- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
15 Jalan Paling Keren Dan Ekstrim Di Dunia.


TS
yahya.azzam
15 Jalan Paling Keren Dan Ekstrim Di Dunia.


Quote:
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرحْمَنِ اارحِيم
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Orang bijak berkata Banyak jalan menuju Roma. Tapi pepatah tersebut tidak ada hubungannya dengan postingan saya kali ini, hehe..
Satu-satunya yang menjadi penghubung adalah kata "Jalan". Ya, di postingan ini saya akan mengajak Gansist untuk berkeliling menelusuri jalan-jalan paling keren dan ekstrim di dunia.
Oke, kencangkan sabuk pengaman GanSist, siapkan kamera digital dan Handycam untuk mengabadikan keindahan yang akan kita lalui. Perjalanan dimulai......

Oke, kencangkan sabuk pengaman GanSist, siapkan kamera digital dan Handycam untuk mengabadikan keindahan yang akan kita lalui. Perjalanan dimulai......


Sebelum Jalan-Jalan Bantu Rate yee Gan

Quote:
Spoiler for 1.:
San Bernardino Pass – Switzerland



Jalur lainnya yang melewati pegunungan tinggi Alpen di Swiss adalah San Bernardino Pass, sebuah jalan yang menghubungkan kota-kota di Swiss seperti Misox dan Hinterrhein yang juga merupakan salah satu jalan terbesar di dunia. Jalur ini terletak di ketinggian 2.065 meter dan memiliki jalan yang mulus, banyak jepit rambut, tikungan menantang dan tentu saja, pemandangan yang menakjubkan. Jalan ini akan membawa kita melewati sebuah terowongan sepanjang 6,6 km yang mengesankan.



Jalur lainnya yang melewati pegunungan tinggi Alpen di Swiss adalah San Bernardino Pass, sebuah jalan yang menghubungkan kota-kota di Swiss seperti Misox dan Hinterrhein yang juga merupakan salah satu jalan terbesar di dunia. Jalur ini terletak di ketinggian 2.065 meter dan memiliki jalan yang mulus, banyak jepit rambut, tikungan menantang dan tentu saja, pemandangan yang menakjubkan. Jalan ini akan membawa kita melewati sebuah terowongan sepanjang 6,6 km yang mengesankan.
Spoiler for 2.:
Los Caracoles Pass – Andes



Los Caracoles Pass, sebuah jalur dimana kita akan melewati medan yang keras dari Pegunungan Andreas dari Andes di jalan antara Chili dan Argentina. Jalan ini memiliki banyak "hard switchbacks" di sebuah lereng yang sangat curam. Los Caracoles selalu ditutupi salju hampir sepanjang tahun yang membuatnya sangat sulit untuk ditaklukan. Terlepas dari kenyataan bahwa itu merupakan salah satu jalan paling menantang di dunia, Los Caracoles Pass memiliki catatan keselamatan yang bagus.



Los Caracoles Pass, sebuah jalur dimana kita akan melewati medan yang keras dari Pegunungan Andreas dari Andes di jalan antara Chili dan Argentina. Jalan ini memiliki banyak "hard switchbacks" di sebuah lereng yang sangat curam. Los Caracoles selalu ditutupi salju hampir sepanjang tahun yang membuatnya sangat sulit untuk ditaklukan. Terlepas dari kenyataan bahwa itu merupakan salah satu jalan paling menantang di dunia, Los Caracoles Pass memiliki catatan keselamatan yang bagus.
Spoiler for 3.:
Col de Turini – France



Col de Turini terbentang melewati Pegunungan Alpen di bagian selatan Perancis pada ketinggian lebih dari 1 mil di atas permukaan laut. Jalan ini dimasukkan sebagai bagian dari tahap Reli 20 Mil setiap tahun di Reli Monte Carlo pada ajang World Rally Championship (WRC) dan menggabungkan 34 jepit rambut dan garis regangan yang panjang di mana mobil dapat melaju dengan kecepatan puncak lebih dari 110 mph. Tahap ini merupakan salah satu bagian yang paling menantang dari WRC dan terpisah dari jalan yang indah, pemandangan di sekitarnya menjadikan jalan ini sebagai salah satu yang paling atraktif dan mengesankan di dunia.



Col de Turini terbentang melewati Pegunungan Alpen di bagian selatan Perancis pada ketinggian lebih dari 1 mil di atas permukaan laut. Jalan ini dimasukkan sebagai bagian dari tahap Reli 20 Mil setiap tahun di Reli Monte Carlo pada ajang World Rally Championship (WRC) dan menggabungkan 34 jepit rambut dan garis regangan yang panjang di mana mobil dapat melaju dengan kecepatan puncak lebih dari 110 mph. Tahap ini merupakan salah satu bagian yang paling menantang dari WRC dan terpisah dari jalan yang indah, pemandangan di sekitarnya menjadikan jalan ini sebagai salah satu yang paling atraktif dan mengesankan di dunia.
Spoiler for 4.:
The Jebel Hafeet Mountain Road – UAE




Jebel Hafeet Mountain Road di Uni Emirat Arab membentang seluas 7,3 km dengan 60 persennya muncul di pegunungan dengan ketinggian 1.219 m. Sepanjang jalan UEA adalah gunung dengan pemandangan indah dari padang pasir dan berakhir pada tempat parkir hotel. Jalan adalah campuran lurus cepat dan menyapu kurva yang menggabungkan secara sempurna dari tikungan satu ke tikungan yang lain menjadikan jalan ini sebagai salah satu pemandangan yang menakjubkan di tengah padang pasir.




Jebel Hafeet Mountain Road di Uni Emirat Arab membentang seluas 7,3 km dengan 60 persennya muncul di pegunungan dengan ketinggian 1.219 m. Sepanjang jalan UEA adalah gunung dengan pemandangan indah dari padang pasir dan berakhir pada tempat parkir hotel. Jalan adalah campuran lurus cepat dan menyapu kurva yang menggabungkan secara sempurna dari tikungan satu ke tikungan yang lain menjadikan jalan ini sebagai salah satu pemandangan yang menakjubkan di tengah padang pasir.
Spoiler for 5.:
Lysebotn Road – Norway



Jalan Lysebotn dianggap sebagai salah satu jalan yang paling indah di Eropa dan semuanya dimulai dengan jalan sempit dari dinding curam di Lysefjord, Norwegia. Jalan ini mencakup 27 jepit rambut menantang dan terowongan sepanjang 1,1 km di bagian bawah yang juga memiliki 3 switchbacks untuk membuat sesuatu yang lebih menarik. Permukaan jalan ini terasa sempurna dan orang-orang yang sudah pernah berada di jalan ini menganggapnya sebagai sebuah rollercoaster. Ini mungkin jalan paling menyenangkan dari Norwegia dan 30 km terakhir menuju Lysebotn akan menempatkan senyum di wajah setiap pengemudi yang melewati jalan itu.



Jalan Lysebotn dianggap sebagai salah satu jalan yang paling indah di Eropa dan semuanya dimulai dengan jalan sempit dari dinding curam di Lysefjord, Norwegia. Jalan ini mencakup 27 jepit rambut menantang dan terowongan sepanjang 1,1 km di bagian bawah yang juga memiliki 3 switchbacks untuk membuat sesuatu yang lebih menarik. Permukaan jalan ini terasa sempurna dan orang-orang yang sudah pernah berada di jalan ini menganggapnya sebagai sebuah rollercoaster. Ini mungkin jalan paling menyenangkan dari Norwegia dan 30 km terakhir menuju Lysebotn akan menempatkan senyum di wajah setiap pengemudi yang melewati jalan itu.
Spoiler for 6.:
Stelvio Pass – Italy






Dari Pegunungan Alpen di Timur Italia, Stelvio Pass Road menghubungkan Valtellina dengan Merano dan bagian atas lembah Adige. Ini adalah jalan beraspal tertinggi kedua di Pegunungan Alpen yang terletak pada ketinggian sekitar 1,7 mil (sekitar 2.757 meter) di atas permukaan laut. Stelvio Pass adalah salah satu rute terbaik dengan jepit rambut berkesinambungan di dunia dan jalan ini menjadi sangat populer dengan kehadiran 48 tikungan tajam serta kenyataan bahwa jalan menjadi sangat sempit di beberapa titik dan memiliki beberapa tanjakan yang sangat terjal. Jalan ini dianggap oleh banyak penggemar mobil sebagai salah satu jalan paling menantang di dunia dengan pemandangan yang benar-benar menakjubkan dan spektakuler.
Spoiler for 7.:
Transfagarasan – Romania




Transfăgărășan (itu ejaan yang tepat) adalah jalan beraspal tertinggi dan paling dramatis dari Rumania. Dibangun sebagai rute militer strategis oleh mantan diktator Nicolae Ceausescu antara tahun 1970 dan 1974, jalan ini menghubungkan daerah-daerah bersejarah Transylvania dan Wallachia, dan kota-kota di Sibiu dan Pitesti.
Transfagarasan mewakili 90 km dari liku-liku jalan yang membentang dari Utara ke Selatan di bagian tertinggi dari Pegunungan Carpathian diantara puncak puncak gunung tertinggi di Rumania. Di atas gunung, jalan ini menyediakan akses ke Balea Lake, sebuah danau gletser yang telah ada selama ribuan tahun dan juga memiliki sebuah terowongan sepanjang hampir 1 km langsung melalui atas gunung. Jalan itu dibangun dengan biaya tinggi, baik secara finansial maupun sudut pandang manusia. Dengan lebih dari 6 juta kilogram bahan peledak yang digunakan pada bagian utara dan dari catatan resmi diungkapkan sebanyak 40 prajurit yang kehilangan nyawa mereka saat membangunnya.
Namun catatan tidak resmi menyebutkan bahwa pembuatan terowongan tersebut telah memakan korban sekitar 400 jiwa. Ujung utara jalan adalah yang paling spektakuler dan itu dihiasi dengan jepit rambut berubah curam, kurva S yang panjang dan turunan yang tajam dikombinasikan dengan pemandangan yang benar-benar menakjubkan! Antara Oktober dan Juni jalan ini berada di bawah salju dan biasanya tertutup. Itu artinya, hanya beberapa bulan di musim panas jalan ini tersedia untuk dinikmati para pengendara.




Transfăgărășan (itu ejaan yang tepat) adalah jalan beraspal tertinggi dan paling dramatis dari Rumania. Dibangun sebagai rute militer strategis oleh mantan diktator Nicolae Ceausescu antara tahun 1970 dan 1974, jalan ini menghubungkan daerah-daerah bersejarah Transylvania dan Wallachia, dan kota-kota di Sibiu dan Pitesti.
Transfagarasan mewakili 90 km dari liku-liku jalan yang membentang dari Utara ke Selatan di bagian tertinggi dari Pegunungan Carpathian diantara puncak puncak gunung tertinggi di Rumania. Di atas gunung, jalan ini menyediakan akses ke Balea Lake, sebuah danau gletser yang telah ada selama ribuan tahun dan juga memiliki sebuah terowongan sepanjang hampir 1 km langsung melalui atas gunung. Jalan itu dibangun dengan biaya tinggi, baik secara finansial maupun sudut pandang manusia. Dengan lebih dari 6 juta kilogram bahan peledak yang digunakan pada bagian utara dan dari catatan resmi diungkapkan sebanyak 40 prajurit yang kehilangan nyawa mereka saat membangunnya.
Namun catatan tidak resmi menyebutkan bahwa pembuatan terowongan tersebut telah memakan korban sekitar 400 jiwa. Ujung utara jalan adalah yang paling spektakuler dan itu dihiasi dengan jepit rambut berubah curam, kurva S yang panjang dan turunan yang tajam dikombinasikan dengan pemandangan yang benar-benar menakjubkan! Antara Oktober dan Juni jalan ini berada di bawah salju dan biasanya tertutup. Itu artinya, hanya beberapa bulan di musim panas jalan ini tersedia untuk dinikmati para pengendara.
Spoiler for 8.:
The Overseas Highway - Florida Keys



The Overseas Highway adalah jalan yang melintas dari pulau ke pulau menyebrangi 42 jembatan di barat daya Florida Keys yang dibangun pada tahun 1938. Jalan raya sebagian besar di atas air dan di sekitar empat jam perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan indah, laut dan tentu saja, matahari yang terbit dan matahari terbenam yang luar biasa, jika Anda datang ke sini pada waktu yang tepat. Selama liburan lalu lintas akan membuat perjalanan melalui jalan raya ini sedikit lebih lama, tapi aku yakin semua orang akan senang untuk tinggal di jalan ini selama mungkin.



The Overseas Highway adalah jalan yang melintas dari pulau ke pulau menyebrangi 42 jembatan di barat daya Florida Keys yang dibangun pada tahun 1938. Jalan raya sebagian besar di atas air dan di sekitar empat jam perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan indah, laut dan tentu saja, matahari yang terbit dan matahari terbenam yang luar biasa, jika Anda datang ke sini pada waktu yang tepat. Selama liburan lalu lintas akan membuat perjalanan melalui jalan raya ini sedikit lebih lama, tapi aku yakin semua orang akan senang untuk tinggal di jalan ini selama mungkin.
Spoiler for 9.:
Red Rock Scenic Road – USA



Red Rock Scenic Road, sering disebut "museum tanpa dinding". Jalan ini memberikan pemandangan indah dari batu merah yang menakjubkan yang tampak hidup seperti roh abadi yang menawan dan menginspirasi semua orang. Mereka yang melalui Red Rock Scenic juga melewati Montezuma Castle National Monument and the Coconino National Forest yang memberikan setiap pengendara rasa yang menakjubkan dan kedekatan dengan alam.



Red Rock Scenic Road, sering disebut "museum tanpa dinding". Jalan ini memberikan pemandangan indah dari batu merah yang menakjubkan yang tampak hidup seperti roh abadi yang menawan dan menginspirasi semua orang. Mereka yang melalui Red Rock Scenic juga melewati Montezuma Castle National Monument and the Coconino National Forest yang memberikan setiap pengendara rasa yang menakjubkan dan kedekatan dengan alam.
Spoiler for 10.:
Iroha-zaka – Japan



Iroha-Zaka adalah jalan berliku dari Jepang yang menghubungkan pusat Nikko dan Oku-Nikko. Jalan ini terdiri dari 48 kurva dan sudut masing-masing memiliki alfabet Jepang kuno, mulai dalam urutan abjad dari I-ro-ha yang juga diberikan sebagai nama jalan ini. Iroha-Zaka sebenarnya terdiri dari dua jalan, satu untuk turun dan satunya lagi untuk naik dan mereka berdua memiliki 48 kurva yang cocok dengan 48 huruf alfabet Jepang kuno.



Iroha-Zaka adalah jalan berliku dari Jepang yang menghubungkan pusat Nikko dan Oku-Nikko. Jalan ini terdiri dari 48 kurva dan sudut masing-masing memiliki alfabet Jepang kuno, mulai dalam urutan abjad dari I-ro-ha yang juga diberikan sebagai nama jalan ini. Iroha-Zaka sebenarnya terdiri dari dua jalan, satu untuk turun dan satunya lagi untuk naik dan mereka berdua memiliki 48 kurva yang cocok dengan 48 huruf alfabet Jepang kuno.
Spoiler for 11.:
Atlantic Road – Norway



The Atlantic Road terpilih sebagai konstruksi Norwegia abad ini, merupakan bentangan sepanjang lima Mil dari jalan yang menghubungkan kota Molde dan Kristiansund di negeri ini. Beberapa bagian dari jalan ini memiliki permukaan yang bergelombang, turun naik dan ini sangat menakjubkan seperti ombak yang sedang pasang. Selain jalan yang luar biasa itu sendiri, pemandangan sekitarnya bisa sangat menakjubkan yang membuat para pengendara yang melintasi jalan ini terpesona.



The Atlantic Road terpilih sebagai konstruksi Norwegia abad ini, merupakan bentangan sepanjang lima Mil dari jalan yang menghubungkan kota Molde dan Kristiansund di negeri ini. Beberapa bagian dari jalan ini memiliki permukaan yang bergelombang, turun naik dan ini sangat menakjubkan seperti ombak yang sedang pasang. Selain jalan yang luar biasa itu sendiri, pemandangan sekitarnya bisa sangat menakjubkan yang membuat para pengendara yang melintasi jalan ini terpesona.
Spoiler for 12.:
Oberalp Pass – Switzerland



Oberalp Pass merupakan jalan yang luar biasa di atas pegunungan Swiss yang tinggi dan itu adalah link penting antara Central Switzerland and the Graubunden Oberland. Jalan ini benar-benar populer bagi semua pengendara dari Eropa, tapi jalan hanya dibuka selama bulan-bulan musim panas. Di musim dingin lalu lintas di jalan ini telah ditutup dan jalan itu sendiri digunakan sebagai tempat ski slope, toboggan run dan hiking trail!



Oberalp Pass merupakan jalan yang luar biasa di atas pegunungan Swiss yang tinggi dan itu adalah link penting antara Central Switzerland and the Graubunden Oberland. Jalan ini benar-benar populer bagi semua pengendara dari Eropa, tapi jalan hanya dibuka selama bulan-bulan musim panas. Di musim dingin lalu lintas di jalan ini telah ditutup dan jalan itu sendiri digunakan sebagai tempat ski slope, toboggan run dan hiking trail!
Spoiler for 13.:
Trollstigen – Norway



Salah satu atraksi yang paling terkenal dari Fjord di Norwegia adalah jalan Trollstigen, jalan pegunungan berkelok-kelok curam yang terletak di wilayah Rauma. Arti kata Trollstigen berarti Troll Ladder dalam bahasa Inggris dan itu merupakan serangkaian jalan yang menakjubkan dengan pemandangan indah dan beberapa air terjun yang luar biasa. Jalan ini sangat sempit dan daun sangat sedikit kemungkinan untuk kendaraan melewati satu sama lain dan dengan gradien curam 9% dan 11 jepit rambut, itu benar-benar menantang. Tapi itu semua layak jika Anda sampai ke puncak di mana Anda akan melihat jalan ini menakjubkan dari atas dan air terjun Stigfossen, sebuah air terjun setinggi 320m yang jatuh ke sisi gunung.



Salah satu atraksi yang paling terkenal dari Fjord di Norwegia adalah jalan Trollstigen, jalan pegunungan berkelok-kelok curam yang terletak di wilayah Rauma. Arti kata Trollstigen berarti Troll Ladder dalam bahasa Inggris dan itu merupakan serangkaian jalan yang menakjubkan dengan pemandangan indah dan beberapa air terjun yang luar biasa. Jalan ini sangat sempit dan daun sangat sedikit kemungkinan untuk kendaraan melewati satu sama lain dan dengan gradien curam 9% dan 11 jepit rambut, itu benar-benar menantang. Tapi itu semua layak jika Anda sampai ke puncak di mana Anda akan melihat jalan ini menakjubkan dari atas dan air terjun Stigfossen, sebuah air terjun setinggi 320m yang jatuh ke sisi gunung.
Spoiler for 14.:
Guoliang Tunnel Road – China



Guoliang Tunnel Road dibangun oleh penduduk dari 13 desa setempat dalam waktu hanya lima tahun di pegunungan Taihang yang terletak di provinsi Hunan, Cina. Banyak penduduk desa kehilangan nyawa mereka dalam kecelakaan selama pembangunan terowongan ini, tetapi pada tahun 1977 terowongan itu dibuka untuk lalu lintas. Terowongan yang diukir dari gunung 1.200 meter, dengan tinggi 5 meter dan lebar 4 meter lebar ini juga salah satu jalan paling berbahaya di dunia. Bahkan, terowongan yang sangat indah ini dijuluki sebagai “the road that does not tolerate any mistakes” alias "jalan yang tidak mentolerir kesalahan" dan jalan ini menjadi salah satu tujuan utama pada peta pariwisata Cina.



Guoliang Tunnel Road dibangun oleh penduduk dari 13 desa setempat dalam waktu hanya lima tahun di pegunungan Taihang yang terletak di provinsi Hunan, Cina. Banyak penduduk desa kehilangan nyawa mereka dalam kecelakaan selama pembangunan terowongan ini, tetapi pada tahun 1977 terowongan itu dibuka untuk lalu lintas. Terowongan yang diukir dari gunung 1.200 meter, dengan tinggi 5 meter dan lebar 4 meter lebar ini juga salah satu jalan paling berbahaya di dunia. Bahkan, terowongan yang sangat indah ini dijuluki sebagai “the road that does not tolerate any mistakes” alias "jalan yang tidak mentolerir kesalahan" dan jalan ini menjadi salah satu tujuan utama pada peta pariwisata Cina.
Spoiler for 15.:
North Yungas “Road of Death” – Bolivia
















The North Yungas Road adalah jalan sepanjang 43 mil yang menghubungkan La Paz dan Coroico jauh ke Andes Bolivia. Jalan ini dinamai oleh penduduk setempat "El Camino de la Muerte" atau Jalan Kematian dan itu merupakan nama jalan paling berbahaya di dunia pada tahun 1995.
Jalan ini terkenal karena berbahaya, memiliki lebar yang ekstrem, jalur tunggal dengan menakutkan, jepit rambut yang ketat, bagian-bagian sempit dan hampir tidak ada pagar sama sekali. Kabut dan hujan dapat membuat visibilitas jarak pandang menjadi sangat minim dan permukaan jalan berlumpur yang menambah licin jalan ini. Rata-rata, ada kecelakaan fatal setiap beberapa minggu di jalan ini dan diperkirakan bahwa 200 sampai 300 Wisatawan terbunuh per tahun di jalan yang berbahaya ini. Namun saat ini, sudah jarang dilalui dan hanya digunakan terutama oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi ekstrem tersebut.
Dibangun pada tahun 1930 selama Perang Chaco oleh tahanan Paraguay. Merupakan salah satu dari beberapa rute yang menghubungkan daerah hutan Amazon Bolivia Utara, atau Yungas menuju ibukota.
Jalan ini dipenuhi dengan bebatuan ditambah dengan sering munculnya kabut yang mengurangi jarak pandang, tidak adanya pengaman samping jalan dan penuh dengan lumpur. Inilah mengapa wilayah ini sangat rentan terhadap kecelakaan. Seringkali bus atau truk selip dan terjun ke dalam jurang yang dalam, dan hal ini telah menyebabkan jumlah kematian yang tinggi selama bertahun-tahun. Setiap tempat terjadinya kecelakaan ditandai dengan salib.
Yang menarik, pada tahun 1990an jalanan ini menjadi tempat tujuan wisata yang populer. Selama tahun 1990 an, 25.000 wisatawan telah berkunjung ke tempat ini, terutama para penggemar sepeda gunung. Meskipun demikian, jalan ini tetap beresiko tinggi, sebanyak 13 pengendara sepedatelah meninggal sejak tahun 1998
















The North Yungas Road adalah jalan sepanjang 43 mil yang menghubungkan La Paz dan Coroico jauh ke Andes Bolivia. Jalan ini dinamai oleh penduduk setempat "El Camino de la Muerte" atau Jalan Kematian dan itu merupakan nama jalan paling berbahaya di dunia pada tahun 1995.
Jalan ini terkenal karena berbahaya, memiliki lebar yang ekstrem, jalur tunggal dengan menakutkan, jepit rambut yang ketat, bagian-bagian sempit dan hampir tidak ada pagar sama sekali. Kabut dan hujan dapat membuat visibilitas jarak pandang menjadi sangat minim dan permukaan jalan berlumpur yang menambah licin jalan ini. Rata-rata, ada kecelakaan fatal setiap beberapa minggu di jalan ini dan diperkirakan bahwa 200 sampai 300 Wisatawan terbunuh per tahun di jalan yang berbahaya ini. Namun saat ini, sudah jarang dilalui dan hanya digunakan terutama oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi ekstrem tersebut.
Dibangun pada tahun 1930 selama Perang Chaco oleh tahanan Paraguay. Merupakan salah satu dari beberapa rute yang menghubungkan daerah hutan Amazon Bolivia Utara, atau Yungas menuju ibukota.
Jalan ini dipenuhi dengan bebatuan ditambah dengan sering munculnya kabut yang mengurangi jarak pandang, tidak adanya pengaman samping jalan dan penuh dengan lumpur. Inilah mengapa wilayah ini sangat rentan terhadap kecelakaan. Seringkali bus atau truk selip dan terjun ke dalam jurang yang dalam, dan hal ini telah menyebabkan jumlah kematian yang tinggi selama bertahun-tahun. Setiap tempat terjadinya kecelakaan ditandai dengan salib.
Yang menarik, pada tahun 1990an jalanan ini menjadi tempat tujuan wisata yang populer. Selama tahun 1990 an, 25.000 wisatawan telah berkunjung ke tempat ini, terutama para penggemar sepeda gunung. Meskipun demikian, jalan ini tetap beresiko tinggi, sebanyak 13 pengendara sepedatelah meninggal sejak tahun 1998

[URL="hxxp://dowsondesigner.blogspot.com/2013/02/north-yungas-road-road-of-death.html"]S-U-M-B-E-R-2[/URL]---[URL="hxxp://www.mobgenic.com/2012/09/03/north-yungas-salah-satu-jalan-paling-berbahaya-di-dunia/"]S-U-M-B-E-R-3[/URL]
Tambahan dari agan setanpb
Quote:
Original Posted By setanpb►Di Indonesia Juga ada gan...Jalan Kelok 9 Padang

ane pernah lewat sini gan, aselii ngeriii
btw itu rerumputannya pas disitu gak sehijau di gambar
klo berkenan page one ye..

ane pernah lewat sini gan, aselii ngeriii

btw itu rerumputannya pas disitu gak sehijau di gambar

klo berkenan page one ye..
Quote:
Oke, berakhir sudah perjalanan kita menyusuri jalan-jalan paling keren dan ekstrim di Dunia, Silahkan pulang dan
beristirahat, makasih udah mampir ke thread ini dan udah ikut jalan-jalan yee
beristirahat, makasih udah mampir ke thread ini dan udah ikut jalan-jalan yee

Diubah oleh yahya.azzam 27-03-2014 13:22
0
40.5K
Kutip
248
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan