c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Makam Pembunuh Umar Bin Khattab Begitu Mewah




Makam orang besar maupun pahlawan biasanya tergolong mewah, entah itu dari desain makam yang luas dan arsitektur makam yang keren.

Untuk contoh di negeri ini kalian bisa melihat makam para Presiden Indonesia, Baik Sukarno maupun Suharto dengan makam yang mempunyai halaman yang luas, bahkan seorang wakil dari bung Karno yaitu Bung Hatta makamnya bergaya adat minang yang megah di pemakaman tanah kusir.



Oke kita tinggalkan makam para pembesar negeri ini, tapi tahukah kalian makam seorang pembunuh dari sahabat Rasull yaitu Umar bin Khatab, itu sangat mewah seperti istana. Seperti yang sudah diketahui kaum Syi'ah yang dikenal sebagai pembenci tiga khalifah sebelum Ali bin Abi Thalib memberi gelar kepada Abu Lukluk Baba Shujauddin yang berarti bapak pemberani. Hari pembunuhan itu diperingati pada 9 Rabiul awal sebagai djashn-e Omar koshi atau hari pembunuhan Umar di desa-desa terpencil di pelosok Iran setelah sebelumnya dirayakan di kota-kota besar yang kemudian menuai kritik dari berbagai negara Islam di seluruh dunia, entah apa yang menyebabkan mereka membenci para sahabat Rasullullah itu sendiri dan lebih mengagungkan Ali, hingga derajatnya sama seperti nabi.



Sedikit cerita terhadap sang pembunuh Umar, pada suatu hari di tahun ke-23 Hijriah, Abu Lukluk bersembunyi di pagi buta di dekat tempat Umar bin Khattab akan mengimami shalat Shubuh berjamaah di Masjid Nabawi. Saat Umar mulai bertakbir, Abu Lukluk tiba-tiba muncul dan menikam pusar sang Khalifah Amirul Mu'minin sebanyak enam atau tiga kali dengan sebuah belati bermata dua. Umar merasakan panasnya senjata itu dalam dirinya, ia menoleh kepada jemaah yang lain dan membentangkan tangannya seraya berkata: ”Kejarlah orang itu; dia telah membunuhku!". Seisi masjid menjadi gempar dan kebingungan. Beberapa diantaranya mencoba mengejar dan ada juga yang kabur karena ketakutan. Setelah menikam Umar, ia mencoba menikam orang-orang yang mencoba menangkapnya. Ketika terpojok, Abu Lukluk bunuh diri.



Hingga akhirnya singkat cerita Abu Lukluk dimakamkan di Kashan, di wilayah Iran. Makamnya dibangun pada abad ke-11 dengan arsitektur Persia-Khawarizmi. Makamnya dibangun dengan kubah besar. Tanggal pembangunannya tidak diketahui sementara batu nisannya baru diletakkan pada abad ke-14. Bahkan makam sang pembunuh dibangun dengan megah. Pintu masuk ke makam itu berupa gerbang besar setinggi 6 meter. Kubah kuburannya lebih tinggi lagi, dengan puncaknya berbentuk kerucut. Makam itu begitu dimuliakan kaum Syiah hingga sering dipadati oleh para peziarah. Makam itu juga dianggap sebagai tempat mengais berkah. Tertulis di sana: “Tempat berkah sang pemberani agama, Abu Lu’lu’ah Fairuz”. Tepatnya Kompleks makam Abu Lu’lu’ah al Majusi terletak di sebuah jalan antara Kashan dan Fin, bahkan makam ini dilengkapi dengan halaman luas untuk bersantai para peziarah, bahkan kubah kerucut yang besar itu berhiaskan dengan ornamen keramik berwarna biru turquoise. Langit-langit bagian dalam kubah pun dilukis.



Itulah makam seorang budak milik Mughirah bin Syu'bah yang diagungkan oleh kaum syiah di Iran karena mebunuh Umar bin Khatab. Sedangkan makam Umar sendiri ada di samping Rasulullah Muhammad dan juga bersanding dengan Abu Bakar, Abu Bakar sendiri dikuburkan dalam lubang yang digali disamping makam Nabi. Setelah jenazah Rasulullah ditemukan, maka posisi kepala Abu Bakar diletakkan disamping bahu Rasulullah. Sedangkan Umar sendiri beliau dimakamkan disisi liang lahat makam Rasulullah. Umar wafat dibunuh pada tanggal 4 Zulhijjah tahun 23 H atau 644 M. Sepuluh tahun setelah wafatnya Abu Bakar. Sedangkan Rasullulah sendiri dimakamkan di kamar Aisyah yang sederhana dengan posisi kepala beliau berada di arah barat [menghadap kiblat]. Sedangkan kedua kakinya membujur ke timur untuk di kota madinah. Seperti arah yang disunnah Rasulullah ﷺ ketika tidur.



Makam itu terletak di Madinah dan sangat sederhana bahkan hingga kini banyak masyarakat muslim dunia khususnya sunni yang berziarah kesana. Semoga artikel ini bisa menambahkan wawasan anda, monggo serupuutt dolo..

emoticon-coffee

Referensi

https://www.inspiradata.com/inilah-m...ab-yang-mewah/









Tambahan kaskuser

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Quote:
Diubah oleh c4punk1950... 07-04-2018 17:09
majorminor666
tyranthan
tyranthan dan majorminor666 memberi reputasi
2
84.8K
414
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan