CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gan, yang jago matematika masuk gan, soal sederhana ini ane ribut sama bini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5506dc1696bde6e7508b4567/gan-yang-jago-matematika-masuk-gan-soal-sederhana-ini-ane-ribut-sama-bini

Gan, yang jago matematika masuk gan, soal sederhana ini ane ribut sama bini

Tampilkan isi Thread
Halaman 86 dari 141
Ini mau ngomongin pertanyaan ini 369 - 89 x 132, Apa mau ngomong aplikasi dalam sehari2 gan?
Kalo setahu ane di TK dl ya kalo dalam soal seperti itu, didahulukan perkalian/pembagian dulu, kecuali penambahan/pengurangan nya didalam tanda kurung maka didahulukan.
Imo
(369 - 89) x 132 = ts bener
369 - 89 x 132 = bini ts bener
Gan, yang jago matematika masuk gan, soal sederhana ini ane ribut sama bini

Gan, yang jago matematika masuk gan, soal sederhana ini ane ribut sama biniini namanya kalkulator canggih gan, yang ente pada pake itu jadul gan, cuma bisa 1 operasi, jadi jawabannya ngawur. di dalam matematika itu ada hukumnya gan. perkalian-pembagian-pertambahan lalu pengurangan. so, jangan salah lagi gan. untuk rumus yang ts buat seharusnya (500rb-300rb)x30hari. so, ts ini nilai mtk-nya emang ngawur.
Diubah oleh logicismine
Quote:


busett profesor neufario emang hebat dh emoticon-Ngakak
mending ributnya dilanjutin di tempat tidur aja gan
Post ini ditandai sebagai spam
Terima takdir aja gan...
Perempuan selalu benar.
maaf gan. jangan menyesatkan tolong. dimana2 kali bagi dulu baru tambah kurang. beda persoalannya kalo di kehidupan nyata.

jangan gitu lah , masih banyak kaskuser yang masih sekolah. bukannya di ajarin malah di sesatin. matematika itu ilmu pasti gan.
klo mau langsung tulis makenya kalkulator fisika gan klo ada soal campuran, jgn kalkulator standar emoticon-Malu (S)
Wah agan agan sebelumnya maap nih kalo udah telat buat jawab. Mungkin banyak ahli matematika di sini tapi kurang clear dalam menjelaskan masalah ini (ane newbie cm mau nyoba jelasin lagi)

Jadi memang ada suatu hukum tak tertulis di matematika (unwritten rule) di mana bila ada tanda pengalian/pembagian dalam satu operasi bersamaan dengan tanda penjumlahan/pengurangan maka yg didahulukan ada penjumlahan atau pembagiannya

Oleh karena itu apabila kita mau mendahulukan penjumlahan/pengurangan, digunakan tanda dalam kurung (). Agan2 ga pernah liat kan di soal ada pengalian/pembagian yg dikurung?

Contoh 3+2x5=13.
Kalo (3+2)x5=25.
Kenapa perkalian tidak dikurung? Karena sudah ada unwritten rule nya. Perkalian/pembagian akan ditulis di dalam kurung hanya untuk memudahkan penafsiran.

Misalnya (5x3)-(2x3)=9. Kalo ga dikurung biasanya kita jd susah menafsirkan dan di otak kita proses penghitungan kita jd ga tersttuktur kalo liat 5x3-2x3=.... Kan jd agak bingung gan walaupun dengan ga dikurung pun harusnya yg dikerjain adalah perkalian dulu

Untuk masalah gaji 500rb itu cara penghitungannya sudah dijabarkan. Di mana 500.000 - 300.000 x 30 = -8.500.000 adalah salah apabila ingin diterapkan dalam kejadian nyata di mana agan memberikan 300.000 kepada istri dari jumlah 500.000 yang diterima. Proses penghitungan yang bener itu
(500.000x30)-(300.000x30)=6.000.000

kalo ditulis dengan sederhana jadinya (500.000-300.000)x30=6.000.000

Kenapa hukum ini berlaku? Karena memudahkan apabila ada pangkat. Kalo ikut teorinya agan m.moderator misal ada operasi perpangkatan jadi rancu.
Kita mau nulis (4+2)kuadrat=36. Kalo ditulis 4+2kuadrat jadinya = 8 dong karena ga ada kurungnya dan ga mungkin yg diduluin penjumlahannya karena ada pangkat.


Sekian emoticon-Big Grin
Quote:


Yaelah kayak negara aja pake hukum, ntu kalkulator canggih ya gan ?? emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Otak loe mesum gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Kok menyesatkan sie gan ?? Justru ane meluruskan, kalo rumus matematika itu salah besar kalo di implementasikan ke kehidupan sehari hari emoticon-Mad
Quote:


Hukum tak terlulis = sesat gan,
Toh mau ngitung mau model kek gimane kalo 500.000 - 300.000 x 30 = 6.000.000
Ane setuju tapi kalo - 8.500.000 ane gak setuju.
Quote:


Hukum tak terlulis = sesat gan,
Toh mau ngitung mau model kek gimane kalo 500.000 - 300.000 x 30 = 6.000.000
Ane setuju tapi kalo - 8.500.000 ane gak setuju.

Edit : dopost emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh m.moderator
Bini ente yg bener gan. Duh nih yg ngebenerin TS kayanya sama2 ga lulus SD hehehe piss
Quote:


Jenius kuadrat emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Jawab nie gan :
500.000 - 300.000 x 30 = ???

Atau

5 - 3 x 3 = ??
emoticon-Ngakak itu rumus itung2an dapur kali gan bini ente emoticon-Ngakak
Quote:


Ok jawab nie gan, dahulukan perkalian :

500.000 - 300.000 x 30 = ???
Diubah oleh m.moderator
Agan TS ngeyel nih. Pindah trit.. menyesatkan. Agan mending konfirm ke guru matematika agan dari SD, SMP, SMA kuliah S1,S2,S3 benernya yg mana.. jgn sampe salah tp ngeyel. Nanti klo ada anak sekolaan yg baca trit ini malah mikirnya ikut2an salah..
Halaman 86 dari 141


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di