CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Operasi Phoenix CIA Perang Vietnam, Bukti Kegagalan dan Kekejaman Tentara Amerika ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0553e77414f5062e3e5e94/operasi-phoenix-cia-perang-vietnam-bukti-kegagalan-dan-kekejaman-tentara-amerika

Operasi Phoenix CIA Perang Vietnam, Bukti Kegagalan dan Kekejaman Tentara Amerika ?

Hai... agan-agan semuanya,, selamat datang dithread saya emoticon-Hai
emoticon-Haiemoticon-Hai

Quote:

Perang Vietnam adalah salah satu konflik paling berdarah sepanjang sejarah yang telah merenggut banyak korban jiwa dan mengakibatkan banyak kerusakan harta benda.  Perang yang didasari atas kepentingan ideologi antara Komunis dan Liberal ini, telah memecah Vietnam menjadi dua kubu, yakni kubu Vietnam Utara yang didukung oleh Uni Soviet dan Vietnam Selatan yang didukung Amerika Serikat. Perang yang telah menelan korban hingga lebih dari satu juta jiwa ini, telah melahirkan banyak tragedi dan kekejaman perang yang sangat mngerikan. Banyak masyarakat Vietnam yang tidak berdosa dan tidak tau apa-apa menjadi korban kedzaliman perang dingin tersebut. Banyak anak-anak dan wanita menjadi korban kejahatan perang para tentara. Ditambah lagi berbagai serangan bom dan senjata modern canggih terbaru yang digunakan selama perang berlangsung, membuat seakan medan perang Vietnam menjadi 'kelinci percobaan' yang sangat tidak manusiawi. Selain itu, banyaknya pertempuran berdarah dan intervernsi militer juga kian memperparah keadaan.

Quote:


Berbagai macam operasi rahasia telah dilakukan oleh kedua belah pihak dengan tujuan untuk menjatuhkan pihak lain. Salah satu operasi terkenal selama perang Vietnam yang dikenal karena mitos seputar kekejaman dan kebiadabannya adalah operasi Phoenix. Jika agan pernah memainkan game CoD Black Ops tentunya sudah tidak asing lagi dengan misi yang satu ini hehehe. emoticon-Stick Out TongueOperasi Phoneix adalah salah satu operasi rahasia yang digawangi oleh badan intelegent Amerika CIA dengan tujuan awal adalah untuk mencari informasi militer dari pihak Vietcong secara sembunyi-sembunyi. Dalam melaksanakan tugasnya, CIA tidak sendiri. Mereka didukung penuh oleh militer Amerika, Vietnam Selatan dan Australia. Dua komponen utama dari operasi ini terdiri dari unit pengintaian provinsi dan pusat introgasi regional. Operasi Phoenix pada awalnya dirancang untuk tujuan mencari berbagai informasi dan strategi rahasia pasukan Vietnam Utara, termasuk instalasi dan sabotase perang. CIA juga menargetkan program Phoenix ini untuk mempelajari identitas dan struktur Vietcong di setiap wilayah. Tapi semakin lama operasi Phoenix ini disalah gunakan dan berubah menjadi kekejaman dan mimpi buruk terutama bagi rakyat sipil. emoticon-Takut (S)

Operasi Phoenix ini berlangsung dari tahun 1965 hingga 1972 dan tercatat telah 'mensterilkan' 81.740 orang Vietnam yang dicurigai sebagai mata-mata dan pendukung pihak Vietcong. Bahkan sekitar 26.000 sampai 41.000 orang diantaranya, tewas dibunuh. Dalam melakukan operasi Phoenix, pihak CIA melakukan berbagai cara untuk mengorek informasi yang dicarinya, termasuk melakukan penganiayaan, penyiksaan, pengurungan, propaganda, sabotase dan bahkan pembunuhan. Tak ayal jika sebenarnya program ini lebih kearah 'program pembantaian warga sipil' yang melenceng jauh dari tujuan awal. Berbagai macam bentuk sikasaan tak wajar seperti pukulan, setrum listrik, serangan psikologis dan mental, pemerkosaan bahkan sampai dimangsa anjing hidup-hidup adalah beberapa siksaan kejam yang pernah diterima warga sipil Vietnam. Bagi mereka yang selamat dari siksa kejam itu maka akan terpaksa menjalani kehidupan dengan kecacatan dan gangguan psikis.

Bahkan bukan hanya operasi senyap saja yang pernah dilakukan CIA. Mereka pernah secara terang-terangan melakukan pembantaian masal terhadap masyarakat desa Vietnam selama pelaksanaan operasi Phoenix ini. Mereka yang kenyataannya masih 'netral' juga tak luput menjadi korban operasi Phoenix. Tak ayal jika sebenarnya misi ini dapat diartikan juga sebagai istilah "cari dan hancurkan".emoticon-Takut (S)bahkan CIA sendiri tak segan menggunakan senjata kimia seperti gas Orange dan bom Napalm yang merusak

Quote:


Operasi ini juga berusaha mempengaruhi kondisi politik Vietnam saat itu, CIA berpikir dukungan politik dari masyarakat sipil adalah salah satu pion penting mempertahankan eksistensi Amerika di Vietnam. Phoenix program juga ditujukan untuk menciptakan pemberontakan di wilayah Vietcong. Meski awalnya pihak CIA menutupi operasi ini dengan sangat mulus, bahkan mereka meyakinkan operasi mereka tetap sesuai dengan prosedur hukum dan menjunjung prinsip 'manusiawi'. Bahkan operasi Phoenix ini berlangsung dibawah undang-undang yang memungkinkan penuntutan dan penangkapan orang komunis. 

Meskipun begitu sesuai kata pepatah "Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga" pada akhirnya semua perbuatan keji dan biadab mereka terbongkar. Program Phoenix mendapat kecaman dari berbagai pihak, bahkan pemerintah pusat Amerika menyatakan bahwa ini merupakan pencapaian paling buruk CIA. Berbagai pihak melayangkan kecaman kepada CIA atas perbuatan kejam mereka selama operasi Phoenix. Bahkan banyak pihak dan kongres menuntut agar operasi ini segera dihentikan.emoticon-Mad (S)Meskipun begitu operasi Phoenix ini terus berjalan hingga kejatuhan Saigon dan berubah nama dengan sandi "Plant F-6".

Quote:


Sebenarnya raport merah bukan hanya berasal dari operasi Phoenix saja. Perang Vietnam itu sendiri juga merupakan kekalahan terburuk sepanjang sejarah Amerika. Puluhan ribu serdadu Amerika tewas dan hilang saat bertugas. Belum lagi kerugian perang yang ditimbulkan sangat besar. Selain tiu depresi mental dan psikis pasukan yang bertugas selama konflik Vietnam tentunya sangat membekas. Mungkin operasi pembantaian 'Phoenix' ini adalah salah satu bentuk depresi Amerika.emoticon-Stick Out Tonguekarena mereka tak mampu mengimbangi pasukan Vietcong di medan terbuka. Mungkin mereka berfikir dengan melakukan aksi terhadap rakyat sipil akan menurunkan moral pasukan Vietnam Utara. Tapi kenyataannya aksi CIA tersebut justru mendapat berbagai kecaman dan semakin membangkitkan semangat rakyat Vietnam untuk mengusir penjajah.emoticon-EEK! Hingga akhirnya kegigihan rakyat Vietnam itulah yang membuat Amerika cs angkat kaki.

Berkaca dari sejarah yang sangat kelam tersebut, perang memang selalu identik dengan berbagai kisah kejam dan mengerikan yang selalu menyelimutinya. Dan mengingat beberapa hari belakangan ini, konflik ketegangan antara negara-negara besar semakin memanas, ane hanya bisa berdoa saja semoga konflik tersebut segera usai dan tidak menimbulkan perang dingin seperti jaman dahulu.emoticon-Turut BerdukaDan semoga dunia ini, tidak terjerumus kedalam konflik dingin yang merugikan.emoticon-Blue Guy Peace

Terimakasih atas kunjungan agan-agan semuanya, semoga menambah wawasan dan pengetahuan. Salam cendols... emoticon-Cendol (S)

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Sumber penulisan: 123
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giee2 dan 55 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yogapranata0008
54
salah satu operasi gagal selain teluk babi emoticon-Big Grin Nice Trit TS emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suteragordyn dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
Tp di indo sukses gan, hampir 2jt rakyat indonesia terbasmi dan Freeport di cangkul abis2an..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di