- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Agan Tau Gak Kenapa Kapal Bisa Mengapung? Masuk Gan Sini Ane Kasih Tau


TS
risky.yuliadi
Agan Tau Gak Kenapa Kapal Bisa Mengapung? Masuk Gan Sini Ane Kasih Tau



Spoiler for cek repost:
ane gak pandai basa basi nih
tapi langsung aja deh ke pembahasan 


Quote:
Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia


maka dari itu hal ini memotivasi TS untuk membuat thread" bertemakan dunia maritim dan dunia perkapalan ke depannya. so, please enjoy my thread

Quote:
agan tau gak kenapa kapal bisa mengapung?
secara umun kita tau kalau kapal mengapung itu karena memiliki ruang dan volume, bener gak ?

kalo yg begini nih contohnya menurut agan gimana

Spoiler for dock wise:

Quote:
perbedaan berat jenis
kapal bisa mengapung itu karena ada faktor perbedaan berat jenis juga gan



kayu ulin kalo kita ceburkan ke air tenggelam kan, nah tapi kenapa kalo dibikin kapal bisa ngapung? gini nih cara ngitung nya
(1 m2 = 0.01 m3)
massa jenis air laut = 1,025 ton/m3
P kapal = 1200 cm
L kapal = 400 cm
T kapal = 700 cm
Berat kapal = 3000 kg (3 ton)
1. PxLxT = 336000000 cm = 3,36 m3
2. 3000 kg / 3,36 = 3000 / (3,36 = 336/100)
3000 x 100/336 = 300000 / 336 = 0,892 kg/m3 artinya kapal ini bisa mengapung

Spoiler for kaya yg ini nih:
Quote:
stabilitas
kalo yg satu ini nih ane yakin agan jarang denger



Spoiler for sistem ballast:

gambar itu menunjukkan kalo saat muatan kosong maka kapal diisi oleh air ballast, tetapi pada saat memuat muatan air ballast dikosongkan

Quote:
ketebalan plat
pada dasarnya kapal dapat mengapung dipengaruhi oleh berat dan ketebalan plat pembentuk kapal dan berat kapal itu sendiri. tebal plat kapal yg umum digunakan yaitu mulai dari 4,5 mm - 25 mm.
biasanya plat berukuran tebal digunakan pada bagian lunas/keel atau sering disebut bagian bawah/dasar kapal, bagian haluan, sebagian bagian lambung, dan sebagian bagian buritan. sedangkan untuk pat yg tipis sering digunakan pada bagian superstructure/bridge atau sering disebut ruang akomodasi/ruang kemudi, geladak, sekat-sekat kapal dan lain-lain

Spoiler for kalo yg ini nih:
Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

lohh tu kapal kok kagak tenggelam?

itu karna setiap kapal memiliki sekat gan



Quote:
berat jenis air
air tawar = 1,000 t/m3
air laut = 1,025 t/m3
jadi misalnya nih kapal A memuat barang di pelabuhan laut, sedangkan kapal B memuat barang di pelabuhan sungai dan masing" kapal memuat dengan berat yang sama. ketika kapal A memasuki sungai apa yang terjadi? ketika kapal B memasuki laut apa yang terjadi?
yang terjadi yaitu kapal A semakin terbenam dan melebihi batas muat yang sebelumnya karena air sungai memiliki berat jenis yang ringan, sedangkan kapal B semakin terangkat dan menyisakan banyak batas muat dari sebelumnya


Spoiler for bonus:
Quote:
dalam proses pembuatan kapal itu sendiri terdiri banyak sekat dan ruang serta block-block yang banyak

gile banyak bener yahh sekat nya
yg ane tau nih kapal terbesar saat ini yaitu Triple-E milik Maersk line dengan panjang 400 meter memiliki kapasitas angkut 18.000 TEU. oya TEU itu artinya Twenty-foot Equivalent Unit dengan kata lain satuan per kontainer dengan panjang 20 kaki. Triple-E itu juga singkatan loh yang artinya "Economy of scale, Energy efficient and Environmentally improved" dan mereka pesan 30 unit loh kapal dengan Triple-E class yaitu 10 unit yang akan beroperasi pada tahun 2013-2015 dan 20 unit lainnya akan menyusul pemuatan nya
FYI Maersk line itu perusahaan keluarga loh bukan milik perusahaan lain atau anak cabang lainnya, kalo di ido tuh contohnya perusahaan keluarga milik Aburizal Bakrie




Spoiler for kaya yang ini bro:


gile banyak bener yahh sekat nya

yg ane tau nih kapal terbesar saat ini yaitu Triple-E milik Maersk line dengan panjang 400 meter memiliki kapasitas angkut 18.000 TEU. oya TEU itu artinya Twenty-foot Equivalent Unit dengan kata lain satuan per kontainer dengan panjang 20 kaki. Triple-E itu juga singkatan loh yang artinya "Economy of scale, Energy efficient and Environmentally improved" dan mereka pesan 30 unit loh kapal dengan Triple-E class yaitu 10 unit yang akan beroperasi pada tahun 2013-2015 dan 20 unit lainnya akan menyusul pemuatan nya

FYI Maersk line itu perusahaan keluarga loh bukan milik perusahaan lain atau anak cabang lainnya, kalo di ido tuh contohnya perusahaan keluarga milik Aburizal Bakrie

Spoiler for yang punya:
Spoiler for mc kinney moller:


Spoiler for moller:
kapal yang di dedikasikan buat moller

Spoiler for emma moller istrinya kinney:

Spoiler for kapal yang di dedikasikan buat istrinya:

Quote:
sekian dari ane gan
jujur deh ane gak pinter basa basi


Quote:



tapi ane sih juga gak menolak kalo dikasih

Spoiler for ijo ijo:









jangan merah-merah ya gan

Spoiler for merah merah:









Quote:
Spoiler for bonus:
Spoiler for bonus video:








Spoiler for sumber:
Spoiler for komeng kaskuser:
Quote:
Original Posted By roemang►ane bukan anak teknik gan jadi harus memperhatikan sebegitu detil sebuah kapal agar bisa terapung dengan baik. Akan tetapi, teorinya masih sama gan bahwa agar bisa terapung massa jenis benda yang tercelup di air harus lebih kecil daripada massa jenis fluida itu sendiri. Jadi massa jenis (rata-rata) sebuah kapal agar terapung di laut harus lebih ringan daripada massa jenis air laut.
dari quote di atas terlihat bahwa 80 persen kapal tersebut berada di dalam air, 20 persennya mengapung (dibandingkan dengan massa jenis air laut). Untuk lebih bisa memuat muatan lebih banyak sepertinya persentasi kapal yang berada di atas air harus diperbesar.
sebagai tambahan dari ane, bagaimana caranya massa jenis rata-rata kapal bisa lebih kecil dari air laut?
yaitu memperbesar gaya apung (gaya archimedes) dengan memindahkan sebanyak-banyaknya volume kapal (kalo diteorinya volume zat cair yang dipindahkan) dengan cara desain badan kapal yang berongga dan bagian bawah kapal seperti mangkok. Coba bikin kapal dari plastisin yang berbentuk mangkok, maka akan mudah terapung daripada plastisin yang berbentuk padat seperti bola.
tambahan juga, bahwa tidak semua massa jenis air laut sama gan. Jadi, di perairan yang berbeda, bagian kapal yang berada di dalam air akan berbeda-beba pula persentasenya.
Apalagi kapal dipaksa masuk ke perairan tawar, siap-siap aja makin tenggelam. Nah untuk mengetahuinya secara mudah, setiap kapal dilengkapi dengan tanda plimsol di bagian kanan atau kiri lambung. Tanda plimsol seperti meteran dan sudah ada standarnya sehingga kapal akan aman dari bahaya tenggelam.
page one gan

dari quote di atas terlihat bahwa 80 persen kapal tersebut berada di dalam air, 20 persennya mengapung (dibandingkan dengan massa jenis air laut). Untuk lebih bisa memuat muatan lebih banyak sepertinya persentasi kapal yang berada di atas air harus diperbesar.
sebagai tambahan dari ane, bagaimana caranya massa jenis rata-rata kapal bisa lebih kecil dari air laut?
yaitu memperbesar gaya apung (gaya archimedes) dengan memindahkan sebanyak-banyaknya volume kapal (kalo diteorinya volume zat cair yang dipindahkan) dengan cara desain badan kapal yang berongga dan bagian bawah kapal seperti mangkok. Coba bikin kapal dari plastisin yang berbentuk mangkok, maka akan mudah terapung daripada plastisin yang berbentuk padat seperti bola.
tambahan juga, bahwa tidak semua massa jenis air laut sama gan. Jadi, di perairan yang berbeda, bagian kapal yang berada di dalam air akan berbeda-beba pula persentasenya.
Apalagi kapal dipaksa masuk ke perairan tawar, siap-siap aja makin tenggelam. Nah untuk mengetahuinya secara mudah, setiap kapal dilengkapi dengan tanda plimsol di bagian kanan atau kiri lambung. Tanda plimsol seperti meteran dan sudah ada standarnya sehingga kapal akan aman dari bahaya tenggelam.
page one gan

Quote:
Original Posted By adjie.co.id►Kalau kapal selam itu bagaimana teorinya gan? Supaya bisa ngapung-tenggelam lagi? bagus nih trhead, sangat bermanfaat. Semoga HT gan. 

nih ane tambahin moga dapat pencerahan

Spoiler for buka:

Quote:
Original Posted By eliezer23►
yoi, cara gampangny masukin aja gayung di ember, kl gk ada air di dalem gayung dia pasti oleng, masukin volumeny harus sama beratnya biar bisa ngapung n stabil
yoi, cara gampangny masukin aja gayung di ember, kl gk ada air di dalem gayung dia pasti oleng, masukin volumeny harus sama beratnya biar bisa ngapung n stabil

Quote:
Original Posted By redika►alasan utamanya adalah densitas keseluruhan kapal lebih kecil dari air
hal ini dimungkinkan karna adanya ruangan udara dalam dek kapal..
mekanisme densitas lebih lanju dipake untuk kapal selam gan
hal ini dimungkinkan karna adanya ruangan udara dalam dek kapal..
mekanisme densitas lebih lanju dipake untuk kapal selam gan
Quote:
Original Posted By ardjosz►agan anak perkapalan? dari institut atau univ mana nih gan? ane dulu kuliah bidangnya ga jauh dari situ gan. hehe
mau nambahin dikit ya gan. sebenernya jawaban yg paling gampang adalah karena kapal punya rongga trtutup di dalam. itulah yg membuat kapal mempunyai gaya buoyancy ke atas. jadilah kapal mengapung di air. mengenai air ballast, itu banyak digunakan untuk menyeimbangkan kapal ketika ada beban yang bikin kapal ga stabil. agan pernah liat vessel yg bisa angkut platform? itu cara angkutnya dg system ballasting. cmiiw
nice share gan..
mau nambahin dikit ya gan. sebenernya jawaban yg paling gampang adalah karena kapal punya rongga trtutup di dalam. itulah yg membuat kapal mempunyai gaya buoyancy ke atas. jadilah kapal mengapung di air. mengenai air ballast, itu banyak digunakan untuk menyeimbangkan kapal ketika ada beban yang bikin kapal ga stabil. agan pernah liat vessel yg bisa angkut platform? itu cara angkutnya dg system ballasting. cmiiw
nice share gan..

Quote:
Original Posted By loosenazionale►masih ada hitung2an yang lain lagi gan kenapa kapal bisa mengapung. jangan lupakan yang namanya faktor KESETIMBANGAN GAYA (gaya tekan berbanding gaya angkat), TEKANAN, dan LUAS PERMUKAAN. mungkin masih ada yang lainnya tapi ane lupa. silakan cari di literatur fisika atau mekanika
soalnya klo dengan rumus yang TS kasih tidak berlaku untuk semua posisi kapal. kapal yang sama akan terapung jika diletakkan memanjang horizontal dengan posisi lambung di bawah (luas permukaannya besar, kesetimbangan gayanya sesuai, dll). jika diletakkan memanjang horizontal dengan lambung berada di atas? beberapa saat kapan akan tenggelam. dan jika diletakkan memanjang vertikal kapal seketika akan tenggelam. karena faktor yang ane sebutin di atas tidak menunjang kapal untuk bisa terapung
kondisi terapungnya beda, dengan massa jenis yang sama (kapalnya sama)
soalnya klo dengan rumus yang TS kasih tidak berlaku untuk semua posisi kapal. kapal yang sama akan terapung jika diletakkan memanjang horizontal dengan posisi lambung di bawah (luas permukaannya besar, kesetimbangan gayanya sesuai, dll). jika diletakkan memanjang horizontal dengan lambung berada di atas? beberapa saat kapan akan tenggelam. dan jika diletakkan memanjang vertikal kapal seketika akan tenggelam. karena faktor yang ane sebutin di atas tidak menunjang kapal untuk bisa terapung
kondisi terapungnya beda, dengan massa jenis yang sama (kapalnya sama)
Quote:
UPDATE !!!
ada sebagian kaskuser yang nanya pertama kali kapal detemukan dan siapa penemunya, jujur nih TS udah searching kagak nemu"
tapi ada nih kalo tentang kapal selam monggo disimak 

Spoiler for update:
Quote:
ada sebagian kaskuser yang nanya pertama kali kapal detemukan dan siapa penemunya, jujur nih TS udah searching kagak nemu"



Quote:
Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagian besar Angkatan Laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara berbeda. Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.
sejarah kapal selam pertama di dunia ditemukan oleh Seorang penemu dari Nuremberg di Jerman bernama Keyser tahun 1465 dilaporkan sudah merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Namun yang secara sadar merancang sebuah kapal yang menyelam untuk menghindari musuh adalah seorang inggris yang kreatif, William Bourne.
selengkapnya baca disini gan
sejarah kapal selam pertama di dunia ditemukan oleh Seorang penemu dari Nuremberg di Jerman bernama Keyser tahun 1465 dilaporkan sudah merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air. Namun yang secara sadar merancang sebuah kapal yang menyelam untuk menghindari musuh adalah seorang inggris yang kreatif, William Bourne.
selengkapnya baca disini gan

Quote:

Visit My Other Thread

Diubah oleh risky.yuliadi 16-04-2014 16:38
0
27K
Kutip
358
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan