reyanssAvatar border
TS
reyanss
Peluang indonesia u-19 di kualifikasi AFC Cup



emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)


Sebelumya ...
Spoiler for NO REPOST:




Permisi para agan dan aganwati kaskuser semuanya, ane hanya kaskuser biasa yang peduli akan sepakbola indonesia.
Disin ane akan mencoba memprediksi peluang Timnas indonesia U-19 di ajang Kualifikasi AFC Cup U-19.
Sejak kemenangan Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF beberapa waktu lalu, para kaskuser kompak menulis tentang A-Z dari Timnas Junior itu.
Mari kita lupakan tentang AFF cup dan mulai melihat tantangan yang sudah siap menghadang garuda jaya di bulan Oktober ini.

Berdasarkan rilis drawing yang dikeluarkan AFC beberapa waktu lalu, Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan babak kualifikasi akan menghadapi Laos U-19, Phillipina U-19, dan juara 12 kali turnamen ini, yaitu Korea Selatan U-19. Sebenarnya masih ada Guam U-19, tapi mengundurkan diri.

Babak kualifikasi ini di bagi dalam 9 grup, dimana masing-masing grup terdiri 4 - 5 negara.

Berikut pembagian wilayah dan grup Piala AFC U-19 Myanmar 2014:

Wilayah Barat:
Grup A: Uzbekistan, Qatar, India, Turkmenistan, Nepal
Grup B: Yordania, Uni Emirat Arab, Yaman, Maladewa, Afghanistan
Grup C: Irak, Kuwait, Pakistan, Bangladesh
Grup D: Iran, Arab Saudi, Libanon, Tajikistan
Grup E : Syria, Oman, Bahrain, Palestina

Wilayah Timur:
Grup F: Australia, Vietnam, China Taipei (Taiwan), Hong Kong
Grup G: Korea Selatan, Indonesia, Laos, Filipina
Grup H: Korea Utara, Thailand, Singapura, Brunei
Grup I: Jepang, China, Malaysia, Makau.

Dari pembagian grup di atas, pemenang tiap grup akan masuk ke babak final yang akan di selenggarakan di Myanmar tahun depan.
Dibutuhkan 16 negara untuk berlaga di babak final. Satu tiket sudah pasti milik Myanmar U-19 selaku tuan rumah ... 9 tiket untuk juara grup di fase kualifikasi. dan enam tiket lagi harus diperebutkan oleh 9 kontestan yang keluar sebagai runner-up dimasing-masing grup.
Enam tiket tersebut akan dibagi rata, 3 negara dari Wilayah Barat dan 3 negara dari Wilayah Timur, dimana Indonesia berada.

Lalu bagaimana dengan peluang Indonesia U-19? ... Melawan Korea Selatan U-19, sepertinya adalah tantangan terberat Evan Dimas Cs. Keluar sebagai juara sebanyak 12 kali, tampaknya sudah cukup untuk menjadikan Korea Selatan U-19 sebagai kandidat kuat juara grup G.
Bagaimana dengan Laos U-19 dan Phillipina U-19? ... Bila ke dua negara ini menurunkan tim yang sama dengan yang berlaga di Piala AFF U-19 lalu, kans Indonesia U-19 untuk menjadi runner-up cukup terbuka. Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Timor Leste U-19 di fase semifinal adalah kuncinya.

Phillipina U-19 vs Laos U-19 (1-3)
Laos U-19 vs Timor Leste U-19 (1-3)
Timor Leste U-19 vs Laos U-19 (4-2)
Timor Leste U-19 vs Phillipina U-19 (2-1)

Sementara Timor Leste U-19 vs Indonesia U-19 dimenangkan Indonesia dengan skor 2-0. Melihat dari peta pertandingan di atas, ya walaupun sepakbola bukanlah sebuah matematika tapi sepertinya Indonesia bisa melewati hadangan Phillipina U-19 dan Laos U-19, permasalahannya dengan skor berapa? Karena kemungkinan besar skor inilah yang bisa membawa Timnas U-19 ke fase berikutnya.

Sekarang coba kita lihat peta di grup lain, Vietnam U-19, Korea Utara U-19, dan Jepang U-19 sepertinya akan keluar sebagai juara di tiap grupnya.
Tepat di baris ke dua, dihuni oleh Australia U-19, Indonesia U-19, Thailand U-19, dan China U-19. Mari kita lihat peta perjuangan pasukan muda ini lebih dalam.

Kita mulai dari Grup I, di sana ada China U-19. Dalam setahun terakhir mereka melakukan 4 kali pertandingan, yang kesemuanya berakhir dengan kekalahan, yaitu dari Australia U-19 (0-3), Korea Selatan U-19 (0-1), Irak U-19 (1-2) dan juga Thailand U-19 (1-2).
China U-19 hanya berhasil melesakkan 2 gol dan kemasukan 8 gol. Australia U-19, Korea Selatan U-19, dan Irak U-19, mungkin lawan yang cukup berat, tapi Thailand U-19?, tim ini baru dikalahkan Malaysia U-19, 2-1, di AFF kemarin.
Bagaimana dengan Malaysia U-19 sendiri dalam setahun terakhir malakoni 8 laga dengan rekor M:3-S:2-K:3, total agregasi gol (12-9). Mereka menang dari Kamboja U-19, Thailand U-19, dan Brunei U-19.
Bila melihat perbandingan antara Malaysia U-19 dan China U-19, sepertinya cukup berimbang. Sementara Makau U-19 sepertinya masih belum bisa menandingi Malaysia U-19 atau China U-19.

Lanjut ke Grup H, persaingan sengit sepertinya hanya akan terjadi antara Thailand dan Singapura, sementara Brunei U-19 sepertinya akan bernasib sama seperti Makau U-19.
Thailand sejatinya tidak memilik tim U-19, yang ada hanya U-20 dan U-17. Thailand U-20 yang saat ini dilatih Jirasak Jaroenchand, memilih pemain mudanya yang berusia di bawah 19 tahun untuk masuk skuad U-19, sisanya terpaksa ditinggal.
Dengan melakoni 7 pertandingan dalam setahun terakhir, Thailand U-19 hanya mampu sekali menang (vs Brunei, 8-0), dan sekali seri (vs Myanmar 4-4), sisanya kalah dengan agregasi gol imbang (17-17). Sementara itu, bagaimana dengan Singapura U-19? Tim ini baru saja di bantai 3-0 oleh Laos U-19, jadi kemungkinan tidak begitu istimewa. Apalagi dalam 4 laga di Piala AFF lalu tim ini menorehkan hasil sekali menang (vs Phillipna U-19, 3-1), sekali seri (vs Timor Leste U-19, 1-1), dan 2 kali kalah dari Kamboja U-19 dan Laos U-19, dimana 2 tim terakhir ini selalu jadi lumbung gol di tingkat seniornya. Jadi persaingan antara Thailand U-19 dan Singapura U-19 pasti akan sangat seru di grup ini, dan semoga ini bisa menjadi berkah bagi Evan Dimas Cs.

Bagaimana dengan Grup F, Hongkong U-19 adalah pesaing utama Australia U-19 bila ingin lolos dari grup ini karena melihat penampilan Vietnam di AFF kemarin ane rasa vietnam yang akan jadi juara di grup ini. Sebagaimana kita tahu, pada Februari lalu, Hongkong U-19 dalam invitasi HKFA International Youth U-18, berhasil menahan imbang Malaysia U-19 dan kalah vs Indonesia U-19 dengan skor 2-0. Ini membuktikan bahwa kualitas pemain muda Hongkong patut diwaspadai oleh pemain muda Australia U-19, karena kualitasnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia dan Malaysia. Sementara China Taipei U-19, sepertinya harus duduk manis di posisi akhir.

Dari sedikit analisis ini, peluang Indonesia U-19 cukup terbuka untuk merebut salah satu dari 3 tiket tersisa di wilayah timur, jika saja Indonesia berhasil menang versus Laos U-19 dan Phillipina U-19. Dan salah satu saja dari pertarungan antara Australia U-19 vs Hongkong 19, atau Thailand U-19 vs Singapura U-19, atau juga China U-19 vs Malaysia U-19 berakhir seri, maka tiket ke final sudah di tangan.

Bila memang harus menggantungkan hasil dari pertandingan lain, maka pertarungan 6 tim itu menjadi yang terdepan untuk kita simak, karena hasil mereka kemungkinan besar akan mempengaruhi langkah Indonesia untuk maju ke fase berikutnya di ajang Piala AFC U-19, yang akan berlangsung di Myanmar tahun depan.

Mengingat tangguhnya Korsel U-19 dan tidak bermaksud mengenyampingkan kemampuan Evan Dimas Cs ... Prediksi diatas, ane buat dengan asumsi jika Indonesia bisa menjadi runner-up grup dan korsel yang keluar sebagai juara grup.
Untuk menjadi runner-up tentu saja wajib menang melawan laos U-19 dan Phillipina U-19. ya walaupun dalam pertandingan terakhir kalah dari Korsel U-19 peluang indonesia untuk lolos masih sangat terbuka .
Namun jika indonesia bisa menahan korsel agregat gol lah yang menetuan untuk menjadi juara grup. ya ane sih berharap bisa sapu bersih kemenangan di ketiga partai itu, agar langkah indonesia semakin mulus melaju keputaran final ... kita harus selalu optimis karena ini adalah momen penting ... setelah Indonesia Juara Piala AFF. Para pemain tentu lebih percaya diri.

Ayo…kita bisa…. Jebreeet ...!!! emoticon-Bola

Quote:


Quote:


Quote:


UPDATE


Quote:

Ahay, menarik nih liat Dio permana ... pemain yang pernah trial sama salah satu tim di brazil dan pernah dilirik oleh klub belanda SC Heerenveen emoticon-Cendol (S)



Quote:
Diubah oleh reyanss 08-10-2013 13:09
0
8K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan