(FiX) Kepala Bappenas : Jokowi TIDAK AKAN Lanjutkan Proyek Jembatan Selat Sunda !!!!
TS
ajgmj.asli
(FiX) Kepala Bappenas : Jokowi TIDAK AKAN Lanjutkan Proyek Jembatan Selat Sunda !!!!
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Andrinof Chaniago menyiratkan megaproyek Jembatan Selat Sunda (JSS) tidak akan dilanjutkan pada masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Meski begitu, dia yakin JSS masih bisa dibangun 10 atau 15 tahun nanti.
Andrinof menjelaskan, Presiden Joko Widodo tidak akan melanjutkan proyek yang masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) itu disebabkan sejumlah pertimbangan, seperti memperlebar ketimpangan serta menghilangkan identitas Indonesia sebagai negara maritim.
"Selat Sunda itu jalur penyeberangan terpadat. Kalau dimatikan dan tidak ditingkatkan kinerjanya, itu akan menghilangkan identitas sebagai negara maritim. Sebaiknya dibenahi terminal penumpangnya, koridornya, kapalnya lebih manusiawi, dermaganya kalau kurang ditambah. Itu lebih penting. Kalau itu sudah jalan, 10 tahun, 15 tahun kemudian, silakan bikin JSS," kata dia kepada wartawan di Kantor Bappenas, Jumat (31/10/2014) petang.
Andrinof juga yakin pemerintahan Jokowi-JK lebih berpikir untuk meluruskan arah pembangunan. Ini berkaitan dengan keyakinan bahwa megaproyek JSS justru paradoks dengan semangat pemerataan, sama seperti semangat pemerintah sebelumnya yang mewujudkan program MP3EI.
"Arah pembangunan kita luruskan. Kita membangun untuk manusia dan masyarakat. Dengan itu, saya yakin JSS bukan pilihan, setidak-tidaknya untuk 10 tahun, 15 tahun ke depan," tandas Andrinof.
Terlepas dari hal tersebut, Andrinof menengarai penyebab penyeberangan Selat Sunda sering macet adalah kapal-kapal yang digunakan sudah berusia tua. Selain itu, dermaga yang tersedia hanya sedikit.
"Taruh saja penyertaan modal negara di ASDP untuk beli kapal baru, baru kapal swasta ikut tambah banyak, biar lancar. Tapi, masalah dan solusi yang lebih rendah biayanya ini disembunyikan," ujar dia.
Original Posted By sukirwan►saya tidak setuju, sekarang hitung aja angka kerugian karena gagalnya transportasi laut di selat sunda?
investor kapal pengangkut bisa di arahkan ke hal laennya. langkah ini malah mematikan visi maritim kita, maritim yg kuat harus di tunjang dari darat yg tersinergi. jangan hanya mengadopsi kemauan segelintir investor
kagak tahu gan? jembatan suramadu aja gagal ningkatin taraf ekonomi madura. aneh bener kalau masih mau ngotot banguñ ñih jembatan
Quote:
Original Posted By rizqiabah►
Lah itu pembangunan bukan dari pemerintah duitnya..kalo jjs dibangun cuma untuk menompang jakarta aja itu jelas salah, tapi kan ini menompang 2 pulau yang belum semua kotanya juga dah mapan..
Justru kalo pembangunan grand swall dipantai utara jakarta itu baru boleh di tentang
Quote:
Original Posted By rizqiabah►Buset parah betul inimah.. Bukannya nanti di JJS bakal di bangun jalur kereta barang yang mempercepat mobilitas pengiriman barang dan lebih murah.. Distribusi barang bisa terhadap bermiggu-minggu gara2 macet di merak kan..
Maaf dab. Proyek JSS itu bernilai sekitar 200 T dan proyek cukong itu lah. You know lah siapa
Jika JSS ter-realisasi. Maka bisa dipastikan kemajuan hanya akan di dapat sebagian Pulau Sumatra dan Jawa. Namun, kalau dana sekitar 50T saja di optimalkan untuk pembangunan dermaga dan penambahan kapal, arus barang tidak hanya akan menghubungkan Jawa dan Sumatra saja, namun juga Sumatra - Kalimantan.
Biar tidak Jawa saja yang berkecukupan, tapi Kalimantan juga dong. It's a possitive think.
Kalau JSS dilanjut, cuma bisa jadi proyekannya cukong-cukong developer saja. [Saya bukan nastak atau nasbung]
Quote:
Original Posted By tgl.12.12.12►gw pernah komen Jss itu mending jangan dibangun, dulu orba mau bikin jss tapi di batalin karena kondisi tanahnya kurang stabil untuk dibangun.
lom lagi ada gunung krakatau disana dan ada patahan bumi juga, inget dulu ujung kulon gempa, efeknya di jakarta retak-retak gedungnya, padahal skala 6.
jadi ga heran kalo era orba ini proyek dibatalin, tapi era sby mau dibangun dan pendukungnya banyak lg
Yoi yang nolak pasti belum pernah naek kapal fery dr merak bakauheni. ngga tau bututnya dah itu kapal bekas semua, belum lagi antri dan lamanya itu kapal jalan kayak siput.
Ane kecewa banget deh. Tunggu 10-15 tahun lagi. Yah bangunnya aja bisa 10 tahunan. Sok-sok an maritim ya udah ngga ada bangun bandara yg bagus2 lg kayak jaman sby ya, duitnya mending buat dibagi2in aja lewat kartu2 buat wong cilik ya. Btw giant sea wall jalan terus nih...
Quote:
Original Posted By burmencia►Memang perlu diremajakan itu kapal2nya..
Gimana mau cepet, kalau yang dipake kapal2 tua..
Soal jembatan okelah kalau diundur..
maksudnya gini gan, untuk melaksakan pembangunan jembatan itu, kondisi infrastruktur yang lainnya juga harus mendukung, tuh proyek ga akan jalan kalo infrastruktur pendukungnya ga ready.
Apa saja infrastruktur pendukungnya? yang jelas jalan menuju lokasi proyek tentunya harus mendukung.
Nah berhubung tuh proyek nantinya 90% berada di lautan, maka otomatis pelaksanaanya akan menggunakan sarana pengangkutan lewat jalur laut. Salah satu infrastruktur untuk pengangkutan jalur laut ya balik lagi ke pelabuhan/dermaga kapal gan. Kalopun misalnya pelabuhan pengangkutan material tuh proyek nantinya di pisah dari pelabuhan penumpang merak-bakaheuni. maka tetap aja artinya membangun pelabuhan baru hanya khusus untuk proyek tersebut.
untuk pembangunan pelabuhan baru butuh pembangunan jalan baru untuk akses ke pelabuhan itu, Nah betapa kompleksnya permasalahan yang akan timbul akibat dari pelaksanaan proyek ini nantinya, sementara infrastruktur yang ada sekarang aja masih belum memadai.
Riset perencanaan pembangunan JSS ini bukan hal yang baru gan, sudah di mulai sejak 20 tahun yang lalu, ane wkt masih kuliah tahun 97 aja design jembatannya sudah jadi, mengapa tidak di laksanakan juga sudah hampir 20 tahun, ya balik lagi ke prasarana dan infrastruktur pendukung pelaksanaan proyek tadi memang ternyata belum mendukung sampai sekarang ini.
Kenapa ga bisa mendukung juga padahal sudah hampir 20 tahun berlalu? ya tanyakan pemerintahan yang selama 20 tahun terakhir ini kenapa sudah begitu lama ga bisa juga menyelesaikan infrastruktur pendukungnya.
Quote:
Original Posted By CalonPresiden►Dari yang ane baca, GGS eh JSS ga akan dibangun selama Pakde menjabat. Pak Andrinof menjelaskan bisa dibangun 10 atau 15 tahun lagi, jadi kalau pakde 2 periode juga kaga dibangun nih jembatan...
Menurut ane, lebih karena, daerah tersebut rawan bencana, kalau tiba2 terjadi sesuatu pada krakatau atau terjadi patahan lempeng, apakah yakin jembatan ini aman? Atau jangan2 nanti malah makan korban jiwa yang sangat banyak.
Terus kalau jembatan ini putus, pihak swasta yang bangun ya cuek aja, kagak bakal bangun lagi, setidaknya doi udah bisa raup untung dari jualan tanah di sekitar jembatan untuk perumahan2 cluster2 yang elit maupun yang setengah elit... Di samping itu, juga udah dapat pendapatan dari biaya untuk lewat jembatan, jangan dibayangin lewat jembatannya gratis, itu bayar juga...
Jadi kalau ni jembatan rubuh, si investor mah kaga rugi, yang rugi pemerintah, kenapa :
Adanya jembatan menganaktirikan ferry penyebrangan, jadi tidak ada peremajaan ferry dan penambahan dermaga. Nah pemerintah mau ga mau harus lakukan peremajaan ferry dan penambahan dermaga lagi deh kalau nie jembatan rusak atau kenapa2, so rugi kan? Mending dari sekarang aja dibangun dermaga lebih banyak di sekitar bakauheni atau Merak, dan mulai diremajakan kapal2 Roro yg tua2 itu...
Diubah oleh ajgmj.asli 02-11-2014 16:39
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
19.8K
Kutip
243
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru