kali ini ane mau membahas fenomena yang ane alami tiap pagi dan sore hari. yup, ane selalu pergi dan pulang kerja naik kereta listrik atau KRL Jabodetabek. KRL ini dikelola oleh PT KAI Commuterline Jabodetabek, KRL melayani rute sebagai berikut:
Spoiler for rute:
jalur kuning/merah: tujuan depok, bogor/nambo jalur cokelat : tujuan tangerang jalur hijau : tujuan serpong, parung panjang - maja jalur biru : tujuan jatinegara bekasi
selama perjalanan ada saja kejadian lucu dan unik yang ane alami.
ane coba kumpulin nih, silahkan dibaca
1. Pake Tas Ransel di Dada.
Spoiler for dada:
trend abadi anak-anak kereta, bukan buat gaya-gayaan tapi demi keselamatan barang bawaan agar tidak berpindah tangan. maklum, di angkutan umum emang sarangnya tangan-tangan jahil berkeliaran
2. Jemur Copet
Spoiler for copet:
ini lebih ke kelakuan para petugas keamanan PKD sih, tapi penumpang KRL juga mendukung aksi ini, daripada dipukulin bikin dosa yang mukul mending dipajang
3. Nyender (di pintu atau orang lain)
Spoiler for nyender:
kalo di kereta, paling enak emang tidur, baca buku atau main hp. tapi kebanyakan anak kereta yang berdiri butuh bahu untuk bersender
kebanyakan anak kereta punya spot-spot nyender sendiri, kayak di pojokan pintu, diantara gerbong, di pintu yang ga kebuka bahkan sengaja berdiri ditengah agar bisa bersender ke orang lain.
apapun pilihannya jgn sampe kyk gini gan
[url=[youtube]vfUwufkBbQc[/youtube][/url]
atau beli alat kyk gini aja
4. maksa masuk kereta yg udah penuh
Spoiler for maksa:
kalo urusan maksa-maksa, emang anak kereta paling jago, jurus utamanya adalah kasih punggung trus dorooong. ada istilah tingkat kepadatan penumpang di kereta, yaitu: a) kosong b) padat c) PEPESSS
A) Kosong
Spoiler for kosong:
keadaan dimana kita masih bisa memilih tempat duduk. kadang kala tempat duduk sudah penuh tapi kita masih bisa cari spot berdiri untuk nyender (lihat poin sebelumnya)
kondisi kosong terjadi kala lewat jam padat (6-9 pagi dan 4-9 malam) di luar jam padat (jam 10-4 siang dan diatas jam 9 malam). atau kadang kala terjadi apabila jarak keretanya cuma beda 1 stasiun namun kereta belakang tidak diumumkan (klo metro mini/kopaja pasti udah susul2an), sehingga penumpang maksa kereta masuk kereta depan, kl agan dpt kereta siluman ini agan beruntung
B)Padat
Spoiler for padat:
keadaan dimana penumpang sudah pasti berdiri pas masuk ke kereta. dalam kondisi ini pilihan menjadi sedikit, biasanya anak kereta yang tujuannya jauh akan menuju ke tengah gerbong sedangkan tujuan dekat akan berdiri deket2 pintu.
pilihan posisi berdiri dalam keadaan ini menentukan kenyamanan berdiri pada saat kereta berubah menjadi PEPESSS.
tips: jika masih banyak stasiun yang harus dilewati tapi kereta sudah kondisi penuh bersiaplah untuk PEPESSS, carilah posisi ditengah gerbong tapi jangan dekat tempat duduk, paling sempurna adalah tepat ditengah2 gerbong, kokohkan kuda2, cari pegangan yang kokoh. sehingga ketika serangan PEPESS terjadi agan sudah siap
C)PEPESSS
Spoiler for PEPESS:
inilah kondisi chaos yang sebenarnyaaa. kl agan ga siap2 dari pegangan kokoh maka harus terima konsekuensi kehilangan pijakan dan pegangan. dalam kondisi ini agan hanya bisa pasrah, jika tubuh agan kecil bersiap untuk ga napak (bahkan kedua kaki!), bersiap menerima serangan bau ketek. biasanya jendela akan dibuka dengan brutal.
tips: klo agan udah terjebak dalam kondisi ini, agan sebaiknya berusaha cari pegangan, pegang apa aja yg ada diatas, bisa tiang, iklan, bahkan tangan orang lain. kemudian ikuti arus, jangan ditahan, ingat jangan pernah ditahan, agan bisa keseleo. klo kereta ngerem, ikuti arus ke depan, klo kereta ngegas ikut arus ke belakang dan terakhir berdoa agar agan selamat sampai stasiun tujuan
5. bikin grup, cari relasi, prospek dll
Spoiler for ngobrol:
tipikal orang indonesia gan dimana pun kapan pun kondisi bagaimana pun yang penting adalah silaturahmi, memperluas jaringan pertemanan. biasanya karena setiap hari ketemu, anak-anak kereta jadi akrab bahkan bisa bikin arisan, jual beli atau berbisnis. bahkan tidak jarang yang dapat jodoh di kereta
di jejaring sosial pun bisa ditemui komunitas-komunitas anak-anak kereta, beberapa bahkan menjadi besar dan menjadi partner PT KAI
diantaranya:
1. @krlmania
2.@jalurbekasi
3. @Jalurserpong
4.@jalurTangerang
... dan banyak lagi
komunitas ini biasanya berbagi info perjalanan kereta, keluh kesah, kejadian-kejadian unik dan hal-hal lain yang terjadi selama perjalanan. bahkan sering kopdar juga loh
sekali-kali cobain gan,
ane udah pernah "menggelandang" ama anak ane berdua ke bogor dari bekasi mampir di Manggarai numpang Makan di KaePsiH
ibunya kuliah di sekitar st. tj. Barat, jadi ane nobar (nongkrong Bareng) ma anak ane bedua di stasiun Bogor nunggu Mak-nya selesai kuliah
ketemu ma bocah seumuran (2-5 tahun) di gerbong, rame gan.....
ke monas sama kota tua juga rame di jam 9.00-11.00 pulang 16.00-18.00
oke gan tambahin ke Pejwan.....
BARBUK Ada di HapS E N S O R...!!
demikian gan trit ane yang sederhana ini. semoga bermanfaat buat agan-agan yang setiap hari naik kereta atau baru mau mencoba kereta KRL di Jabodetabek