742u4rd1
TS
742u4rd1
Sekolah Anak Marjinal TERMINAL HUJAN (Bogor)
Spoiler for WAJIB DIBACA SEBELUM MEMBACA!:


Permisi agan-agan sekalian..ini Thread pertama ane, di thread pertama ini ane mau coba share sedikit tentang sebuah sekolah informal yang ada di bogor bernama TERMINAL HUJANatau biasa disingkat TH. Monggo disimak gan emoticon-I Love Indonesia (S)




TERMINAL HUJAN atau biasa disingkat TH adalah sebuah sekolah untuk anak-anak marjinal yang letaknya di belakang terminal Baranang Siang Bogor. Sekolah ini awalnya didirikan oleh sekelompok anak muda lulusan SMANSA Bogor dan Lulusan Universitas Indonesia (UI). Nah ane kebetulan ikut bantu-bantu di sana jadi relawan tetap.

Siapa aja sih murid dari TH ini? murid TH terbagi dalam kelas-kelas layaknya sekolah biasa yaitu mulai dari pre-school sampai dengan kelas 2 SMP. materi yang kami ajarkan berkisar antara Matematika, Bahasa Indonesia, Kesenian, Agama, Olahraga dan kadang materi tentang keterampilan.

Ane bergabung di TH sejak awal tahun 2011, sampai sekarang ane masih aktif ngajar di sini. Jam belajar kami adalah hari minggu antara pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB. selama bergabung di sini ane menemukan suka duka nya gan.. Ane coba cerita mulai dari SUKA nya ya..

SUKA nya:


1. Ane nemuin banyak teman baru di sini
Sejak bergabung di TH, jaringan pertemanan ane bertambah gan..yang awalnya cuma depok dan sekitarnya mulai meluas ke Bekasi, Bogor, Tangerang dan sekitarnya. Hal ini wajar saja karena Relawan TH banyak yang berasal dari luar Bogor.
Spoiler for BUKA:



2. Ane menemukan arti bersyukur di sini gan
Mayoritas murid TH adalah anak-anak dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah gan, mereka bela-belain datang ke TH buat nambah ilmu dan nambah keluarga..kenapa keluarga? karena mereka nganggep Relawan TH udah kaya kakaknya sendiri..huhu..Walau hidup berkekurangan, tetapi mereka gak hilang semangat belajar gan.
Spoiler for BUKA:



3. Berhenti mengutuk kegelapan mulai lah menyalakan lilin perubahan
kalimat itu adalah kalimat yang disuarakan oleh Anies Bazwedan, intinya sebagai rakyat Indonesia kita harus memberikan sesuatu ke negeri ini. Di TH hal tersebut ane pelajari dengan baik gan, ane dan teman-teman yang lain belajar untuk tidak melulu protes..tapi mulai untuk berkontribusi walaupun masih kecil.
Spoiler for BUKA:



Sedangkan kalau dukaaaannyaaa...
GAK ADA GAAN karena ane menjalaninya dengan senang gembiraa emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Selama ini kami belajar di halaman kelurahan Kebon Jukut Bogor gan, soalnya kami gak punya tempat tetap.Dulu sih dikasih tempat di dalem kelurahan..tapi karena alasan di dalem kelurahan banyak alat-alat elektronik kemudian kami gak boleh make ruangan dalam kelurahan emoticon-Mad (S) Selain di halaman kelurahan, kami juga belajar di trotoar pinggir jalan atau sesekali di lapangan bola gan..
Spoiler for BUKA:



Murid TH bukannya gak sekolah formal gan, mereka sekolah tapi kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang tidak bisa mengikuti pelajaran entah karena malu, kekurangan biaya, tidak bisa beli buku dan lain-lain...

Pada awalnya kami mengajar di TH, banyak dari murid-murid TH yang tidak berani ngomong di depan kelas gan..atau kami banyak menemukan murid TH yang sudah kelas 4 atau 5 SD namun belum bisa baca tulis hitung emoticon-Berduka (S)
Namun alhamdulillah sekarang kondisinya udah baikann gan..udah gak separah dulu emoticon-I Love Indonesia (S)


Selain belajar, kami juga ada program baru untuk pemberdayaan ibu-ibu di sekitar Terminal Hujan loh gan. Jadi kami mengajari ibu-ibu tersebut untuk mandiri dan punya usaha sendiri. Ibu-ibu tersebut boleh mengajukan kredit yang akan dicicil murah setiap harinya semacam konsep Grameen Bank Muhammad Yunus. Juga ibu-ibu diajarkan untuk membuat dan memasarkan telor asin.. ini beberapa gambarnya gan:
Quote:


Selain itu kami juga beberapa kali mengadakan acara di TH..antara lain ini nih gan:


1. PELATIHAN DAN PENYULUHAN KESEHATAN UNTUK WARGA
Spoiler for BUKA:


2.OUTING TERMINAL HUJAN
Spoiler for BUKA:



3.UPACARA DAN LOMBA 17 AGUSTUS
Spoiler for BUKA:


Seruuu kan gan? ya inilah upaya kecil kami untuk berbakti ke ibu pertiwi gan..
Ane rumahnya di Pinang Ranti Jakarta gan, tapi hampir tiap minggu ane rutin datang untuk mengajar di TH.. banyak hal yang bikin ane semangat..Misalnya ngelihat raut muka semangat belajar adik-adik yang seperti ini...
Spoiler for BUKA:




YANG MAU DONASI KE TERMINAL HUJAN
Bisa Transfer Ke Nomor Rekening: 7024972008
Bank Syariah Mandiri cabang Bogor
a.n Irma Sela Karlina. Kalau mau berupa barang bisa kontak Sakti di 085695809731 untuk konfirmasi
.




Ini VIDEO terkait TERMINAL HUJAN ...
[YOUTUBE]


Untuk Info lebih lanjut:
1. Follow twitter @terminalhujan
2.Like Fanpage terminalhujan di https://www.facebook.com/TerminalHujan
3.Buka blog kami di http://terminalhujan.blogspot.com/
4.Contact (Sakti) 085695809731 bagi yang mau tanya-tanya tentang TH lebih jauh (Wasap,sms)



SALAM TERMINAL HUJAAAAAAAN





Spoiler for TS SAAT LAGI NGAJAR DI TERMINAL HUJAN:


Spoiler for BONUS:


Spoiler for JANGAN DIBUKA:


Spoiler for TAMBAHAN:



Spoiler for Beberapa komen dari Agan/Aganwati sekalian:

Diubah oleh 742u4rd1 27-12-2013 01:35
0
54K
733
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan