ini salah..
terlalu banyak timbangan..
hehe
^^
Spoiler for 6 timbangan:
ANE emoticon-Bingung BANTU emoticon-Sundul: AJE DEH KEPP POSTING GAN emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
Quote:Original Posted By negosiasiman
bagi jadi 2
A-B
5-5
=================
yang berat ada x
yang ringan ada y
dan tidak mungkin seimbang..^^
=================
cari x
timbang kedua
ambil yang berat bagi 3
a-b-c
2-2-1
☼a=b
maka c=x
☼ambil yang berat bagi 2
timbang ketiga
a-b
1-1
☼ambil yang berat
=================
cari y
timbang keempat
ambil yang ringan bagi 3
a-b-c
2-2-1
☼a=b
maka c=y
☼ambil yang ringan bagi 2
timbang kelima
a-b
1-1
☼ambil yang ringan

================
x=palsu=berat
y=palsu=ringan


kok ga mungkin seimbang gan? anggap yang normal=n

kalo kaya gini

nnnnn - xynnn

kan tetap simbang gan, karena nn=xy ^^
Quote:Original Posted By ridhani55
kok ga mungkin seimbang gan? anggap yang normal=n

kalo kaya gini

nnnnn - xynnn

kan tetap simbang gan, karena nn=xy ^^


eh iya..
g baca kalo digabungin sama kaya 2 bola normal..
emoticon-Malu
maaf gan..
^^
Jika cacat berat=X, cacat ringan=Y

ambil dua bola (A' dan B'emoticon-Wink
Algoritmanya
Quote:
Procedure Iiad
Quote:
if A' > B' then
Quote:timbang C' dan B'
if C' > B' then
B'=Y
if C'=B' then
A'=X

Quote:timbang C' dan A'
if C'<A' then A'=X


if A' < B' then
Quote:timbang C' dan A'
if C' > A' then
A'=Y
if C'=A' then
B'=X

Quote:timbang C' dan B'
if C'<B' then B'=X


for i:=C' to H'
Quote:if A' = B' then
A'=A'+i
B'=B'+(i+1)
Call Iiad (i, i+1)

Quote:
If X and B not found then timbang I' and J'
if I'>J' then I'=X J'=Y
else
I'=Y J'=X

Maksimal 6 kali timbang

Yakni saat X dan terambil di timbangan ke empat, ditambah pencocokan prosedur maksimal 2 ^^
edited..
Quote:Original Posted By negosiasiman
@apabila bola palsu ada di B
bagi 3 b

a-b-c
1-1-3

lalu bagi 3 c
c1-c2-c3
1-1-1

timbang ketiga
a dgn b
#a=b maka timbang keempat c1 dgn c2


Bukannya dah timbang keempat tuh yg di atas?
Quote:Original Posted By bobomelulu
Bukannya dah timbang keempat tuh yg di atas?


iya gan,.
ternyata ane salah..^^"
tetep enam timbangan y..
hmm
diubah jadi gini juga tetep 6 timbangan kayanya

@apabila bola palsu ada di B
bagi 3 b

a-b-c
2-2-1

timbang keempat
a dgn b
#a=b maka
timbang kelima 1a dengan c
apabila 1a=c maka 2 bola palsu ada di b
apabila 1a>c atau 1a<c maka 2 bola palsu ada di a
#ada yang lebih berat(misal a>b)
maka timbang kelima
1a dengan dengan c

(disini engga cukup 5..^^")

hmm..
emoticon-cystg
masih enam timbangan..
hmm..
yang 5 timbangan gimana y..
emoticon-cystg
Spoiler for enam lagi:

5 timbangan..^^

tolong diperiksa..^^
Spoiler for 5 timbangan:

^^

semoga kali ini berhasil
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

kegagalan awal keberhasilan..
ane uji itu..^^"
5 kali timbangan.
rule: 10 bola ada 2 bola cacat, satu berat, satu ringan. dibagi tiga kelompok berat(bola berat, bola ringan ma bola normal). dimana berat+ringan=2x normal.
misal dibagi tiga kelompok kumpulan. misal bola a,b,c, kelompok 1, trus d,e,f, kelompok 2, dan g,h,i kelompok 3, dan terakhir j.
nah dicari bagaimana urutan berat 1, 2, 3 ada 3 kali timbangan, 1><2, 2><3, 3><1.

ketemu kemungkinan:
pertama: misal 1>2>3(hal yg sama juga berlaku ntah itu 3>2>1, 2>3>1, 1>3>2, 3>1>2, 2>1>3), maka bola berat pasti di 1, bola ringan pasti di 3.
dari kelompok 1, ada 2 normal 1 berat. nah ditimbang misal a><b, jika imbang maka c bola berat. jika berat sebelah, misal a>b, maka a bola berat, ketemu bola berat dengan satu timbangan dari kelompok terberat dari 1,2,3. dengan cara yg sama satu timbangan, ketemu bola ringan dari kelompok teringan dari 1,2,3. jadi 5 kali pada kemungkinan pertama.

kedua: misal 1>2=3(hal yg sama juga berkalu ntah itu 3>2=1,2>3=1.
maka di kelompok berat(misal 1) itu ada bola berat dan bola normal semua di kelompok yg imbang(misal 2 dan 3). maka j bola ringan.
nah dari kelompok satu dengan cara seperti kemungkinan pertama didapat bola berat. ada 4 kali timbangan

hal yg sama seperti kemungkinan kedua: jika berat misal 1<2=3(ntah 2<3=1, 3<2=1) bakal 4 kali juga.

jadi karena kemungkinan terburuknya terjadi pada kemungkinan pertama. maka ada 5 kali penimbangan.
clue klo jumlah 2 bola cacat(berat+ringan=2 kali normal) sangat membantu.


btw, ane salah ni gan, baru inget tadi. klo ketiga kelompok sama berat(bola ringan ma berat setim).
tibang semua bola dulu gan.. misalkan smua bola 100kg.. 100 dibagi 10.. masing2 1 kg.. abis itu.. bolanya di angkat satu2, kalo kurangnya gak normal berarti itu bola cacad..
jadi total timbagan 1x...
emoticon-Ngakak (S)
PAZEL #283 [Timbang Bola]
Timbangnya 4 bola di kanan 4 bola di kiri (klo timbangan dua tangan)

ABCD vs EFGH
1. Klo normal semua pasti sama berat.. Berarti 2 sisanya yg cacat..
2. Klo ABCD normal smua dan salah satu cacat ada di EFGH otomatis bakal ketauan lebih berat/lebih ringan (kemudian dilanjutkan seleksi EFGH)
3. Klo cacatnya yg ringan ada di tangan 1 dan yg berat ada di tangan 2.. Otomatis ktauan juga..

*lagian lebi berat ato ringan pke tangan kan kerasa gan* wkwkwk JK emoticon-Stick Out Tongue

*pusing* wkwkwk..PAZEL #283 [Timbang Bola]