Mr.PymAvatar border
TS
Mr.Pym
Desa Adat Kampung Naga yang tak tergerus perubahan zaman


Quote:


Stop,Dilarang Jepret!
Sesampai di gerbang Kampung Naga anda masih bisa mengambil gambar dengan kamera agan. Hamparan sawah hijau membentang menemani perjalanan kita jika menuju ke Kampung Naga.
Spoiler for Sawah (© Mr.Pym):
Tetapi setelah memasuki Kampung Naga, anda dilarang mengambil gambar terlebih dahulu sebelum meminta ijin kepada Kuncen Kampung Naga.


Selasa, Rabu dan Sabtuyang tabu
Hari selasa, rabu dan sabtu adalah hari tabu bagi warga Kampung Naga maupun Sanaga (warga kampung naga yang sudah keluar dari kampung). Maksudnya tabu disini adalah mereka tidak boleh menceritakan tentang adat istiadat dan asal usul-nya pada hari tersebut. Jadi apabila agan-agan ingin berkunjung kesana lebih baik diluar hari tersebut, sehingga kita dapat mengenal budayanya lebih dekat.

Rumah Adat Kampung Naga yang canggih
Rumah-rumah adat di bangun di atas tanah milik adat, sehingga jumlahnya tetap, tidak bisa ditambah seenaknya, rumah adat Kampung Naga berjumlah 113 dan tidak akan ditambah.
Spoiler for Rumah Adat (© Mr.Pym):

Rumah-rumah disusun dengan pintu menghadap pintu, dapur berada di depan dan bagian belakang digunakan sebagai ruangan istirahat dengan Maksud apabila ada keramaian tidak akan mengganggu orang yang sedang beristirahat.
Lantai dapur dibuat dengan manggunakan bambu yang memiliki celah yang memungkinkan remah-remah makanan jatuh ke tanah. Dengan hal ini remahan makanan akan dimakan oleh ayam yang menjadi peliharaan warga Kampung Naga. Rumah ini merupakan rumah tahan gempa yang dapat menahan sampai guncangan 10 SR.
Spoiler for Dalam Rumah (© Mr.Pym):


Toilet yang ramah lingkungan. emoticon-Big Grin
Toilet untuk buang air besar berada di atas kolam ikan, sehingga kotoran yang kita keluarkan akan dimakan oleh ikan-ikan yang menjadi peliharaan warga. Pada suatu saat ikan tersebut akan dimakan oleh warga.
Spoiler for WC (© Mr.Pym):


Hutan Terlarangyang sakral
Terdapat dua hutan yang terlarang untuk dimasuki. Yang pertama adalah hutan terlarang yang berada di sisi sungai Ciwulan. Hutan ini sama sekali tidak boleh dimasuki siapapun karena pamali. Apalagi mengambil apapun yang berada di hutan merupakan larangan keras, bahkan pohon yang tumbang pun, warga tak berani mengambilnya. Sudah beberapa kali ada pengunjung yang penasaran dan memasuki hutan tersebut, alhasil pengunjung tersebut kerasukan jin atau sesuatu. Hutan yang kedua adalah Hutan Keramat yang hanya boleh dimasuki oleh pemuka-pemuka warga Kampung Naga, dan itu pun hanya pada upacara-upacara adat Kampung Naga.
Spoiler for Hutan Terlarang (© Mr.Pym):


Bumi Agengsang saksi bisu
Bumi ageng merupakan rumah yang konon pertama kali didirikan di Kampung Naga. Hanya terdapat satu pintu tanpa jendela dengan dinding terbuat dari anyaman bambu. Rumah ini dilarang di ambil gambarnya dari dekat tetapi kita boleh mengambil gambaranya dari jauh dengan kemampuan zoom lensa kamera kita. Rumah ini hanya boleh dimasuki oleh pemuka-pemuka warga Kampung Naga, itu pun hanya pada hari-hari tertentu saja. Konon saat masa G30s PKI semua rumah disini dibakar dan hanya Bumi Ageng inilah yang tersisa.
Spoiler for Bumi Ageng (© yunanithebest):

Spoiler for Bumi ageng (© Mr.Pym):


HarmoniKampung Naga yang menyatu dengan alam
Semua kebutuhan hidup termasuk makan didapat warga Kampung Naga dari tanah-tanah yang mereka kelola sendiri. Sayur dan buah dari perkebunan maupun padi dari sawah yang mereka tanam dan bahkan ayam yang mereka pelihara.
Spoiler for Hand Made (© Mr.Pym):

Spoiler for bocah Kampung Naga (© yunanithebest):

Spoiler for bocah Kampung Naga (© Mr.Pym):


Gotong-royongselalu dijunjung tinggi
Saat saya kesana sedang diadakan gotong royong warga untuk memperbaiki salah satu rumah warga Kampung Naga. Gotong royong ini dilakukan oleh warga Kampung Naga sendiri.
Spoiler for Gotong Royong (© Mr.Pym):



Gallery

Spoiler for Kambing (© Mr.Pym):

Spoiler for Menumbuk Padi (© Mr.Pym):

Spoiler for Antena, TV pake baterei karena gak ada listrik PLN (© Mr.Pym):

Spoiler for Mang Ujo, guide kami (asli kampung naga) ketika kami ke sana:



Dari Kaskuser Lain

Quote:


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Matahariemoticon-Blue Guy Cendol (L)

THX to Om Mimin & Momod for the HT
Spoiler for HT:
0
53.9K
1.2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan