c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Ternyata Ini Penyebab Bumbu KFC Terasa Enak! Tapi Sayang Di Complain Oleh Orang Barat




Produk yang paling digandrungi oleh masyarakat yang senang akan hal yang instant saat ini jelas ayam crispy, walau dibilang junk food tapi tetap saja banyak penikmatnya.

Nikmatnya ayam crispy dengan bumbu tepung yang paling familiar dan banyak yang suka adalah KFC, nah kenapa sih KFC bisa enak. Apalagi kalau KFC yang ada di Indonesia katanya lebih garing dan juga enak dibandingkan dengan yang ada di eropa atau negara-negara bule lainnya.



Baru-baru ini ada seorang wanita asal Selandia Baru yang membongkar bumbu KFC, kenapa rasanya bisa nikmat dan lezat ternyata ada campuran bumbu selain rempah rahasia ditepungnya ada juga bahan penyedap rasa bernama MSG (monosodium glutamat) alias mecin.

Tentu saja bagi orang bule hal ini cukup dinilai tak baik, karena MSG buat mereka dapat menimbulkan penyakit. Pihak KFC sendiri tidak menolak kalau memang ada MSG namun pemakaiannya cukup rendah dan masih dalam batas aman untuk di kobsumsi. Karena MSG itu akan menimbulkan rasa umami yang nikmat dan enak.

Tak heran kalau di Indonesia rasa ayam KFC lebih nendang karena porsi MSG nya mungkin lebih banyak.



Tapi selama tidak berlebihan sebenarnya tidak mengapa, toh micin telah banyak dikonsumsi masyarakat kita bahkan ada yang sampai kecanduan kalau gak pakai micin rasanya kurang enak.

Namun beda negara mungkin beda pemikiran, seperti ada beberapa orang barat yang akhirnya enggan makan produk yang ber MSG. Tapi setidaknya itu pilihan, pihak produsen makanan instant tidak memaksa agar orang membeli atau tidak. Namun setidaknya MSG sudah diakui banyak negara boleh digunakan asal dalam batas aman.



Sebenarnya MSG sendiri penciptanya adalah ilmuwan asal Jepang, yaitu Kikunae Ikeda yang berhasil mengisolasi senyawa ini dari alga kombu.

Lalu dirinyapun mematenkan temuannya itu, kemudian ia mendirikan pabrik Ajinomoto tahun 1909. Dirinya ingin orang miskin tahu rasa enak yang dinikmati oleh orang kaya pada waktu itu dengan Ajinomoto ciptaannya.



Namun gara-gara tulisan Dr Robert Ho Man Kwok di jurnal New England Journal of Médecine tahun 1968. Semuanya menjadi berubah ketika ia mengunjungi restoran Cina di Amerika Serikat, ada hal yang dirasakan setelahnya seperti mati rasa mulai dari belakang leher hingga ke punggung dan lengan, kemudian kepala menjadi pusing bahkan jantung juga ikut berdebar.

Disebutlah penyakit itu Chinese syndrome akibat MSG, namun menurut penelitian lain hal itu bisa terjadi karena orang yang tidak toleran dengan zat MSG. 



Tapi mungkin pemikiran mereka MSG itu adalah zat kimia, dan harus dihindari. Namun buat orang asia hal itu tidak terdampak apa-apa, setidaknya kita jadi tahu MSG ternyata digunakan dalam pengolahan KFC.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.



emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star













Tanggapan Kaskuer
Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh c4punk1950... 26-09-2022 22:53
provocator.3301goeltom25338186provocator3301
provocator3301 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
8.2K
127
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan