CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8a8aab9252334d118b4579/pengalaman-saya-bangun-rumah-pribadi--keluarga

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Saya ingin berbagi pengalaman membangun rumah pribadi/ rumah keluarga kami yang berukuran 8mx9m dan total keseluruhan bangunannya adalah 137 meter persegi. Denah rumah kami terdiri dari:

Quote:


Berikut tahap pengerjaan dan rincian biayanya:

Pengerjaan Tahap l:

Quote:


Enam bulan kemudian, tepatnya pertengahan bulan maret tahun 2018, pembangunan rumah dimulai. Saya mulai sibuk menginvasi toko-toko bangunan di sekitar Secang, Magelang kota, bahkan sampai kota Temanggung, demi mendapatkan bahan-bahan dengan harga termurah tapi kualitas sama bagus. Sampai akhirnya ada beberapa toko bangunan yang mau diajak "kompromi", karena saya akan berbelanja di toko-toko itu dalam jumlah yang lumayan besar dan terus-menerus sampai project rumah selesai. Bukannya sombong, tapi saya pribadi memang pandai bernegosiasi, gak kalah sama emak-emak di pasar tradisional. Mungkin karena saya tamvan kali ya emoticon-Cool

Satu hal yang selalu saya garisbawahi sejak awal bahwa bahan-bahan bangunan yang saya butuhkan adalah bahan-bahan berkualitas baik, menengah ke atas, karena saya selalu berpikir tentang kekokohan dan keawetan bangunan rumah saya. Lebih baik mengorbankan uang sedikit lebih banyak demi barang berkualitas baik daripada beli barang murah yang kualitas abal-abal cepat rusak, karena saya berpendapat bahwa biaya perbaikan itu selalu lebih mahal daripada biaya membangun dari awal.

Pengerjaan Tahap ll:

Quote:


Pengerjaan Tahap lll

Quote:


Biaya lain-lain:

Quote:


Pasaran gaji tukang & kenek di wilayah saya sekitar 75.000 & 65.000 bersih. Jam kerja 08.00-16.00. Awal pembangunan, dari membuat pondasi sampai rumah berdiri, ada 4 tukang + 2 kenek aktif + 2 kenek pasif (saya dan ayah saya). Kemudian, setelah rumah berdiri, 2 kenek aktif saya berhentikan. Tahap mempercantik desain interior, hanya tinggal 2 tukang saja; ,plester, acian, membuat pintu, jendela, plafon. Terakhir, tahap finishing, masih berjalan hingga saat ini tinggal 1 tukang saja, karena dana mulai menipis emoticon-Cape d... (S)

Quote:


Tips:

Quote:


Galeri Foto
Quote:


Sampai di sini dulu sharingnya, insyallah jika ada umur panjang dan rejeki lancar, nanti saya update lagi.

Semoga thread saya bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.

Quote:


★ Tambahan dari Kaskuser ★

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
natunabelitung dan 55 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh luca.erillia.27
Halaman 1 dari 35
Pertamaxx
alhamdulilah..sy doain lancar.

gak pernah bangun dr awal..tp kadang pengalaman renovasi kecil aja.
itu aja udah stress banget..kadang hrs ditongkrongin.
catatannya bagus amat gan..rapi.
Salah satu impian yang belum terwujud, belum bisa punya rumah sendiri.
Total habis brp tuh Gan?
Rinci amat ente Gan?


emoticon-Leh Uga
Rapi bgt catatanya. Semoga lancar dan di update lg thread nya bre
ane cuma mau nyari totalnya aja gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
superuye memberi reputasi
itu udah habis brapa jeti gan???
Kurang totalnya doang ini thread
TS, coba cek lg deh.. 13 pintu?
abis berapa ente gan

banyak bener yak

kpn ya pnya rmh emoticon-Sorry
Lihat 1 balasan
Quote:


Amin.... thanks gan.

Quote:


Suatu hari insyaallah pasti terwujud. Mungkin belum sekarang rejekinya, tapi mungkin Tuhan sedang merencanakannya, bisa aja dari rejekimu, atau rejeki anakmu, atau keluarga.

Quote:


Hitung sendiri emoticon-Stick Out Tongue

Quote:


Insyaallah gan...

Quote:


Dasar pemalas emoticon-Mad

Quote:


Orang ketiga yg bilang kyak gini

emoticon-Keep Posting Gan

Quote:


Ke 4....

Quote:


Iya 13 pintu.... pintu interior dan loteng belum saya tunjukkan emoticon-Peace

Pintu garasi belum jadi.

Quote:


Akun ke 5 emoticon-Frown

Jangan malas ngitung gan emoticon-Big Grin
profile-picture
natunabelitung memberi reputasi
ane salah satu korban borongan.. gara2 bonyok gamau dengerin apa kata ane... maunya langsung jadi... rugi dah ... keseldah... dongkol dah...tapi terlanjur... dan sekarang lagi usaha buat balik modal rombak tapi ane sendiri yang urus..

nice sharing gan .... buat nambah ilmu ane... maap jadi curcol emoticon-Frown
profile-picture
natunabelitung memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo di daerah ane,gaji buruh tukang 100-150rb per hari, kalo borongan 50-100jt per rumah semen 80an,200 JT buat bikin rumah belum bisa finishingemoticon-Hammer2
Diubah oleh nyongnyongan
Quote:


bener..
tukang di sy 150k kenek 100k.
belum tetek bengek harga tanah yg aje gile.
padahal bukan jkt... cm jawa barat.
emang mending borongan tenaga aja.. kalok bisa ditungguin..
pengalaman masang kanopi buat depan rumah doank pake baja ringan, tukang e masang mengsong2.. emoticon-Ngamuk
padahal tukang e tetangga emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
natunabelitung memberi reputasi
Diubah oleh bkutetsumaru
Quote:


Borongan tenaga+material emang rugi banyak.

Tetangga saya borongan 130 jt, kualitas bahannya asal-asalan. Parah pokoknya, 130 jt cuma berdiri aja dengan material dan pengerjaan yang buru-buru, jadi kacau, hasilnya buruk, jangankan dindingnya diplester, lantainya aja belum apa-apa. Tetangga saya bahkan nyesel bgt waktu cerita sama saya.

Berbeda dengan saya, dana 130 jt rumah udah berdiri, bahan-bahan bagus, pengerjaan lumayan rapi karena saya ikut memantau supaya tidak melenceng dari konsep awal.

Tapi tetangga saya masih beruntung, gak sedikit kasus pemborong abal-abal, begitu terima uang, kerjaan belum beres, kabur lari dari tanggungjawab emoticon-Lempar Bata

Quote:


Saya daerah Magelang kabupaten, di sini lumayan murah.

100 jt kalo borongan rumah 3x6 sih wajar.... termasuk tenaga + material kan?

Quote:


Yap.... walaupun borongan tenaga tetap harus ditungguin kalo bisa, supaya gak melenceng dari konsep.

Kadang tukang cari cepetnya, tanpa melihat hasil akhir, sehingga akhirnya tuan rumah kecewa berat.

Saya juga pernah ngalamin, meski tukangnya pengalaman, tapi kadang lupa dengan konsep yang saya jelaskan.
profile-picture
tetrapack memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post luca.erillia.27
Quote:



jiwa korupsi sudah mendarah daging... emoticon-Hammer
Tukang murah banget ya ?
Ane kemarin tukang + kenek 125+100ribu
Lihat 1 balasan
Nice share gan, jgn lupa update hasil akhir ya.
Btw, upah tukang kok bs dapat yg murah gan?
52rb katanya mahal hahaha dsini 70rb gan.. lu mah enak di jawa sana murah2
Halaman 1 dari 35


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di