elviciAvatar border
TS
elvici
Kamu Dapat Kehilangan Realitas Jika Seseorang Melakukan Gaslighting Padamu, Apa Itu?
Gaslighting dapat terjadi antara pasangan, keluarga, di tempat kerja, bahkan persahabatan.



Apa itu gaslighting?


Gaslighting semacam memainkan psikologis. Jenis pelecehan emosional atau mental dengan taktik manipulasi dan pengalih perhatian untuk memecah kebenaran, membuat kamu mempertanyakan realitasmu sendiri. Ini mungkin tidak terlihat seperti jenis pelecehan lainnya tetapi gaslighting bisa sama merusaknya. Ketika orang di dekatmu merusak realitasmu, kamu akan terjebak, merasa buruk, tidak mampu, dan 'gila' sepanjang waktu.

Tujuan gaslighting

Tujuan utama gaslighting adalah membuat korban meragukan diri sendiri sehingga akan menjadi sangat bergantung hanya pada pelaku, lalu akan mudah mengendalikan si korban.

Penggunaan istilah gaslighting

Istilah "gaslighting" dikenal setelah adanya film Gaslight (1944). Film yang menceritakan perbuatan seorang suami yang meyakinkan istrinya bahwa dia gila. Sang suami bertujuan menutupi pembunuhan yang dia lakukan. Dia secara halus memanipulasi hal-hal di lingkungannya, termasuk mengganti lampu gas, dan kemudian menyangkal semuanya. Akhirnya membuat sang istri berpikir bahwa dia sakit jiwa dan tidak lagi keluar dari rumahnya.

Contoh frasa gaslighting dan mengapa mereka melakukannya

“Kamu selalu mengacaukan segalanya, ada baiknya aku di sini untuk membantumu.”: Gaslighting sebagai permainan kekuatan

Salah satu alasan manajer atau kolega untuk membuatmu meragukan keterampilan dan kemampuan sehingga kamu tidak mencoba untuk promosi, atau membuat kamu mengizinkan mereka untuk mengambil nilai dari pekerjaanmu.

“Aku hanya melakukannya karena aku mencintaimu.”: Gaslighting sebagai cara untuk menunjukkan cinta

Memanipulasi karena dia mencintaimu dan "hanya menginginkan yang terbaik," menganggap dia tahu apa yang lebih baik untukmu. Kamu akan meragukan memilih percaya bahwa pasangan benar-benar tahu apa yang kaubutuhkan lebih dari dirimu sendiri. Akhirnya, kamu mungkin berhenti mencoba membuat keputusan untuk diri sendiri, yang memungkinkan pasangan mengendalikanmu.

"Saya tidak melakukan apa-apa, kamu hanya paranoid.": Gaslighting sebagai cara untuk mengelak

Gaslighter memutar balik kenyataan untuk menutupi perilaku buruknya sendiri. Seperti ketika seorang pria mengatakan istrinya 'terlalu sensitif' atau 'hanya cemburu' ketika mempertanyakan hubungan yang mencurigakan. Lalu, meski terbukti, dia akan mengatakan harus berselingkuh karena istrinya terlalu dingin dan tidak memberinya cukup seks. Akhirnya, alih-alih berbicara tentang dia yang telah tidur dengan wanita lain, tiba-tiba argumennya adalah tentang kegagalan pribadi sang istri. Ini adalah cara untuk membuat istri jadi menyalahkan diri sendiri, dan bukan lagi kesalahan suami.

“Tidak ada yang akan mencintaimu selain aku.”: Gaslighting sebagai cara untuk mengisolasi

Mengisolasi pasangan dari teman dan keluarga adalah ciri dari semua jenis kekerasan dalam hubungan. Misal memberi tahu pasangan bahwa ia tak diundang pada acara keluarga, padahal dia telah menghapus chat undangan tersebut. Menjadikan bukti bahwa keluarga tidak peduli dan bahwa hanya dia satu-satunya yang benar-benar mencintainya. Mereka ingin menjadi satu-satunya hubungan dalam hidupmu. Ahli mengatakan, sering kali hal seperti itu menjadi standar ganda, di mana gaslighter malah akan mempertahankan banyak hubungan di luar.

"Kamu butuh teman, biarkan aku membantumu.": Gashlighting untuk membuat bertahan

Gaslighting yang khas dalam persahabatan adalah karena kebutuhan akan cinta, hadiah, pujian, dan perhatian. Seseorang bercerita bahwa sahabatnya sejak kecil sering meremehkannya, mengatakan kepadanya bahwa dia tidak mampu dalam segala yang diusahakannya, jelek, dan cara bersosialisasinya buruk. Dia menyadari saat kuliah bahwa semua itu tidak benar, tetapi sahabatnya itu ingin dia percaya bahwa itu benar, sehingga akan terus menjadi sahabatnya.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika kamu merasa sedang mengalami gaslighting?Simak di sini


Referensi: 1, 2| Ilustrasi: pixabay
Diubah oleh elvici 25-07-2022 04:36
harrybaarn
gta007
motormeo
motormeo dan 16 lainnya memberi reputasi
17
6.1K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan