CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Tokopedia belum membayarkan refund buat barang yg tidak terkirim
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cbb134697751352dc1c4e5f/tokopedia-belum-membayarkan-refund-buat-barang-yg-tidak-terkirim

Tokopedia TIDAK membayarkan refund buat barang yg tidak terkirim

pada tgl 2 april 2019 saya melakukan transaksi di toped dan ternyata barang yg terkirim kurang satu, jadi saya menghubungi penjual lewat chat tapi tidak ada balasan. jadi setelah menunggu satu hari tetap tidak ada balasan, saya meng klik tombol kompain dan saya jelaskan masalah nya disertai dengan bukti foto barang2 yg saya terima, dan penjual menyetujui untuk mengembalikan uang seharga barang yg tidak terkirim, dan komplain juga ditutup langsung oleh pihak toped. tetapi tunggu punya tunggu dana nya tidak ditransfer oleh pihak toped, jadi saya menekan pesan bantuan dari toped dan dilayani oleh bot, sungguh menjengkelkan. ahir nya ada juga cs yg merespon dan saya jelaskan lagi masalah nya disertai dengan email yg saya terima yg menjelaskan bahwa dana sebesar Rp11.000 akan dikembalikan untuk barang yg tidak terkirim. sejak saat itu sampai sekarang, sudah hampir 3 minggu dana nya masih belum dibayarkan juga, malah komplain saya akan ditutup. tiap beberapa hari saya tanyakan kapan uang saya akan dikembalikan tetapi jawaban nya selalu sama, bahwa maslah nya akan diteruskan ke tim resolusi dan harap bersabar. sampai hari ini saya dapat respon dari cs nya yg mengatakan bahwa saya tidak berhak untuk mendapatkan pengembalian subsidi ongkir . lha, siapa juga yg minta kembali biaya ongkir? yg saya minta adalah refund buat barang yg tidak terkirim, hanya kebetulan saja angka nya mirip harga ongkir 11.000. 
ini bukan masalah besar kecil nya dana yg harus dikembalikan, tetapi soal prinsipal dan hak saya sebagai pemilik uang itu. 
kalau emang pihak toped tidak mau mengembalikan uang saya, bilang saja terus terang , tidak perlu berputar putar dan membuat masalah jadi rumit. palingan saya bertraksaksi di tempat lain, karena bukan hanya di toped saja saya bisa berbelanja. masih banyak situs lain yg lebih jujur dan tidak berbelit belit perihal pengembalian dana.
saya membuat surat pembaca ini untuk memperingatkan pembaca yg lain agar berhari hati bertransaksi di toped, karena begitu ada masalah, terutama masalah pengembalian dana atau cashback, masalah nya gak akan selesai dalam sebulan. ini adalah kendala yg saya alami di toped yg kedua kalinya. yg pertama soal cashback yg tidak dibayarkan, tapi ahir nya mereka membayar nya juga setelah kira2 sebulan. ini yg kedua kalinya. sejak kendala ini terjadi saya segan untuk melakukan transaksi di toped lagi sampai kendala nya diselesaikan, dan mungkin setelah ini pun saya malas untuk bertransaksi lagi di toped karena betul2 menjengkelkan sekali berurusan dengan mereka.

UPDATE:

Pada tgl 26 April toped memberikan hasil ahir nya:

Wayne
Dear

Terima kasih atas kesediaannya menunggu info dari kami. Saya Wayne dari Tim Promo akan bantu infokan terkait dana yang belum Bapak terima ya.

Terkait kendala yang terjadi, sebelumnya Wayne mohon maaf sekali ya Pak atas kendala yang terjadi. Setelah dicek kembali, transaksi di invoice ********** menggunakan kupon Free Ongkir OVO Cash Rp15.000 ya Pak.

Sesuai dengan syarat dan ketentuan promo poin N nomor 4 bahwa
"Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem Tokopedia, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di Pusat Resolusi, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim"

Sehingga saat ini pengembalian dana senilai Rp 11.000 tersebut akan terpotong dengan nominal subsidi ongkos kirim tersebut ya Pak.

Semoga info yang Wayne sampaikan membantu.

Terima kasih.


tapi transaksi saya tidak dibatalkan baik oleh penjual (i), system toped (ii) ataupun berdasarkan keputusan di Pusat Resolusi (iii) , trasaksi nya berhasil hanya barang yg dikirim kurang dari yg dipesan. jadi syarat dan ketentuan promo poin N nomor 4 itu tidak berlaku dalam hal ini.
pengembalian dana senilai Rp 11.000 itu adalah refund buat barang yg kurang, bukan untuk pembatalan pesanan, dan walaupun setelah dikurangi olah barang yg tidak terkirim, pembayaran saya masih Rp 118.000 - 11.000 = Rp 107.000 yg berarti saya masih memenuhi syarat menggunakan kupon promo itu. dan artinya refund Rp11.000 harus dikembalikan kepada saya.

tapi toped tidak mau tahu akan hal ini dan mereka memutuskan untuk tidak membayarkan uang refund saya.dan saya juga sudah malas untuk mengurusnya, tapi bukan berarti saya merelakan nya. anggap aja itu buang sial dan dengan ini berarti mereka kehilangan seorang customer lagi.

Jadi dengan ini saya tutup thread ini dan terima kasih kepada Kaskus yg sudah memuat surat pembaca ini dan juga buat pembaca yg sudah meluangkan waktu nya untuk membalas dan berusaha membantu. Tujuan saya menulis surat pembaca ini bukan untuk berdebat dengan pembaca yg lain, tapi hanya untuk memberi peringatan kepada pembaca agar berhati hati bertransaksi di toped,
profile-picture
Quadpixel memberi reputasi
Diubah oleh mashimaru7
-1
ada yg bisa tolong kasih tahu saya gimana caranya menutup thread ini? saya sudah mencari tapi tidak ketemu, tq
profile picture
si_komo
Moderator Kaskus
Ga perlu repot2 buat cari gan, biar ane aja yg nutup ini thread.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di