The fast fleet tankers are being built to replace single-hulled Rover- and Leaf-class tankers that are no longer environmentally acceptable. berarti desain lambung nya ganda (double hull), yup lebih aman cuman muatan minyaknya berkurang.
alur yg dalam yg bgian di keruk aja bukan kesluruhan lebar perairan, itupun yg dikeruk Lebar alur puluhan meter aj, klo papasan kapal kdg2 dibagian sempit ada kpl terpaksa minggir dan keluar alur makanya sering kejadian kandas di APBS, apalagi buoy2 penuntun sering2 jg hanyut. terlepas itu semua,
mungkin kapten kapalnya gak bener baca peta navigasi atau apa perlu ditambahi awak juru batu biar kapal gak nabrak karang kayak di sungai ga usah menyalahkan, emang situ pernah belajar Nautica?. byk hal bisa bikin kapal kandas, apalagi setau aku Buoy2 penuntun di perairan surabaya byk yg unre
Dynamic Positioning, kemampuan kpl untuk mempertahankan posisi nya (static) biarpun di hempas gelombang atw arus atw angin (dlm toleransi tertentu) secara AUTO jadi navigator di anjungan bisa sambil ngopi santai tuh kpl tetap di posisinya. fungsinya byk mis untuk RAS, ambil sampel dasar laut (kp...
wah altair :matabelo jadi keinget ascreed, kalo aldebaran keinget RO eheheheh btw apakah ni kapal lebih canggih dibandingkan kapal hidrooseanografi yg udah dimiliki? ane penasaran sm kapal yg pake konde besar2 gitu fungsi utamanya apa ya? klo canggihan mana mgk kpl ini lbh canggih, secara kappra
OCEA was selected as the winner of the tender and signed a contract with the Indonesian Navy on 1 August 2012. The contract includes the delivery of two vessels fully fitted for oceanographic and hydrographic research missions as well as associated logistical support kontrak nya dah include alat2
Ternyata lebih gede dari yg saya perkirakan, begitu ada di laut baru deh kelihatan skalanya, thanks gambarnya Nyot :kiss Selanjutnya, ditunggu isi dalemannya. Btw, ini ngga pake CPP ya, atau memang untuk kapal seperti ini ngga perlu CPP? biasanya klo kpl DP (dynamic positioning) konstruksi propel
Dulu jaman belon ada GPS kita nentukan posisinya pake NNSS yang lumayan ngaco.. dibarengi dengan stellar navigation, rasi orion salah satu yg bersinar disore hari (civil twilight), jarang ngambil rigel karna di dekatnya ada bintang sirius yang lebih terang, atau alnilam yg lebih ramah dengan sexta
Maaf setau ane klo untuk pendinginan mesin systemnya sirkulasi n ga harus terus menerus ganti air fresh, kyk sistem chiller/radiator airnya ga ganti ganti, yg fresh water lebih ke konsumsi awak.. yup biasanya close circulation, tapi kan musti ditambah juga krn ada penguapan.
Valour Afsel pke 2 RO bisa 15 kubik per hari wajar u/kelas fregat, jumlah personil byk. pengalaman aja pake RO di kapal siapin spare filter nya agak byk hrg juga ga murah, imho kurang ekonomis dibanding evaporator yg pake sistim penguapan.
Reverse Osmosis aja...dah ada yg bentuknya compact kok..murah, klo cuma tujuannya desalinasi..... pengalaman RO cepat kalah filternya krn air laut, trus kapasitas perhari kecil. ada sih yg biasa di instal di kpl, Evaporator /desalinator/FreshWater generator, kapasitas lumayan 3-4 ton F.water /day
ane nangkepnya diatas bukan resupply pas west monsoon, tapi kemampuan menghadapi itu, juga undeployable-nya btw miris ye kapal2 AL ga bisa main ampe berminggu2 di laut, kudu sering2 ngisi.... ane malah baru tau ini maksudnya KRI ga sanggup berlayar waktu west monsoon? ah, yg benar aja gan. yah
West monsoon juga menyulitkan kapprang apapun koq, secanggih apapun tetap terbatasi faktor alam, blum pernah liat ada yg berani re-fueling/re-supply di tengah laut yg ombaknya 5 mtr. klo gak hose nya pd putus sampai on fire, plg gak kplnya pd tubrukan.
tanker kita walau kecil2 gt ada perangkat buat RAS n helipadnya lo.. masalah ga kepake kemarin rasanya krn kena cuaca buruk yg bikin sulit manuver untuk re-supply Bahan bakar atw fresh water, lbh baik jenis kpl offshore boat, soalnya mereka dilengkapi propulsion dan kemudi yg baik untuk bermanuver
Yup, sering kok kalau di USN dan Royal Navy mereka juga pakai jasa civilian yang berpengalaman seperti ini, contohnya MV Maersk itu mereka contract secara tak terbatas. Dan tetap mereka di organisasikan dalam Auxiliary Fleet negara yang bersangkutan USN mmg sering koq menyewa kpl2 niaga jenis Of
gaklah gan, KRI2 kita pulang ke semarang buat supply kok. Crest Onyx gk bisa RAS. Itu Offshore Supply Vessel yg difungsikan jadi Rescue Ship bukan Fleet Supply... spesifikasi kapal ini untk re-supply/Standby offshore/Rescue, mau tendering ship to ship sambil layar, atau static re-supply, bisa ko
klo mslh replenishment, kan gak mesti dilakukan KRI, bisa aja kpl2 Offshore bendera Indonesia yg jumlahnya ratusan dan malah dilengkapi peralatan pendukung untuk re-supply yg jauh lbh baik dari KRI, di fungsikan. buktinya oprasi SAR, kpl 'Crest Onyx' yg jenis AHTS (offshore boat) yg ditugaskan skk
Kalau aku ya, aku paling suka ama cowo yang: 1. Wajahnya gak bosenin gak perlu ganteng ganteng juga, yang penting jgn sprti wanita karena g sendiri udah wanita 2. Jangan terlalu over acting 3. Yang cool lah, yang gak ngejer2 kyk debt collector pagi siang malam beberapa menit apa jam sekali tlp, ba
Masa sih om? Seretnya gimana? Pindah nya lemot? atau gesek ke FD? Saya pernah pake settingan kaya gini: Crank alivio 8 speed, rante YBN 10 speed, RD sram X5, FD SLX, sproket deore 10 speed. Enak dipakenya, sayang sepedanya udah laku Terus sekarang sepeda saya ada yang pake settingan : Crank non
om Bass mo tanya, aku beli crankset Deore non series kata seller nya 10sp,di rakit sama mekanik RL ktnya sih 9sp, (diliat ga ada logo Dynasis nya), shifter-sprocket-rantai-FD-RD semua 10sp. rada susah juga sih nentukan apa benar Chainring ny 10sp ato 9sp, soalnya non series, sdh dijajal, shifting...