- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Penyebab Motor Boros bensin
TS
bangjomblo
Penyebab Motor Boros bensin
Quote:
Misi gan mengganggu malem ente pada gan ane minta
ane cuma mau sharing Penyebab motor Boros bensin
Kenape ane share di The Lounge karna Pembaca dan adminnya baik-baik dan santun-santun
Semoga apa yang ane kasih ke agan-agan berguna ya karena kadang hal terkecil ini berdamak buruk. jadikan agan-agan bisa mengirit bensin setelah ini langsung ke TKP
ane cuma mau sharing Penyebab motor Boros bensin
Kenape ane share di The Lounge karna Pembaca dan adminnya baik-baik dan santun-santun
Semoga apa yang ane kasih ke agan-agan berguna ya karena kadang hal terkecil ini berdamak buruk. jadikan agan-agan bisa mengirit bensin setelah ini langsung ke TKP
Quote:
Alhamdulilah HOT thread
Spoiler for Bukti awal:
Quote:
Apa ya yang bisa buat motor agan-agan bisa menjadi boros tidak seperti awal membeli motor yaitu
Salah Seting Gir
Kenapa pabrik pasang gir reduksi motor baru sama semua? Pertimbangannya, setingan gir segitu sesuai dengan power mesin dan trek pada umumnya. Maksudnya kalau jalan yang dilalui menanjak tinggal dibuat enteng. Sebaliknya dibikin berat umpama jalurnya banyak datar.
Makanya ingat. Saat melakukan seting sproket, teori macam itu jangan sampai terbalik. “Kalau terbalik, bukan cuma motor yang tidak bertenaga. Bensin yang dikonsumsi makin boros,”
Rantai Kendur
Rantai roda kendur tenaga mesin hilang. Gas ditarik namun lama berreakasi. Roda berputar lebih lama lantaran menunggu rantai mengencang. Makin boros jika mata gir dan rantai aus. Juga karet peredam gir sudah pada terkoyak.
Laher Roda Seret
Bola laher seret akibat karat atau permukaan sudah koyak. Akibat pemasangan laher salah pun bisa bikin bensin boros. Contoh kalau dudukan laher di teromol longgar akibat terkikis. Alhasil lingkar dalam laher akan terjepit dengan bos teromol dan menyebabkan putaran tersendat.
Kampas Kopling Tipis
Kerap kali Em-Plus menegur pemilik motor agar mengganti kampas kopling. Jika kerja pemindah daya nggak maksimal, tenaga dari mesin untuk menyalurkan ke komponen reduksi jadi terbuang percuma. Enggak heran kalau kampas kopling tipis disebut biang boros bensin. Karena tenaga dari mesin tidak efektif memutar reduksi. Yang ada, bensin banyak dikeluarkan.
Kabel Massa Kendur
Jangan lihat kabel massa di motor sebagai peranti sepele. Terlebih tunggangan yang mengusung pengapian arus DC. Jika aliran arus di kabel massa tidak maksimal, timbul gejala mbrebet saat mesin bekerja.
“Sebab komponen pengapian tidak didukung arus setrum yang sempurna. Tak ayal gejala mbrebet pun berisiko gas bakar terbuang percuma,”
Slang Getas Bikin Bocor
Bensin boros nggak cuma disebabkan pembakaran tak sempurna. Tapi slang bensin getas akibat kelewat waktu pakai, juga faktor utama cairan gas bakar ini hilang entah kemana. Soale, slang getas yang diklaim tidak mampu menjepit ke pipa di kran dan karbu, berisiko melepas bensin lewat celah yang sudah longgar.
Jangan lupa dong diganti.
Filter Udara Kotor
Filter udara kotor mengakibatkan suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara yang mestinya bercampur dengan bensin jadi tidak imbang gara-gara terhimpit debu. Di ujung cerita, pasokan bensin tambah boros.
Hindari Paking Knalpot Bocor
Paking bocor juga bisa bikin boros. Sebab silinder masih butuh tendangan balik (turbulensi) gas bakar yang dilepas lewat pipa knalpot. “Jika paking bocor, tendangan balik berkurang. Gas bakar baru banyak yang terbawa keluar,”
Gas Seret
Idealnya, gas bakar akan terisap bila piston skep diperintah untuk membuka. Makanya bila kabel seret, skep terangkat melulu dan bensin mengalir terus. Agar tidak mubazir, segara servis kelancaran kabel gas skep karbu. Cukup diduci pakai cairan pembersih dan dilumasi oli, dijamin gas bakar tidak terbuang percuma.
Spoiler for Penyebab motor boros bensin dari yang sepele sampai yang serius:
Spoiler for 1:
Salah Seting Gir
Kenapa pabrik pasang gir reduksi motor baru sama semua? Pertimbangannya, setingan gir segitu sesuai dengan power mesin dan trek pada umumnya. Maksudnya kalau jalan yang dilalui menanjak tinggal dibuat enteng. Sebaliknya dibikin berat umpama jalurnya banyak datar.
Makanya ingat. Saat melakukan seting sproket, teori macam itu jangan sampai terbalik. “Kalau terbalik, bukan cuma motor yang tidak bertenaga. Bensin yang dikonsumsi makin boros,”
Spoiler for 2:
Rantai Kendur
Rantai roda kendur tenaga mesin hilang. Gas ditarik namun lama berreakasi. Roda berputar lebih lama lantaran menunggu rantai mengencang. Makin boros jika mata gir dan rantai aus. Juga karet peredam gir sudah pada terkoyak.
Spoiler for 3:
Laher Roda Seret
Bola laher seret akibat karat atau permukaan sudah koyak. Akibat pemasangan laher salah pun bisa bikin bensin boros. Contoh kalau dudukan laher di teromol longgar akibat terkikis. Alhasil lingkar dalam laher akan terjepit dengan bos teromol dan menyebabkan putaran tersendat.
Spoiler for 4:
Kampas Kopling Tipis
Kerap kali Em-Plus menegur pemilik motor agar mengganti kampas kopling. Jika kerja pemindah daya nggak maksimal, tenaga dari mesin untuk menyalurkan ke komponen reduksi jadi terbuang percuma. Enggak heran kalau kampas kopling tipis disebut biang boros bensin. Karena tenaga dari mesin tidak efektif memutar reduksi. Yang ada, bensin banyak dikeluarkan.
Spoiler for 5:
Kabel Massa Kendur
Jangan lihat kabel massa di motor sebagai peranti sepele. Terlebih tunggangan yang mengusung pengapian arus DC. Jika aliran arus di kabel massa tidak maksimal, timbul gejala mbrebet saat mesin bekerja.
“Sebab komponen pengapian tidak didukung arus setrum yang sempurna. Tak ayal gejala mbrebet pun berisiko gas bakar terbuang percuma,”
Spoiler for 6:
Slang Getas Bikin Bocor
Bensin boros nggak cuma disebabkan pembakaran tak sempurna. Tapi slang bensin getas akibat kelewat waktu pakai, juga faktor utama cairan gas bakar ini hilang entah kemana. Soale, slang getas yang diklaim tidak mampu menjepit ke pipa di kran dan karbu, berisiko melepas bensin lewat celah yang sudah longgar.
Jangan lupa dong diganti.
Spoiler for 7:
Filter Udara Kotor
Filter udara kotor mengakibatkan suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara yang mestinya bercampur dengan bensin jadi tidak imbang gara-gara terhimpit debu. Di ujung cerita, pasokan bensin tambah boros.
Spoiler for 8:
Hindari Paking Knalpot Bocor
Paking bocor juga bisa bikin boros. Sebab silinder masih butuh tendangan balik (turbulensi) gas bakar yang dilepas lewat pipa knalpot. “Jika paking bocor, tendangan balik berkurang. Gas bakar baru banyak yang terbawa keluar,”
Spoiler for 9:
Gas Seret
Idealnya, gas bakar akan terisap bila piston skep diperintah untuk membuka. Makanya bila kabel seret, skep terangkat melulu dan bensin mengalir terus. Agar tidak mubazir, segara servis kelancaran kabel gas skep karbu. Cukup diduci pakai cairan pembersih dan dilumasi oli, dijamin gas bakar tidak terbuang percuma.
Quote:
Spoiler for Saran dari ane:
Memang gan hal sepele, tapi hal yang sepele lama-lama bisa berakhir fatal tolonglah sesibuk apapun agan-agan luangkan waktu buat motor agan-agan rawatlah motor agan dengan semestinya karna motor yang selalu menemani kita kemana-mana semoga membantu agan ya dari apa yang ane berikan.
Spoiler for Sumber:
Spoiler for Jangan lupa gan :
DAN
Spoiler for Tambahan dari teman-teman kaskus Update:
Quote:
Original Posted By cvnx►tambahan gan,,,!! ban kurang angin bisa bikin berat laju motor jd bisa mengakibatkan boros jg
Quote:
Original Posted By zay10►setelan karburator juga ngaruh gan
Quote:
Original Posted By cak.lontong.►penyebab motor boros bensin karna pake BBM
coba pke BBG , gaakan boros bensin
coba pke BBG , gaakan boros bensin
Quote:
Original Posted By xperianz.toro►nambahin gan
- Tekanan angin pada roda kurang
- sering buka gas / mengurangi gas secara spontan
- yang paling penting setelan karbu nya
- Tekanan angin pada roda kurang
- sering buka gas / mengurangi gas secara spontan
- yang paling penting setelan karbu nya
Quote:
Original Posted By gabriel.valent►gas nya langsung kenceng juga boros gan
Quote:
Original Posted By teofilus97►main gas kagak stabil juga boros, gas rem gas rem
Quote:
Original Posted By roadhog21►Tambahin dah gan
Kanvas rem nempel ama piringan cakram atw ama tromol..
Ban tapak lebar n kurang angin.
Kanvas rem nempel ama piringan cakram atw ama tromol..
Ban tapak lebar n kurang angin.
Spoiler for tambahan dari teman-teman kaskus ke 2:
Quote:
Original Posted By jndr182►an tambahin gan, ban kempes/kurang angin salah satu penyebabnya,.. ane saranin pake angin nitrogen soalnya partikel partikelnya lebih enteng dari angin biasa
Quote:
Original Posted By jockerinaction►klo kompresinya bocor bisa juga ga gan
Quote:
Original Posted By juanparanto►tambahan gan..
Kayanya tutup tanki bensin blm ketutup rapet gan..
Kayanya tutup tanki bensin blm ketutup rapet gan..
Quote:
Original Posted By Waterfalls►Ane tambahin gan, beban yg berlebih atau overload juga bikin bensin boros
klo terpaksa bawa beban berat usahakan untuk menarik gas perlahan.
klo terpaksa bawa beban berat usahakan untuk menarik gas perlahan.
Quote:
Original Posted By mst.suzuka►penggantian part tidak standart (aftermarket) juga jadi penyebab. apalagi karburasi yang menjadi pensuplai pembakaran, karena keluar dari standar pabrikan yang disetel untuk bbm sehemat mungkin
Quote:
Original Posted By parazigaleri►Satu lagi gan. Mainin gas sesuai dengan putaran mesin. kalo mau ningkatin dengan cara diurut pelan2 bukan di betot. INi tips juga berlaku buat mobil. Jujur ampuh deh. ane pake Vespa, berasa banget kalo mainin gas-nya ngga bener atau asalbetot bisa 16km/liter tapi kalo kalem2 bisa 35km/liter Cara anda berkendara juga jangan lupa, ya kalem2 aja gausah aggresive.
Quote:
Original Posted By MakelarBata►penyebab laen adalah, gak pake bensin sesuai spesifikasi mesin.
motor2/mobil baru, yang pake injeksi, secara spesifikasi seharusnya udah pake bensin diatas RON90, seperti pertamax(92), atau pertamax plus(95) dan sejenisnya.
Kalo ente liat dari rupiah mungkin masih boros pake pertamax ya.
tapi kalo dilihat dari konsumsi bensin/km. Jelas pertamax lebih irit. Jelas mesin lebih awet, bersih, dan performa juga naik.
Kalo diliat dari benefit secara keseluruhan, rasanya rugi gak pake pertamax. lagipula motor2 sekarang konsumsinya perliter kan bisa diatas 50ltr/km
motor2/mobil baru, yang pake injeksi, secara spesifikasi seharusnya udah pake bensin diatas RON90, seperti pertamax(92), atau pertamax plus(95) dan sejenisnya.
Kalo ente liat dari rupiah mungkin masih boros pake pertamax ya.
tapi kalo dilihat dari konsumsi bensin/km. Jelas pertamax lebih irit. Jelas mesin lebih awet, bersih, dan performa juga naik.
Kalo diliat dari benefit secara keseluruhan, rasanya rugi gak pake pertamax. lagipula motor2 sekarang konsumsinya perliter kan bisa diatas 50ltr/km
Quote:
Original Posted By ahmad.purnomo►biasanya boros itu karena setelan klep terlalu longgar gan. sama setelan angin pada karburator. menurut ane kedua komponen itu yg sangat berpengaruh gan
Quote:
Original Posted By pradityagiovani►Settingan karbu juga bisa bikin boros gan
ane tambahin gan , kalo di matic mungkin ada lagi yg bikin boros nya
1. V-belt sudah kendor
2. Kampas otomatis sudah tipis
3. Per CVT ngga sesuai sama cc an motor *kalo udah kohar biasanya pake yg kuning/1500rpm atau yg merah/2000rpm
ane tambahin gan , kalo di matic mungkin ada lagi yg bikin boros nya
1. V-belt sudah kendor
2. Kampas otomatis sudah tipis
3. Per CVT ngga sesuai sama cc an motor *kalo udah kohar biasanya pake yg kuning/1500rpm atau yg merah/2000rpm
Spoiler for Tambahan buat Matic / mobil:
Maaf agan-agan gak bisa masukin semua pendapat agan soalnya banyak banget , masih banyak tugas kampus
Tambahan :
Khusus buat matic cek pada busi dan karbu , dan rantai karet di matic
khusus buat mobil ane kurang faham mungkin sama di rantai dan di kopling selebihnya ane kurang faham dikarnakan masih study juga
liat di koment tambahan dan koment teman-teman kaskus di thread ini banyak yang nambahin juga
ane bukan montir gan tapi ane kuliah jurusan mesin jadi ane suka share tentang mesin gan sekian trimakasih
Tambahan :
Khusus buat matic cek pada busi dan karbu , dan rantai karet di matic
khusus buat mobil ane kurang faham mungkin sama di rantai dan di kopling selebihnya ane kurang faham dikarnakan masih study juga
liat di koment tambahan dan koment teman-teman kaskus di thread ini banyak yang nambahin juga
ane bukan montir gan tapi ane kuliah jurusan mesin jadi ane suka share tentang mesin gan sekian trimakasih
Spoiler for BANGJOMBLO THREAD:
Quote:
Jangan lupa ke thread
BANGJOMBLO PRODUTION
Penyebab Motor Boros bensin [ ]
Fakta-Fakta Unik Seputar Fuleco, Maskot Piala Dunia 2014 [ [color=red]HOT THREAD 2# ]
Nenek ini Selama 30 Tahun Shalat di Trotoar [ ]
kegunaan ES batu ternyata banyak, mau tau ? [ [color=red]HOT NEWS ]
11 cara jitu meningkatkan ingatan dan kecerdasan [ ]
Perbuatan-Perbuatan tidak terpuji yang merugikan masyarakat umum [ [color=red]HOT NEWS ]
BANGJOMBLO PRODUTION
Penyebab Motor Boros bensin [ ]
Fakta-Fakta Unik Seputar Fuleco, Maskot Piala Dunia 2014 [ [color=red]HOT THREAD 2# ]
Nenek ini Selama 30 Tahun Shalat di Trotoar [ ]
kegunaan ES batu ternyata banyak, mau tau ? [ [color=red]HOT NEWS ]
11 cara jitu meningkatkan ingatan dan kecerdasan [ ]
Perbuatan-Perbuatan tidak terpuji yang merugikan masyarakat umum [ [color=red]HOT NEWS ]
Diubah oleh bangjomblo 26-05-2014 12:37
0
224.5K
Kutip
2K
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan