crashyanto7Avatar border
TS
crashyanto7
Perusahaan Rio Haryanto terbentur masalah hak cipta
Ruo haryanto, yang agan2 tau adalah pembalap pertama F1 dari Indonesia yang penuh kontroversial dari segi cara masuknya ke F1, maupun prestasinya di F1.

Baru-baru ini ada tweet dari Minidrivers, salah seorang kartunis F1, Moto GP dan lain2, merasa karya ciptanya telah dicuri oleh seorang pembalap. Ane jd penasaran, siapa yah? emoticon-Bingung

Berikut tweetnya gan:



Ane penasaran, siapa dia? Karena tidak pernah ada nama seseorang yang disebutkan.

Setelah ane muter2 cari info, ternyata Kiky Stationery emoticon-Wow, perusahaan keluarga Rio Haryanto, menjual buku dengan sampul Minidrivers gan. Dan itu tanpa bayar royalti bahkan tanpa sepengetahuan si pemilik yaitu minidrivers.

Sekilas info tentang Minidrivers:

Minidrivers adalah seorang kartunis dari Spanyol yang membuat versi kartun dari pembalap2 dunia seperti F1, MotoGP. Karyanya biasanya muncul tidak lama setiap setelah balapan, bahkan animasinya pun jg ada.. Profil tiap pembalap juga dia buat.

Berikut artwork Minidriver untuk profil Haryanto, yang akhirnya menjadi masalah karena dengan sengaja dijadikan sampul buku dan diperjual belikan tanpa ada izin dr creatornya.



Ini pic bukunya gan:






Bukan bermaksud menyerang tertentu, Mungkin keluarga Rio termasuk Rio sendiri tidak tahu, tetapi harusnya untuk perusahaan besar sekaliber Kiky yg notabene sponsor resmi F1 lebih teliti dan cermat sebelum rilis ke publik.

Setelah hasil balapan yg jeblok mulu, eeehhh... Sekarang malah bikin malu Indonesia di dunia dengan kelakuan perusahaan bapaknya emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

Gosipnya ini sudah beredar cukup lama. Sekedar intermezzo, coba bayangkan dr 250jt rakyat Indonesia. Kita ambil contoh 1% saja yg membeli buku tersebut. Apabila 1pak buku (isi 10buku misalnya) rata2 untung 5rb rupiah, maka 2,5jt x 5rb rupiah = 12,5Milyar. Nilai yg amat besar sekali. Sedangkan pencipta kartun itu sendiri tidak mendapatkan apa2.
NB: ini cuma contoh aja ya










Ane ga berharap emoticon-Toast or emoticon-Blue Guy Bata (L) gan, ane cuma kecewa aja nama negara kita jd dipermalukan gini di dunia Internasional gan. Didunia luar sana banyak yg awam gan, mereka pasti ngejudge langsung ke drivernya. Masa agan ga malu klo Indonesia dicap negara nyolong dan nyogok di dunia luar sana?

"Karena nila setitik, rusak susu sebelanga"
"Masalah sedikit, tp impactnya se Indonesia bisa dicap jelek negara lain"


Ane mohon emoticon-Salaman Maaf sebesar2nya ya kalo ane posting frontal kayak gini ya, ane penasaran aja jd cari sumber2 di Internet. Dan sesuatu hal yang tidak baik, lebih baik diselesaikan dibanding disembunyikan (tidak dibahas). Karena sepinter2nya menyimpan bangkai, baunya pasti akan tercium juga.





Quote:



Komen2 terpilih agan2:

Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:




Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:








Diubah oleh crashyanto7 13-07-2016 17:28
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
70.3K
559
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan