tritmaker.copasAvatar border
TS
tritmaker.copas
Raja Jalanan Bukan Sopir Bus Tapi Sopir Truck Muatan Cabai



Bagi pecinta rasa pedas wajib hukumnya untuk menikmati segala kuliner dengan rasa yang pedas, jika tidak maka rasa makanan akan dianggap serasa ada yang kurang. Ya untuk mendapatkan rasa pedas dalam suatu makanan tentu harus menggunakan sayuran cabai sebagai penghasil utama rasa pedas.
Namun di balik pedasnya rasa cabai terdapat suatu cerita perjalanan yang cukup panjang dari mulai tempat asalnya hingga sampai di lidah kita. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pasokan cabai di kota besar seperti Jakarta sebenarnya didatangkan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan warganya dan sebagaian besar cabai tersebut dipasok dari jawa timur khususnya cabai dari Jember.

Menurut data statistik daerah penghasil cabai terbesar di Indonesia masih dipegang oleh Jawa Timur seperti Banyuwangi, Jember dan Malang. Selain itu untuk daerah Jawa Tengah daerah Blora, Sukabumi untuk daerah Jawa Barat dan daerah Simalungun di Sumatera Utara dapat juga dikatakan penghasil cabai terbesar di Sumatera.





Disini ada salah satu hal yang menarik yang bisa ane bagikan untuk kaskuser semua, yaitu tentang perjalanan "Sopir Truk Muatan Cabai"yang mengantarkan pasokan cabai dari Jember ke Ibukota Jakarta.

Sopir pengangkut cabai dari Jember ke Jakarta ini bukanlah sopir sembarangan melainkan adalah sopir-sopir pilihan terbaik berbeda dari jenis sopir angkutan lainnya. Bahkan tak kalah hebat jika dibandingkan dengan sopir bus yang katanya raja jalanan.

Dan berikut kehebatan Sopir Truck Muatan Cabai yang membuatnya disebut sebagai Sopir Pilihan dan Terbaik :

Dilarang Telat Sampai Tujuan



hal pertama ini sepertinya sudah menjadi aturan umum bagi siapapun untuk tepat waktu, namun untuk truk angkutan cabai ini harus benar-benar tepat waktu tidak boleh telat sedikitpun karena cabai adalah sayuran yang mudah sekali busuk, terlebih jika terkena sengatan panas sinar matahari saat dalam perjalanan. Dan jika cabai yang diangkut saat proses pengiriman rusak ditengah jalan karena telat maka itu adalah resiko bagi sopir untuk mengganti rugi.


High Speed Truck



Pada umumnya truck adalah kendaraan yang memiliki muatan yang berat sehingga sering di temukan laju truck di jalan sangat pelan karena beban muatannya, tapi disini sopir truck muatan cabai harus memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi walaupun beban muatan yang diangkut berton-ton beratnya. Tak jarang untuk menempuh perjalanan jember - Jakarta yang berjarak hampir 1000km mereka menancap gas hingga kecepatan 120 km/jam atau lebih. Bisa dibayangkan bahwa 120km/jam adalah kecepatan yang sangat tinggi untuk ukuran sebuah truck bermuatan, beda dengan bus atau kendaraan pribadi yang suspensinya sangat nyaman walau dipakai ngebut.
Dan estimasi perjalanan truck bermuatan cabai ini hanya 16 - 20 jam saja (Kendaraan biasa normalnya Jember - Jakarta 24 jam), lebih dari itu maka sudah dianggap telat.


Tidak Ada Waktu Istirahat



Jika kita sering lihat di rest area banyak sekali kendaraan pribadi maupun truck yang sedang istirahat tapi kita tidak akan pernah menjumpai truck muatan cabai sedang istirahat. Karena seperti yang ane tulis sebelumnya jika truck muatan cabai ini dituntut untuk tepat waktu sehingga tidak ada waktu beristirahat. Bahkan untuk sekedar makanpun harus tetap berada di atas truck saat perjalanan, hal itu biasa dilakukan secara bergantian dengan sopir cadangan.


Petugas Polisi Pun Maklum



Nah untuk yang satu ini kebenarannya tidak bisa ane pastikan, namun dari cerita yang ane dengar dari para sopir angkutan cabai mengatakan tak jarang aksi ngebut truck bermuatan cabai ini dimaklumi oleh petugas polisi saat waktu malam hari. Polisi enggan mengejar dan menindak truck bermuatan cabai yang melaju dengan kecepatan tinggi. Mungkin hal itu karena polisi juga manusia punya rasa punya hati, atau bisa jadi polisi enggan mengejar karena kecepatan trucknya tinggi dan sopir truck juga gk bakalan berhenti.


Siap Mati atau Dihukum



Sudah menjadi resiko bagi seorang sopir bertaruh nyawa ataupun resiko dihukum jika menabrak seseorang. Namun bagi seorang sopir truck bermuatan cabai hal tersebut sedikit berbeda, karena tidak ada jaminan dari pemilik truck jika sesuatu yang tidak diinginkan itu terjadi, mulai dari kehilangan nyawa atau di hukum karena menabrak. Semua harus dijalani dengan iklas, termasuk juga bagi keluarga di rumah. Jadi sebelum berangkat sopir truck bermuatan cabai ini harus mempersiapkan semuanya mulai dari fisik, mental, kendaraan hingga pamit pada keluarga.


Terbiasa Dicaci-maki



Kehebatan yang terakhir adalah demi tepat waktu mereka melaju dengan kecepatan tinggi, tak jarang aksi para sopir truck cabai ini membuat kesal pengguna jalan lainnya. Caci maki adalah santapan sehari-hari dan itu adalah salah satu resiko paling ringan yang biasa mereka dapatkan saat dalam perjalanan. Bagi para sopir hal itu cukup disikapi dengan diam ataupun tersenyum saja. Jangankan cuma sekedar dicaci maki, mati ataupun dihukum saja mereka siap.


====

Dari apa yang ane tulis diatas, banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita ambil. Dari bersatu dengan alam saat cabai mulai dipetik, perjuangan serta ketepatan waktu saat cabai dalam perjalanan hingga rasa bersyukur kita saat kita bisa menikmati rasa pedas dalam sajian kuliner yang nikmat.

emoticon-I Love Kaskus

Spoiler for video:


Bagi kaskuser yang punya cerita dan ingin membagi pengalaman bisa menuliskan komentarnya di thread ini, atau sekedar ngasih ide dengan tema kehidupan jalanan bisa kaskuser tambahin dimari!


@tulisan sendiri
sumber gambar



Dari Kaskuser :

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh tritmaker.copas 14-09-2018 02:08
nasigoreng77
nasigoreng77 memberi reputasi
4
50K
169
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan