Andis369Avatar border
TS
Andis369
MARI MENGENAL "BURONCONG" - KUE TERBERAT DI DUNIA - (MUST SEE)




Spoiler for NO REPSOL:


MENGENAL "BURONCONG" - KUE TERBERAT DI DUNIA -


Agan-agan pernah makan kue terberat di dunia...nah disini ane perkenalkan nama kuliner khas Sulawesi Selatan ini namanya

BURONCONG




Kenapa bisa?
Karena untuk mengangkatnya, diperlukan alat pengangkat khusus seperti yang dipakai para buruh pelabuhan untuk mengangkat karung, yakni gancu.

Kue Buroncong biasa juga disebut beroncong, garoncong, geroncong, atau kue ganco kalo di daerah lain mirip-mirip kue pancong atau kue pukis. Dengan menggunakan gerobak yang di desain khusus para pedagang Buroncong siap berkeliling menjajakan panganan khas ini.

Gerobak Buroncong dilengkapi dengan tungku pembakaran yang di atasnya terdapat cetakan baroncong, kotak kaca pajangan, wadah penyimpan adonan kental bahan baroncong, dua buah ganco dan sendok besar pengaduk adonan, serta ruang penyimpanan kayu bakar dan kelengkapan lainnya. Beberapa gerobak buroncong dilengkapi pula dengan pedal pengayuh seperti sebuah becak, berikut sadel dudukan Sang Pengayuh terkadang juga di panggul sambil berkeliling kampung atau nongkrong di pasar dan pusat keramaian
Buroncong merupakan salah satu penganan khas kota makassar. Kue ini biasanya dihidangkan dipagi hari dalam kondisi hangat bersama teh manis atau kopi. Kalau tidak sempat buat sendiri penganan ini, bisa juga didapatkan dengan mudah di sekitaran penjual-penjual kue atau penjual khusus buroncong yang dijajakan tiap pagi menggunakan gerobak.




CARA PEMBUATAN


Penganan ini terbuat dari tepung terigu, parutan kelapa (pilih kelapa yang berukuran muda, buang kulit kasarnya) gula pasir(putih), soda kue, dan sedikit garam . Semua bahan disatukan dalam satu adonan diaduk hingga rata dengan air. adonannya biasanya agak encer.

Setelah adonan siap. masukkan dalam cetakan buroncong yang telah dipanaskan dengan bara api, jangan lupa olesi dulu cetakannya dengan minyak kelapa menggunakan kuas atau daun pisang agar adonannya tidak lengket. paling enak kalau bahan bakarnya kayu arang. setelah adonannya kelihatan mengembang dan pinngirannya agak berwarna coklat pertanda kue buroncongnya sudah jadi. Nah, siap diangkat menggunakan gancu (biasanya tukan buroncong ahli memainkan ini).







Harganya murah meriah, hanya Rp.500,. rasa dari buroncong ini juga bervariasi, tergantung penjualnya. terkadang ada yang agak asin, manis, bahkan ada yang tidak menggunakan gula pasir tetapi pemanis buatan.

Sayang sekali bila kue khas ini dibiarkan hilang tergusur dengan makanan-makanan impor yang datang dari luar seperti pizza, burger dsb

Bagi anda yang datang ke Makassar atau daerah lain di Sulawesi Selatan, jangan lupa menikmati kelezatan kue Buroncong.

Maaf gan trid berantakan dan tidak menarik...selama ini ane SR

Sekian trid dari ane semoga menambah wawasan agan-agan semua...

Spoiler for Kaskuser yang baik....:


Spoiler for JANGAN DIBUKA GAN...!!!!!!:


Spoiler for TRID GE-JE LAINNYA:


Kalo ga keberatan, gpp silent reader, tapi traktir cendol atau bantu rate yah gan, biar semua pada liat..
makasih
Diubah oleh Andis369 14-05-2014 12:38
zharki
zharki memberi reputasi
1
40.8K
219
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan