- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[Safety] Atur Jarak Dan Fokus Sinar Lampu Motor
TS
joeker.n
[Safety] Atur Jarak Dan Fokus Sinar Lampu Motor
Permaos gan, nubi mw numpang sharing tentang hal sepele yang (kadang) kurang diperhatikan pengendara kendaraan bermotor
UPDATE
London - Menyalakan lampu kabut saat malam sering kali dilakukan pengendara mobil karena terlihat bagus di malam hari. Namun dalam suatu penelitian disebutkan, menyalakan lampu kabut di saat yang tidak tepat, saat cuaca relatif cerah justru menyebabkan banyak kecelakaan.
Lembaga asuransi Inggris Swiftcover dalam siaran persnya menyebutkan, akibat penyalahgunaan lampu kabut terjadi 300.000 kecelakaan selama tahun 2011.
Penelitian itu menyebutkan juga kalau 1 dari 5 pengendara membiarkan lampu kabutnya menyala karena mereka merasa lampu depan kurang terang.
14 persen orang yang disurvei menyebutkan memakai lampu kabut membuat mobil tampak lebih keren.
"Pengemudi muda yang berusaha tampil keren dengan menyalakan lampu kabutnya sangat tidak bertanggung jawab dan membahayakan pengendara lainnya," ujar Chief Swiftcover Robin Reames.
"Lampu kabut didesain secara khusus untuk tujuan tertentu. Yakni membantu pengendara ketika jarak pandang sedikit. Penyalahgunaan lampu kabut bisa menyilaukan dan mengganggu pengendara lain, seperti yang terlihat di hasil penelitian kami," ujarnya.
Lalu bagaimana menyalakan lampu kabut yang benar? Reames menuturkan jika Anda bisa melihat 100 meter ke depan maka lampu kabut harus dimatikan.
Spoiler for no repsol:
Quote:
Salah satu masalah yang timbul ketika air hujan deras bagi pengendara motor adalah terbatasnya jarak pandang. Kondisi ini akan membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain. Terlebih kalau jalur yang dilewati banyak ranjau berlubang. Bisa nyungsep!
Mengatur jarak cahaya lampu depan dan fokus cahaya sangat penting. Sehingga kondisi jalur bisa terdeteksi dari awal. Menurut Freddyanto Basuki, lampu utama dekat dan lampu utama memiliki standarisasi.
“Dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1,5 meter dari permukaan jalan dan tidak melebihi 40 centimeter dari sisi bagian terluar Kendaraan,” jelasnya.
Dan yang lebih penting menurutnya, cahaya dapat memancarkan sinar paling sedikit 40 meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 meter ke arah depan untuk lampu utama jauh. “Untuk motor harus dilengkapi dengan lampu utama dekat dan lampu utama jauh,” jelasnya lagi.
Wedijanto Widarso, GM Technical Service AHM mengatakan untuk motor, fokus harus di tengah baik menggunakan 1 atau 2 headlamp. “Karena motor harus tetap berjalan di kiri jalan, sehingga fokus tengah dapat menerangi lingkungan sekitar,” kata Wedijanto.
Banyak faktor yang membuat lampu motor tidak optimal menyinari jalan. Salah satunya pengaturan ketinggian sinar lampu yang tidak sesuai, sehingga sorotannya mengarah terlalu ke atas atau ke bawah.
Karena itu pemilik perlu menyetel kembali lampu agar tercapai sorotan ideal. Penyebab berubahnya arah sorotan lampu bisa bermacam-macam. Misalnya akibat dudukan lampu yang bergeser, mengganti bohlam dengan merek berbeda dan lainnya .
Brother dapat melakukan penyetelan lampu secara manual dengan bantuan tembok. Untuk menyetel ketinggian sorot lampu secara manual, diperlukan ruang yang cukup luas dan rata. Minimal antara head lamp dengan tembok berjarak 10 meter dan sebaiknya dilakukan di malam hari.
Caranya motor didekatkan ke tembok sampai ban depan menyentuh tembok tersebut. Lihat arah sinar lampu di tembok. Akan terlihat fokus sinar lampu. Bagusnya fokus sinar terlihat sedikit ke bawah dari posisi tengah lampu. Sebaliknya, jika fokus sinar lebih di atas lampu, harus setel ulang.
“Juga arahkan sorot lampu ke tengah. Agar sinar dapat fokus menerangi jalur yang dilewati motor,” tambah Benny Rachmawan, product Development Mitra2000.
Untuk setel lampu bisa dilalukannya sendiri. Misalnya di Honda Scoopy. Peralatan yang diperlukan enggak banyak, cukup sediakan obeng kembang, kunci pas 10 dan kunci T 10.
Pertama, lepas kedua baut pegangan pelat nomor dengan kunci T-10 dan kunci pas 10 . Kunci pas berfungsi hanya menahan putaran mur. Kemudian, lepas pegangan pelat nomor di tebeng depan pakai kunci yang sama dengan mengendurkan dua baut 10 mm pengancingnya.
Nah, usai itu, tengok bagian yang tepat di bawah lampu utama. Di sana ada kisi-kisi atau tiga lubang hawa. Kalau mengintip sedikit, di lubang paling atas terlihat ada baut. Lewat baut itulah kita bisa atur arah sorotan lampu utama.
“Colok baut itu pakai obeng kembang. Kemudian putar obeng tersebut ke kiri atau kanan. Kalau ke kanan, biasanya akan membuat sorot lampu jadi naik. Sebaliknya ke kiri, sorotan lampu akan turun ke atas,” terang Benny.
Oh iya, doi menyarankan saat melakukan penyetelan arah sorot lampu, sebaiknya saat malam hari atau di ruangan yang gelap sambil lampu dekatnya dihidupkan.
“Supaya mudah dalam mengatur titik sorotan yang ideal atau normal. Biar nantinya tidak mengganggu kendara lain dari arah berlawanan,” sarannya. (motorplus-online.com)
Mengatur jarak cahaya lampu depan dan fokus cahaya sangat penting. Sehingga kondisi jalur bisa terdeteksi dari awal. Menurut Freddyanto Basuki, lampu utama dekat dan lampu utama memiliki standarisasi.
“Dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1,5 meter dari permukaan jalan dan tidak melebihi 40 centimeter dari sisi bagian terluar Kendaraan,” jelasnya.
Dan yang lebih penting menurutnya, cahaya dapat memancarkan sinar paling sedikit 40 meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 meter ke arah depan untuk lampu utama jauh. “Untuk motor harus dilengkapi dengan lampu utama dekat dan lampu utama jauh,” jelasnya lagi.
Wedijanto Widarso, GM Technical Service AHM mengatakan untuk motor, fokus harus di tengah baik menggunakan 1 atau 2 headlamp. “Karena motor harus tetap berjalan di kiri jalan, sehingga fokus tengah dapat menerangi lingkungan sekitar,” kata Wedijanto.
Banyak faktor yang membuat lampu motor tidak optimal menyinari jalan. Salah satunya pengaturan ketinggian sinar lampu yang tidak sesuai, sehingga sorotannya mengarah terlalu ke atas atau ke bawah.
Karena itu pemilik perlu menyetel kembali lampu agar tercapai sorotan ideal. Penyebab berubahnya arah sorotan lampu bisa bermacam-macam. Misalnya akibat dudukan lampu yang bergeser, mengganti bohlam dengan merek berbeda dan lainnya .
Brother dapat melakukan penyetelan lampu secara manual dengan bantuan tembok. Untuk menyetel ketinggian sorot lampu secara manual, diperlukan ruang yang cukup luas dan rata. Minimal antara head lamp dengan tembok berjarak 10 meter dan sebaiknya dilakukan di malam hari.
Caranya motor didekatkan ke tembok sampai ban depan menyentuh tembok tersebut. Lihat arah sinar lampu di tembok. Akan terlihat fokus sinar lampu. Bagusnya fokus sinar terlihat sedikit ke bawah dari posisi tengah lampu. Sebaliknya, jika fokus sinar lebih di atas lampu, harus setel ulang.
“Juga arahkan sorot lampu ke tengah. Agar sinar dapat fokus menerangi jalur yang dilewati motor,” tambah Benny Rachmawan, product Development Mitra2000.
Untuk setel lampu bisa dilalukannya sendiri. Misalnya di Honda Scoopy. Peralatan yang diperlukan enggak banyak, cukup sediakan obeng kembang, kunci pas 10 dan kunci T 10.
Pertama, lepas kedua baut pegangan pelat nomor dengan kunci T-10 dan kunci pas 10 . Kunci pas berfungsi hanya menahan putaran mur. Kemudian, lepas pegangan pelat nomor di tebeng depan pakai kunci yang sama dengan mengendurkan dua baut 10 mm pengancingnya.
Nah, usai itu, tengok bagian yang tepat di bawah lampu utama. Di sana ada kisi-kisi atau tiga lubang hawa. Kalau mengintip sedikit, di lubang paling atas terlihat ada baut. Lewat baut itulah kita bisa atur arah sorotan lampu utama.
“Colok baut itu pakai obeng kembang. Kemudian putar obeng tersebut ke kiri atau kanan. Kalau ke kanan, biasanya akan membuat sorot lampu jadi naik. Sebaliknya ke kiri, sorotan lampu akan turun ke atas,” terang Benny.
Oh iya, doi menyarankan saat melakukan penyetelan arah sorot lampu, sebaiknya saat malam hari atau di ruangan yang gelap sambil lampu dekatnya dihidupkan.
“Supaya mudah dalam mengatur titik sorotan yang ideal atau normal. Biar nantinya tidak mengganggu kendara lain dari arah berlawanan,” sarannya. (motorplus-online.com)
UPDATE
Spoiler for UPDATE:
Quote:
Bahaya penggunaan lampu kabut yang tidak tepat
London - Menyalakan lampu kabut saat malam sering kali dilakukan pengendara mobil karena terlihat bagus di malam hari. Namun dalam suatu penelitian disebutkan, menyalakan lampu kabut di saat yang tidak tepat, saat cuaca relatif cerah justru menyebabkan banyak kecelakaan.
Lembaga asuransi Inggris Swiftcover dalam siaran persnya menyebutkan, akibat penyalahgunaan lampu kabut terjadi 300.000 kecelakaan selama tahun 2011.
Penelitian itu menyebutkan juga kalau 1 dari 5 pengendara membiarkan lampu kabutnya menyala karena mereka merasa lampu depan kurang terang.
14 persen orang yang disurvei menyebutkan memakai lampu kabut membuat mobil tampak lebih keren.
"Pengemudi muda yang berusaha tampil keren dengan menyalakan lampu kabutnya sangat tidak bertanggung jawab dan membahayakan pengendara lainnya," ujar Chief Swiftcover Robin Reames.
"Lampu kabut didesain secara khusus untuk tujuan tertentu. Yakni membantu pengendara ketika jarak pandang sedikit. Penyalahgunaan lampu kabut bisa menyilaukan dan mengganggu pengendara lain, seperti yang terlihat di hasil penelitian kami," ujarnya.
Lalu bagaimana menyalakan lampu kabut yang benar? Reames menuturkan jika Anda bisa melihat 100 meter ke depan maka lampu kabut harus dimatikan.
Quote:
Sharing pengalaman yg seringkali ane temuin di jalanan baek saat ujan atopun ga ujan adalah buanyak buanget motor yang lampunya menyorot ke atas.#nooffense
Quote:
newbie mohon
Spoiler for jangan lupa bantu:
Spoiler for tidak menolak:
Spoiler for mohon jangan di:
Spoiler for agan2 yang ngrasain sependapat sama ane:
Quote:
Original Posted By sugenksibegenk►bener bgt gan ane lebih sebel lg kalo mobil yg nyorot ke atas....
Quote:
Original Posted By sabo►Bener banget, banyak yg lampunya mendongak. Bikin silau aja.
Quote:
Original Posted By imsiismi►emang bahaya tuh gan lampu jauh,apa lagi kalo malem
Quote:
Original Posted By cowotulanglunak►wah nais share nih
smoga bermanfaat buat ane dan orang lain
sebenernya masih banyak orang2 yg tidak tertib berlalu lintas
kadang ada mobil yg seneng skali nyalain lampu sorot
niatnya sih pengen lebih jelas pendnagan yg ada di depannya
padahal mereka apa ga merasakan kalo orang di lawan arahnya itu merasa terganggu
dulu pas ane baru bisa mobil ane tidak jarang pake lampu jarak jauh
dan kk ane bilang jangan gitu kasihan orang yg di lawan arahnya (silau)
dan pas ane rasain sendiri ada orang yg gitu
ane baru sadar (ga enak juga yah kena lampu jarak jauh)
dan yg paling ane sebel liat kendaraan bermotor pake lampu warna putih
bener2 bikin mata silau banget dah
smoga bermanfaat buat ane dan orang lain
sebenernya masih banyak orang2 yg tidak tertib berlalu lintas
kadang ada mobil yg seneng skali nyalain lampu sorot
niatnya sih pengen lebih jelas pendnagan yg ada di depannya
padahal mereka apa ga merasakan kalo orang di lawan arahnya itu merasa terganggu
dulu pas ane baru bisa mobil ane tidak jarang pake lampu jarak jauh
dan kk ane bilang jangan gitu kasihan orang yg di lawan arahnya (silau)
dan pas ane rasain sendiri ada orang yg gitu
ane baru sadar (ga enak juga yah kena lampu jarak jauh)
dan yg paling ane sebel liat kendaraan bermotor pake lampu warna putih
bener2 bikin mata silau banget dah
Spoiler for atur nuhun buat agan yang uda lempar ane ijo2:
Quote:
Original Posted By Doraemon18►nice share gan.. ane jadi lebih ngerti
soalnya ga mudeng tentang dunia motor..
tahunya asal pake...
cendol sent
soalnya ga mudeng tentang dunia motor..
tahunya asal pake...
cendol sent
[URL="http://m.detik..com/oto/read/2012/02/08/145332/1837491/1213/"][b]SUMBER[/b][/URL]
Diubah oleh joeker.n 01-03-2013 19:48
0
30.1K
Kutip
49
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan