Quote:
Original Posted By ndanyon4►MEmang susah gan belajar matematika gan, pusing juga, sumpah, ni pelajaran SD terlalu berat kalau sampai situ
Gurunya perlu menjelaskan kepada ortu tentang materi yang diberikan kepada siswa.
Mungkin saat itu materinya belum sampai komutatif dimana
3x4 ==> 4 x 3.
Jadi gurunya ingin memperkenalkan dulu perkalian sebagai penjumlahan berulang.
3 x 4 hasilnya memang sama dengan 4 x 3, tetapi proses perolehannya berbeda.
Gurunya saja yg perlu menjelaskan tujuan mengajarkan hal tsb.

Foto Setiawan Agung Wibowo.

Quote:
Original Posted By ndanyon4►Ak jelasin semampu ane gan, Secara Konsep gurunya yang benar karena walaupun dalam perkalian berlaku sifat komutatif akan tetapi 6 x 4 tidak sama artinya dengan 4 x 6, walaupun keduanya hasilnya sama akan tetapi yang dipentingkan oleh gurunya adalah konsep dari perkalian itu sendiri,, klo misal kita menyebut 3y yang artinya 3 x y maka yang ada dalam benak kita adalah ada y sebanyak 3 sehingga bisa diartikan 3 x y = y + y + y bukan 3 + 3 + 3 + ... sebanyak y,, sehingga apabila kita mengatakan 4 x 6 maka 6 + 6 + 6 + 6 akan berbeda dengan 6 x 4 yang artinya adalah 4 + 4 + 4 + 4 + 4 +4, Gurunya mementingkan pengertian dari perkalian itu sendiri bukan dari hasil akhir,, tapi memang yang jadi koreksi disini sang Guru kurang bijak dalam mengapresiasi pekerjaan murid, seharusnya tidak hanya disalahkan saja tanpa ada penghargaan,, tetapi gurunya termasuk guru yang pintar karena masih bisa membadakan pengertian antara 4 x 6 dengan 6 x 4 yang bagi sebagian orang hanya masalah sepele cuma posisi depan dan belakang tetapi dalam matematika hal itu berbeda artinya,, semoga kita semua terhindar dari saling berprasangka buruk.. aamiin
Quote:
Original Posted By dixen12►
biasa karena msh kecil mreka msh pake nalar gan jadi maklum kalau tidak sesuai dengan yg di inginkan oleh gurunya
Selengkapnya udah di jelasin di thread [url]inihttp://www.kaskus.co.id/thread/5420d74d0e8b46956400000e[/url]