Viral Nggak Ada Akhlak! Oknum Ojol Jadi Bulan-bulanan Warga Net
TS
Cahayahalimah
Viral Nggak Ada Akhlak! Oknum Ojol Jadi Bulan-bulanan Warga Net
Viral Nggak Ada Akhlak! Oknum Ojol Jadi Bulan-bulanan Warga Net Cuma Karena Masalah Sepele
Sudah dua kali saya menulis thread tentang pengemudi ojek onlineyang berhati mulia, yang pertama ketika ojek online rela bersepeda demi penumpang yang kelelahan saat dia bergoes, yang ke dua, aksi ojol wanita yang superhero melawan begal.
Namun kali ini berbeda dengan dua thread sebelumnya, bukan bermaksud membuka aib, hanya sebagai pelajaran khususnya buat saya pribadi.
Spoiler for :
Ss di[URL=https://S E N S O RvXJagwvLLw]sini[/URL]
Kebetulan om saya juga sebagai pengemudi ojek online, dan saya pernah tinggal bareng dengannya kurang lebih dua tahun lamanya, setiap pulang bekerja habis mengantar pelanggan, om saya selalu bercerita bagaimana sikap para pelanggan kepadanya.
Suka dikasih uang tips sampai mendapat makanan gratis dari pelanggan tersebut, memang banyak juga menjumpai pelanggan yang aneh-aneh, tetapi tidak sedikit juga mendapati penumpang yang super baik hati.
Kata om, memang sebagai pengemudi ojek onlinememang harus memiliki kesabaran tingkat dewa, karena hampir setiap hari bertemu dengan orang yang berkarakter berbeda-beda.
Berbeda dengan oknum pengemudi ojek online yang sekarang lagi viral, karena kesalahan sepele, dia sampai mendorong-dorong konsumen, untung konsumennya sabar.
Spoiler for :
Kemungkinan jika tidak direkam, akan terjadi tindak kekerasan lebih jauh, yang akan merugikan konsumen.
Video tersebut viral di tiktok, berhubung saya tidak punya akun tiktok, saya ambil dari cuitan [URL=https://S E N S O RvXJagwvLLw]Abang.Grep[/URL] @penjahatgunung, kok saya galfok viral di tiktok! Rekam langsung viral, Apakah hanya saya yang tidak punya aplikasi tersebut ya?
Spoiler for video Abang.Grep via twitter:
Berikut hasil screenshootdari Abang.Grep yang sudah di rangkum dan dipersingkat👇
Spoiler for rangkuman cerita:
Sumber dari sini[URL=https://S E N S O RvXJagwvLLw]ss[/URL]
Saya jadi penasaran dengan unggahan salah satu warga net di media sosial oknum ojol tersebut.👇
Spoiler for investigasi warga net🤭:
Sumber[URL=https://S E N S O RvXJagwvLLw]ss[/URL]
Akhirnya saya stalking akunnya tersebut, melihat komen-komennya, si oknum ojol menjadi korban bullying/bulan-bulanan warga net.
Kecerdasan emosional atau yang biasa dikenal dengan EQ (bahasa Inggris: emotional quotient) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan.
Mudah-mudahan akan ada ending yang baik ya kaskuser, karena ini masih viral, belum tahu kelanjutannya akan seperti apa, memang kita khususnya saya melihat video tersebut di atas sungguh geram, marah, tetapi saya tidak bisa menjudgenya, karena tidak tahu masalah pribadi yang dihadapi sopir ojol tersebut.
By the way, jika kaskuser di posisi pelanggan tersebut, apa yang kalian lakukan? membalasnya atau bersikap sama seperti pria yang di video tersebut?
Spoiler for komentar kaskuser, terlepas dari masalah di atas ya akak-akak😗🤗:
Quote:
Original Posted By felixivan►Bingung ane mau bilang apa, tapi harusnya pemesan sadar juga kalo emang salah kirim langsung etikanya membenarkan sehingga ojek tidak kehilangan waktunya
Ojol emosi wajar namanya manusia tapi engga wajar sampe berani bertindak seperti itu pelanggan
Quote:
Original Posted By vixitev►Maka dari itu menjadi ojol memang harus berakhlak gan, biar tidak menjadi yang demikian. Berhubung saat ini kemajuan teknologi membuat perilaku manusia menjadi berbeda, maka harus tetap berakhlak.
Quote:
Original Posted By ardannigga►Sama2 saling menghargai, memahami, minta maaf. Lha kondisinya gt, lebih baik cari solusi sama2, customernya jg sdh nawarin solusi, eee lha dalah pengemudinya msh emosi. Mdh2an di bapak ojol bisa merubah sikap dan bisa diberikan kesempatan di lain waktu.
Quote:
Original Posted By otnaziaf►Adakalanya kata yang keluar dari mulut kita (yg kita pikir biasa aja dan cenderung tidak bernada intervensi), bisa dianggap sebaliknya oleh lawan bicara kita (terlebih apabila orang tersebut baru kita temui) jika waktu/moment nya tidak tepat.
Klo menurut saya ya gan, ada baiknya begini :
1. Awal masalah kan memang pengiriman tidak sesuai dgn pesanan awal, jd sudah ada kan indikasi "kekecewaan yg bisa berujung kemarahan"
2. Saya tau customer adalah raja, tapi menurut hemat saya (versi saya lho ya) alangkah baiknya kita ajak ngobrol2 dulu drivernya, klo ada minum kasih minum. baru kita jelasin masalah re-confirm pengiriman tadi.
3. Saya juga paham gimana posisi pak ojek (yg mungkin sudah setengah dongkol, belum lg klo ketambahan masalah yg lainnya :hehe), disini mgkn sedikit saran buat bapak bapak ojek sekalian. Terlepas dari masalah yg menimpa anda dihari itu, lebih baik tidak dibawa ke pekerjaaan anda (bersikap profesional). Dan yg paling penting adalah sabar + tahan emosi bila udah ketemu dengan customernya.
Intinya, marilah kita sama sama menghargai perannya masing2 (customer butuh jasa, pak gojek juga butuh duit)..
Sekian..
Quote:
Original Posted By hakoniwa93►Terlepas siapa salah siapa benar, main fisik secara hukum jelas yg salah.
Tapi emang ada sih beberapa oknum ojol yg model gt, mantan preman mungkin atau beli akun.
Ane pernah mesan makanan, udah confirm (ojolny sendiri yg confirm), sekitar 15 menit kemudian ojolny nelfon katany resto tutup, request cancel, ywd deh ane cancel. Ane pesen deh makanan di tempat lain.
Eh tiba2 ada yg nelfon ane ngakuny dari pihak resto, masakan udah ready tapi ojolny ga bisa di telfon
Bangke bener dah udah nunggu hampir setengah jam, ternyata dikerjain sama kang ojolny. Kalo ga mau ambil order kan bisa ngomong baik2 minta cancel, alasan duit kurang kek apa kek, pasti ane cancel cari ojol lain.
Endingny ane bayar 2x makanan ny karena ga enak juga sama pihak restony. Untung bukan nasi padang, jadi bisa disimpen buat makan malam
Quote:
Original Posted By ikusha►Balik lagi gan gimana jadinya posisi kalian jadi sang ojol. Mungkin bisa emosi juga. Terlepas dari pekerjaannya.
Kalau menjadi kang ojol itu memang harus extra sabar. Saya pernah mgobrol bareng mereka di sebuah kedai kopi.
Tahukah apa yang mereka bicarakan?
Mereka mengeluh dengan sedikitnya pekerjaan yang mereka terima. Ditambah ada banyak customer yang aneh-aneh. Pengirimah tidak sesuai, orderan gak sesuai, belum lagi orderan fiktif yang mereka terima. Jadi bisa dipastikan mood mereka atau sifat mereka jadi gampang emosi gampang terprovokasi. Apabila berkaitan dengan keuangan dan juga pendapatan mereka.
Maka saya hanya bisa menjadi pendengar setia.
Terus sekarang pertanyaannya
Apakah kang ojol salah?
Gak juga, justru harusnya kita yang sudah berpendapatan lumayan bisa mengerti keadaan mereka. Jika kita yang sengaja order dengan alamat yang salah juga harusnya tau konsekuensinya. Bang ojol pasti marah. Tapi nurani kita juga ikut jalan gan. Kasihan juga kalau mereka tiba-tiba di putus mitra hanya karena berdebat dengan kita.
Selama itu gak merugikan dan juga gak melukai perasaan dan fisik. Saya pikir gak juga untuk buru-buru lapor perusahaan.
Belajarlah peka dalam keadaan sesama.
Maaf kalau absurd.
Quote:
Original Posted By alifijtb►gini deh, ane pernah ojol dan narik apapun entah itu gofood, gosend, goride bahkan gomart. disini ane coba liat dari sisi driver dulu yaa. Untuk driver, dari berpakaian diawal emang salah dan kemungkinan dia berpakaian begitu karena dia cuma main gosend sama gofood. Terus untuk konfirmasi alamat itu sebenernya ga harus si, karena kan emang customer yang nentuin alamatnya jadi ya kalo emang udah ditentuin driver jalan, dan mungkin dia kepancing karena itu customer ngomong seenaknya ketika diminta konfirmasi dulu kalo mau anter padahal alamatnya salah. selanjutnya kalo emang pas salah alamat itu minta ketemu ditengah, harusnya driver itu koordinasi dengan baik2 sama customer soal salah alamat dan minta tambahan ongkos. Terus gausah kepancing sama customer karena driver juga bisa memberi rating ke customer bahkan kalo perlu laporin aja ke support drivernya. Untuk Customer, Biasakan ketika memesan itu dipastiin lagi titiknya. ga ribet kok cuma klik tombol titik biru kalo itu ke lokasi kita atau cek lagi di mapnya kalo untuk dikirim ke orang lain. terus mungkin karena yang menggunakan aplikasi itu pengirim makanannya bukan mas2 penerima makanannya mangkanya cuma dikasih info soal driver sama nomer drivernya. harusnya kita agak peduli gitu, kalo emang ga konfirmasi ya coba kita yang berinisiatif. kalo gabisa telp ya save aja terus hubungin lewat wa. logikanya ketika kita nunggu barang atau makanan yang akan dikirim ke kita pasti kita ngerasa mau ngehubungin orang yang ngirim dong disini drivernya. terus ketika sampe paketnya, jangan lah langsung nyalahin gitu...kenapa ga coba minta maaf?? bilang aja "maaf pak titik alamatnya salah, dan kiranya kalo kita bisa ngasih uang lebih ya kasih lah karena driver udah ngikutin maps tapi salah"
Quote:
Original Posted By Ultramen.T►Omongan itu perlu, jangan ngerasa paling bener semua. Sudah tahu gak konfirmasi orangnya dimana juga, kalau gini aslinya dia juga salah. Customer yang diorderkan resto tau apa memangnya?
Quote:
Original Posted By Henahito►Kalau orang sudah nga bisa mengendalikan emosi ya begitulah jadinya gan 😅, ibarat yang sabar aja masih banyak yg menghujat apalagi yg emosinan 😁
Quote:
Original Posted By ninoreza►Yah baru salah titik gitu udah belaga gila tuh driver
Zaman gue jadi ojol, penumpang yg salah gue yg dilempar duit 7000an lecek ke muka gue hadepin dengan santuy
Quote:
Original Posted By sipandia►Gua juga driver gan, justru gua mihak konsumen dalam hal ini...kalo kagak bisa kontrol emosi n berkomunikasi dengan baik mending gak usah ngojol...
Baru aja salah titik dah gitu...parah...konsumennya pun kooperatif...selama konsumen kooperatif masih bisa dimaklumilah...mana yg mesen bukan dia tapi tokonya...parah...parahhh...
Kalo badan kurang gizi mah masih toleran, tapi kalo otak yg kurang gizi...begitudah tuh...
Gegara 1 kang ojol ini neh...stigma buruk kena yg banyak...
Dalam dunia ojol itu ada istilah seleksi alam itu mutlak, tetap yg baik akan bertahan...juga usaha tidak akan mengkhianati hasil... Selamat PM utk akun ente!!! Sukurin...
Jakarta, 1:22
Selasa, 04 Agustus 2020
#viraltiktok
#ojol
#beritaviral
#kecerdasanemosi
Terimakasih yang sudah membaca
Keep smile and istiqamah.
Kalau saya keder dalam menarasikan, tolong beri saran dan kritik dengan cara yang sopan.