makankamusAvatar border
TS
makankamus
Asal Mula Prangko
Proud to be part of

Click Image To Visit Our Home
(..kami adalah komunitas di KASKUS dengan jumlah member sista jadi-jadianterbanyak..)


Hello


Quote:


Saat Ini agans dan sistas pasti sudah jarang mengirimkan surat seperti zaman pacaran emak babe kita dulu emoticon-Hammer (S). Tapi tidak ada salahnya mengetahui asal mula benda kecil yang biasa digunakan dalam persuratan emoticon-Kiss (S)


Asal Mula Prangko

Quote:


Prangko pertama diterbitkan pada tanggal 6 Mei 1840 di Inggris, bernama The Penny Black yang bergambar kepala Ratu Victoria, yang merupakan hasil gagasan dari Sir Rowland Hill.
Quote:

prangko pertama yang diterbitkan


Lalu apa yang mendasari diciptakannya prangko?

Sebelumnya manusia berkirim pesan/surat tanpa amplop maupun prangko. Bila seseorang ingin mengirim surat, Ia melipat surat itu dan menyegelnya. Orang yang menerima surat itu harus membayar biaya pengiriman. Karena tarif saat itu sangat tinggi, banyak orang yang enggan menerima surat. Tak sedikit pula orang yang mengembangkan kode rahasia agar mereka bisa menipu jasa pos.

Kasus inilah yang ditemukan oleh Sir Rowland Hill :


Quote:


Sir Rowland yang juga merupakan seorang pengamat perkembangan ekonomi di Inggris, memikirkan bagaimana mendapatkan pemasukan uang untuk kas kerajaan dari pajak pengiriman surat-surat. Rowland Hill juga terganggu dengan pemberian hak bagi anggota Majelis Rendah dan Majelis Tinggi dalam parlemen untuk dapat mengirim surat secara cuma-cuma tanpa batas selain itu sistem pembayaran biaya pengiriman surat oleh penerima juga banyak merugikan dinas pos. Hal tersebut dilihat oleh Rowland Hill sebagai suatu pemborosan dan sangat merugikan kas kerajaan.

Oleh karena itu, pada tahun 1837 Rowland Hill mengajukan usul kepada parlemen antara lain sebagai berikut :
  • Ongkos pengiriman surat harus diturunkan, dengan turunnya ongkos pengiriman surat, diharapkan terjadi peningkatan jumlah surat yang dikirim.

  • Untuk lebih merangsang masyarakat agar saling berkirim surat, perlu ditetapkan tarif pos yang seragam (saat itu satu penny) dengan tidak memandang jarak tempuh surat tersebut.

  • Untuk menghindari penyalahgunaan biaya pengiriman surat, biayanya harus dibayar di awal dengan menempelkan secarik kertas tanda pelunasan yang saat ini kita kenal sebagai prangko.

Pemikiran ini awalnya mendapat tentangan dari Parlemen. Namun beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1840 usul Rowland Hill diterima Parlemen. Dari sinilah kemudian lahir prangko, carik kertas kecil yang dipakai sebagai tanda pelunasan pengiriman surat. Peristiwa ini disebut “Post Office Reforms”

Penggunaan Prangko semakin lama semakin meluas hingga ke Indonesia. Saat itu Indonesia masih dijajah Belanda. Mengingat banyaknya lalu lintas surat antara Belanda dengan negara jajahannya yang utama, yaitu [color=purple]Ned Indie
(sekarang Indonesia), akhirnya diterbitkan prangko pertama Ned Indie pada tahun 1864 bergambar Raja Belanda waktu itu Willem III nilai 10 cent.

Quote:

prangko Ned Indie

Prangko inilah yang menjadi prangko pertama di bumi Indonesia. Saat ini prangko Ned Indiecukup langka dan dicari oleh kolektor prangko (filatelis) untuk melengkapi koleksinya. Nilainya semakin hari semakin tinggi dan umum disebut dengan kode nama N-1 di kalangan Filatelis. Apalagi yang kondisinya masih mint-unused, yang di katalog harganya berlipat kali dari yang sudah dipakai (ada cap/ cancelation-nya), harganya bisa mencapai Rp.2 miliar emoticon-Matabelo.

oh ya ini Sir Rowland Hill
Spoiler for Sir Rowland Hill:


gambar gambar prangko pertama di suatu negara ada di Post 3emoticon-Big Grin

Spoiler for Sumber:

Semoga Bermanfaat emoticon-Kiss
Terima Kasih untuk kehadiran, komentar, kritik, abu gosok dan cendol emoticon-Kiss

Spoiler for Thread TS yang lain:
Diubah oleh makankamus 01-12-2013 10:25
0
19.6K
377
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan