Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

breynaldoAvatar border
TS
breynaldo
Tips Simpel Memulai Usaha (How to start your own business) !!
Sebelumnya ane pastikan thread ini tidak mungkin repost, karena ini berupa opini dan pengalaman pribadi ane, dan yang perlu diingat, thread ini hanya sebagian kecil tips untuk memulai ACTION dan START a BUSINESS, ane gak akan bilang bisnis agan akan sukses besar atau agan akan jadi kaya raya dengan tips-tips ini, dan satu hal lagi tips ini dibuat sesimpel mungkin dengan tujuan agan TERGERAK untuk segera MEMULAI/ACTION karena menurut ane itulah esensi terpenting dari sebuah bisnis.



Mengapa saya berbisnis?
Untuk apakah agan berbisnis? Faktor why inilah yang paling penting karena inti dari sebuah bisnis dimulai dari WHY, sepintar apapun seseorang jika tidak ada alasan yang kuat untuk melakukan sesuatu maka tidak akan bisa berkembang sampai kapanpun. Seseorang jika hanya diberi HOW-to tanpa WHY yang kuat maka tidak akan tergerak sedangkan mereka yang WHY nya kuat akan dengan sendirinya mencari tahu apa yang harus dia lakukan (How-to).

Ikuti Passion agan?
Buat ane passion berbeda dengan berbisnis (kecuali passion agan berbisnis), hampir tidak ada yang peduli dengan passion agan, dan konsumen tidak butuh passion anda, mereka butuh value/solusi/benefit/knowledge/etc.
Katakan agan passion dalam bermain futsal, selalu update tentang dunia sepak bola, dll sampai merasuk ke darah daging sampai-sampai berteman dengan bola emoticon-Bingung (S), lalu membuka sebuah usaha sewa lapangan futsal, apakah ini follow your passion?
Tidak sama sekali.. Mengelola lapangan futsal, mengatur karyawan, marketing, dan memanage cashflow adalah hal yang benar-benar berbeda dengan bermain futsal..
Bisnis dan Passion adalah hal yang sangat berbeda dan tidak semua pebisnis paham dengan hal ini. (carilah bisnis yang memang benar-benar agan suka untuk melakukakan/menjalankannya bukan karena passion atau hobbi dengan aktivitas tertentu)..
Contoh simpelnya tidak semua orang yang suka bermain game (passsion dengan game) cocok untuk berbisnis menjadi Developer game, atau Programmer Game, mungkin saja mereka lebih cocok menjadi Gamer Profesional.. Bermain game akan sangat jauh berbeda dengan coding, marketing, development, dsb.. Intinya sebelum berbisnis ketahuilah dengan jelas apa "AKTIVITAS" yang perlu dilakukan dalam bisnis tersebut.


Sebelum kita masuk ke tips, mari instropeksi diri sedikit mengapa agan harus memulai usaha sekarang..

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Bukan berarti semua orang harus memulai bisnis di usia muda.. Ini hanya berlaku jika agan memang ingin benar2 berbisnis atau menjadi pebisnis, beda jika tujuan agan adalah berkarir menjadi profesional...

Oke sekarang mari masuk ke tips-tips bagaimana untuk memulai usaha sedini mungkin. Dari mana saya harus memulai??

Quote:


Quote:


Quote:



Singkatnya kesimpulan dari tips-tips yang telah dijabarkan adalah:
- Tanyalah kepada diri agan apa alasan kuat agan ingin berbisnis.. (jangan memaksakan kehendak jika memang agan tidak ingin berbisnis atau sekedar mencari uang)
- Tetapkan suatu tujuan yang ingin dikejar (nantinya memang bisa berubah-ubah tapi harus agan miliki), tanpa tujuan mau kemana maka agan tidak akan tahu harus melangkah kemana, jika sudah memiliki tujuan janganlah takut memulai, tersesatlah, biarkan diri anda keluar jalur (toh sejak awal jalurnya juga tidak pernah ada), melangkahlah walaupun belum memiliki rencana/pengetahuan/ilmu/skill yang jelas, pada perjalanan inilah nantinya agan akan belajar menyusun rencana, membangun skill/networking, belajar lebih banyak ilmu dan lebih yakin jalur mana yang harus agan tempuh.
- Action now, terakhir yang paling penting segeralah mengambil tindakan dan langkah pertama, semakin dini maka akan semakin bagus, mulailah dan buat kesalahan lalu belajar dari kesalahan tersebut, gagalah dan bangkit kembali dengan semangat yang baru, ingat "You are born to make mistake, not fake perfection" lebih baik melakukan kesalahan yang baru daripada membuktikan keberhasilan yang sudah dilakukan semua orang.


Itulah sedikit tips dan motivasi supaya agan segera "tergerak" untuk memulai bisnis agan, disini ane tidak menjanjikan sebuah kesuksesan atau mengumbar impian dan khayalan, atau menjanjikan agan akan sukses dengan memulai sedini mungkin, tetapi menekankan akan pentingnya MEMULAI dan ACTION karena semua hal besar yang ingin dicapai dimulai dengan satu langkah kecil (first step) yaitu MEMULAI...

Stay Hungry stay foolish, teruslah belajar, tidak semua ilmu/pengetahuan/seminar/workshop/mentor membimbing agan kepada kesuksesan, ingat seorang expert juga bisa memberikan nasihat yang salah, tidak semua pengalaman orang cocok dengan hidup anda, termasuk ane, semoga thread ini bisa menginspirasi agan2 semua yang ingin berbisnis untuk segera memulai dan sukses..

Rasanya kurang afdol thread motivasi seperti ini tidak dibumbui dengan quotes dan cerita yang inspiratif.. Karena itu ane akan share sedikit cerita pendek yang bisa menginspirasi agan untuk segera memulai:

Quote:


Terkadang hal tersebut diperlukan dalam berbisnis (unsur kepepet). Kita perlu langsung nyebur (segera memulai). Saat kita masuk ke sungai penuh buaya itu kita harus maju terus (terus melangkah). Harus survive dan hadapi buayanya (kompetitor). Terjun aja langsung dan fleksibel aja (harus pandai2 mencari kesempatan dan terus belajar). Pada akhirnya pasti kita bisa survive. Kalo dipikirin terus ya nggak mungkin maju/terjun (memulai bisnis).

Terakhir untuk menutup thread ini ane mengutip quotes dari Tony Gaskin:
"If you don’t build your dream, someone will hire you to help build theirs."

Sekian thread dari ane, semoga menginspirasi emoticon-I Love Indonesia (S)
Terima kasih emoticon-Smilie

Ane sarankan untuk melihat kisah yang sudah cukup populer dan menginspirasi yaitu:
[URL="https://S E N S O Reverything-about-startups-and-entrepreneurship/how-quitting-my-corporate-job-for-my-startup-dream-f-cked-my-life-up-3b6b3e29b318"]Bagaimana kacaunya hidup saya setelah keluar dari perusahaan bergengsi dan memilih mendirikan startup[/URL] - Versi Inggris
Bagaimana kacaunya hidup saya setelah keluar dari perusahaan bergengsi dan memilih mendirikan startup - Versi Indonesia

Kunjungi juga thread ane yang lain:
Quote:


Visit my website:
http://nebulacomputer.com- Toko Online Aksesoris Komputer dan Gadget

emoticon-Shakehand2
Diubah oleh breynaldo 01-06-2015 17:27
crashtr
crashtr memberi reputasi
1
10.8K
74
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan