- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Siapakah Penemu Lampu Lalu Lintas?


TS
EVANZSKO
Siapakah Penemu Lampu Lalu Lintas?
Quote:
Thanks Kaskus for :







Salam Sejahtera Seluruh Kaskuser
Empat dekade kemudian, sinyal lalu lintas mulai populer kembali, terutama di Amerika Serikat seiring dirilisnya mobil otomatis. Pada awal 1990-an, beberapa hak paten diajukan, masing-masing dengan inovasi berbeda dari ide dasar.








https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lampu_lalu_lintas
https://nationalgeographic.co.id/ber...pu-lalu-lintas









Quote:
Quote:
EVANZSKO





Salam Sejahtera Seluruh Kaskuser

Quote:
Spoiler for mulus:

Lampu lalu lintas (menurut UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan: alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL) adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada. Lampu lalu lintas atau sinyal lalu lintas hampir selalu ditemukan di persimpangan besar di kota-kota di seluruh dunia.
Lampu berwarna merah, kuning dan hijau ini memberitahu kita kapan waktu yang aman untuk melaju melalui persimpangan, atau membiarkan pengemudi, pesepeda dan pejalan kaki lewat terlebih dahulu. Tanpa lampu lalu lintas, kondisi di persimpangan pasti akan macet dan semrawut.
Tapi, siapakah orang yang berjasa menemukan lampu lalu lintas?
Lampu berwarna merah, kuning dan hijau ini memberitahu kita kapan waktu yang aman untuk melaju melalui persimpangan, atau membiarkan pengemudi, pesepeda dan pejalan kaki lewat terlebih dahulu. Tanpa lampu lalu lintas, kondisi di persimpangan pasti akan macet dan semrawut.
Tapi, siapakah orang yang berjasa menemukan lampu lalu lintas?
Lampu lalu lintas pertama
Kemacetan lalu lintas telah menjadi masalah bahkan sebelum penemuan mobil otomatis. Menurut BBC, kereta kuda dan pejalan kaki telah memadati jalan-jalan Kota London. Saat itu, manajer kereta api Inggris, John Peake Knight, menyarankan untuk mengadaptasi metode semapur yang biasa digunakan kereta api untuk mengontrol lalu lintas di jalan raya.
Pada metode adaptasi Knight, sinyal lalu lintas akan menampilkan tanda “Stop” dan “Go” di siang hari, dan pada malam hari, lampu berwarna merah dan hijau akan digunakan. Lampu gas akan menerangi tanda tersebut. Seorang petugas polisi ditempatkan tak jauh dari sinyal lalu lintas tersebut untuk mengoperasikannya.
Sinyal lalu lintas pertama di dunia tersebut dipasang pada 9 Desember 1868, di persimpangan Bridge Street dan Great George Street di wilayah Westminster, London, dekatHouses of Parliament dan Westminster Bridge.
Sayangnya, hanya berselang sebulan, seorang polisi yang bertugas mengontrol sinyal tersebut terluka parah ketika kebocoran gas menyebabkan salah satu lampu meledak dan mengenai wajahnya. Proyek ini dinyatakan berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan segera dicopot.
Pada metode adaptasi Knight, sinyal lalu lintas akan menampilkan tanda “Stop” dan “Go” di siang hari, dan pada malam hari, lampu berwarna merah dan hijau akan digunakan. Lampu gas akan menerangi tanda tersebut. Seorang petugas polisi ditempatkan tak jauh dari sinyal lalu lintas tersebut untuk mengoperasikannya.
Sinyal lalu lintas pertama di dunia tersebut dipasang pada 9 Desember 1868, di persimpangan Bridge Street dan Great George Street di wilayah Westminster, London, dekatHouses of Parliament dan Westminster Bridge.
Sayangnya, hanya berselang sebulan, seorang polisi yang bertugas mengontrol sinyal tersebut terluka parah ketika kebocoran gas menyebabkan salah satu lampu meledak dan mengenai wajahnya. Proyek ini dinyatakan berbahaya bagi kesehatan masyarakat dan segera dicopot.
Persaingan hak paten
Empat dekade kemudian, sinyal lalu lintas mulai populer kembali, terutama di Amerika Serikat seiring dirilisnya mobil otomatis. Pada awal 1990-an, beberapa hak paten diajukan, masing-masing dengan inovasi berbeda dari ide dasar.
Spoiler for konsep Ernest Sirrine:

Tahun 1910, penemu Amerika, Ernest Sirrine, mengenalkan sebuah pengatur sinyal lalu lintas otomatis di Chicago. Sinyal lalu lintasnya menggunakan dua lengan tak bercahaya yang diatur seperti salib dan berotasi pada satu sumbu. Sinyal tersebut menampilkan tanda “Stop” dan “Proceed”.
Spoiler for konsep Lester Farnsworth Wire:

Lampu lalu lintas listrik pertama yang menggunakan lampu merah dan hijau ditemukan pada 1912 oleh Lester Farnsworth Wire, seorang polisi di Salt Lake City, utah. Sinyal lalu lintas buatan Wire menyerupai rumah burung dengan empat sisi dan terpasang pada tiang tinggi. Benda tersebut ditempatkan ditengah-tengah persimpangan dan dijalankan dengan bantuan kabel listrik di udara. Seorang petugas polisi harus mengatur lampunya secara manual.
Spoiler for konsep james hoge:

Namun, kreditasi untuk “sinyal lalu lintas listrik pertama” diberikan pada James Hoge. Sistem rancangannya diiinstal pada 5 Agustus 1914 di Cleveland. Hoge menerima hak paten untuk sistem tersebut pada 1918, setelah mengajukan permohonan pada 1913. Sinyal lalu lintas Hoge menggunakan kata-kata “Stop” dan “Move” bercahaya yang dipasang pada masing-masing penjuru persimpangan. Sistem ini menggunakan kabel sehingga polisi dan departemen pemadam kebakaran bisa menyesuaikan irama lampu jika dalam kasus darurat.
Sementara itu, William Ghiglieri dari San Fransisco mematenkan sinyal lalu lintas otomatis pertama yang menggunakan cahaya merah dan hijau pada 1917. Rancangan Ghiglieri memiliki opsi untuk dioperasikan secara manual atau otomatis.
Kemudian pada 1920, William Potts, seorang polisi Detroit, mengembangkan beberapa sistem lampu lalu lintas otomatis, termasuk sinyal tiga warna pertama, yang menambahkan lampu kuning sebagai tanda untuk “hati-hati”.
Sinyal untuk pejalan kali pertama kali digabungkan dengan lampu lintas pada tahun 1930-an. John S. Allen, penemu Amerika, mengajukan hak paten atas sinyal lalu lintas untuk pejalan kaki. Alen merancang sinyal pejalan kaki yang dipasang di bibir trotoar .
Sementara itu, William Ghiglieri dari San Fransisco mematenkan sinyal lalu lintas otomatis pertama yang menggunakan cahaya merah dan hijau pada 1917. Rancangan Ghiglieri memiliki opsi untuk dioperasikan secara manual atau otomatis.
Kemudian pada 1920, William Potts, seorang polisi Detroit, mengembangkan beberapa sistem lampu lalu lintas otomatis, termasuk sinyal tiga warna pertama, yang menambahkan lampu kuning sebagai tanda untuk “hati-hati”.
Sinyal untuk pejalan kali pertama kali digabungkan dengan lampu lintas pada tahun 1930-an. John S. Allen, penemu Amerika, mengajukan hak paten atas sinyal lalu lintas untuk pejalan kaki. Alen merancang sinyal pejalan kaki yang dipasang di bibir trotoar .
Masa depan lampu lalu lintas
Spoiler for lampu lalu lintas kini:

Lampu lalu lintas terus mengalami peningkatan. Banyak lampu lalu lintas “cerdas” yang dapat memonitor situasi lalu lintas secara real-time,termasuk arah, volume dan kepadatan, serta mengutamakan sistem transportasi umum.
Di masa depan, seiring perkembangan teknologi yang menghadirkan mobil swakemudi, banyak perbaikan dan improvisasi pada sinyal lalu lintas dengan mempertimbangkan teknologi baru yang bakal muncul. Para peneliti di MIT Senseable City Lab mempublikasikan sebuah penelitian di jurnal PloS ONE tahun ini, berupa skenario yang menganggap bahwa lampu lalu lintas tidak ada.
Potensi di masa depan, semua mobil otomatis bakal berkomunikasi dengan sesamanya di persimpangan. Konsepnya, alih-alih berhenti, mobil-mobil swakemudi itu justru secara otomatis mengatur kecepatannya untuk melewati persimpangan dan mengatur jarak aman dengan kendaraan lainnya. Sistem ini fleksibel dan dapat dirancang untuk memperhitungkan pejalan kaki dan pesepeda.
Di masa depan, seiring perkembangan teknologi yang menghadirkan mobil swakemudi, banyak perbaikan dan improvisasi pada sinyal lalu lintas dengan mempertimbangkan teknologi baru yang bakal muncul. Para peneliti di MIT Senseable City Lab mempublikasikan sebuah penelitian di jurnal PloS ONE tahun ini, berupa skenario yang menganggap bahwa lampu lalu lintas tidak ada.
Potensi di masa depan, semua mobil otomatis bakal berkomunikasi dengan sesamanya di persimpangan. Konsepnya, alih-alih berhenti, mobil-mobil swakemudi itu justru secara otomatis mengatur kecepatannya untuk melewati persimpangan dan mengatur jarak aman dengan kendaraan lainnya. Sistem ini fleksibel dan dapat dirancang untuk memperhitungkan pejalan kaki dan pesepeda.
Demikian tentang sejarah lampu laku lintas yang ternyata cukup berbeda dengan apa yang ada saat ini.Satu hal...,suatu kebiasaan unik tengah menjadi trend di lalu lintas negeri kita.
Banyak pengendara yang nampaknya tidak memahami arti dari warna kuning pada lampu lalu lintas. Ketika lampu kuning menyala,alih alih menginjak rem untuk siap siap berhenti,pengendara malah menambah kecepatan demi menghindari lampu merah.
Unik memang di negeri kita ini
Banyak pengendara yang nampaknya tidak memahami arti dari warna kuning pada lampu lalu lintas. Ketika lampu kuning menyala,alih alih menginjak rem untuk siap siap berhenti,pengendara malah menambah kecepatan demi menghindari lampu merah.

Unik memang di negeri kita ini


Quote:
KOMEN NYA YA GAN..🙏

Quote:
🌟🌟🌟🌟🌟





Quote:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lampu_lalu_lintas
https://nationalgeographic.co.id/ber...pu-lalu-lintas

Quote:






"Usus Magister est Optimus"
Spoiler for NO REPOST:


Quote:
TAMBAHAN DARI PEMIRSAAHH : 



Quote:
Original Posted By fandi.bin.stres►DI INDONESIA, LAMPU LALU LINTAS SEBAGAI PAJANGAN DOANG...
coba lihat sehari hari dipersimpangan, semua lalu lintas banyak yang gak taatin bahkan sebagai pajangan doang...
walaupun udah ada pamflet besar besar "BERHENTI DIBELAKANG GARIS, STOP KETIKA LAMPU MERAH, LAMPU MERAH BERHENTI" tetap juga pada nekat hajar terus...
itupun gak perduli juga walaupun ada POLISI berdiri tegak ngatur lalu lintas ataupun razia...
apakah mereka itu para pelanggar lalu lintas matanya UDAH RABUN WARNA???
alangkah parahnya negeriku ini...

coba lihat sehari hari dipersimpangan, semua lalu lintas banyak yang gak taatin bahkan sebagai pajangan doang...
walaupun udah ada pamflet besar besar "BERHENTI DIBELAKANG GARIS, STOP KETIKA LAMPU MERAH, LAMPU MERAH BERHENTI" tetap juga pada nekat hajar terus...
itupun gak perduli juga walaupun ada POLISI berdiri tegak ngatur lalu lintas ataupun razia...
apakah mereka itu para pelanggar lalu lintas matanya UDAH RABUN WARNA???
alangkah parahnya negeriku ini...




Quote:
Original Posted By anwariyah►Ups bener tuh kata TS , lampu kuning malah ngebut buat ngindari lampu merah, n adalagi di indonesia zebra cross tidak brpungsi, kalo d brunei nyebrang d zebra cross tak peduli lampu hijau kuning, itu hak pejalan kaki n penyebrang ...kalo di kita so pasti di marahin kalo bkan lampu merah..
Quote:
Original Posted By EPepe►Terkadang memang kita nggak peduli siapa penemu alat-alat canggih yang sangat bermanfaat untuk kepentingan umum gan, ya salah satunya ini, penemu lampu lalu lintas. Alhamdulillah, berkat penemuannya ini banyak manfaat yang kita dapatkan seperti arus kendaraan jadi teratur dan tertib serta membantu mengurangi kecelakaan.
Quote:
Original Posted By fandi.bin.stres►bukan hanya itupun...
kalau kita pas saat di lampu lalu lintas ada sebagaian orang yang berkeras bahwa yang kita lakukan berhenti dibelakang garis mengganggu mereka bahakan sampai pernah gwe diteriaki
umumnya yang teriakin sih supir angkot atau jenis angkutan umum yang number one untuk pelanggaran lalu lintas
sebagian lain pun ada juga, bapak bapak emak emak bahkan sekelompok remaja yang entah dengan idak jelas apa kebutuhan mereka mau cepat sampai harus melanggar lampu lalu lintas
mungkin udah ditilang baru mewek kali ato ketabrak baru jedar jedor hati dia
entahlah...
kapan negara ini bakalan teratur lalu lintasnya seperti di Amerika, Kanada dan Jepang serta Eropa(90% warganya taat lampu lalu lintas)
kalau Rusia, ane no comment soalnya banyak dari video car crash mereka mendominasi pelaku dan korbannya
negara lainnya extrem breS E N S O R.
macam India contohnya, POLISI didepan mata mereka marahi pun padahal depannya macet trus lampunya merah
kalau kita pas saat di lampu lalu lintas ada sebagaian orang yang berkeras bahwa yang kita lakukan berhenti dibelakang garis mengganggu mereka bahakan sampai pernah gwe diteriaki
umumnya yang teriakin sih supir angkot atau jenis angkutan umum yang number one untuk pelanggaran lalu lintas
sebagian lain pun ada juga, bapak bapak emak emak bahkan sekelompok remaja yang entah dengan idak jelas apa kebutuhan mereka mau cepat sampai harus melanggar lampu lalu lintas
mungkin udah ditilang baru mewek kali ato ketabrak baru jedar jedor hati dia
entahlah...
kapan negara ini bakalan teratur lalu lintasnya seperti di Amerika, Kanada dan Jepang serta Eropa(90% warganya taat lampu lalu lintas)
kalau Rusia, ane no comment soalnya banyak dari video car crash mereka mendominasi pelaku dan korbannya
negara lainnya extrem breS E N S O R.
macam India contohnya, POLISI didepan mata mereka marahi pun padahal depannya macet trus lampunya merah

Quote:
Spoiler for bonuss👌:


TERIMA KASIH

Diubah oleh EVANZSKO 16-02-2017 17:17
0
39K
Kutip
407
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan