Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rupawaAvatar border
TS
rupawa
3 langkah membuat desain tipografi
Jaman sekarang siapa yang ga suka sama produk distro? Berbagai label dan brand distro menjamur di kota-kota besar di Indonesia. Ga perlu lagi mempertanyakan kualitasnya karena mayoritas distro sangat peduli dengan kualitas produknya, termasuk desain yang menempel di produk tersebut. Salah satunya core product distro adalah kaos, komoditas yang paling dicari oleh kebanyakan anak muda. Kontesn desain yang ditampilkan juga tergantung dengan tema distronya sendiri, mulai dari skate, metal, surfing, otomotif, olahraga, casual dan masih banyak lagi.

Satu yang pasti ada, desain tipografi! Susunan huruf atau kata yang dikreasikan sedemikian rupa dengan berbagai warna sehingga terlihat menarik. Tipografi sendiri adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Dalam artikel kali ini, kita akan mengupas tentang bagaimana mendesain kaos distro bergaya tipografi. Membuat desain bergaya tipografi termasuk dalam katagori simple. Kita hanya membutuhkan kreativitas untuk mentrasfer kata-kata atau huruf-huruf yang menarik ke dalam media kaos.

Langkah 1 : Merangkai Kata
Umunya tipografi berwujud kata-kata yang disusun sedemikian rupa hingga memunculkan kesan menarik. Tentukan rangkaian kata yang akan dibuat, kemudian susun kata-kata tersebut, kita coba dengan kalimat seni tanpa batas.

Langkah 2 : Pemilihan Jenis Huruf / Font
Selanjutnya, tentukan jenis font sesuai style yang kita inginkan, misal gaya vintage, gotik, grafiti atau gaya lainnya. Untuk mendapatkan font yang sesuai keinginan bisa dicari di website yang menyediakan font secara gratis ataupun berbayar, seperti: fontsquirrel.com, fontspace.com, dafont.com dan lain-lain.

Langkah 3 : Dekorasi Pendukung
Tambahkan garis, ornamen, pita atau efek yang dapat menambah kesan menarik. Umumnya pewarnaan desain tipografi tidak terlalu ‘colorful’ dan hanya menggunakan satu warna saja. Karena penggunaan warna berlebihan dapat membuat desain menjadi terlalu ramai dan kurang menarik. Setelah didandanin, kira-kira seperti ini hasil tipografi seni tanpa batas dengan tema vintage.
Spoiler for seni tanpa batas:

Jadi seperti apa karya tipografi buatanmu? Ga susah kan? Cukup dengan 3 langkah saja sudah bisa jual kaos dengan desain keren di Rupawa. Kalau masih bingung, kamu bisa cari inspirasi kata-kata atau bentuk desain seperti beberapa berikut.
Spoiler for Don't Let Your Dreams Just Be Dreams karya dilectum:

Spoiler for Let's Get the Shit Done karya rahatopia:

Spoiler for Fake Mantan karya mungilnesia:

Spoiler for Forever Alone Pleasure karya mungilnesia:

Spoiler for The Chosen One karya thestralpotion:

Spoiler for INDONESIA karya sandisuardi:

Spoiler for Extinction Sucks karya orangpalsu:

Spoiler for Indonesia The Tropical Paradise karya bacoij:

Dan masih banyak lagi gaya dan bentuk desain tipografi yang cocok buat desain kaos. Kamu bisa riset sendiri di google ya! Yang pasti desain tipografi itu ga cuma sekedar merangkai kata-kata indah saja, tapi juga mendesain kata-kata tersebut dengan kreatifitas hingga lebih indah dan menarik.

Quote:
0
12.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan