- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
TERNYATA INI PENYEBAB RENTETAN JATUHNYA PESAWAT DI INDONESIA


TS
imisstugasakhir
TERNYATA INI PENYEBAB RENTETAN JATUHNYA PESAWAT DI INDONESIA
Quote:
salam gan
langsung aja nih ane mau ngeshare sesuatu yang menurut ane sangat penting untuk kita semua,,
ane bukan pengemis
. jadi kalo agan baca ni trit sampe kelar ane udah seneng gan, berarti ente ente sekalian adalah type orang yang ga hanya peduli dengan keselamatan pribadi, tapi juga orang lain... 
langsung aja nih ane mau ngeshare sesuatu yang menurut ane sangat penting untuk kita semua,,
ane bukan pengemis


agan-agan sekalian pasti tahu akan arti dari rambu ini
Quote:
Saya sedih mendengar terbakarnya pesawat Garuda, GA 200 pada tanggal 7 Maret 2007, pukul 07.00 pagi, jurusan Jakarta-Yogyakarta di Bandara Adisucipto. Kejadian itu sungguh menyayat hati dan perasaan.
Kemudian saya teringat beberapa bulan yang lalu terbang ke Batam dengan menggunakan pesawat Garuda juga. Di dalam pesawat duduk disamping saya seorang warga Jerman. Pada saat itu dia merasa sangat gusar dan terlihat marah, karena tiba-tiba mendengar suara handphone tanda smsmasuk dari salah satu penumpang, dimana pada saat itu pesawat dalam posisi mau mendarat. Orang ini terlihat ingin menegur tetapi tidak berdaya karena bukan merupakan tugasnya.
Langsung saya tanya kenapa tiba-tiba dia bersikap seperti itu, kemudian dia bercerita bahwa dia adalah manager salah satu perusahaan industri, dimana dia adalah supervisor khusus mesin turbin. Saat dia melaksanakan tugasnya tiba-tiba mesin turbin mati, setelah diselidiki ternyata ada salah satu petugas sedang menggunakan HP didalam ruangan mesin turbin.
Orang Jerman ini menjelaskan bahwa apabila frekwensi HP dengan mesin turbin ini kebetulan sama dan sinergi ini akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut, lebih fatal lagi berakibat turbin bisa langsung mati.
Cerita ini langsung saya kaitkan dengan peristiwa diatas, kalau saya tidak salah mendengar mesin pesawat tiba-tiba mati pada saat mau mendarat. Mudah- mudan peristiwa ini bukan akibat HP penumpang. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk masyarakat yang sering bepergian dengan pesawat.(KOMPAS)
Contoh kasusnya antara lain:
Pesawat Crossair dengan nomor penerbangan LX498 baru saja "take-off" dari bandara Zurich, Swiss. Sebentar kemudian pesawat menukik jatuh. Sepuluh penumpangnya tewas. Penyelidik menemukan bukti adanya gangguan sinyal ponsel terhadap sistem kemudi pesawat.
Sebuah pesawat Slovenia Air dalam penerbangan menuju Sarajevo melakukan pendaratan darurat karena sistem alarm di kokpit penerbang terus meraung-raung. Ternyata, sebuah ponsel di dalam kopor dibagasi lupa dimatikan, dan menyebabkan gangguan terhadap sistem navigasi.
Boeing 747 Qantas tiba-tiba miring ke satu sisi dan mendaki lagi setinggi 700 kaki justru ketika sedang "final approach" untuk "landing" di bandara Heathrow, London. Penyebabnya adalah karena tiga penumpang belum mematikan komputer, CD player, dan electronic game masing-masing (The Australian, 23-9-1998).
Seperti kita tahu di Indonesia? Begitu roda-roda pesawat menjejak landasan, langsung saja terdengar bunyi beberapa ponsel yang baru saja diaktifkan.
Para "pelanggar hukum" itu seolah-olah tak mengerti, bahwa perbuatan mereka dapat mencelakai penumpang lain, disamping merupakan gangguan (nuisance) terhadap kenyamanan orang lain.
Berikut merupakan bentuk ganguan-gangguan yang terjadi di pesawat:
1. Arah terbang melenceng
2. Indikator HSI (Horizontal Situation Indicator) terganggu
3. Gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengar
4. Gangguan sistem navigasi
5. Gangguan frekuensi komunikasi
6. Gangguan indikator bahan bakar
7. Gangguan sistem kemudi otomatis
Semua gangguan diatas diakibatkan oleh ponsel, sedangkan gangguan lainnya seperti Gangguan arah kompas komputer diakibatkan oleh CD & game Gangguan indikator CDI (Course Deviation Indicator) diakibatkan oleh gameboy. Semua informasi diatas adalah bersumber dari ASRS.
Spoiler for gambarnya:

Kemudian saya teringat beberapa bulan yang lalu terbang ke Batam dengan menggunakan pesawat Garuda juga. Di dalam pesawat duduk disamping saya seorang warga Jerman. Pada saat itu dia merasa sangat gusar dan terlihat marah, karena tiba-tiba mendengar suara handphone tanda smsmasuk dari salah satu penumpang, dimana pada saat itu pesawat dalam posisi mau mendarat. Orang ini terlihat ingin menegur tetapi tidak berdaya karena bukan merupakan tugasnya.
Langsung saya tanya kenapa tiba-tiba dia bersikap seperti itu, kemudian dia bercerita bahwa dia adalah manager salah satu perusahaan industri, dimana dia adalah supervisor khusus mesin turbin. Saat dia melaksanakan tugasnya tiba-tiba mesin turbin mati, setelah diselidiki ternyata ada salah satu petugas sedang menggunakan HP didalam ruangan mesin turbin.
Orang Jerman ini menjelaskan bahwa apabila frekwensi HP dengan mesin turbin ini kebetulan sama dan sinergi ini akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut, lebih fatal lagi berakibat turbin bisa langsung mati.
Cerita ini langsung saya kaitkan dengan peristiwa diatas, kalau saya tidak salah mendengar mesin pesawat tiba-tiba mati pada saat mau mendarat. Mudah- mudan peristiwa ini bukan akibat HP penumpang. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk masyarakat yang sering bepergian dengan pesawat.(KOMPAS)
Contoh kasusnya antara lain:
Pesawat Crossair dengan nomor penerbangan LX498 baru saja "take-off" dari bandara Zurich, Swiss. Sebentar kemudian pesawat menukik jatuh. Sepuluh penumpangnya tewas. Penyelidik menemukan bukti adanya gangguan sinyal ponsel terhadap sistem kemudi pesawat.
Sebuah pesawat Slovenia Air dalam penerbangan menuju Sarajevo melakukan pendaratan darurat karena sistem alarm di kokpit penerbang terus meraung-raung. Ternyata, sebuah ponsel di dalam kopor dibagasi lupa dimatikan, dan menyebabkan gangguan terhadap sistem navigasi.
Boeing 747 Qantas tiba-tiba miring ke satu sisi dan mendaki lagi setinggi 700 kaki justru ketika sedang "final approach" untuk "landing" di bandara Heathrow, London. Penyebabnya adalah karena tiga penumpang belum mematikan komputer, CD player, dan electronic game masing-masing (The Australian, 23-9-1998).
Seperti kita tahu di Indonesia? Begitu roda-roda pesawat menjejak landasan, langsung saja terdengar bunyi beberapa ponsel yang baru saja diaktifkan.
Para "pelanggar hukum" itu seolah-olah tak mengerti, bahwa perbuatan mereka dapat mencelakai penumpang lain, disamping merupakan gangguan (nuisance) terhadap kenyamanan orang lain.
Berikut merupakan bentuk ganguan-gangguan yang terjadi di pesawat:
1. Arah terbang melenceng
2. Indikator HSI (Horizontal Situation Indicator) terganggu
3. Gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengar
4. Gangguan sistem navigasi
5. Gangguan frekuensi komunikasi
6. Gangguan indikator bahan bakar
7. Gangguan sistem kemudi otomatis
Semua gangguan diatas diakibatkan oleh ponsel, sedangkan gangguan lainnya seperti Gangguan arah kompas komputer diakibatkan oleh CD & game Gangguan indikator CDI (Course Deviation Indicator) diakibatkan oleh gameboy. Semua informasi diatas adalah bersumber dari ASRS.
Quote:
Sekiranya bila kita naik pesawat, bersabarlah sebentar. Semua orang tahu kita memiliki ponsel. Semua orang tahu kita sedang bergegas. Semua orang tahu kita orang penting. Tetapi, demi keselamatan sesama, dan demi sopan santun menghargai sesama, janganlah mengaktifkan ponsel selama di dalam pesawat terbang.
Semoga suatu hari rakyat kita bisa sedikit lebih pintar.
Semoga suatu hari rakyat kita bisa sedikit lebih pintar.
Spoiler for PR ANE:
1.
Quote:
Original Posted By dickyclubbers►wah trus gimana tu proyek Garuda Indonesia yang membolehkan penumpangnya menikmati wifi gratis di atas pesawat menggunakaan Laptop?
PR ane nih gan, secepatnya ane cari jawabnya gan....

2.
Quote:
Original Posted By roheiga►Kalo ane lebih sepakat kalo mengganggu arah navigasi gan, bukan ke mesin turbin pesawat, ane bingung yg dimaksud frekwensi mesin turbin itu apa ya? Apa turbine engine ada frekwensinya?
Dan setau ane pesawat dalam kondisi landing starter dalam kondisi continues, atau kalo di mobil starter di idupin terus, jd ignition di turbine engine tetep nyala, walaupun mati pasti langsung start lg dalam waktu yg sangat singkat gan, gak ada sedetik. Makanya ane rada bingung dengan maksud frekwensi dr turbine engine.
Semoga dapet tanggepan dr TSnyg bisa menjelaskan
Dan setau ane pesawat dalam kondisi landing starter dalam kondisi continues, atau kalo di mobil starter di idupin terus, jd ignition di turbine engine tetep nyala, walaupun mati pasti langsung start lg dalam waktu yg sangat singkat gan, gak ada sedetik. Makanya ane rada bingung dengan maksud frekwensi dr turbine engine.
Semoga dapet tanggepan dr TSnyg bisa menjelaskan

PR kedua ane nih, sorry banget gan, secepatnya juga yah gan jawabannya
ane ga mau sok tau kalo asal jawab

Spoiler for ngakak:
Quote:
Original Posted By Baliqhas►wah gara-gara suara hape yah 

gan signal gan.. signal bukan suaranya

Quote:
Original Posted By inkghost66►banyak orang kampung sekarang gan yang baru naik pesawat 
gk pernah lihat dan gk pernah tahu arti dari simbol hp disilang,emang orang kampung gitu gan..
kalau agan bersama orang tersebut langsung aja tegur

gk pernah lihat dan gk pernah tahu arti dari simbol hp disilang,emang orang kampung gitu gan..
kalau agan bersama orang tersebut langsung aja tegur




Quote:
parah...

otaknya kurang kalo sampe mikir begitu gan

Quote:
Original Posted By binclopps►ane gak pernah naik pesawat gan. . . .
yah gan, coba cari promo2 gitu.. ceban pp bali jakarta gan...
ane masukin ke pageone deh.. biar didoain banyak orang gan
amin

Spoiler for kata mereka:
Quote:
Original Posted By rimasfakhri►naik pesawat ikutin apa kata mbak pramugarinya aja 
disuruh matiin gadget ya matiin aja, toh pasti buat keselamatan kenyamanan bersama

disuruh matiin gadget ya matiin aja, toh pasti buat keselamatan kenyamanan bersama

semoga emg ikhlas buat safety, bukan gara2 mba pramugarinya ih wow yah gan..terus nurut aja gitu "just kidding gan"
patut dicontoh agan ini
Quote:
Original Posted By fuchsu►bener banget gan! 
ane masih suka bingung sama org2 yg meragukan sesuatu peraturan, kok aneh orang2 ini, udah tau bikin peraturan bukan sembarang bikin asal-asalan alias pasti ada research terlebih dahulu. Dan industri penerbangan itu industri besar, jadi mereka cukup profesional di bidangnya

ane masih suka bingung sama org2 yg meragukan sesuatu peraturan, kok aneh orang2 ini, udah tau bikin peraturan bukan sembarang bikin asal-asalan alias pasti ada research terlebih dahulu. Dan industri penerbangan itu industri besar, jadi mereka cukup profesional di bidangnya

setuju banget sama yang ane bold gan

Quote:
Original Posted By ridwansyifa►bener banget gan itu gara-gara hp ya penumpangnya sih yang ga bisa dibilangin, udah ada ko striker dilarang mengaktifkan hp tapi masih aja yang nyalain hp, klo kejadian gini yang rugi bukan dirinya sendiri tapi orang banyak
padahal yang salah munfarid gan, tapi yang nanggung jamaah

Spoiler for terima kasih:

baru sebiji

Spoiler for sumber:
dari fbnyadan berbagai sumber lainnya

Diubah oleh imisstugasakhir 09-08-2013 23:21
0
21K
Kutip
331
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan