Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kedai.ukmAvatar border
TS
kedai.ukm
Investasi Hasil 10% Per Bulan, Investor Masuk
SORi Gan Judul Sangat Provokatif


ane cuma mengekspresikan Keheranan Ane..

Ane heran di forum UKM banyak banget yang nawarin investasi usaha di usaha UKM dengan return dan hasil FIX dengan persentase tertentu, biasanya 5-15% PER BULAN.

Ane herannya gini:
1. Investasi Return FIX 5-15% PER BULAN.
Menurut ane ini kok aneh ya. Berdasarkan pengalaman ane kuliah akuntansi dulu yang namanya investasi itu tidak bisa dijanjikan return fix selama jangka waktu tertentu. Apa sebab? karena yang namanya investasi itu dicatat sebagai penyertaan modal (bahasa gampangnya). nah, kalo dijanjikan fix dengan kurun waktu tertentu berarti (menurut ane) itu bukan investasi tapi itu adalah PINJAMAN. nah investor disini bukan menginvestasikan uangnya tapi meminjamkan uangnya.

2. Profit yang harus dibayar Lebih Besar daripada Minjam di Bank

contoh kasus:
investasi return fix 10% selama 6 bulan.
bulan 0 : agan invest 5 slot (1 slot @2 juta)
bulan 1: agan dapat profit =10% x Rp.10.000.000,- = Rp1.000.000,-
Bulan 2: sama perhitungannya =Rp.1.000.000,-
bulan 3: Rp 1.000.000,-
bulan 4: Rp 1.000.000,-
bulan 5: Rp 1.000.000,-
bulan 6: Rp 1.000.000,- + Rp 10.000.000,-

total agan terima = Rp 10.000.000,- (modal awal) + Rp 6.000.000 (profit selama 6 bulan) = RP 16.000.000 dalam kurun waktu 6 bulan

itu simulasi dari yang nawarin investasi. Bandingin kalo dya pinjam di bank?
bunga 11,25% per tahun (rate bank swasta tanggal 27 nov 2013)
bunga = 11,25% x 10.000.000 = 1.125.000,-
Total harus dibayar = Rp 10.000.000 (pokok pinjaman) + 1.125.000,- (bunga setahun) = Rp 11.125.000,- dalam kurun waktu 12 bulan.

Logikanya, lebih baik minjam di bank dari pada nawarin investasi yang harus bayar profit yang besar.

oke. mungkin justifikasinya kalo cari pinjaman di kaskus lewat trit investasi UKM lebih mudah. gak pake ribet.

(dengan perhitungan ini jelas banget kalo istilah hig risk high return berlaku. kenapa high return? karena profit yang dijanjikan diatas profit bunga bank secara umum. kenapa high risk? mungkin agan bisa jawab sendiri)

3. Usaha Gak Jelas
oke mungkin ini cuma pikiran jelek aja. kadang ada agan-agan yang ngaku udah jalanin usaha dan memerlukan modal tambahan. tapi apakah para investor tahu usaha yang sedang dijalankan? apakah foto saja dan pengakuan cukup? jangan-jangan usaha udah mau modar, keuangan morat marit, dan prospek suram.

4. Jaminan KTP

Apakah jaminan KTP cukup? ya balik lagi sama investornya.

5. Dikasih Laporan Keuangan
ciyus agan diberikan laporan keuangan? apa laporan kas keluar masuk aja? bagaimana dengan pencatatan aset? berapa transaksi penjualan tiap harinya? berapa pengeluaran tiap harinya? gimana bisa percaya kalo laporan keuangan gak ada. gimana bisnis bisa menghasilkan profit yang besar kalo yang jalanin usaha gak tahu kondisi bisnisnya.

banyak kok yang gak pake pembukuan yang bisa sukses (biasanya pembelaannya kek gini) --jawaban ane--> iya ada kok yang sukses..tapi banyak juga yang ancur..bahkan berantem karena gak ada pencatatan yang jelas..

6. Penggunaan dana gak jelas
informasi penggunaan dana yang diinvest gak jelas. Berapa digunakan untuk apa?

7. Kalo Bankrut Gimana
kalo bisnis yang diinvest bankrut atau ngakunya bankrut padahal kontrak belom selesai trus gimana? mau bagi-bagi aset? lha asetnya aja ngak jelas besarnya berapa? mau nuntut jaminan? lha kalo jaminannya cukup lha kalo kagak.

misal. dibuka slot investasi total dana 150 juta. jaminan sertifikat rumah. pertanyaannya. itu rumah harganya berapa? 150 juta kah? atau 200 juta kah?
trus emang investornya cuma agan doang? kalo ternyata ada 20 investor atau 30 investor bukannya makin runyam tuh?


udah 7 dulu aja. sisanya ane terusin di trit selanjutnya.

kesimpulannya: bukannya ane jelek-jelekin investasi di forum UKM. tapi ane cuma kasi sumbang pemikiran ane aja. soalnya menurut logika ane gak masuk akal.

invest di usaha UKM menurut ane bukan hal yang terlarang malah kudu alias wajib, soalnya banyak juga kok di forum ukm kaskus yang bisnis UKMnya bagus dan memang pantas untuk diinvestasikan. Kalo bisa seluruh UKM di Indonesia yang mengalami kekurangan modal kudu/harus mengajukan di forum kaskus UKM.

cuma, ya harus hati-hati sama penawaran investasi. jangan sampai salah kaprah. terus yang usahanya mau diinvestasiin juga jangan salah kaprah. investasi ya ngakunya investasi..nyari pinjaman ya ngakunya cari pinjaman..jangan pinjaman dibilang investasi..


NOte: trit ini kemungkinan besar akan di bata oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab..oleh karena itu, mohon bantuan agan untuk memberikan cendol untuk menetralisir timpukan bata para mahoemoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Note Lagi: Mohon maaf kalo ilmu yang ane miliki dangkal.


Quote:
Diubah oleh kedai.ukm 27-11-2013 17:04
0
5.5K
33
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan