Mobil yang bertransmisi otomatis biasa disebut Mobil Matik. Dalam penggunaannya mobil matik memang lebih gampang dibandingkan mobil manual, namun jangan pernah menyepelekan mobil matik apabila belum lancar menggunakannya dan mengenal arti huruf pada tuas mobil matik.
Spoiler for Shift Lock:
Tombol Shift Lock mempunyai fungsi sebagai sistem pengunci transmisi pada posisi tuas tertentu. Shift lock biasanya ada pada beberapa mobil keluaran terbaru. Mobil yang akan di parkir paralel gunakan tombol shift lock untuk menggeser posisi P ke N, sehingga mobil bisa digeser-geser.
Spoiler for Parking gear:
Huruf P (Park), posisi ini berarti secara mekanis, transmisi mengunci roda sehingga mobil tidak dapat maju maupun mundur. Agar transmisi awet, anda dianjurkan menggunakan posisi P apabila mobil berhenti lama atau kondisi mobil sedang di parkir.
Spoiler for Reverse:
Huruf R (Reverse), posisi ini berarti mobil bergerak mundur. Lakukan injak rem sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi R (model gate). Mobil matik prinsipnya akan selalu berjalan maka lakukan pelepasan rem secara perlahan-lahan agar mobil tidak mundur dengan cepat.
Spoiler for Netral:
Huruf N (Neutral), posisi ini berarti mobil dalam keadaan bebas. Kondisi roda mobil secara mekanis tidak terkunci oleh sistem transmisi, begitu juga pada putaran mesin. Mobil dapat didorong secara bebas. Pastikan posisi transmisi pada tuas N agar mobil dapat distarter (sama seperti posisi tuas di P).
Spoiler for D-3:
Huruf D-3 (Gigi 3), posisi ini mobil bergerak maju dan merupakan posisi top gear. Tanda ini juga sebagai petunjuk bahwa mobil jenis matik dengan 4 percepatan.
Spoiler for 2:
Huruf 2 (Gigi 2), Posisi ini biasa juga disebut second gear. Bila mobil berada pada tanjakan yang agak curam maka dianjurkan transmisi digeser ke tuas 2, begitu juga mobil dalam posisi jalan yang turunannya agak curam disebabkan tuas gigi 2 mempunyai engine break.
Spoiler for L:
Huruf L (Gigi 1), Posisi ini merupakan posisi transmisi yang paling rendah (low). Biasanya posisi ini digunakan jika mobi sedang menarik kendaraan di jalur berat, tanjakan yang sangat curam atau turunan yang sangat curam.
Pengenalan arti huruf-huruf pada tuas matik dapat sebagai informasi bagi pengemudi yang baru mengenal mobil bertransmisi matik. Mudah bukan, namun anda juga perlu memperhatikan teknik mengemudi yang aman saat memakai mobil matik baik di tanjakan, tempat parkir, jalan macet, atau berhenti di lampu merah, hal ini agar terhindar dari resiko kecelakaan…semoga bermanfaat.
Original Posted By BERB►Sedikit Tambahan Tips Dari Ane Bagi Kaskuser Pengguna Kendaraan Mobil BerTransmisi Automatic,
Kalo Sedang Terjebak Macet Atau Di Lampu Lalu Lintas Jangan Sering Posisikan Tuas Di D, Karena Hal Ini Bisa Buat Mobil Menjadi Boros Konsumsi BBMnya, Ini Karena Transmisi & Engine Kan Terus Berputar & Kita Tahan Dengan Rem Kaki.
Posisikan Di N (Jangan Lupa Tarik Rem Tangan) Atau P Biar Lebih Aman.
Ada yang bisa bantu ga nih gan
Quote:
Original Posted By leonardfresly►Gan ane mau tanya neh kmrn belajar mobil manual pas tanjakan sempet mundur krn nginjek koplingnya salah hampir pgn nbrak blkg ane, ane jd rada takut buat belajar manual lg, ane mau tanya apa mobil matic gak turun-turun disaat tanjakan krn gak ada kopling & gak mati mesin bagi pemula ? Thanks buat yg mau jawab
Semoga menjawab
Quote:
Original Posted By papoyz►bantu jawab ya gan,ane sebagai pengguna mobil matik ini ya.
apabila macet di tanjakan pake gigi D / 2 / L agar mobil tsb tidak turun, sedangkan turunan curam dan turunan belokan harap gunakan gigi D agar keseimbangan mobil dapat stabil. apabila macet di turunan, tetap di gigi D terkecuali emang stak ( dalam waktu yg lama ) pindahkan ke P / N. dengan catatan posisi N ditanjakan / turunan jangan lupa tarik rem tangannya
Quote:
Original Posted By muhammadkarim►D-3 itu buka D3
Prinsipnya mobil matik itu sebenernya tetep punya urutan transmisi. Biasanya cuma sampe 4 (alasannya biar lebih responsif. Tp ttp aja kalah responsif sama manual. Yaa karena mobil matik bukaan kopling dan oper transmisinya di atur komputer)
Pada dasarnya matic ttp punya gigi 1, 2, 3, 4 dst. kita bisa atur transmisi maksimal yg mau kita pake sampe brp. Misalkan jalan2 ke puncak. Kalo pk mobil manual kita maksimal cuma sampe gigi 2. Klo di matic tinggal pindahin perseneling ke D3 (bukan D) jadi kalo agan mau injek pedal sekuat2nya mobil tetep mentok sampe gigi 3. Sama klo kita masuk ke D2. Gigi maksimal cuma sampe gigi 2 ga akan pindah ke gigi 2. Jadi sebenernya salah kalo D3 D2 1 cuma buat tanjakan. Sebenernya cuma biar ga over shift. Kalo mau nyalib mobil di tol juga bisa dari D4 diturunin ke D3. Fungsinya sama kyk mobil manual dari gigi 4 turun ke gigi 3..