DISKUSI: Plus Minus, Kiat & Share mengenai Kartu Kredit
Mari diskusi dan share pengetahuan & pengalaman mengenai CC, supaya bisa lebih bijak dan bisa memanfaatkan secara maksimal tanpa kecebur dalam lubang utang berbunga besar
Punya kartu kredit (cc)? Apa alasan memiliki CC
Punya dong, berapa biji? Mengapa punya lebih dari satu?
Selama memiliki cc, berasa lebih besar manfaatnya atau sebaliknya?
Bagaimana pola fw-ers semua dalam menggunakan cc?
Share Pengalaman baik dan buruk
Berbagi kiat smart menggunakan cc
Sedikit untuk memulai diskusi:
Cc bermanfaat sepanjang pemiliknya disiplin, hanya diperlakukan sebagai dompet dan bukan sebagai alat hutang; dalam arti sekedar membantu cash flow bulanan, segera membayar sebelum lewat jatuh tempo dan tidak menunggak/membayar biaya minimal.
Reminder: cc memiliki bunga yang sangat besar, kalau memang mau berhutang mending di tempat lain.
saya tidak ingin memulai dengan menggurui dan meng-copas artikel mengenai cc; kita semua sudah tahu sama tahu. Sesuatu yang sudah tahu tapi masih ada kejeblos juga..
Itu kalo pas diepprup ente dapet hadiah berupa barang/pocer dan bank ybs, jadinya ada s&k-nya.
Enaknya yg diepprup anz
kan bisa cek via klik
kalo m3ga sama u0b di close permanen kena pinalti ga gan?
soalnya di tempet ane ngga ada gunanya pake cc ini
dan ane cuman mau make punya beni sama becak aja
dulu sih ane apply nya semua bank yang penting salah satu approve dolo
tapi ini malah approve 3 kartu
Original Posted By disobedient►- Diskon 50% untuk tiket masuk wahana Dufan, Atlantis, dan Ocean Dream Samudra (berlaku untuk pemegang semua jenis Mantili kartu kredit dan debit)
- Program penawaran bayar Rp 1,- untuk masuk gerbang pintu Ancol, khusus bagi pemegang kartu berikut:
o Mantili kartu kredit Mastercards Platinum Fengshui dan Skyz Card, Visa Platinum, Golf Platinum, Gold dan Golf Gold
o Mantili debit Platinum
S&K berlaku
yang dikasih diskon platz, lah emang banyak platz holder masih maen ke ancol
Bukannya mau menggarami lautan, sekedar reminder:
Selalu aktifkan ponsel anda untuk setiap saat dapat menerima alert transaksi dari bank penerbit. Dan segera info ke bank jika ada perubahan nomer ponsel
Teliti dan cek transaksi di lembar tagihan, terutama jika ada transaksi yang tidak dilakukan sendiri oleh pemegang kartu. Segara kontak bank dan minta klarifikasi jika ada transaksi yang tidak sesuai
Segera minta ganti kartu jika sudah diberitahu bank, bahwa kartu diblokir dan minta untuk diganti.
Jika transaksi sudah selesai, tegurlah kasir jika kartu kreditnya akan digesek lagi (swipe) di mesin register kasir. Karena sejak kartu kredit pakai chip, per 1 Januari 2010, transaksi hanya diproses dengan chip, di-deep, dan tidak lagi swipe (gesek).
Dan, biasakan bayar tagihan sebelum jatuh tempo, baik sekali lunas atau mengangsur. Agar terhindar dari bunga dan denda.
tambahan Tips untuk pemegang kartu debit:
Pastikan setiap transaksi dengan menggunakan PIN
Hati-hati agar PIN tidak diketahui oleh pihak lain, meskipun petugas bank sekalipun.
Segera hubungi bank dan minta blokir jika kartu hilang (ini juga berlaku untuk kartu kredit)
Segera minta ganti kartu jika bank sudah menginformasikan bahwa kartu sudah diblokir dan diminta untuk diganti
Karena kartu debit juga umumnya jadi satu dengan kartu ATM, maka pastikan untuk penarikan tunai dilakukan di tempat yang nyaman. Jika ingin menarik tunai dalam jumlah besar lebih baik dilakukan di counter bank.
Simpanlah setiap bukti transaksi dari kartu ATM dan debit, untuk mencocokkan dengan transaksi yang tercatat dalam buku tabungan
Meyakini PIN merupakan pegangan pengaman bagi pemegang kartu, dan data pemegang kartu tidak dapat digunakan bertransaksi jika tanpa PIN, maka PIN, tetap harus dirahasiakan hanyya dalam ingatan pemegang kartu. Reguler mengubah PIN termasuk diajurkan.
Jika di mesin kasir ada sejumlah EDC, upayakan agar transaksinya di proses secara on us, yakni dengan menggunakan EDC dari bank yang sama dengan penerbit kartu debitnya.
Tegurlah kasir jika transaksi sudah selesai, tapi kartu debitnya di swipe di mesin register kasir.
kelemahan Pengiriman pake statement manual gan keliatannya
kalau e-statement paling telat 1 hari, lebih banyaknya tepat waktu si
mending di rubah gan ke e-statement , bir ga nunggu nunggu hardcopy
Original Posted By Exxel►kelemahan Pengiriman pake statement manual gan keliatannya
kalau e-statement paling telat 1 hari, lebih banyaknya tepat waktu si
mending di rubah gan ke e-statement , bir ga nunggu nunggu hardcopy
Kalau pakai e-statement, agak rajin juga check junk-email / spam / bulk folder..
kadang email-nya nyasar di sana gan
[B][*] Jika di mesin kasir ada sejumlah EDC, upayakan agar transaksinya di proses secara on us, yakni dengan menggunakan EDC dari bank yang sama dengan penerbit kartu debitnya.
kalo masalah EDC, ane pernah mengalami kejadian yg aneh bin menyebalkan.
waktu itu ane pengen bayar belanjaan di salah satu store di Central Prak, ane nyerahin bc4 card, kata si kasir edc becaknya lagi rusak, yaudah ane kasi becak master biar bisa di dip di edc bank lain, eh kata si kasirnya kalo kartu becak cuma boleh di edc becak, sampai debat padahal kalo kartu master bisa di semua mesin EDC yg nerima master, untungnya ane bawa uang tunai
kalo masalah EDC, ane pernah mengalami kejadian yg aneh bin menyebalkan.
waktu itu ane pengen bayar belanjaan di salah satu store di Central Prak, ane nyerahin bc4 card, kata si kasir edc becaknya lagi rusak, yaudah ane kasi becak master biar bisa di dip di edc bank lain, eh kata si kasirnya kalo kartu becak cuma boleh di edc becak, sampai debat padahal kalo kartu master bisa di semua mesin EDC yg nerima master, untungnya ane bawa uang tunai
masukin SP di kompas aja gan...
tulis: "CC master keluaran becak ternyata sangat terbatas pemakaiannya.."
nanti khan cepat ada yg response...
nb: kalau ternyata agan di-prita-kan, artinya nasib agan kurang beruntung,..
Original Posted By be.happy.lor►masukin SP di kompas aja gan...
tulis: "CC master keluaran becak ternyata sangat terbatas pemakaiannya.."
nanti khan cepat ada yg response...
nb: kalau ternyata agan di-prita-kan, artinya nasib agan kurang beruntung,..
salah alamat kalo mo complain
bank mana pernah tentuin cc harus ke edc mana
ini mah kerjaan boss tokonya, biar ga kepotong banyak
kalo gue sih bakal batal beli, ga flexible amat tuh toko
Original Posted By enigmastore►barusan nelpon 4Nz rate tuker poin reward naik jauhh, baru per 1 april kemarin
shop & redeem jadi 2800 point per 100rb rp; M4P jadi 2600 point
Original Posted By enigmastore►barusan nelpon 4Nz rate tuker poin reward naik jauhh, baru per 1 april kemarin
shop & redeem jadi 2800 point per 100rb rp; M4P jadi 2600 point
untung punya newbie sudah selamat di minggu lalu dengan 1800poin/100k.
Semua poin mesti segera dikonvert sebelum kena sunat.
Yup betul gan, tp kalau sudah tau sekali masuk ke spam dr bank mana aja, tinggal di set not spam gan , biar kedepannya aman masuk e-statement dan langsung lancar deh bayar tagihannya
Kalo baca di PBI kan cuma berlaku buat CC/Debit yang diterbitkan di Indo aja yang dikonvert ke chip, pling lambat 1jan2016.
CMIIW
Jadi yg ga pakai chip tetap bisa digunakan yah?
Saat itu mbaknya belum dicoba dah bilang "ga bisa, bu" sampe ga enak aq nya ..
Bila dilihat dr reaksi mbaknya, seakan2 kartu yg tidak ada chip tidak bisa lg dipakai. Ini kejadian di Sogo ...
Pas di Bali mereka ga punya reaksi yg demikian. Begitu sja sih ceritanya.
Jadi takut juga kl semua hrs pakai chip, maka kita2 yg ga punya chip musti bagaimana nantinya ya .... Ternyata hanya CC/debit Indo yah?
Anda akan meninggalkan Wedding & Family. Apakah anda yakin?
Lapor Hansip
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.