Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mus4viceAvatar border
TS
mus4vice
Buat agan agan yang suka sama durian ( 1 )
halo Bro. Sist.

by the way di tempat Bro Sist semua, lagi musim Durian A.k.A duren juga ngga nieh ?? kalau di tempat ane sekarang kebetulan lagi musim nih.
tau cara milih durian biar dapet yang memuaskan engga?
hasil ngobrol sama abang yang jualan tempat ane pernah beli ane share sini aja deh yah, kali aja ada yang mau nerapin entar,.
langsung cuss aja yah.


nih gan Tips Memilih Durian part 1


Durian yang akan anda beli atau konsumsi, secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:

1.Pilih durian yang enteng. Durian yang berat kalau tidak mentah, maka isinya bisa terlalu berair atau bahkan busuk. Jika Anda menemukan 2 buah durian dengan ukuran yang kurang lebih hampir sama, maka untuk menentukan kandungan isi durian yang lebih banyak caranya adalah dengan mengangkat keduanya. Durian yang terasa lebih enteng biasanya memiliki kandungan daging buah yang tebal namun berbiji kecil.

2.Cungkil sedikit kulit tangkainya dengan kuku misalnya, kalau kulitnya tebal, maka daging buahnya pun tebal juga. Kalau bagian dalam kulitnya kuning, maka warna daging buahnya pun kuning juga. Demikian pula jika sebaliknya.

3.Pegang dengan baik, lalu guncangkan. Jika ada terasa sesuatu yang berguncang di dalam, maka daging buah adalah berjenis kering. Ini bagus. Memukul-mukul kulit luar durian juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendeteksi kematangan dari buah durian. Durian yang telah matang biasanya memiliki rongga pada bagian dalamnya sehingga pada saat Anda memukul-mukulnya dengan menggunakan gagang pisau atau dengan kuku maka akan dihasilkan suara yang khas seperti "dug, dug, dug" atau "bluk, bluk, bluk". Jika bunyinya sama sekali tidak mirip seperti itu atau bukan seperti suara yang dihasilkan dari benda yang berongga, maka bisa dipastikan durian tersebut masih mentah.

4.Pegang buah durian dengan tangan lalu cium rapat jari anda. Jika aroma tercium manis, maka rasa durian adalah manis. Jika tercium aroma pekat yang memahit, maka rasa durian ini agak pahit. Ini yang bagus. Ini sekaligus untuk memastikan durian itu masak atau tidak. Durian mentah tidak mengeluarkan bau harum yang tajam, hanya bau segar buah yang lembut. Sebaiknya cium di lima sisi buah, karena ada durian yang matang sebelah, sebelahnya lagi masih mentah atau masih mengkal. Jika masih mengkal, maka tercium aroma lemak. Durian yang segar dan matang pohon baunya juga segar dan kuat, sedang durian peraman baunya hanya manis dan ringan.

5.Pilih durian yang durinya besar-besar. Biasanya yang begini daging buahnya tebal dan besar-besar. Demikian pula sebaliknya. umumnya durian yang berduri besar dan jarang memiliki daging yang lebih tebal dan lebih kering. Sebaliknya, buah durian yang berduri halus, kecil dan rapat biasanya memiliki tekstur daging buah yang lebih basah dan lembek.

6.Durian yang sudah merekah, maka rasanya sudah hambar, paling cuma tersisa rasa manis saja.

7.Durian yang berbentuk lonjong oval seperti jantung biasanya lebih baik daripada yang bulat. Durian jantung isinya sedikit, tetapi mantap betul! Durian yang bulat isinya banyak, tapi kurang enak. Durian ini cocok untuk keluarga besar.

part 2 dan 3 ada di sini gan

part 2 : http://www.kaskus.co.id/post/531bcb8...8b46e9348b45dd

part 3 : http://www.kaskus.co.id/post/531bcad...cb17620c8b46fe
Diubah oleh mus4vice 09-03-2014 02:06
-1
2K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan