- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan


TS
thebacon
[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/06/6788355_20140806092345.png)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/06/6788355_20140806092431.png)
Quote:
Terima kasih momod , mimin, teman-teman KTMA dan para kaskuser yang setia meramaikan thread ane yang HT-ke 7
Quote:
TERIMAKASIH WALAU SEKEDAR ABU
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824071415.png)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824071415.png)
KLIK CEK NO REPOST
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/06/6788355_20140806092453.png)
Quote:
Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan N219
Quote:
Quote:
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/n219-model-header.jpg?w=640)
Quote:
Profil N-219
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/0/02/Skema.jpg/300px-Skema.jpg)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/0/02/Skema.jpg/300px-Skema.jpg)
Quote:
N-219 adalah pesawat multi fungsi bermesin dua yang dirancang oleh Dirgantara Indonesia (D.I.) dengan tujuan untuk dioperasikan di daerah-daerah terpencil. Pesawat ini terbuat dari logam dan dirancang untuk mengangkut penumpang maupun kargo.
Pesawat yang dibuat dengan memenuhi persyaratan FAR 23 ini dirancang memiliki volume kabin terbesar di kelasnya dan pintu fleksibel yang memastikan bahwa pesawat ini bisa dipakai untuk mengangkut penumpang dan juga kargo.
Sebelum memasuki serial production, PT DI terlebih dahulu akan membuat dua unit purwarupa untuk Uji terbang serta satu unit purwarupa untuk tes statis pada tahun 2012.
Program pembuatan purwarupa sendiri direncanakan memakan waktu selama dua tahun dengan pengalokasian dana yang dibutuhkan sebesar Rp300 miliar.
N-219 akan melakukan uji terbang di laboratorium uji terowongan angin pada bulan Maret 2010.
Pesawat N219 baru akan bisa diserahkan kepada pemesan pertamanya untuk diterbangkan sekitar 2014-2015.
N-219 ini merupakan pengembangan dari NC-212 yang sudah diproduksi oleh PT DI dibawah lisensi CASA.
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824025954.gif)
Quote:
Fitur Utama
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/bc3a1-cutawayn2192528custom2529.jpg?w=600&h=389)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/bc3a1-cutawayn2192528custom2529.jpg?w=600&h=389)
- Fungsi: angkut penumpang dan kargo (Multi fungsi, dapat dikonfigurasi ulang)
- Kapasitas: 19 Penumpang (konfigurasi tiga sejajar)
- Kinerja lepas landas dan mendarat: jarak pendek/STOL (600 m)]
- Biaya operasional: rendah
- Mesin: 2 x 850 shp
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824025954.gif)
Quote:
Kinerja
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/1c821-n219a.jpg?w=622&h=830)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/1c821-n219a.jpg?w=622&h=830)
- Kecepatan jelajah maksimum: 395 km / jam (213 KTS)
- Kecepatan jelajah ekonomis: 352 km / jam (190 KTS)
- Rata rata feri Maksimum: 1580 Nm
- jarak lepas landas (halangan 35 kaki): 465 m, ISA, SL
- jarak mendarat (halangan 50 kaki): 510 m, ISA, SL
- Kecepatan jatuh (stall): 73 KTS
- Berat lepas landas maksimum (MTOW): 7270 kg (16,000 lbs)
- Muatan Maksimum: 2500 kg (5511 lb)
- Tingkat panjat 2300 kaki / menit (semua mesin operasi)
- Jarak: 600 Nm
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824025954.gif)
Quote:
“Habis gelap, terbitlah terang”, mungkin ungkapan ini cocok untuk industri penerbangan di Indonesia. Sejak Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang ditutup paksa oleh IMF, maka jiwanya digantikan oleh PT Dirgantara Indonesia (DI), berusaha untuk bangkit kembali.
PT. Dirgantara Indonesia (nama bahasa Inggris: Indonesian Aerospace Inc.) adalah industri pesawat terbang yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara.
Perusahaan ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. DI didirikan pada 26 April 1976 dengan nama PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio dan BJ Habibie sebagai Presiden Direktur.
Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985. Setelah direstrukturisasi, IPTN kemudian berubah nama menjadi Dirgantara Indonesia pada 24 Agustus 2000.
IPTN telah menelurkan pesawat buatan Indonesia pertama yaitu pesawat N250 advanced turboprop, berteknologi fly by wire untuk 50-70 penumpang. Pesawat ini merupakan karya putra-putri Indonesia dengan Chief Designer Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, yang melaksanakan penerbangan perdananya pada tanggal 10 Agustus 1995 sebagai persembahan tahun emas Kemerdekaan Republik Indonesia.
Pesawat N250 ini telah pernah terbang hingga ke Paris Airshow, dan memiliki akumulasi jam terbang 800 jam, sebelum program pengembangan pesawat N250 dihentikan oleh Letter of Intent IMF pada masa krisis ekonomi Asia tahun 1997.
PT. Dirgantara Indonesia (nama bahasa Inggris: Indonesian Aerospace Inc.) adalah industri pesawat terbang yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara.
Perusahaan ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. DI didirikan pada 26 April 1976 dengan nama PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio dan BJ Habibie sebagai Presiden Direktur.
Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985. Setelah direstrukturisasi, IPTN kemudian berubah nama menjadi Dirgantara Indonesia pada 24 Agustus 2000.
Spoiler for N-250:
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/0/0d/N250.jpg)
IPTN telah menelurkan pesawat buatan Indonesia pertama yaitu pesawat N250 advanced turboprop, berteknologi fly by wire untuk 50-70 penumpang. Pesawat ini merupakan karya putra-putri Indonesia dengan Chief Designer Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, yang melaksanakan penerbangan perdananya pada tanggal 10 Agustus 1995 sebagai persembahan tahun emas Kemerdekaan Republik Indonesia.
Pesawat N250 ini telah pernah terbang hingga ke Paris Airshow, dan memiliki akumulasi jam terbang 800 jam, sebelum program pengembangan pesawat N250 dihentikan oleh Letter of Intent IMF pada masa krisis ekonomi Asia tahun 1997.
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824025954.gif)
Quote:
PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kini bangkit kembali, untuk membuat pesawat berbadan kecil dan dapat mengudara dalam jarak yang pendek. Hal ini difokuskan karena di Indonesia, ada 715 airport dan airfield, namun 72 persen runawaynya hanya memiliki panjang di bawah 800 meter. Sedangkan untuk penerbangan perintis terdapat 118 rute di 14 provinsi dengan 89 bandara.
BUMN strategis PTDI telah mengantongi 100 pesanan pesawat N219 yang rencananya akan diproduksi tahun depan untuk transportasi udara di dalam negeri.
Menperin MS Hidayat dan Menteri Perencanaan Pembangunan Negara (PPN) / Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, mengatakan sebagian besar pesanan berasal dari maskapai di dalam negeri dan pemerintah daerah.
Diakui Budi, pesanan tersebut masih berupa nota kesepahaman (MoU). “Biasanya MoU dulu, kalau sudah terbang baru ‘bikin’ kontrak,” ujarnya.
Pesawat N219 yang mampu mengangkut penumpang sebanyak 19 orang, memiliki potensi yang besar di Indonesia. Ia memperkirakan kebutuhannya bisa mencapai 100–150 unit pesawat kecil.
“Target (penjualan) kami minimum 100 pesawat, terutama untuk domestik dulu, baru kemudian ekspor ke negara tetangga,” kata Budi.
Ditambahkan VP Marketing PTDI Arie Wibowo, sampai saat ini pihaknya telah menandatangani 120 MoU yang terdiri dari 50 unit sudah pasti pesan dan 50 unit lagi masih potensi beli, serta 20 unit pesanan PT Merpati Nusantara yang kini sedang tidak beroperasi.
BUMN strategis PTDI telah mengantongi 100 pesanan pesawat N219 yang rencananya akan diproduksi tahun depan untuk transportasi udara di dalam negeri.
Spoiler for N-219:
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/dce34-n2193.jpg?w=263&h=174)
Menperin MS Hidayat dan Menteri Perencanaan Pembangunan Negara (PPN) / Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, mengatakan sebagian besar pesanan berasal dari maskapai di dalam negeri dan pemerintah daerah.
Diakui Budi, pesanan tersebut masih berupa nota kesepahaman (MoU). “Biasanya MoU dulu, kalau sudah terbang baru ‘bikin’ kontrak,” ujarnya.
Pesawat N219 yang mampu mengangkut penumpang sebanyak 19 orang, memiliki potensi yang besar di Indonesia. Ia memperkirakan kebutuhannya bisa mencapai 100–150 unit pesawat kecil.
“Target (penjualan) kami minimum 100 pesawat, terutama untuk domestik dulu, baru kemudian ekspor ke negara tetangga,” kata Budi.
Ditambahkan VP Marketing PTDI Arie Wibowo, sampai saat ini pihaknya telah menandatangani 120 MoU yang terdiri dari 50 unit sudah pasti pesan dan 50 unit lagi masih potensi beli, serta 20 unit pesanan PT Merpati Nusantara yang kini sedang tidak beroperasi.
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824025954.gif)
Quote:
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/img.antaranews.com/new/2014/03/ori/20140307kunjungan-ke-PTDI-2.jpg)
Menteri Perindustrian RI Mohamad S Hidayat bersama Menteri PPN/Kepala BAPPENAS RI Armida Alisjahbana mendengarkan penjelasan dari Direktur Teknologi dan Pengembangan PT. Dirgantara Indonesia Andi Alisjahbana mengenai pembuatan salah satu komponen pesawat di Hanggar Metal Forming Shop PT. Dirgantara Indonesia, Bandung, 7 Maret 2014. (kemenperin.go.id)
“Pesawat N219 ini sangat bersaing harganya dengan pesawat sejenis Twin Otter dan Cessna Caravan,” katanya. Harga N219, lanjut dia, hanya sekitar 4-5 juta dolar AS/unit, sementara Twin Otter dan Cessna Caravan bisa mencapai 6-7 juta dolar AS/unit.
Menurut Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Budi Darmadi mengungkapkan pesawat N219 sangat cocok dengan kondisi di Indonesia yang membutuhkan penerbangan jarang pendek dengan landasan kecil.
“Awalnya pesawat ini didesain untuk Papua yang alamnya banyak pegunungan, dan sulit ditembus transportasi darat,” katanya.
Pesawat tersebut, kata dia, hanya membutuhkan landasan pacu sekitar 500 meter, sehingga cocok untuk penerbangan perintis yang jarang tempuhnya paling lama dua jam.
Spoiler for Pembuatan:
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/03c85-n-219.jpg?w=617&h=414)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824025954.gif)
Quote:
Menristek: Indonesia Akan Produksi Pesawat N219, N245 dan N270
Quote:
CN-235NG-Jika N-219 model pesawatnya telah sering dipamerkan, maka pesawat N-245 diperkirakan sebagai CN-235NG sedangkan N-270 diperkirakan merupakan pengembangan dari pesawat N-250. Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, mengatakan, Indonesia akan memproduksi pesawat N219 pada 2014.
“Tahun 2012 lalu masih dalam tahap desain, kemudian 2013 dibuatkan prototype dan 2014 akan diproduksi,” ujar Menristek dalam lokakarya Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional di Jakarta.
Pesawat yang mempunyai kapasitas 19 penumpang tersebut, akan melayani wilayah pegunungan dan sulit dijangkau. Pesawat N219 adalah pesawat yang mempunyai dua baling-baling dan hanya membutuhkan landasan 500 meter.
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/n-219-n-245-n-270.jpg?w=619&h=441)
“Angkutan udara memang diperlukan karena cepat, sarana mempersatu bangsa, menjangkau daerah terpencil, dan juga menunjang sektor lain.”
Kemristek sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp310 miliar yang digunakan untuk pembuatan prototype. Untuk memproduksi pesawat tersebut melibatkan sejumlah lembaga seperti Lapan, PT DI, dan BPPT, katanya.
Sementara itu, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S Tejasukamana, mengatakan bahwa pada tahun 2013 akan diproduksi empat pesawat prototype yang digunakan untuk uji terbang dan uji struktur.
“Hampir 70 persen bandara di Indonesia mempunyai landasan di bawah 800 meter,” ujar Bambang. Pesawat N219 tersebut, lanjut dia, sudah dipesan oleh sejumlah maskapai penerbangan sebanyak 50 unit. Namun sebelum dijual, kata Bambang, pihaknya akan melakukan sertifikasi terhadap pesawat tersebut.
Bambang mengatakan, pesawat yang dibuat tersebut lebih murah dibandingkan pesawat sejenis yang diproduksi negara lain. Selain itu, pada tahun 2016 juga menargetkan akan memproduksi N245 dan pada 2017 memproduksi N270, katanya.
“Tahun 2012 lalu masih dalam tahap desain, kemudian 2013 dibuatkan prototype dan 2014 akan diproduksi,” ujar Menristek dalam lokakarya Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional di Jakarta.
Pesawat yang mempunyai kapasitas 19 penumpang tersebut, akan melayani wilayah pegunungan dan sulit dijangkau. Pesawat N219 adalah pesawat yang mempunyai dua baling-baling dan hanya membutuhkan landasan 500 meter.
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://dl.kaskus.id/indocropcircles.files.wordpress.com/2014/05/n-219-n-245-n-270.jpg?w=619&h=441)
“Angkutan udara memang diperlukan karena cepat, sarana mempersatu bangsa, menjangkau daerah terpencil, dan juga menunjang sektor lain.”
Kemristek sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp310 miliar yang digunakan untuk pembuatan prototype. Untuk memproduksi pesawat tersebut melibatkan sejumlah lembaga seperti Lapan, PT DI, dan BPPT, katanya.
Sementara itu, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S Tejasukamana, mengatakan bahwa pada tahun 2013 akan diproduksi empat pesawat prototype yang digunakan untuk uji terbang dan uji struktur.
“Hampir 70 persen bandara di Indonesia mempunyai landasan di bawah 800 meter,” ujar Bambang. Pesawat N219 tersebut, lanjut dia, sudah dipesan oleh sejumlah maskapai penerbangan sebanyak 50 unit. Namun sebelum dijual, kata Bambang, pihaknya akan melakukan sertifikasi terhadap pesawat tersebut.
Bambang mengatakan, pesawat yang dibuat tersebut lebih murah dibandingkan pesawat sejenis yang diproduksi negara lain. Selain itu, pada tahun 2016 juga menargetkan akan memproduksi N245 dan pada 2017 memproduksi N270, katanya.
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824025954.gif)
Quote:

![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/24/6788355_20140824025954.gif)
Quote:
KOMENTAR KASKUSER
Spoiler for KOMENG:
Quote:
Original Posted By uloemz►Selanjutnya pemerataan bandara di seluruh Indonesia gan. Mungkin selanjutnya ada penerbangan jarak pendek misal dari Pasuruan - Surabaya/Mojokerto/Jombang/Madiun dll. Semoga indonesia menjadi negara maju menyaingi singapura suatu saat nanti 

Quote:
Original Posted By charlies280590►
menurut ane pribadi, media2 di Indonesia cuma menampilkan hal2 yang pengen diliat rakyat. Kasus2 korupsi, perselingkuhan, video mesum, artis berantem jambak2an, kemben melorot, acara hipnotis kanan kiri, goyang pinggul kanan kiri depan belakang atas bawah, kemben melorot dan kawan2nya ternyata lebih bisa menarik antisipasi rakyat ketimbang berita2 positif dari Indonesia.
Giliran ada berita baik dari Indonesia, disambut sama:
1. Rasa pesimis.
2. Ketidakpercayaan sama pemerintah.
3. Ketidakpercayaan sama kemampuan bangsa sendiri.
4. Gengsi, kalo bukan produk luar negeri harga diri berasa terjun payung.
Ironisnya orang2 seperti itulah yang berkoar2 'Indonesia kapan majunya nih'.
Ane tiap kali bikin berita bagus dari Indonesia +- 50% komentarnya pasti negatif. Ane di sini bukannya memihak satu pihak manapun, tapi kalo ada orang yang berprestasi secara subjektif dan objektif kan sepatutnya diapresiasi, karena ane kalo berprestasi juga kepengen diapresiasi.
Kan IMF taun2 lalu udah dikasih fulus gan sama Indonesia.

Ngomong2 armada pesawat bombardier yang dipake sama anak perusahaan garuda gimana kabarnya tuh? Sayang nih, garuda Indonesia ternyata merugi, padahal ekspansinya masih jauh dari selesai. rencana pembukaan 2 rute penerbangan internasional ditunda dan 1 rute ditutup. Kalo rupiah gak melemah mungkin beda cerita kali yah.
Semoga menparenkraf juga bisa memanfaatkan momentum ini untuk menggenjot lebih banyak lagi jumlah wisman dan wisnus, dan juga bisa membakar gairah anak muda Indonesia untuk berwisata ke daerah2 terpencil yang masih jarang dijamah. Tapi plis deh, harga tiket penerbangan dalam negeri jangan sampe lebih mahal daripada jakarra - moskow
menurut ane pribadi, media2 di Indonesia cuma menampilkan hal2 yang pengen diliat rakyat. Kasus2 korupsi, perselingkuhan, video mesum, artis berantem jambak2an, kemben melorot, acara hipnotis kanan kiri, goyang pinggul kanan kiri depan belakang atas bawah, kemben melorot dan kawan2nya ternyata lebih bisa menarik antisipasi rakyat ketimbang berita2 positif dari Indonesia.
Giliran ada berita baik dari Indonesia, disambut sama:
1. Rasa pesimis.
2. Ketidakpercayaan sama pemerintah.
3. Ketidakpercayaan sama kemampuan bangsa sendiri.
4. Gengsi, kalo bukan produk luar negeri harga diri berasa terjun payung.
Ironisnya orang2 seperti itulah yang berkoar2 'Indonesia kapan majunya nih'.

Ane tiap kali bikin berita bagus dari Indonesia +- 50% komentarnya pasti negatif. Ane di sini bukannya memihak satu pihak manapun, tapi kalo ada orang yang berprestasi secara subjektif dan objektif kan sepatutnya diapresiasi, karena ane kalo berprestasi juga kepengen diapresiasi.
Kan IMF taun2 lalu udah dikasih fulus gan sama Indonesia.

Ngomong2 armada pesawat bombardier yang dipake sama anak perusahaan garuda gimana kabarnya tuh? Sayang nih, garuda Indonesia ternyata merugi, padahal ekspansinya masih jauh dari selesai. rencana pembukaan 2 rute penerbangan internasional ditunda dan 1 rute ditutup. Kalo rupiah gak melemah mungkin beda cerita kali yah.
Semoga menparenkraf juga bisa memanfaatkan momentum ini untuk menggenjot lebih banyak lagi jumlah wisman dan wisnus, dan juga bisa membakar gairah anak muda Indonesia untuk berwisata ke daerah2 terpencil yang masih jarang dijamah. Tapi plis deh, harga tiket penerbangan dalam negeri jangan sampe lebih mahal daripada jakarra - moskow

Quote:
Original Posted By nabha.124►ane tambahin gan
untuk mesinnya gak semua dibuat dari lokal
40% diimpor dari luar negri
kalau gak salah baca itu untuk mesinnya
dan untuk anggaran menghabiskan 400 M untuk 2014-2015
*kalau gak salah ya
untuk mesinnya gak semua dibuat dari lokal
40% diimpor dari luar negri
kalau gak salah baca itu untuk mesinnya
dan untuk anggaran menghabiskan 400 M untuk 2014-2015
*kalau gak salah ya

Quote:
Original Posted By jogjapacker►woww akhir nya jadi juga keluar nih pesawat
dah dari jamannya soeharto sampai sudah ganti beberapa presiden. tapi mending terlambat ketimbang tidak sama sekali.
bagus juga buat wilayah terpencil dan perbatasan yg hny pny bandara perintis, sayang merpati di biarkan mati. coba masih ada duh akan indahnya indonesia di rangkai oleh merpati dgn N219 nya ini
buat agan muannntaaabbbb thread nya





dah dari jamannya soeharto sampai sudah ganti beberapa presiden. tapi mending terlambat ketimbang tidak sama sekali.
bagus juga buat wilayah terpencil dan perbatasan yg hny pny bandara perintis, sayang merpati di biarkan mati. coba masih ada duh akan indahnya indonesia di rangkai oleh merpati dgn N219 nya ini

buat agan muannntaaabbbb thread nya





Quote:
SEMOGA PRODUK PESAWAT KITA BISA BERSAING DIDUNIA




Sekianlah Thread ane kali ini semoga bermanfaat buat agan agan





Quote:
Kalo suka sama Thread ane tolong sumbangin waktu sebentar untuk sekedar tingglin jejak berupa:








![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/02/7025668_20140802110205.png)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/02/7025668_20140802110217.png)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/02/7025668_20140802110226.png)
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/08/06/6788355_20140806101000.png)
Thread ini didukung oleh:
![[WOW BANGET] Pesawat N-219 Buatan Indonesia, Sudah Kantongi 100 Pesanan](https://s.kaskus.id/images/2014/06/05/4636364_20140605030306.gif)
Diubah oleh thebacon 24-08-2014 19:14
0
148K
Kutip
1.5K
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan