aiprahmanselfAvatar border
TS
aiprahmanself
INI BUKTI BAHWA AGAMA ANE ADALAH YANG PALING BENAR!! [DEBATERS INSIDE]
Udah jadi rahasia umum kali ya, masalah debat2 kayak gini..
meskipun kita sering mengkampanyekan "NO SARA", namun diantara debat2 yang ada, yang paling sensitif banget adalah soal debat antar agama.emoticon-No Sara Please

di sini ane pengen berbagi pengalaman aja gan, mengenai debat antar agama.
dulu ane sempet masuk ke area tersebut, ane beberapa kali ikut dikesempatan debat antar agama di sosial media,
padahal ilmu agama ane pas2an gan. dan konyolnya, ane yakin dengan berbekal ilmu agama yg ane punya, ane bisa nyampein ke orang2 bahwasannya agama ane adalah yang paling benar.
karena pada saat itu ane berfikir, ane belum bisa ngasi apa-apa buat agama yang ane cintai,
jadi mungkin dengan ikutnya ane ke berbagai debat antar agama, ane bisa dapet pahala "jihad", karena membela agama yg ane cintai dari cacian dan hinaan agama lain. emoticon-Bingung

di awal2 ane ikut debat, ane berlaku "sok bijak", no offence dalam artian, tidak mencaci/menghina agama lain,
dan itu ane pegang teguh slama ane di forum tersebut. dan seperti yang kita semua ketahui bersama, di setiap debat antar agama pasti ga bisa lepas dari cacian dan hinaan trhadap agama lain, itu pasti gan..
jangankan di forum yg emang di khususin buat debat antar agama, kalo kita liat di kolom komen yg temanya lagi ngebahas isu tentang agama juga, pasti udah rame aja sama perkataan yg kurang pantas terhadap agama lain.

ok.. back to pengalaman ane lagi gan,
iya..mungkin ane bisa bersikap bijak dan menjaga kata2 ane utk tidak menghina agama lain, namun setelah ane ikutin terus perjalanan debatnya..
dan ane terlalu sering membaca cacian dan makian orang terhadap agama ane, lama kelamaan ane jadi terkesan ikut "mensupport" bilamana teman seiman ane balik menghina agama lainnya dgn kata2 yg tidak pantas juga.

meskipun "support" ane tidak ditunjukkan dengan ane langsung ngebales berkomentar yg ga baik, tapi dalam hati ni seakan ngerasa seneng kalo ada teman seiman ane balik menghina agama lain dengan kata yg tak pantas pula.
seakan-akan hati ini bilang ke temen2 seiman ane..
"hayo bro, terus bro, baguus..balik hina lagi bro, ane ga rela agama ane dihina.."

jujur itu yg ane rasakan disetiap ane ikut debat pada saat itu. memang dari sikap, ane bisa sok bijak, tapi dlm hati, apa bedanya ane dengan teman2 yang saling mencaci agama lain.
dan efeknya.. "NO SARA" hanyalah slogan doang bagi ane, bahkan parahnya, ane sempet bersikap ga suka ama temen yg beda agama ama ane, meskipun cuma dalam hati. emoticon-Mewek

di sini ane cuma mo nyampein pesen gan..
pertama, jangan ikutan debat yg ga jelas lagi gan, udah stop, mending quit dari forum itu. itu cuma akan mnimbulkan kebencian sesama kita aja gan.
sebenernya yg mo ngancurin bangsa ini ya kita sendiri gan, kalo ente emang bener2 pengen tau tentang ajaran suatu agama, ente ga akan mungkin ke forum debat,
ente pasti pergi ke sumbernya langsung utk bertanya, ke ustad, pendeta, atau tokoh agama lainnya. itu artinya.. sebenernya kita tuh ga pengen discuss, kita cuma pengen berantem, pengen mencaci, pengen ngehina.

kedua, bersikap dewasa aja gan.. kalo ada yg menghina suatu agama, anggep aja tuh orang belum baligh/belum berakal/childish/alay.
kalo bisa kita saling ingetin temen2 yg udah melampaui batas kya gtu..
tapi kalo kita ga bisa ngerubah orang lain, yah paling ga kita rubah diri kita sendiri aja dulu gan, jangan malah ikut2an balik mencaci dan menghina.

Dan terakhir, berhubung ane seorang muslim, sekedar pengen mengingatkan khususnya buat temen2 yg muslim, Islam mengajarkan..
"Sampaikanlah walau satu ayat", Namun..
"Tidak ada paksaan dalam beragama"
"Bagimu agamamu dan Bagiku agamaku"
"Dan Janganlah Menghina agama lain, karena pasti orang lain pun akan menghina agama kita" [Sumber : Al Qur'an & Al Hadist]

ane berharap, ada hal baik yg bisa diambil dari tulisan ini.
mungkin ada temen2 yg ingin berbagi mengenai pengalamanny mengkuti debat2 sperti ini, silahkan aja gan.. nanti In sya Allah kita share disini.
emoticon-Jempol
Spoiler for Support:


Spoiler for nasehat agans..:


Spoiler for Nyang Laen:

Diubah oleh aiprahmanself 11-07-2017 12:54
0
11.7K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan