raitaz nambahin yang di atas2 gan, saran saya setelah ganti ban licin stop sejenak upgradenya, tarik napas, pejamkan mata, merenung apakah yakin akan diubah menjadi road bike. soalnya mahal kalo udah kecanduan upgrade :ngakak
sandblaster perlu dicek rim 700 nya gan, kalo yang ramping (inner width 15mm) kayak punya sepeda balap, baca2 maksimal ukuran ban di 28c. kalo mau pake ban 700x40, pake rim inner width 19 mm aman. saya sih patokannya kesini gan: tire & rim Fit chart
codearm2 hee iya saya bayanginnya ban 26" naek ke 27.5. kalo naek ukuran tinggal pake vbrake yang panjang. dari 29 ke 27.5 mungkin solusinya pake adapter disc brake. kalo masih besi bisa buat dudukan disc brake. Atau bisa turunin dudukan vbrakenya. atau stay di ukuran rim 29, ganti ban tipi
Saya pake hfh raze gan, loncer hehe. Saya pake udah lebih dari 6 bulan, jarak tempuh > 1500km, rasanya gak ada keluhan di hfh. Pemakaian gak pernah gasruk2 tapi, paling jalan kampung batu2 dan naek turun trotoar. Kalo dibawa di medan ekstrim mungkin yg laen ada yg tau :p
Mike Golf wiih mantap ke siskiu sekarang. ane lagi indent R5 juga di rodalink wkwkwk, kali baru dapetnya 3-4 bulan kedepan :ngakaks
seunggi tergantung spek ya gan. Tapi utk dapet multi speed seharga 450rb dan terima beres, itu relatif murah menurut saya :D
kalo dari single speed, biasanya harus ganti freehub juga gan supaya bisa pake sprocket. Soalnya yang single speed gak ada dudukan buat sprocketnya. gini sih: 1. freehub 2. sprocket 3. RD 4. shifter 5. chain --> ini bisa ganti atau cukup tambah mata rantai aja, tergantung ukuran yang sekarang
1. cek diameter steerer forknya cocok gak dengan headtube 2. cek ukuran rodanya muat sampe ukuran berapa, muat gak sama roda yang sekarang. 3. cek dudukan remnya, apakah vbrake, rim brake, atau discbrake. Jika discbrake, apakah post mount atau flat mount
bisa gan, butuh goatlink aja bisa dibaca disini nih: https://bikepacking.com/gear/guide-to-mullet-drivetrains/
iya bisa pake caliper hidrolik dengan tarikan kabel ya. sebelum beli pastikan juga dudukan di frame dan fork nya, post mount atau flat mount, bisa repot kalo salah beli :D
Harus pikirkan brake caliper gan, mau hidrolik atau jadi mekanik. Brifter yg hidrolik kan lumayan harganya, banyak yg ubah jadi mekanik kaliper remnya.
barusu punya agan yg ada gigi depan belakang ya? Gigi depan di kiri, gigi belakang di kanan. Simple aja gan: Kalo mau nanjak, kombinasi depan kecil, belakang besar. Jalan datar/ngebut, kombinasi depan besar, belakang kecil. Saya rasa ada indikator jarumnya kok di shifternya. Dicoba2 aja gan, kalo
Kalo mau lebih hemat lagi, cukup ganti hub n sprocket yang ada 11t aja gan, sisanya tetep pake yg sekarang
yang paling hemat sih ganti altus 9 speed aja gan. Tapi kalo ada dana ya ke alivio, paling beda di shiftingnya aja yang lebih alus.
Memang untuk gigi 10 speed keatas udah gak ada lagi tulisan angkanya gan. Misal agan ganti shifter tiagra 10 speed, sama2 gak ada tulisannya. Bisa sih ganti ke 9 speed biar ada angkanya, tapi itu jadinya downgrade dong, saya yakin maksudnya bukan gitu kan hehehe. Urusan ganti2 parts gampang gan,