- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Dikritik warga Malaysia, ini 5 prestasi Habibie yang mendunia


TS
erikboedi
Dikritik warga Malaysia, ini 5 prestasi Habibie yang mendunia

Spoiler for Semoga tidak repost:

Sambil Nyimak Bantu

jangan sampai lupa gan




Quote:
Dikritik warga Malaysia, ini 5 prestasi Habibie yang mendunia
Quote:

Quote:
Merdeka.com - Presiden ke tiga republik Indonesia BJ Habibie memberikan komentarnya terkait misteri yang menyelimuti hilangnya pesawat Malaysia Airlines. Menurut ahli pesawat terbang tersebut, kemungkinan pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu meledak di angkasa.
Lulusan Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, Jerman itu menduga, pesawat Malaysia Airlines meledak di ketinggian 10 Km. Karena meledak di angkasa, kemungkinan sulit menemukan bangkai pesawat tersebut.
"Kalau pesawat, saya sudah bilang pendapat saya adalah pertama, saya yakin bahwa pesawat itu anda cari di mana enggak akan ditemukan karena pesawat terbang itu meledak berkeping-keping di atas ketinggian 10 km," ujar Habibie di Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (20/3).
Pernyataan Habibie tersebut juga menjadi pemberitaan di Malaysia. Habibie pun segera dihujani kritik oleh publik di negeri jiran itu.
Semua teori yang dikemukakan mantan Menristek itu dinilai tidak masuk akal. Tak sedikit yang mencacinya karena dinilai tak kompeten sebagai pengamat penerbangan.
"LAGI tak masuk klu ada letupan semua barang akan terapung atas permukaan laut ...prof yg sudah nyanyok...," tulis komentar pembaca, Jerry Kam.
"Tak masuk akal, kalau kecemasan atau kemalangan kenapa melencong jauh sampai ke lautan hindi. Kenapa jalur penerbangannya amat teliti dari Igari ke destinasi seterusnya benar2 dekat border. Walaupun radar TUDM dapat kesan tapi tak boleh intercept dgn jet sebab pesawat itu berada di luar ruang udara Malaysia. Banyak lagi landasan kalau nak buat pendaratan kecemasan, tetapi pilot bersiar-siar ke lautan Hindi yg dah pasti tak ada apa di sana, kecuali Diego Garcia," tulis Khairul Nizam.
Benarkah Habibie tidak kompeten soal dunia penerbangan? Berikut prestasi-prestasi Habibie di dunia ristek dan penerbangan yang dihimpun merdeka.com dari berbagai sumber:
Lulusan Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, Jerman itu menduga, pesawat Malaysia Airlines meledak di ketinggian 10 Km. Karena meledak di angkasa, kemungkinan sulit menemukan bangkai pesawat tersebut.
"Kalau pesawat, saya sudah bilang pendapat saya adalah pertama, saya yakin bahwa pesawat itu anda cari di mana enggak akan ditemukan karena pesawat terbang itu meledak berkeping-keping di atas ketinggian 10 km," ujar Habibie di Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (20/3).
Pernyataan Habibie tersebut juga menjadi pemberitaan di Malaysia. Habibie pun segera dihujani kritik oleh publik di negeri jiran itu.
Semua teori yang dikemukakan mantan Menristek itu dinilai tidak masuk akal. Tak sedikit yang mencacinya karena dinilai tak kompeten sebagai pengamat penerbangan.
"LAGI tak masuk klu ada letupan semua barang akan terapung atas permukaan laut ...prof yg sudah nyanyok...," tulis komentar pembaca, Jerry Kam.
"Tak masuk akal, kalau kecemasan atau kemalangan kenapa melencong jauh sampai ke lautan hindi. Kenapa jalur penerbangannya amat teliti dari Igari ke destinasi seterusnya benar2 dekat border. Walaupun radar TUDM dapat kesan tapi tak boleh intercept dgn jet sebab pesawat itu berada di luar ruang udara Malaysia. Banyak lagi landasan kalau nak buat pendaratan kecemasan, tetapi pilot bersiar-siar ke lautan Hindi yg dah pasti tak ada apa di sana, kecuali Diego Garcia," tulis Khairul Nizam.
Benarkah Habibie tidak kompeten soal dunia penerbangan? Berikut prestasi-prestasi Habibie di dunia ristek dan penerbangan yang dihimpun merdeka.com dari berbagai sumber:
Quote:
1.Lulus dengan summa cum laude dari Jerman
Spoiler for pict:

Quote:
Habibie pernah menimba ilmu teknik mesin di Institut Teknologi Bandung tahun 1954. Pada 1955-1965 dia melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di Universitas Teknologi Rhein Westfalen (RWTH) Aachen, Jerman.
RWTH Aachen adalah salah satu universitas yang mengembangkan teknologi ke depan dalam riset maupun aplikasi untuk dunia industri di Jerman. Di sana Habibie menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.
RWTH Aachen adalah salah satu universitas yang mengembangkan teknologi ke depan dalam riset maupun aplikasi untuk dunia industri di Jerman. Di sana Habibie menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.
Quote:
2.Pernah jadi wapres perusahaan penerbangan di Jerman
Spoiler for pict:

Quote:
Habibie juga pernah bekerja di Messerschmitt-B?lkow-Blohm, sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman. Habibie mencapai puncak karier sebagai seorang wakil presiden bidang teknologi di perusahaan tersebut.
Pada tahun 1973, ia kembali ke Indonesia atas permintaan mantan presiden Suharto. Habibie kemudian menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi sejak tahun 1978 sampai Maret 1998.
Sebelum menjabat sebagai Presiden (21 Mei 1998-20 Oktober 1999), BJ Habibie adalah Wakil Presiden (14 Maret 1998-21 Mei 1998) dalam Kabinet Pembangunan VII di bawah Presiden Soeharto.
Pada tahun 1973, ia kembali ke Indonesia atas permintaan mantan presiden Suharto. Habibie kemudian menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi sejak tahun 1978 sampai Maret 1998.
Sebelum menjabat sebagai Presiden (21 Mei 1998-20 Oktober 1999), BJ Habibie adalah Wakil Presiden (14 Maret 1998-21 Mei 1998) dalam Kabinet Pembangunan VII di bawah Presiden Soeharto.
Quote:
3.Habibie bikin pesawat melebihi 20 kali kecepatan suara
Spoiler for pict:

Quote:
Presiden ke tiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie menceritakan pengalamannya dalam industri penerbangan. Ketika masih kuliah di Jerman dan tengah menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat mendapat gelar doktor, Habibie diharuskan membuat pesawat yang kecepatannya 20 kali kecepatan suara.
"Waktu saya mau selesaikan S-3, saya merancang pesawat terbang yang terbangnya 20 kali kecepatan suara. Seperti apa pesawatnya saya tidak bisa membayangkan tapi harus dikembangkan, kalau tidak, ya tidak dapat S-3," kata Habibie di Jakarta, Kamis (26/9).
Sewaktu mengembangkan pesawat tersebut, Habibie bekerja di perusahaan kecil di Hamburg, Jerman. Singkat cerita, usai berhasil mengembangkan pesawat tersebut, Habibie langsung disuruh pulang ke Tanah Air. Dia diminta mengembangkan industri strategis di dalam negeri.
"Waktu saya mau selesaikan S-3, saya merancang pesawat terbang yang terbangnya 20 kali kecepatan suara. Seperti apa pesawatnya saya tidak bisa membayangkan tapi harus dikembangkan, kalau tidak, ya tidak dapat S-3," kata Habibie di Jakarta, Kamis (26/9).
Sewaktu mengembangkan pesawat tersebut, Habibie bekerja di perusahaan kecil di Hamburg, Jerman. Singkat cerita, usai berhasil mengembangkan pesawat tersebut, Habibie langsung disuruh pulang ke Tanah Air. Dia diminta mengembangkan industri strategis di dalam negeri.
Quote:
4.Bikin pesawat R-80, Habibie yakin bikin surprise dunia
Spoiler for pict:

Quote:
BJ Habibie duduk sebagai komisaris di PT Regio Aviasi Industri (RAI). di bawah PT RAI itu, Habibie sedang membangun pesawat yang dinamai R-80.
"Insya Allah R-80 tahun 2016 atau 2017 akan mengudara, dan dunia akan surprise," ungkap Habibie di Jakarta Teater, pada Kamis malam (27/9/2013) lalu.
Pesawat R-80 merupakan pengembangan dari pesawat N250 yang pernah dibuat BJ Habibie . Pesawat N250 merupakan pesawat yang dikendalikan secara elektronik atau dikenal dengan istilah fly by wire kedua, setelah pesawat keluaran Airbus yakni A-300.
"Pesawat terbang yang pernah dibuat manusia yang dikendalikan secara elektronik yang dikenal dengan fly by wire pertama kali adalah Airbus di Hamburg di mana saya kerja dulu. Di situ, saya pernah menjadi direktur dan executive vice president," kata mantan Presiden RI ketiga itu.
"Fly by wire pertama A-300, fly by wire kedua N250, dan ketiga triple seven (B-777). Dalam skala regional, N250 merupakan fly by wire pertama," jelasnya.
"Insya Allah R-80 tahun 2016 atau 2017 akan mengudara, dan dunia akan surprise," ungkap Habibie di Jakarta Teater, pada Kamis malam (27/9/2013) lalu.
Pesawat R-80 merupakan pengembangan dari pesawat N250 yang pernah dibuat BJ Habibie . Pesawat N250 merupakan pesawat yang dikendalikan secara elektronik atau dikenal dengan istilah fly by wire kedua, setelah pesawat keluaran Airbus yakni A-300.
"Pesawat terbang yang pernah dibuat manusia yang dikendalikan secara elektronik yang dikenal dengan fly by wire pertama kali adalah Airbus di Hamburg di mana saya kerja dulu. Di situ, saya pernah menjadi direktur dan executive vice president," kata mantan Presiden RI ketiga itu.
"Fly by wire pertama A-300, fly by wire kedua N250, dan ketiga triple seven (B-777). Dalam skala regional, N250 merupakan fly by wire pertama," jelasnya.
Quote:
5.Setumpuk penghargaan di dunia kedirgantaraan
Spoiler for pict:

Quote:
Segudang penghargaan juga pernah diraih Habibie di bidang kedirgantaraan. Habibie adalah menerima Award von Karman (1992) di bidang kedirgantaraan boleh dibilang gengsinya hampir setara dengan Hadiah Nobel.
Dua tahun kemudian suami dari almarhumah Ainun ini juga menerima penghargaan yang tak kalah bergengsi, yakni Edward Warner Award. Habibie juga mendapat gelar Doktor Kehormatan (Doctor of Honoris Causa) dari berbagai Universitas terkemuka dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University.
Dua tahun kemudian suami dari almarhumah Ainun ini juga menerima penghargaan yang tak kalah bergengsi, yakni Edward Warner Award. Habibie juga mendapat gelar Doktor Kehormatan (Doctor of Honoris Causa) dari berbagai Universitas terkemuka dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University.


Gimana gan? Makin bangga kan sama BJ Habibie? walaupun di hujani kritikan dari tetangga sebelah BJ Habibie bicara lewat prestasi





Quote:
Spoiler for Komeng dari agan-agan:
Quote:
Original Posted By loetoeyoel►BJ habibie emang gak ada matinya... .

Quote:
Original Posted By mother.fucking►prestasi prestasi yang bener bener membanggakan dari seorang habibie

Quote:
Original Posted By azis1933►ane salah satu pengagum berat eyang habibi gan 

Quote:
Original Posted By arther31►si warga malingsia yg kritik opa habibie it iri, cx mereka gk ad orang yang kayak opa habibie mendapat jabatan vice president di airbus coorperation.....



Quote:
Original Posted By berzz►keren gan pak habibie, semoga banyak penerusnya yah dinegeri ini 

Quote:
Original Posted By otizulkarnain►Ane udah tahu gan, entu orang memang istimewa. Malaysia aja yg gak tau diri. Habibie biasa aja bilangnya saat díinterview di TV. ane sendiri sih kagum ama dia gan. Selain yg ente jelasin, dia juga pegang banyak paten gan. Hebat. SEMANGAT PAK.
Quote:
Original Posted By lucky2mu►semoga R-80 nya sukses dan bermanfaat bagi indonesia 

Quote:
Original Posted By k4l0nk►
Kami cukup bangga mempunyai orang jenius seperti Prof. Dr. Ing. H. BJ. Habibie.
Anda tidak harus bangga karena anda bukan kami Warga Negara Republik Indonesia
Semua pesawat setelah BJ. Habibie menemukan hukum tersebut memakainya. Bahkan pesawat tempur F22 Raptor dan yang paling baru F35 menggunakan Hukum Habibie.
Anda tau berapa banyak mahasiswa Malaysia yang berguru pada beliau dulu saat beliau masih menjadi Guru Besar Institut Teknologi Bandung? Tanyakan ini pada Perdana Mentri Anda.
Buat TS : Page One Spoiler ane dong, gan....
Kami cukup bangga mempunyai orang jenius seperti Prof. Dr. Ing. H. BJ. Habibie.
Anda tidak harus bangga karena anda bukan kami Warga Negara Republik Indonesia

Spoiler for Karya BJ. Habibie yang dipakai di Dunia Penerbangan:
Penemu Teori Habibie
Pemakai dan produsen pesawat terbang sama-sama tidak tahu persis, sejauh mana bodi pesawat terbang masih andal dioperasikan. Akibatnya memang bisa fatal. Pada awal 1960-an, musibah pesawat terbang masih sering terjadi karena kerusakan konstruksi yang tak terdeteksi. Kelelahan (fatique) pada bodi masih sulit dideteksi dengan keterbatasan perkakas. Belum ada pemindai dengan sensor laser yang didukung unit pengolah data komputer, untuk mengatasi persoalan rawan ini.Titik rawan kelelahan ini biasanya pada sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang atau antara sayap dan dudukan mesin. Elemen inilah yang mengalami guncangan keras dan terus-menerus, baik ketika tubuhnya lepas landas maupun mendarat. Ketika lepas landas, sambungannya menerima tekanan udara (uplift)yang besar. Ketika menyentuh landasan, bagian ini pula yang menanggung empasan tubuh pesawat. Kelelahan logam pun terjadi, dan itu awal dari keretakan (krack).Titik rambat, yang kadang mulai dari ukuran 0,005 milimeter itu terus merambat. Semakin hari kian memanjang dan bercabang-cabang. Kalau tidak terdeteksi, #######nya mahal, karena sayapbisa sontak patah saat pesawat tinggal landas. Dunia penerbangan tentu amat peduli, apalagi saat itu pula mesin-mesin pesawat mulai berganti dari propeller ke jet. Potensi fatique makin besar.Habibie-lah yang kemudian menemukan bagaimana rambatan titik krack itu bekerja. Perhitungannya sungguh rinci, sampai pada hitungan atomnya. Oleh dunia penerbangan, teori Habibie ini lantas dinamakan krack progression.Dari sinilah Habibie mendapat julukan sebagai Mr. krack. Tentunya teori ini membuat pesawat lebih aman. Tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah.
Penemu Faktor Habibie
Sebelum titik krack bisa dideteksi secara dini, para insinyur mengantispasi kemungkinan muncul keretakan konstruksi dengan cara meninggikan faktor keselamatannya (SF). Caranya, meningkatkan kekuatan bahan konstruksi jauh di atas angka kebutuhan teoritisnya. Akibatnya, material yang diperlukan lebih berat. Untuk pesawat terbang, material aluminium dikombinasikan dengan baja. Namun setelah titik krack bisa dihitung maka derajat SF bisa diturunkan. Misalnya dengan memilih campuran material sayap dan badan pesawat yang lebih ringan. Porsi baja dikurangi, aluminium makin dominan dalam bodi pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan, terobosan ini tersohor dengan sebutan Faktor Habibie.Faktor Habibie bisa meringankan operating empty weight (bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar) hingga 10% dari bobot sebelumnya. Bahkan angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah Habibie menyusupkan material komposit ke dalam tubuh pesawat. Namun pengurangan berat ini tak membuat maksimum take off weight-nya (total bobot pesawat ditambah penumpang dan bahan bakar) ikut merosot. Dengan begitu, secara umum daya angkut pesawat meningkat dan daya jelajahnya makin jauh. Sehingga secara ekonomi, kinerja pesawatbisa ditingkatkan.
Faktor Habibie ternyata juga berperan dalam pengembangan teknologi penggabungan bagian per bagian kerangka pesawat. Sehingga sambungan badan pesawatyang silinder dengan sisi sayap yang oval mampu menahan tekanan udara saat tubuh pesawat lepas landas. Begitu juga pada sambungan badan pesawat dengan landing gear jauh lebih kokoh, sehingga mampu menahan beban saat pesawat mendarat. Faktor mesin jet yang menjadi penambah potensi fatique menjadi turun.
Pemakai dan produsen pesawat terbang sama-sama tidak tahu persis, sejauh mana bodi pesawat terbang masih andal dioperasikan. Akibatnya memang bisa fatal. Pada awal 1960-an, musibah pesawat terbang masih sering terjadi karena kerusakan konstruksi yang tak terdeteksi. Kelelahan (fatique) pada bodi masih sulit dideteksi dengan keterbatasan perkakas. Belum ada pemindai dengan sensor laser yang didukung unit pengolah data komputer, untuk mengatasi persoalan rawan ini.Titik rawan kelelahan ini biasanya pada sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang atau antara sayap dan dudukan mesin. Elemen inilah yang mengalami guncangan keras dan terus-menerus, baik ketika tubuhnya lepas landas maupun mendarat. Ketika lepas landas, sambungannya menerima tekanan udara (uplift)yang besar. Ketika menyentuh landasan, bagian ini pula yang menanggung empasan tubuh pesawat. Kelelahan logam pun terjadi, dan itu awal dari keretakan (krack).Titik rambat, yang kadang mulai dari ukuran 0,005 milimeter itu terus merambat. Semakin hari kian memanjang dan bercabang-cabang. Kalau tidak terdeteksi, #######nya mahal, karena sayapbisa sontak patah saat pesawat tinggal landas. Dunia penerbangan tentu amat peduli, apalagi saat itu pula mesin-mesin pesawat mulai berganti dari propeller ke jet. Potensi fatique makin besar.Habibie-lah yang kemudian menemukan bagaimana rambatan titik krack itu bekerja. Perhitungannya sungguh rinci, sampai pada hitungan atomnya. Oleh dunia penerbangan, teori Habibie ini lantas dinamakan krack progression.Dari sinilah Habibie mendapat julukan sebagai Mr. krack. Tentunya teori ini membuat pesawat lebih aman. Tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah.
Penemu Faktor Habibie
Sebelum titik krack bisa dideteksi secara dini, para insinyur mengantispasi kemungkinan muncul keretakan konstruksi dengan cara meninggikan faktor keselamatannya (SF). Caranya, meningkatkan kekuatan bahan konstruksi jauh di atas angka kebutuhan teoritisnya. Akibatnya, material yang diperlukan lebih berat. Untuk pesawat terbang, material aluminium dikombinasikan dengan baja. Namun setelah titik krack bisa dihitung maka derajat SF bisa diturunkan. Misalnya dengan memilih campuran material sayap dan badan pesawat yang lebih ringan. Porsi baja dikurangi, aluminium makin dominan dalam bodi pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan, terobosan ini tersohor dengan sebutan Faktor Habibie.Faktor Habibie bisa meringankan operating empty weight (bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar) hingga 10% dari bobot sebelumnya. Bahkan angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah Habibie menyusupkan material komposit ke dalam tubuh pesawat. Namun pengurangan berat ini tak membuat maksimum take off weight-nya (total bobot pesawat ditambah penumpang dan bahan bakar) ikut merosot. Dengan begitu, secara umum daya angkut pesawat meningkat dan daya jelajahnya makin jauh. Sehingga secara ekonomi, kinerja pesawatbisa ditingkatkan.
Faktor Habibie ternyata juga berperan dalam pengembangan teknologi penggabungan bagian per bagian kerangka pesawat. Sehingga sambungan badan pesawatyang silinder dengan sisi sayap yang oval mampu menahan tekanan udara saat tubuh pesawat lepas landas. Begitu juga pada sambungan badan pesawat dengan landing gear jauh lebih kokoh, sehingga mampu menahan beban saat pesawat mendarat. Faktor mesin jet yang menjadi penambah potensi fatique menjadi turun.
Semua pesawat setelah BJ. Habibie menemukan hukum tersebut memakainya. Bahkan pesawat tempur F22 Raptor dan yang paling baru F35 menggunakan Hukum Habibie.
Anda tau berapa banyak mahasiswa Malaysia yang berguru pada beliau dulu saat beliau masih menjadi Guru Besar Institut Teknologi Bandung? Tanyakan ini pada Perdana Mentri Anda.

Buat TS : Page One Spoiler ane dong, gan....
Quote:
Original Posted By k4l0nk►
Iya gan
tapi beliau tidak patah arang gan, beliau bersama anaknya ilham habibie sedang membuat pesawat baru di perusahaannya PT. RAI (PT Ragio Aviasi Industri). Beliau tetap burjuang untuk bangsa dan negara seperti janji beliau dulu saat di jerman.
sumbernya di sini gan.
Kita patut bangga, kita adalah leader Industri penerbangan di regional asia tenggara. Malaysia sudah punya kah?
Iya gan

tapi beliau tidak patah arang gan, beliau bersama anaknya ilham habibie sedang membuat pesawat baru di perusahaannya PT. RAI (PT Ragio Aviasi Industri). Beliau tetap burjuang untuk bangsa dan negara seperti janji beliau dulu saat di jerman.
sumbernya di sini gan.
Kita patut bangga, kita adalah leader Industri penerbangan di regional asia tenggara. Malaysia sudah punya kah?
Quote:









Diubah oleh erikboedi 23-03-2014 23:24
0
16.2K
Kutip
163
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan