Ini pertanyaan untuk para sepuh dan agan2 yang ngerti cara marketing blue ocean dari memulai usaha sampai usaha melebar?
Sekalian nanya kalo ane ngasih gratis produk ane dengan tujuan memasarkan produk ane biar dengan cepat dan yang pasti pake trik yang ane udah direncanain termasuk marketing blue ocean ga?
Ini jawaban dari agan-agan sepuh ane qoute biar yang senasib sama ane yang kaga tau Blue Ocean Strategy(BOS) bisa dapet pencerahan,sehingga bisa menjalankan BOS ini dengan benar...
Untuk agan sepuh makasih banyak meluangkan waktunya disini,semoga ilmunya bisa bermanfaat bagi kaskuser lainnya
Untuk agan-agan yang baik tolong kasih
untuk agan2 sepuh yang telah ngasih pencerahan ini sebagai tanda terima kasih....
Quote:
Original Posted By abufatih19►pada dasarnya yg disebut marketing blue ocean adalah istilah utk menciptakan segmentasi pasar yg memiliki tingkat persaingan kecil, atw bisa dibilang persaingan tidak masuk akal. lebih jelasnya agan bisa baca buku Blue Ocean langsung.
ane contohkan : susu Dancow dulu diperuntukkan utk susu segala usia. bahkan di iklannya sempat dancow itu menarget segmen keluarga. dgn strategi marketing blue ocean muncul produk pngembangan, susu dancow batita, balita, dll.
susu L-Man jg masuk blue ocean krna dia mnyasar khusus segmen pria yg ingin memiliki tubuh atletis.
jd jelas ya agan, bahwa yg agan TS contohkan itu blm termasuk blue ocean.
Quote:
Original Posted By abufatih19►
Diskon gk masuk ke Blue Ocean gan. kirain agan udah mngerti penjelasan ane
Jualan baju bahkan apapun bisa pake Blue Ocean Marketing. Misal nih gan ya, agan punya produk baju. Baju sendiri tentunya bermacam-macam kan gan?! Ada baju dewasa, ada baju bayi, ada baju ibu2 (daster, rok, dll), ada baju kantor, dll. Klo agan menjual produk baju semuanya (All in One) itu namanya agan bersaing di market
Red Ocean. Ceruk pasar dimana hampir semua pedagang baju masuk di dalamnya.
Dengan Blue Ocean, agan menciptakan ceruk pasar yg sedikit pesaingnya, misalnya agan HANYA khusus berjualan baju bayi motif BATIK. Meskipun hanya satu jenis produk, tapi agan konsen di dalamnya, ciri khasnya jelas "MOTIF BATIK". Ini akan menjadi daya tarik tersendiri, ceruk pasar utk segmen ini masih jarang pesaingnya.
Itu ide dari ane, silahkan agan kembangkan sendiri. Klo mw ane tambahin keterangannya, bagi cendol dong gan (abu-abu juga gk apa2
)
Quote:
Original Posted By wewintj►Saya rasa intinya blue ocean itu bukan di teknik pemasarannya, tapi lebih pada produknya.
Ada baiknya kalau agan googling aja dulu "blue ocean marketing" atau beli bukunya untuk dibaca.
Quote:
Original Posted By pentolkasar►kalau boleh nimbrung sedikit,
saya masih seorang mahasiswa, jadi apa yang saya sampaikan disini bukan hal yang paten. tetapi murni apa yang saya dapatkan di perkuliahan disertai dengan pandangan pandangan saya terhadap "Blue Ocean Strategy"
secara hakikat, terminologi Blue Ocean Strategy (BOS) telah dijelaskan di atas yaitu bagaimana kita menciptakan segmentasi pasar dengan tingkat persaingan yang rendah.
BOS tidak melulu harus berupa pemasaran produk yang inovatif, produk-produk yang semula berada pada Red Ocean Competition juga dapat "naik kasta" menjadi Blue Ocean.
Berikut ini saya akan membagi 2 cara yang dapat dilakukan untuk berpindah ke Blue Ocean Competition:
1. Sertakan jasa yang dapat menunjang produk anda
Kita ambil contoh operator seluler di masa lampau:
Masih ingat ketika awal tariff sms semua operator flat sebesar 350 rupiah per smsnya? dan ketika ind*sat mengeluarkan jimat yang dinamakan dengan "voucher sms" banyak yang lari ke OpSel tersebut? itu adalah salah satu cara untuk menghindari persaingan di pasar berdarah darah.
Selain itu, kita coba lihat pada pemilihan semen untuk pembangunan rumah. H*lcim mengeluarkan Mixing Truck dengan ukuran lebih kecil sehingga dapat menyediakan semen siap pakai sampai ke desa-desa, serta memberikan konsultasi pembangunan rumah secara gratis. Hal inilah yang kemudian menarik minat pasar personal menjadi lebih memilih semen merk tersebut
2. Ketahuilah secara pasti, siapa yang akan menggunakan produk anda
Lebaran kemarin, Semen Ind*nesia memberikan sarana mudik gratis bagi para tukang bangunan. Kenapa rela mengeluarkan biaya untuk memberangkatkan ratusan bis? karena yang paling menentukan mengenai pemilihan semen untuk proyek dengan skala kecil adalah tukang bangunan. dan akhirnya setelah musim mudik selesai, market share semen meningkat hampir sebesar 5%
Untuk kasus agan, yaitu perusahaan konveksi. saya ambil contoh salah satu perusahaan yang berhasil dalam BOS adalah Joger. saya rasa anda pun sudah memahami mengapa Joger masuk ke dalam kasta Blue Ocean.
jadi saran saya:
Be Innovative, Be Different.
tapi pikirkan juga penerimaan pasar.
kalau mau sih mending spesifikkan ke seragam perusahaan disertai dengan jasa konsultasi desain seragam, dan tawarkan ke perusahaan. (apalagi kantor pemerintahan yang doyan sama yang namanya "Proyek Pengadaan")
mungkin agan harus merogoh kocek cukup dalam untuk meng-
hire desainer yang handal, tapi sepertinya cukup menjanjikan.
semoga dapat memberi pencerahan,
salam,
aditya
Quote:
Original Posted By Elohist►Blue ocean.....terlalu panjang kalau dijabarkan.
Kalau mau tau teorinya beli buku2 nya gan
Tapi simpel nya aja gan:
Daripada bersaing dengan kompetitor sampai berdarah2, agan ciptakan strategi dimana persaingan sebelumnya menjadi tidak lagi relevan. Itu sudah intinya.
Jangan tanya apa saja strateginya atw contoh nya ya gan
itu bergantung pada kreatifitas masing2 marketer.
Boleh googling gan, program i love monday nya rolling stone cafe contoh yg baik.
Quote:
Original Posted By mr.clou►
agan jualan C-string atau sexy cosplay itu termasuk dalm blue ocean. ceruk ini belum digarap banyak orang karena masalah budaya di sini.
oiya diskon itu hanya cara lain untuk menurunkan nilai jual produk kita. sangat tidak disarankan pasar di blue ocean untuk di diskon.
Tolong dirate gan semoga masih ada yang mau ngasih ilmu ke kita atau yang mau cari ilmu tentang BOS ini....