1. udah dijawab, tapi nambahin kemungkinan lain... pengalaman pribadi dulu.. mungkin saddlenya diset terlalu maju/terlalu mundur... tekanan ke seatpost lbh besar jadinya sering kendor... di bagian bawah saddle (yg kontak dg seatpost) biasanya ada tanda kayak penggaris gitu... sekalian buat batas...
tergantung rim width-nya oom... masing2 rim punya batas min-maxnya... kalo rim roadbike biasanya rim widthnya kecil karena pd umumnya diperuntukkan utk ban 23c... jadi kalo dipasangin 40c akan kurang baik... gampangnya, cek rim width-nya di web produsen, trus cek di tabel ini http://sheldonbrown...
kalo rolling resistance dan bobot sepeda+rider kita abaikan (misalnya tebel ban-nya sama), dan keduanya menggunakan kombinasi chainring-cog yang sama (misal 48-14), melaju di jalan datar, dalam satu kayuhan, ban yang diameternya lebih besar akan menempuh jarak yang lebih jauh dari seli... jadi b...
Ini gan... Mee Dtae Tur - Paradox D F#m G A Mee dtae tur mong hai leuk long pbai tee D5 F#5 G5 A5 Sootong glahng jai chun nun mee kae tur ur hur D5 F#5 G5 A5 Yoot welah tee tur sagot winyahn hai look pben fai keun D5 F#5 G5 A5 mah Pbon jai chun hai laek nai prip dtah ah hah D5 F#5 G5 A5 Kae jur...
iya... kalo ketemu rute yg naik turun bervariasi, skill shifting membantu banget, dg pemilihan gear yg tepat bisa mengefisienkan gowes dan dapetin momentum... cepet dan nggak banyak menguras tenaga... tapi kalo tanjakan ekstrim dan panjang, udah nggak mikir shifting lagi gan... mentok di granny ...
@alfadvts bener kata @aruchan... tingkatin teknik sama powernya aja dulu... biar gak manja... lagian kalo sprocket besar ( > 34T ) malah ngos2an kalo belum terbiasa, dan kurang efisien soalnya jalannya pelan banget, lebih pelan dari TTB... mending latih powernya maks di 28T...
cara lainnya bisa ganti cranknya aja... pake crank roadbike yg triple chainring... gede2 semua ukurannya... dijamin ngebut kalo dengkulnya kuat...
ukuran stem tergantung fisik pengendaranya gan... kalo ngerasa ketinggian coba dikurangi dulu spacer di bawahnya... atau stemnya dibalik juga bisa... kalo tetep mau ganti dikira2 aja dulu panjang + sudut yg dirasa nyaman... sudut bisa positif (ndongak) ato negatif (nunduk)... trus ke toko nebus ...
yaelah... kalo dibandingin roadbike ya banyak bedanya oom... ban slick bisa pake punya roadbike kok oom...
ane juga blm tahu persisnya gan... soalnya ane sendiri masih 21 speed bawaan... lagi nabung bwt upgrade... hehe... ngitung2 kasar sih antara 1,5-2,5 juta (dg spek part yg ane inginkan... bisa lebih murah dg spek part yg gak terlalu tingg)i... mungkin agan2 yang lain bisa bantu? pilihannya banya...
beli di Alam Baru (Malioboro) gan... gak ada di display, tapi tanya aja sama mas2nya... barangnya di gudang... kalo masang wheelset katanya sih yg paling oke di pak sofyan (bantul) tapi ane jg blm pernah nyobain... di toko2 biasa juga bisa.. kalo harga sih rata2 15-20ribuan 1 biji... PM-in nomer...
kalo ngerasa shifting bermasalah, mungkin cuma masalah settingan RD & FD aja gan... gak perlu ganti 9 speed... bisa liat video di youtube ato bawa ke bengkel minta setting-in... kalo dari heist 1.0 mau ganti ke 9 speed agak banyak gantinya: option 1 - Shifter yg 3x9... - kalo shifter ganti, otom...
kalo mau dimodif ke arah roadbike mending beli heist 1 aja... murah... tinggal ganti groupset roadbike, ban 23c... ane pake ukuran 700x32c gan... lumayan, masih bisa dipake oprod kecil2an...
Uploaded with ImageShack.us keren gan... itu pake brifter ato cm brake lever aja? btw, PM-in nomer hp dong gan... biar bisa gowes bareng... ane jogja juga... anak2 heist jogja udah beberapa kali gowes bareng... beli aja gan heist-nya, nanti diporak-porandakan partnya... kalo dilego masih laku k...
gak ada gan... kalo mau cari framenya nunggu ada yang ngelego... ato beli fullbike, dijualin part2nya...