Jadi ceritanya ane kemaren baru balik dari Cirebon ke Jakarta.
Seperti biasa gan, jalur Pantura (Pantai Utara) untuk daerah Cirebon - Cikampek selalu macet. kenapa?? semalem ane kena macet panjaaaaaanng banget gan. dan setelah ketemu titik macetnya. ternyata ada hajatan tahunan, ya ga salah lagi, perbaikan jalan. dan gara-gara itu, Cirebon - Jakarta menjadi semakin jauh rasanya, butuh 8 jam perjalanan gan.
Dalam pikiran ane tiba-tiba muncul pertanyaan. "Kenapa perbaikan jalan di Pantura ini hampir setiap tahun selalu ada?? sebenernya ada apa sih dibalik aspal pantura ini sampe setiap saat harus dikeruk lagi dan lagi."
Udah basi banget berita soal "pemerintah mempersiapkan jalur demi kelancaran lebaran", karena faktanya bukannya malah memperlancar malah jadi bikin macet.
dan yang paling penting adalah, apa harus setiap tahun yah jalan Pantura itu diperbaiki?? Apa karena banyak mobil-mobil besar yang lewat Pantura makanya jalan cepet rusak?? (gimana dengan jalan tol??) Apa jangan-jangan bikin jalannya asal-asalan?? Dananya kurang??
Quote:
BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum mengalokasikan Rp1,2 triliun untuk biaya perbaikan dan perawatan jalur pantai utara (pantura).
Hal ini diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto di Jakarta, Rabu (5/6/2013).
Dia menjelaskan perawatan dan perbaikan jalur pantura masih terus dilakukan, sebab merupakan program tahunan. Apalagi pihaknya juga selalu memiliki daftar kerusakan jalan dan jembatan.
"Dana tersebut khusus untuk jalan pantura, untuk mainantance dan preservasi, pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala dan perbaikan. Ini program tahunan karena kita punya daftar jalan dan jembatan mana yang baik dan mana yang tidak baik," katanya.
Perbaikan ini juga menimbang dalam waktu dekat volume kendaraan yang akan melalui jalur tersebut akan meningkat tajam menjelang Lebaran.
Kendati begitu, Djoko menjanjikan proses perbaikan tersebut tidak akan menganggu berlangsungnya arus mudik.
Dia akan memastikan pekerjaan tersebut akan dihentikan beberapa hari jelang arus mudik.
"Saya sudah memberi pesan kepada jajaran [saya] untuk menghentikan kegiatan pada saat jelang lebaran. Ini tidak akan mengganggu pemudik atau setidaknya berjalan dengan baik," imbuhnya. (ra)
Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum tetap berkomitmen untuk menjalankan sejumlah program kerjanya, meski anggarannya dipangkas Rp 6,1 triliun.
Salah satu program mendesak yang bakal digenjot Kementerian PU saat ini adalah perbaikan jalanan jalur pantai utara (pantura). "Perbaikan jalan dilakukan untuk dilewati pada masa lebaran," ujarnya, Selasa (4/6/2013).
Djoko pun menargetkan seluruh proyek pembangunan infrastruktur khusus untuk lebaran akan diselesaikan sebelum hari H. Saat ini PU fokus pada seluruh jalan nasional, khususnya di Pulau Jawa.
"Semua jalan nasional lintas Jawa menjadi prioritas PU," jelas Djoko.
Djoko berjanji, masyarakat yang mudik bisa menikmati lebaran tanpa ada gangguan selama perjalanan. Meski anggaran dikurangi namun tidak menghambat PU menyelesaikan proyek-proyek yang berdampak bagi masyarakat banyak.
Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian PU telah memangkas anggaran belanja terbesar dari seluruh kementerian dan lembaga, yakni sebesar Rp 6,1 triliun. Dengan adanya pemangkasan anggaran, otomatis target pembangunan infrastruktur untuk berbagai proyek menjadi terhambat .
Total anggaran yang dapat dipotong tanpa risiko yakni Rp 3,6 triliun. “Yang aman itu hanya bisa dari sisa lelang Rp 3,2 triliun, dana blokir Rp 85,59 miliar, dan penyesuaian nilai kontrak tahun jamak Rp 371,78 miliar," ujar Djoko.
Sementara sisanya, yakni Rp2,48 triliun akan berdampak pada pengurangan capaian sasaran prioritas nasional dan atau permasalahan lainnya. Selain itu, volume dan output sasaran yang tercantum dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2013 Perpres No. 54/2012 juga akan merosot.
Spoiler for Kata Agan:
Quote:
Original Posted By baikchoro►emang bener rusak mulu gan, tonase kendaraan yg lewat terlalu dahsyat. jalan itu harusnya dibuat 5 jalur searah, tapi jadinya ga aman buat yg nyebrang, serba susah sih
Quote:
Original Posted By Waffle.►Sebenernya bukan cm masalah aspalnya tapi truk2 yang melewati nya juga.
udah rahasia umum kan kalo 60-70% truk yg melintas itu bebannya selalu melebihi batas yg ditentukan?
dan salah kaprah sebenenrya,karena jalanan dipantura memang aspal,aspal notabene gak kuat nahan stress tinggi u/ kontinuitas yang lama,krn dibawah lapisan aspal langsung pondasi jd dia nyebar beban hanya kebawah.Harusnya rigid pavement kalo buat jalanan dengan kendaraan tonnase tinggi. (itu jalan yg ada tulangan baja didalemnya) yang kalo kita lewatin brisik.tapi tahan lama,walo jauh lebih mahal.
Quote:
Original Posted By nitramm►kalo gak rusak duit proyek gak turun
kalo duit proye kgak turun para pejabat gk bisa cari pustun
Quote:
Original Posted By g3nk►Salah satu penyebabnya mgkin kendaraan2 yg mengangkut beban yang overload tp tetap diijinkan lewat Gan meski sdh ada batasan maksimalnya
Quote:
Original Posted By Jerryerda►yang bener tuh sekalian aja di cor beton kaya didaerah sby itu..
Quote:
Original Posted By cyberoz►ane juga semalem perjalan PEMALANG - JAKARTA biasa 8 jam jadi 11 jam :capedeh
yang parah jembatan ABC brebes gan kayanya belum ada setaun udah ancur lagi gan
Quote:
Original Posted By candu1►Ane tinggal di Cikampek gan, tambah tahun tambah parah ( baik macetnya maupun jalanannya)
Jalanan di pantura itu dah kayak proyek abadi, gak pernah selesai dan gak akan pernah bener hasilnya.
2 - 3 bulan menjelang lebaran di perbaiki dan 2 -3 bulan sesudahnya dah rusak lagi. Yang bikin bingung pejabatnya dan pemerintahan dah beberapa kali ganti tapi urutan pekerjaannya tetap sama, diperbaiki - hari H - rusak lagi.
Kalo kualitas aspal gw yakin banyak yang bagus, buktinya jalan tol Jakarta - Cikampek, hujan sederas apapun + beban kendaraan masih tetap mulus.
Inilahhasil akhir dari budaya korupsi dan tertib lalu lintas yang parah. Yang pasti tambah tahun akan tambah parah kondisinya.
Quote:
Original Posted By armageDDragon►Materialnya mengalami pengurangan volume Gan buat alokasi "salam-salam tempel"nya!
Ane dulu "Anak Proyek" makanya tau...
klo di beton khusus jalan ada 2 jenis JRCP (join requiment concrete pavement) dan CRCP ( continue requiment concrete pavement) beda nya cuma join dan bersambung, keuntungan JRCP doi beton tahan lama dari segi kekuatan udh di uji di berbagai negara kekurangannya pekerjaan lama
klo CRCP pekerjaan cepet dan kuat kekurangannya jika ada retak doi akan memanjang tanpa batas beda sama JRCP retak akan berhenti di batas join nya gan
Quote:
Original Posted By hanubanu►semua pekerjaan rekontruksi ada tipe aspalnya gan, klo di tol itu kualitas karena dari segi agregat,pemadatan, aspal dll semua di uji laboratorium bener2 hasil lapangan bukan rekayasa gan, klo jalan propinsi biasanya nga sedetail di tol dari segi kualitas dari materialnya
Quote:
Original Posted By maz.piek►itu konstruksi dasar jalannya yg ga bagus, plus ditunjang kendaraan yg lewat dengan tonase yg gila2an, bnyk yg overload, jadinya ya ga tahan lama umur aspalnya.. dan aspal kan jg ga akrab sama air, kalah klo kena air ujan,, makanya jadi ada hajatan rutin tiap tahun..
apalagi klo ada mainan2 proyek yg bisa digoreng sama pemerintah n kontraktor, kualitas aspal yg dikerjain bisa aja diturunin, wkwkwk..
makanya kan ada wacana truk2 bakal ga boleh lewat pantura lagi, semua angkutan logistik akan dialihkan via moda transportasi berbasis rel.. CMIIW
Quote:
Original Posted By masusop►Kemungkinannya banyak gan
Bisa gara2 bebannya yg terlalu gede gan. Kbanyakan mobil2 gede yg lalu lalang
N ane pernah denger ama petugas yg bgunin jalan itu kalo bahannya itu di ganti dengan bhan kualitas rendah
Tapi g tau bner apa ga nya...
Quote:
Original Posted By dimassetio►sumbang omongan ya gan.
inilah hal yg slama ini jadi kegelisahan ane gan.. pantura.... yg notabene adalah urat nadi perekonomian pulau jawa... jantung pulau jawa dlm distribusi ekonomi... ane kbetulan hobby touring naik bis.. hampir tiap akhir pekan slalu lewat jalur pantura... makin hari bukannya tambah bener kualitas jalan tpi makin ancur... pdhal jelas... ilmu ttg aspal ada.. ilmu ttg kontur tanah sbgai landasan ada... dana berlimpah... entah knpa pemerintah dlm hal ini PU menjadikan pantura sbgai project abadi tiada berkesudahan... sakit ati bgt klo liat kinerja pihak yg brtanggungjawab trhadap kondisi pantura... sempet denger klo kpk hendak mlakukan intervensi utk mengaudit... tapi tnyata cuma kabar angin... tempo hari juga ane sempet brusaha mngangkat tema masalah pantura di bbrp group pnggemar bis yg notabene pasti bersinggungan lgs dgn kondisi jalanan pantura... tpi sayang pola pikir mereka cuma sbatas bis dan bentuk bis... harusnya ada gerakan semacam mlakukan gerakan mbuat petisi kpd pihak terkait utamanya kpk... utk memeriksa dana yg sudah terglontor... dlm proyek abadi pantura... #ijin taruh pekwan y gan..
Quote:
Original Posted By hanubanu►kontraktor bisa jadi serba salah mungkin kontraktor sesuai spesifikasi standart proyek tersebut berhubung banyak titipan dari orang2 sakti dan orang2 langit maka di kurangilah bahan dan mutu nya untuk menutupi titipan2 itu, masalahnya klo tidak di kasih dan dituruti perkerjaan si kontraktor akan di persulit itu pasti entah dari segi penagihannya, pekerjaannya,k3 dan ini sudah menjadi budaya kita
Quote:
Original Posted By Redika UGM►pernah lewat pantura, ada kolam dan sumur di tengah jalan hahaha... meski sumurnya cuman 10cm dalemnya tapi tersebar
Quote:
Original Posted By sapi_cakep►iya gan dari dulu ane liat pantura pasti ada perbaikan
dulu = 4-5 tahun yang lalu
jadi klo perjalanan lewat pantura bisa dipastikan bakalan macet(pasti itu...)
pemerintah kita jarang berpikir jangka panjang sih
prinsip mereka klo ada lobang baru diperbaikin
mereka jarang berpikir
jalanan harus bertahan sampe 20 tahun
Quote:
Original Posted By Qibong12►kata dosen ane dulu aspal sebenernya g cocok untuk daerah tropis kayak indonesia
lebih cocok pake rigid soalnya suhu di negara tropis beda jauh ama negara lainnya, tambah lagi kendaraan yang lewat sering over load dimana itu mengurangi umur jalan sampe beberapa kali dari yang direncanakan.
koreksi ane kalo salah hehe..
Ane hanya orang awam yang kurang tau banyak soal beginian sebenerya gan. Jadi barangkali ada agan-agan yang lebih paham soal ini, mohon kasih ane pencerahan gan.
Ane cuma aneh aja koq itu jalan setiap tahun selalu diperbaiki yah. ada aja yang bikin macet di Jalan Pantura.
Silahkan di komen gan, kalo boleh dikasih juga gan.
dan kalo berkenan bagi ane . tapi jangan
Sumber : udah di quote gan.
Diubah oleh uruana 11-06-2013 02:06
0
19.5K
Kutip
228
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru