CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
KEMBANG TELANG | SI BIRU BANYAK MANFAAT
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0151d588b3cb36df7b5c0d/kembang-telang--si-biru-banyak-manfaat

KEMBANG TELANG | SI BIRU BANYAK MANFAAT

Pagi, GanSist. Happy Sunday morning, happy holiday.


Pagi ini, ane mau bahas salah satu edible flower yang sering kita jumpai di sekitar kita, nih. Pernahkah kalian ketemu mereka di pekarangan atau di pagar tetangga?


KEMBANG TELANG | SI BIRU BANYAK MANFAAT
Ini dia penampakan bunganya

Bunga berwarna biru ini, dalam kamus bahasa Inggris disebut dengan nama butterfly peaatau pigeon wings.
Namun, dalam masyarakat Indonesia bunga mirip sayap kupu-kupu ini sering disebut telang/teleng/bunga belek.


KEMBANG TELANG | SI BIRU BANYAK MANFAAT

Bunga yang tergolong tanaman rambat ini, memiliki nama latin yang unik, yaitu Convolvulus pluricaulis.


Clitoria ternatea, butterfly pea, blue pea, cordofan pea,dan masih banyak lagi sebutan masyarakat dunia ini, merupakan keluarga polong-polongan atau biasa disebut tanaman legum. Sementara itu, suku polong-polongan merupakan salah satu suku tumbuhan dikotil (tumbuhan dengan biji berkeping dua)


KEMBANG TELANG | SI BIRU BANYAK MANFAAT

Konon katanya, kembang telang dipercaya sangat ampuh mengobati berbagai macam penyakit ; seperti insomnia, mata merah, obesitas, jerawat hingga membuat kulit manusia bisa lebih tampak awet muda jika kita rajin mengonsumsinya sebagai teh. Maka dari itu, semakin banyak masyarakat yang membudidayakannya.


Sementara itu, informasi tentang kadar konsumsi dan kandungan gizi bunga ini banyak bisa kita temukan di google.


KEMBANG TELANG | SI BIRU BANYAK MANFAAT

Dalam masyarakat India, mereka menyebut si biru ini dengan sebutan Aparajita. Berdasar tradisi pengobatan Ayurveda (metode pengobatan kuno di India selama 500 tahun), kembang telang merupakan salah satu tanaman obat yang penting bagi mereka.

Kembang Telang adalah salah satu dari empat komponen rempah tradisional sebagai shankhpusphi, pengobatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan syaraf. Manfaat itu dijabarkan untuk meningkatkan daya ingat, anti stres, anti depresan dan sebagai obat penenang. Juga sebagai pelindung liver kita.


cekidot keterangan lengkap


Oke deh, langsung cekidot aja, yuk, manfaat si biru nan cantik ini untuk kesehatan kita.

7 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan :

1. Melancarkan Haid

Darah yang kotor bisa jadi pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit seperti, masalah haid. Ramuan kembang telang ini bisa dipercaya melancarkan haid. Olahan bunga telang memanfaatkan akar dari kembang telang putih yang direbus, lalu meminumnya secara rutin.

2. Mengobati Bronchitis

Bronchitis atau peradangan pada saluran pernapasan bisa diatasi dengan ramuan herbal. Salah satunya berasal dari akar tanaman bunga telang. Caranya yaitu, merebus selama 30-60 gram akar telang dengan 4 gelas air bersih. Rebus hingga airnya tinggal separuh saja. Konsumsi air rebusan kembang telang tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.

3. Bunga Telang Bisa Mengurangi Rasa Cemas

Kembang telang memiliki efek meredam gangguan kesehatan mental dan anti depresan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi berjudul Clitoria Ternatea and The CNS yang menunjukkan dampak biologis dari stres pada tikus setelah dikonsumsi dalam dosis 400mg/kg.

4. Menjaga Kesuburan Wanita

Selanjutnya yaitu, manfaat bunga telang untuk kesuburan wanita. Saat diseduh, kembang telang kering ini akan mengeluarkan warna biru. Namun, dengan tambahan sedikit perasan air lemon, perlahan warnanya akan berubah menjadi merah keunguan. Kalian bisa nikmati teh ini tawar maupun dengan pemanis gula

5. Manfaat Bunga Telang untuk Mata

Kembang telang juga bisa digunakan sebagai obat untuk gangguan penglihatan seperti, mata merah atau sakit mata lainnya. Selain itu, khasiatnya dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah. Caranya, cukup rendam 5 kembang telang dengan 50ml air panas. Proses ini akan menciptakan air berwarna biru yang kental. Tunggu sampai dingin, setelah itu, saringlah air tersebut agar terhindar dari kotoran dan apapun yang menempel pada bunga tersebut. Barulah kamu dapat menggunakan perasan air yang telah disaring sebagai obat mata.

6. Kembang Telang Dapat Mengobati Bisul

Manfaat kembang telang sudah lama dipakai sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan bisul atau abses. Masyarakat sering menumbuk bunga biru ungu ini dengan gula aren untuk dibalurkan pada tubuh yang sakit. Lakukanlah cara ini hingga sembuh.

7. Dapat Menetralkan Sistem Pencernaan (Detoksifikasi)

Manfaat bunga telang dan cara membuatnya untuk detoksifikasi sangatlah mudah. Teh herbal ini bisa menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Cara membuatnya yaitu, hanya menyeduh 2-3 kuntum kembang telang dengan air panas selama kurang lebih 10 menit. Agar cita rasa tehnya lebih terasa, tambahkanlah madu atau perasan jeruk lemon ke dalamnya.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Oh iya, GanSist. Selain bunganya untuk obat dan pewarna, Agan dan Sista juga bisa memanfaatkan daunnya yang masih muda sebagai lalapan loh, atau diolah sebagai sayur. Ditambah wortel dan jagung manis, pasti tambah sedap.

Bagi yang suka bereksperimen dengan warna, bisa juga seduhan bunga telang ini dijadikan pewarna kue dan nasi gurih loh. Seperti proses pada umumnya, nanti dia memberikan efek warna biru alami pada masakan kita.



KEMBANG TELANG | SI BIRU BANYAK MANFAAT


Saat ini, kembang telang kering banyak diperjual-belikan di toko-toko online. Bagi Agan dan Sista yang penasaran, tapi tidak punya pohonnya bisa langsung cus ke toko online favorit masing-masing.


Sekian, GanSist ulasan tentang kembang telang, si biru penuh manfaat ini.

Jangan lupa juga kunjungi blog grup kompak di Kaskus. Klik banner di bawah ini.


KEMBANG TELANG | SI BIRU BANYAK MANFAAT

Selamat membaca

Sragen, 05 Juli 2020 90
profile-picture
profile-picture
profile-picture
newterminalspa dan 42 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Susilowatijihan
43
bagus bunganya.. gk nyangka punya banyak manfaat.. kirain cuma sebatas taneman hias aja hehe
profile-picture
profile-picture
agus774 dan Susilowatijihan memberi reputasi
profile picture
banyak banget manfaat
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di