autisboyAvatar border
TS
autisboy
[INFO] Mengapa Orang Indonesia Berkendara di Lajur Kiri?
Mengapa kita (orang Indonesia) berkendara di lajur kiri jalan? Sebelum ane jawab, perlu agan-agan ketahui bahwa di dunia terdapat dua aturan/standar dalam berkendara yaitu left-driving countries dan right-driving countries.

Perhatikan, jangan sampai kebolak-balik !
Left-driving countries adalah negara yang warga negaranya menggunakan lajur kiri jalan untuk berkendara, sehingga posisi setir/kemudi pada mobil ada disebelah kanan.Contoh paling gampang adalah yang berlaku di Indonesia. Negara lainnya yang menganut sistem yang sama adalah UK, Jepang, Australia, India, Singapura,Malaysia dll.
Spoiler for left-driving sign:

Spoiler for setir di kanan:

Sebaliknya, right-driving countriesadalah negara yang warga negaranya menggunakan lajur kanan jalan untuk berkendara, sehingga posisi setir/kemudi pada mobil ada disebelah kiri.Contoh : USA, mayoritas negara Eropa (kecuali UK), Cina,dll
Spoiler for right-driving sign:

Spoiler for setir dikiri:


Dan ternyata gan...Indonesia tergolong minoritas di dunia dalam menggunakan lajur kiri jalan alias left-driving country. Dari data yang ada, hanya 75negara (termasuk Indonesia) yang menganut left-driving, sedangkan yang menganut right-driving ada 165 negara. Berikut peta sebaran left vs right driving countries di dunia saat ini :
Spoiler for peta sebaran:


Begitu juga jika dilihat dari statistik populasi penduduk, maka 34%penduduk dunia berasal dari left-driving countries, sedangkan 66% sisanya berasal dari right-driving countries.

Mengapa Indonesia menjadi left-driving countries?Tidak ada sejarah yang jelas mengenai hal tersebut. Namun demikian TS mencoba menganalisisnya sebagai berikut :
Ada 2 faktor yang kemungkinan berpengaruh besar terhadap gaya berkendara orang Indonesia, yaitu :
1. Mayoritas mobil yang ada di pasaran Indonesia adalah buatan Jepang yang notabene left-driving country...Mobil Eropa kurang laku gan di Indonesia..emoticon-Peace
2.Posisi Indonesia "terjepit" oleh negara-negara commonwealth (persemakmuran) seperti Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Malaysia yang jelas-jelas berkiblat pada UK yang menganut left-driving countries. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap kebiasaan masyarakat dan politik dagang negara kita...

Spoiler for update:


Spoiler for tambahan dari kaskuser:


Sekian informasi dari TS...kalo berkenan dan menambah wawasan jangan lupa emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)....jangan yang satu ini...emoticon-Blue Guy Bata (L)

==Manfaatkan Kaskus Sebagai Sarana Menambah Pengetahuan==emoticon-I Love Kaskus
0
34.7K
2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan