mufiapyschoAvatar border
TS
mufiapyscho
PANAMA PAPERS, SKANDAL PENCUCIAN UANG KESOHOR DUNIA TERUNGKAP
Quote:



Merdeka.com - Sebuah dokumen berjuluk 'Panama Papers' mengungkapkan praktik pencucian uang oleh para pesohor serta pemimpin negara dari pelbagai belahan dunia. Temuan ini diperoleh dari kerja keras setahun terakhir oleh Konsorsium jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ), media massa, serta kelompok pegiat dari 80 negara.

Berdasarkan laporan the Guardian, Senin (4/4), data pencucian uang para pesohor ini mencapai 11,5 juta dokumen, yang dibocorkan dari firma hukum internasional Mossack Fonseca. Besarnya data ini mencapai 2,6 terabita (Tb), jauh lebih besar dibanding bocoran Wikileaks ataupun Edward Snowden.

Dalam data ini, dijabarkan detail bagaimana negara-negara surga pengemplang pajak melakukan aksinya, membantu para kepala negara, eksekutif perusahaan, atau atlet top mencuci uang haram.

Data paling menghebohkan mengungkap aliran USD 2 miliar pencucian uang mengarah pada Presiden Rusia Vladimir Putin. Uang itu dikelola oleh sobat Putin, bernama Sergei Roldugin. Dana ini awalnya disimpan di bank BUMN Rusia. Tapi, kemudian dialihkan memakai tangan swasta - yakni Roldugin - kemudian 'dicuci' menjadi resort wisata ski untuk menggelar pesta perniakahan putri kandung Putin pada 2013.

Data 'Panama Papers' yang tak kalah mengejutkan adalah adanya bukti konkret delapan pejabat politbiro Partai komunis China, sampai sekarang mereka masih menjabat, menyimpan hartanya di bank-bank surga pajak. Presiden Xi Jinping termasuk di dalam deretan pejabat menyimpan harta di luar negeri tersebut.

Sumber
http://www.merdeka.com/dunia/skandal...gga-putin.html

Update:

PM ISLANDIA MUNDUR AKIBAT PANAMA PAPERS
https://amp.theguardian.com/world/20...rs-revelations

WADAW, INDONESIA JUGA TERMASUK
linknya di bawah

Quote:


Quote:


Begitu mudahnya mendirikan perusahaan di negara negara berkembang.........
Quote:


Skemanya

Quote:


Penjelasan lebih lengkap

http://www.theguardian.com/news/2016...-panama-papers

penjelasan
Quote:


Q&A
PANAMA PAPER vs OFFSHORELEAK:
panama paper adalah bocoran dari firma hukum mossack fonseca yang berisi dokumentasi perusahaan dan data klien. dari panama paper ini terungkap bahwa mossack fonseca secara aktif membantu kliennya untuk menyembunyikan asetnya. offshoreleak hanyalah daftar WNI yang memiliki perusahaan diluar negri

mossack fonseca:
firma hukum berbasis di panama yang membantu klien mendirikan perusahaan di negara dengan pajak rendah. salah satu pelayanannya adalah dengan mendirikan shell company, trust fund, dll...

shell company:
secara sederhana, ini adalah perusahaan diatas kertas. terdaftar secara hukum, tapi tidak memiliki aktifitas ekonomi riil. ada beberapa keuntungan seseorang mendirikan shell company, bisa karena faktor kerahasiaan kepemilikan, memudahkan aktifitas ekonomi. walaupun memiliki shell company bukan merupakan pelanggaran hukum, shell company lazim digunakan untuk melakukan aktifitas money laundering.

lalu kenapa presiden islandia didemo:
apabila pengusaha lazim memiliki offshore account dan shell company, PEP (politically exposed person) yang memiliki offshore account akan menjadi pihak yang sangat dicurigai. ini berkaitan dengan LHKPN untuk mengecek sumber kekayaan PEP tersebut. karena politikus tidak boleh nyambi menjadi pengusaha, pendapatan yang didapat otomatis hanya berasal dari gaji dan tunjangan. maka akan sangat mencurigakan bila PEP memiliki dana milyaran atau bahkan trilyunan di rekening offshore.

kesimpulan:
pengusaha memiliki alibi lebih kuat untuk punya rekening offshore atau shell company, sedangkan politikus (PEP) akan sangat mencurigakan apabila memiliki rekening offshore (kecuali politikus itu mantan pengusaha seperti jk, uno, dll) dikarenakan dimungkinkan terjadi pencucian uang dengan menggunakan offshore company sebagai alias dalam melakukan transaksi gelap atau mencurigakan
bocoran panama paper tidak membuktikan adanya kecurangan, tetapi memiliki kecenderungan besar karena mossack fonseca secara AKTIF membantu kliennya untuk menyembunyikan dana dan aktivitas dengan membuat perusahaan fiktif luar negerri, ini dapat dikategorikan dalam proses layering pada kasus pencucian uang.
Diubah oleh mufiapyscho 05-04-2016 16:13
0
87.3K
451
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan