LinDanAvatar border
TS
LinDan
"GONG XI FA CAI" Ternyata adalah pengucapan Selamat Tahun Baru China yang SALAH
BUKTI NO REPOST !
Spoiler for NO REPOST:

Sebelumnya ane mw perkenalkan diri ane ini org Tionghoa dan dibesarkan di keluarga Tionghoa.
Marga ane YANG (杨) dari suku Hokkian , leluhur ane dlu dari kota Guangzhou dan dataran tinggi Fujian di China selatan
Oleh karena itu ane ngerti ttg pengucapan Selamat Tahun Baru China yang benar

"GONG XI FA CAI"
Ternyata adalah Ucapan Yang Salah Kaprah. Ucapan Tahun Baru Imlek Yang Asal-asalan.

Di media-media, baik cetak (koran, majalah, tabloid, dsb) dan elektronik mulai bernuansa merah sejak akhir minggu pertama Januari. Banyak penawaran diskon segala jenis barang, dari fashion, peralatan rumah tangga, elektronik, kendaraan dsb. Di sana sini terlihat “Gong Xi Fat Choi”, “Gong Xi Fat Chai”, “Gong Xi Fa Choi”, “Gong Xi Fa Cai”, “Happy Chinese Year”, “Year of the Dragon”, dsb. Sebagian besar ucapan di media adalah salah kaprah yang ngawur.

Ucapan 恭喜发财 (pinyin: gong xi fa cai, baca: kung si fa chai) secara harafiah berarti: “semoga anda kaya”, “wishing you a lot of fortune”. Entah sejak kapan ucapan ini populer di Indonesia. Ucapan Gong Xi Fa Cai lebih populer di Hong Kong yang diucapkan di sana Kung Hei Fat Choi, yang merupakan bunyi “gong xi fa cai” dalam dialek Cantonese. Di Indonesia kemudian sepertinya latah jadilah salah kaprah tubruk sana sini menjadi: “gong xi fat choi” atau “gong xi fa choi”.

Lebih parahnya di salah satu koran nasional ada bank asing yang notabene dari akronim nama bank tsb merujuk ke “Hong Kong” dan “Shanghai”, namun menulisnya adalah “gong xi fa choi”, yang merupakan kesalahan fatal. Sebenarnya untuk menghindari kesalahan penulisan yang fatal, lebih baik menulis aksara kanjinya, jelas pasti benar dan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu.Perhatikan saja, di mana-mana lebih banyak penulisan yang salah kaprah kacau balau. Di billboard, majalah, tabloid, kartu ucapan, koran-koran, televisi, dsb.

Ketika saya kecil tidak pernah terdengar ucapan “gong xi fa cai” seperti beberapa tahun belakangan ini. Di masa itu, lebih sering terdengar ucapan: “kionghi, kionghi” atau “sin cun kiong hi” dan sesekali “thiam hok, thiam siu”. Malahan di masa saya kecil, saya mengucapkannya: “tionghi, tionghi”, karena belum paham dan hanya mendengar orangtua yang mengucapkannya di antara teman-teman mereka. (Kesalahan yang sama seperti lagu Garuda Pancasila, “pribang-pribangsaku”, padahal seharusnya “pribadi bangsaku”).

“Kionghi” (恭喜), “sin cun kiong hi” (新春恭喜), “thiam hok thiam siu” (添福添壽) semuanya berasal dari dialek Hokkian. Dialek Hokkian sendiri pengaruhnya paling kuat di Indonesia dibandingkan dialek-dialek dari tempat lain seperti Tiociu, Hakka (Khek), Hokcia, dsb. Mungkin lama-lama dirasa ucapan “sin cun kiong hi” (happy spring festival) kurang pas di Indonesia dan negara-negara yang tidak ada empat musim, ucapannya bergeser menjadi “gong xi fa cai”, atau mungkin tanpa disadari, bahwa standard dan ukuran sukses adalah materi, pelan-pelan ucapan “gong xi fa cai” lebih disukai. Atau bisa jadi “terdengar dan terlihat lebih keren” dibandingkan “sin cun kiong hi”.

Sementara “thiam hok, thiam siu” dulu saja waktu saya kecil seingat saya tidak begitu sering terdengar, apalagi sekarang. Terjemahan bebasnya kurang lebih berarti banyak keberuntungan dan panjang umur.

Ucapan yang paling sederhana sebenarnya 新年快乐 (pinyin: xin nian kuai le, baca: sin nien guai le) dan ini yang paling banyak terdengar di China, sering disingkat menjadi 新年好 (pinyin: xin nian hao, baca: sin nien hau), sesederhana ucapan: “happy new year” atau “selamat tahun baru”.


Kaskuser yang baik minimal kasih Rate 5 emoticon-Kiss

Kalo ada yang mao kasih ane emoticon-Blue Guy Cendol (L)pasti ane terima dengan senang hati

Comment bermutu dari agan2 yg dah berkenan mampir di thread ane
Spoiler for Coment agan2:
Diubah oleh LinDan 07-02-2013 14:58
1
25.3K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan